course-net
Search
Close this search box.

404 Not Found Adalah: Pengertian Dan Cara Mengatasinya

Minet

February 15, 2023

404 Not Found Adalah: Pengertian Dan Cara Mengatasinya

404 Not Found Adalah: Pengertian Dan Cara Mengatasinya – Pernahkah Anda ketika sedang mencari informasi atau hal lainnya mengalami gangguan dan menemukan 404 not found?

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyaknya perkembangan teknologi yang membuat Anda memudahkan dalam segala hal. Baik sebagai hiburan atau menemukan suatu informasi.

Maka tidak heran bila saat ini semua kalangan baik usia dini maupun lansia memiliki gagdet untuk melakukan hal yang diinginkan melalui internet.

404 Not Found Adalah, Yuk Simak Penjelasannya

Apa Itu 404 Not Found

404 Not Found Adalah: Pengertian Dan Cara Mengatasinya

404 not found artinya suatu error yang sering dikeluhkan oleh pemilik website. Munculnya error dapat menjengkelkan sebab bisa mengganggu pengunjung yang hadir ke website Anda atau bisa dianggap sebagai peringatan yang muncul ketika browser Anda tidak menemukan file atau halaman yang diakses.

Pada dasarnya error saat mengunjungi suatu browser web karena Anda tidak tersambung ke server situs yang Anda cari atau tidak dapat menemukan sumber yang diminta. Bila suatu situs menggunakan konfigurasi nginx maka akan muncul 404 not found nginx.

Tidak hanya itu tetapi error kurang baik bagi SEO atau Search Engine Optimization karena dapat menghambat web crawler. Umumnya munculnya 404 not found karena berasal dari server hosting tempat Anda menyimpan file website atau dari script website yang Anda miliki.

404 not found adalah suatu tanda yang menunjukkan bahwa URL yang diinginkan atau diminta bermasalah. Penyebab munculnya error yaitu dari caching, salah memasukkan URL, plugin dan tema yang bermasalah serta pengaturan DNS yang bermasalah.

Cara Mengatasi Error

Cara Mengatasi Error 404 not found

Saat mengunjungi suatu website dan mengalami error maka tidak perlu khawatir sebab kami akan memberikan penjelasan, berikut ini cara mengatasi 404 not found adalah:

1. Refresh atau reload halaman

Cara mengatasi error Anda bisa lakukan refresh atau reload dengan menekan keyboard tombol F5 atau Anda bisa meneman tombol refresh di sebelah kiri halaman bar pada browser

2. Periksa penulisan URL

Sudah dijelaskan bahwa penyebab error biasanya sepele. Sebab solusinya juga mudah dilakukan. Agar terhindar dari 404 not found, maka cek penulisan URL yang ada di alamat bar.

Pastikan bahwa penulisan tidak salah mengetik dalam bentuk apa pun. Baik huruf yang double, salah atau kesalahan tulisan ekstensi dan menuliskan tanda baca.

3. Bersihkan cache dan history browser

Biasanya browser sengaja menyimpan jejak penelusuran dalam bentuk cache. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Dengan cara ini dapat membantu browser dapat bekerja secara efisien tanpa perlu mengunduh informasi yang diulang-ulang.

Akan muncul masalah ketika cache menyimpan halaman error. Hal inilah yang membuat muncul terus-menerus mendapat tampilan 404 not found. Dengan begitu Anda perlu menghapus sampah atau cache dan history dari browser. Itulah salah satu untuk menghilangkan error pada tampilan.

Berikut akan kami jelaskan cara memakai browser Google Chrome yang bisa menghapus cache dan history dengan cara :

  • Lihat menu history di setting atau Ctrl+H
  • Klik opsi clear browsing data
  • Rentang waktu data yang ingin dihapus dipilih
  • Ketika muncul opsi cache image dan file serta browser history dicentang
  • Kemudian klik tombol bersihkan data atau clear

4. Reset permalink wordpress

Umumnya faktor yang menyebabkan munculnya error dilihat dari WordPress permalink.

  • Buka pengaturan permalink

Saat Anda membuka website dan mengalami error, maka hal yang perlu diingat adalah mereset permalink. Anda hanya perlu membuka dashboard wordpress kemudian klik menu setting lalu klik permalink.

  • Kembalikan sementara ke permalink plain

Saat Anda membuka website dan mengalami error, jenis apa saja permalink yang digunakan sebelumnya dikembalikan menjadi default plain untuk sementara. Lalu Anda klik simpan, secara otomatis pengaturan akan reload.

Lalu kembalikan pengaturan yang sebelumnya digunakan dan Anda lakukan penyimpanan kembali untuk kedua kalinya. Cek kembali apakah sudah normal kembali atau tidak websitenya.

5. Restore File .htaccess WordPress

Biasanya munculnya error diakibatkan karena sulitnya mengakses. Bila hal tersebut terjadi maka Anda tidak bisa mereset permalink melalui dashboard. Bagi Anda yang mengalaminya tidak perlu khawatir sebab ada cara untuk mengatasinya menggunakan cara lain yaitu dengan file .htaccess. Berikut akan kami jelaskan lebih detailnya :

  1. Mengakses website via FTP. Gunakan aplikasi seperti FileZilla.
  2. Folder root wordpress dibuka yang berisi instalasi WordPress. Umumnya tersimpan dalam folder public_html atau www.
  3. Kemudian masuk ke dalam folder dan cari file yang diperlukan yaitu .htaccess
  4. Klik kanan pada file .htaccess bila menggunakan FileZilla dan pilih edit atau view. Secara otomatis maka FileZilla akan terunduh, lalu buka file menggunakan teks editor dan simpan file yang sudah diperbaiki.
  5. Jangan lakukan perubahan apa pun bila Anda tidak paham codingan dan tidak yakin. Gunakan saja kode file .htaccess.

6. Menonaktifkan plugin dan tema

Salah satu penyebab error dari plugin dan tema yang dapat mempengaruhi URL website Anda. Berikut akan kami jelaskan cara menonaktikan plugin dan tema melalui FTP dan dashboard :

Cara menonaktifkan dengan menggunakan dashboard

Berikut cara menonaktifkan menggunakan dashboard yang bisa Anda lakukan:

  • Menonaktifkan plugin dahulu dengan cara membuka menu plugin lalu pilih installed plugins. Klik centang semua pada plugin dan klik bulk action dan pilih deactivate. Kemudian cek bila tidak error maka hal tersebut akibat dari salah satu plugin yang membuat 404 not found.
  • Cek satu persatu plugin dengan cara diaktifkan untuk melihat mana yang menyebabkan error. Akan terlihat dari mana yang membuat error tersebut terjadi bila Anda melakukan aktif plugin dengan cara satu persatu.
  • Cobalah update plugin yang bermasalah karena faktor terjadinya error bisa saja plugin yang tidak diperbaharui. Namun bila tetap muncul error kembali maka uninstall plugin yang menjadi cara alternatif lainnya.
  • Bila bukan dari plugin penyebab error maka bisa jadi berasal dari tema.
Cara menonaktifkan dengan menggunakan FTP

Ketika Anda tidak bisa mengakses website akibat error 404 not found di WordPress maka Anda bisa perbaiki melalui FTP menggunakan FileZilla untuk menonaktifkan plugin dan tema. Berikut caranya :

  • Bukalah alamat public_hml/wp-content
  • Lalu Anda akan menemukan folder plugin dan tema
  • Anda akan melihat folder dari plugin yang sudah terinstall. Gantilah nama plugin dengan tujuan menonaktifkan.
  • Secara otomatis plugin akan nonaktif ketika Anda mengubah nama foldernya. Coba untuk mengakses website apakah masih muncul atau tidak. Bila tidak muncul maka penyebab error karena dari plugin.
  • Namun bila tetap muncul error maka Anda harus menonaktifkan tema dengan cara yang sama pada plugin.
  • Tema yang sudah dinonaktifkan maka Anda cek wordpress menggunakan tema default. Cek website apakah masih error atau tidak. Jika tidak muncul error maka akibatnya berasal dari tema.

Itulah penjelasan mengenai 404 not found dari pengertiannya dan cara mengatasinya. Error yang muncul ketika Anda sedang mencari suatu informasi dan lainnya di browser diakibatkan karena salah satunya salah memasukkan URL.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print