course-net
Search
Close this search box.

Apa itu Digital Marketing: Pengertian, Strategi, dan Gajinya

Minet

February 15, 2023

Apa Itu Digital Marketing ? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Apa itu Digital Marketing: Pengertian, Strategi, dan Gajinya – Dengan semakin berkembangnya media digital tentu mempengaruhi setiap aspek yang ada di kehidupan kita. Selaras dengan hal tersebut, kini perusahaan-perusahaan baik besar ataupun kecil berlomba-lomba memaksimalkan kampanye produknya dengan memanfaatkan digital marketing.

Kira-kira apa sih alasan yang membuat perusahaan tersebut memilih pemasaran digital sebagai alat untuk kampanye produknya? Apa itu digital marketing? Apa saja strategi yang digunakan ketika ingin menggunakan pemasaran digital? Dan kira-kira berapa sih gaji yang ditawarkan kepada seorang staf digital marketing?

Tenang, pada artikel ini selain membahas poin-poin di atas kami juga akan membahas tentang contoh dari digital marketing, dan untuk Anda yang sudah penasaran tentang “Apa sih digital marketing tuh?” di artikel ini juga kami menyediakan cara belajar digital marketing yang pastinya akan mudah dipahami. So, Selamat membaca!

Apa Itu Digital Marketing ? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Pengertian Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing ? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Jadi, apa itu digital marketing? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia digital marketing berarti pemasaran digital. Dimana anda menjalankan strategi ini dengan cara mempromosikan produk atau brand anda melalui berbagai media digital, seperti website, e-mail, adwords, blog dan berbagai jenis jaringan media sosial.

Lalu, kira-kira apa itu digital marketing menurut para ahli? Jadi, menurut Rob Thompson dari Trendjackers digital marketing adalah penggunaan teknologi digital serta perangkat yang didukung akses internet untuk meraih target marketing.

Sementara menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan digital marketing merupakan kegiatan pemasaran termasuk branding dengan penggunaan berbagai media digital.

Jadi dapat disimpulkan bahwa digital marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran yang memakai jaringan serta teknologi digital untuk meraih tujuan tertentu.

Jenis Digital Marketing

Berikut beberapa jenis atau varian digital marketing yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

1.   Search Engine Marketing (SEM)

SEM (Search Engine Marketing) merupakan varian digital marketing dengan fokus pada promosi produk via search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya.

2.   Digital Advertising

Digital advertising atau digital ads merupakan jenis digital marketing yang melakukan pemasangan iklan di berbagai channel online seperti Youtube Ads, Google Ads, FB/IG Ads serta Tiktok Ads.

3.   Social Media Marketing

Social media marketing atau pemasaran via media sosial bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai jenis media sosial misalnya Instagram, Tiktok, Youtube dan media lain sesuai dengan target konsumen yang Anda inginkan.

4.   Email Marketing

Varian marketing yang satu ini melakukan kegiatan pemasaran via e-mail atau surat elektronik. Strategi yang satu ini paling tepat digunakan pada bisnis dengan model business-to-business (B2B).

5.   Customer Service Automation

Varian pemasaran yang satu ini membuat perusahaan dapat memperoleh informasi mengenai calon konsumen dari awal mereka melakukan interaksi dengan perusahaan/produk. Berikutnya informasi yang didapatkan bisa dilanjutkan ke Customer Service atau tenaga penjual lainnya untuk dilakukan proses closing atau penjualan.

6.   Content Marketing

Ini merupakan jenis pemasaran menggunakan konten, baik berupa tulisan, audio, gambar ataupun video. Proses content marketing biasanya dilakukan bersamaan dengan social media marketing, e-mail marketing atau digital ads.

7.   Affiliate/Dropshipping

Varian digital marketing yang terakhir yaitu program affiliate/dropshipping. Saat menggunakan strategi yang ini Anda dapat memperoleh profit dari dropshipper atau tengkulak online sembari membantu mereka untuk mendapatkan  profit bagi mereka.

Strategi dan Contoh Digital Marketing

Strategi dan Contoh Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan jenis dari digital marketing, saat ini saatnya Anda untuk mengetahui strategi dan contoh dari digital marketing:

1.   SEO (Search Engine Optimization)

Strategi digital marketing yang pertama bisa Anda pelajari adalah SEO. SEO adalah upaya memperoleh lebih banyak visitor website organik tanpa pemasangan iklan. Contoh digital marketing pada bidang SEO adalah optimasi kecepatan website, membuat artikel, pemasangan url website pada website lainnya dan sebagainya.

2.   Aktivasi Sosial Media (Instagram, Tiktok, Youtube, dan lainnya)

Strategi kedua yaitu aktivasi sosial media, sebagai contohnya misal secara rutin mengupload konten di media sosial yang dimiliki oleh perusahaan, melakukan endorsement, membangun keterikatan dengan followers, dan yang lainnya.

3.   Knowledge Marketing

Merupakan strategi marketing yang menghadirkan informasi bermanfaat melalui ilmu baru pada calon konsumennya. Contohnya melalui penyebaran pengetahuan melalui e-mail marketing atau pembagian e-book gratis.

4.   Analisa dan Penulusuran Data

Analisa serta penelusuran data sangat penting untuk dilakukan dalam penerapan strategi digital marketing. Semua pengambilan keputusan pada proses digital marketing wajib mengacu pada data, dari data kampanye advertorial online sampai data media sosial.

5.   Hard-selling, Soft-selling, serta Hypno-selling

Digital marketing merupakan salah satu varian strategi yang memiliki paling banyak teknik penjualan. Hard-selling, soft-selling, serta hypno-selling adalah tiga istilah umum yang banyak digunakan keika menerapkan strategi pemasaran digital.

6.   Leads Generation

Leads pada strategi ini artinya adalah semua jenis kontak yang dapat digunakan dalam menghubungi konsumen, dari nomor telepon, akun media sosial, sampai email. Agar dapat memperoleh leads sesuai target, konten yang bisa menarik leads bisa dibuat oleh Anda, seperti buku gratis atau seminar.

Tugas dan Gaji Digital Marketing

Berikut beberapa tugas yang akan Anda kerjakan sebagai digital marketer:

  • Bertanggung jawab pada berbagai hal yang berkaitan dengan pemasaran serta branding produk perusahaan secara digital di masyarakat
  • Menyusun rencana untuk promosi suatu produk menggunakan channel digital
  • Mengembangkan konsep kampanye marketing secara menyeluruh pada channel digital
  • Mengembangkan konsep dan mendesain distribusi konten kampanye pemasaran di social media
  • Memelihara serta meningkatkan engagement konsumen melalui konten di social media
  • Menaikkan peringkat laman website perusahaan serta produk yang dihasilkan pada mesin pencari (search engine)

Dari hasil survei yang dilakukan berikut perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang digital marketing:

  • Digital Marketing Manager: Rp 12.000.000 – Rp 18.000.000
  • Digital Marketing Specialist: Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000
  • Digital Marketing Staff: Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
  • Digital Marketing Analist: ± Rp 10.000.000

Belajar Digital Marketing Lebih Mudah bersama Course-Net

Dari penjelasan di atas apa itu digital marketing dapat kita simpulkan sebagai pemasaran secara digital wajib kita coba sebagai pelaku bisnis di era yang sudah serba canggih ini.

Dengan menggunakan pemasaran secara digital, kita akan bisa melakukan pemasaran dengan cakupan yang lebih luas dan dapat meraih lebih banyak keuntungan.

Bagi anda yang tertarik belajar digital marketing lebih dalam lagi untuk mengembangkan bisnis atau untuk menjadi seorang digital marketer handal sebuat perusahaan anda bisa bergabung langsung dengan Course-net.

Dengan harga yang cukup terjangkau Course-Net menyediakan fasilitas belajar yang berkualitas, diantaranya:

  • Materi terstruktur dan sesuai kebutuhan industri
  • Dibimbing hingga mahir oleh pelatih berpengalaman
  • Mengerjakan project akhir sebagai portofolio
  • Sertifikat yang kredibel dan job connector

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda. Dengan informasi di atas kami harap saat ini Anda sudah lebih paham dengan apa itu digital marketing.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!