course-net
Search
Close this search box.

Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Minet

January 27, 2023

Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya – Saat ini banyak perusahaan kecil maupun besar yang menjalankan promosi kreatif melalui konten yang sering disebut sebagai content marketing.

Content marketing adalah strategi pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan dan konsisten untuk menarik perhatian target audiens.

Anda mungkin masih bertanya-tanya apa itu content marketing? Dan apa saja yang harus dilakukannya.

Nah, untuk lebih jelasnya bagi Anda yang masih belum paham content marketing, baca artikel berikut ini sampai habis.

Content Marketing Adalah ? Yuk Simak Lebih Dalam Artikel Course-Net

Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Apa Itu Pemasaran Konten?

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis konten, baik itu gambar, video, suara, maupun tulisan. Konten yang bisa digunakan untuk pemasaran tidak terbatas pada dunia digital marketing saja.

Anda masih bisa menggunakan media konvensional seperti billboard, poster atau brosur. Salah satu contoh dari strategi marketing content adalah iklan pasta gigi yang dipasang di papan reklame. Kita bisa melihatnya dengan jelas di pinggir jalan pastinya.

Tujuan Pemasaran Konten

Pemasaran konten bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens dalam jangka panjang. Dalam proses melakukan pemasaran berbasis konten, sangat penting untuk memiliki tujuan yang lebih jelas terlebih dahulu.

Beberapa tujuan pemasaran konten adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan content marketing adalah meningkatkan penjualan. Sebagai sebuah bisnis, penjualan tentunya memiliki peran penting terkait dengan kelangsungan bisnis itu sendiri.

  1. Membangun Personal dan Corporate Image

Dengan menerapkan strategy content marketing yang ada, Anda bisa dengan mudah membangun persona bisnis atau perusahaan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan terhadap Brand

Citra yang sudah dibangun di atas tujuan sebelumnya juga harus dijaga agar tetap mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Tujuan Content Marketing

Content Marketing Adalah ? Yuk Simak Lebih Dalam Artikel Course-Net

Berikut tujuan mengapa perusahaan menggunakan content marketing adalah

  1. Menciptakan Personal Bisnis Profesional

Bisnis yang memiliki konten menarik akan menimbulkan kesan bahwa mereka benar-benar serius dalam menjalankan bisnisnya. Pelanggan potensial dapat melihat bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

Pelanggan atau customer yang merasakan kesan tersebut saat pertama kali membaca atau mendengarkan konten Anda pasti akan langsung menaruh kepercayaan lebih kepada bisnis Anda. Karena itu, mereka akan terus kembali ke konten Anda, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan konversi.

  1. Merek akan lebih dikenal

kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan mereka pada bisnis Anda, pelanggan akan dengan senang hati menjadi sukarelawan untuk promosi tersebut. Baik secara langsung maupun tidak langsung, mereka dengan senang hati memperkenalkan bisnis Anda kepada teman dan keluarganya.

  1. Hasilkan Lalu Lintas Lebih Tinggi

jika bisnis Anda semakin dikenal maka trafik yang masuk ke website Anda otomatis akan meningkat.

  1. Meningkatkan Angka Penjualan

Saat lalu lintas ke situs web Anda meningkat, peluang konversi juga meningkat. Dengan konten yang baik dan berkualitas, Anda bisa “menggaet” dan “merayu” serta membujuk pengunjung untuk melakukan check out produk Anda.

Oleh karena itu, adalah hal yang penting untuk Anda sebagai upaya untuk memaksimalkan konten dari berbagai aspek, baik itu copywriting, konten gambar, maupun video di berbagai channel bisnis Anda yang bisa menjangkau pengunjung potensial.

  1. Pertahankan Tingkat Retensi

Pelanggan yang suka akan konten Anda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terus kembali mengunjungi situs atau media yang Anda gunakan untuk berbagi konten. Misalnya, Anda membuat strategi pemasaran konten melalui media sosial seperti Instagram.

Jika Anda bisa menjaga kualitas konten, orang pasti akan mengikuti akun Anda, dan akan terus mengikuti konten yang Anda unggah di sana. Jadi semua tujuan pemasaran konten ini sebenarnya adalah rantai yang terhubung.

  1. Memperluas Jaringan Kemitraan

Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentu tujuan dan manfaat menggunakannya adalah untuk mengembangkan relasi dan kemitraan dengan bisnis lain.

Dengan menerapkan content marketing untuk bisnis Anda, Anda juga dapat berkolaborasi dengan perusahaan lain, yang pada akhirnya memperluas bisnis Anda.

Contoh Content Marketing

Beberapa contoh yang bisa Anda coba adalah:

  1. Pemasaran Konten di Website

Content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Seperti yang Anda ketahui, website biasanya digunakan sebagai jembatan utama antara pelanggan dengan bisnis Anda di internet.

Anda perlu memiliki situs web agar pelanggan dapat menjangkau bisnis Anda dari mana saja. Jika Anda belum memiliki website, jangan khawatir, karena banyak sekali panduan mudah cara membuat website. Website juga pada umumnya disuguhkan dengan halaman statis, yang biasanya jarang berubah.

Oleh karena itu, menggunakan copywriting yang asyik dan menarik akan membuat pengunjung betah menjelajahi website Anda dalam waktu yang lama. Nantinya, strategi ini akan memberikan hasil yang maksimal.

  1. Tulis Pemasaran Konten di Blog

Berbeda dengan website, Anda bisa melakukan strategi ini di blog dengan tulisan yang lebih bebas. Anda juga dapat memperbaikinya setiap saat, atau mempublish artikel untuk pemasaran konten setiap saat.

Jika sebelumnya Anda menggunakan copywriting di website, berbeda dengan tulisan yang Anda buat di blog.

Dengan blog sebagai media content marketing, Anda bisa menulis artikel yang lebih panjang dan jelas, misalnya untuk mendeskripsikan sebuah produk, lalu menambahkan pesan mengajak pembaca untuk membeli produk Anda.

Tidak lupa, agar strategi dari pemasaran konten Anda efektif, pelajari lebih dalam mengenai cara menulis blog yang atraktif dan menarik.

  1. Rekam Video dan Unggah

Video juga merupakan konten yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran konten. Anda bisa mengunggahnya di berbagai platform yang memiliki banyak penonton, misalnya dengan mempromosikan bisnis Anda di TikTok, YouTube, atau Instagram.

singkat dengan format portrait dan kualitas bagus, karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape.

Tidak seperti YouTube, Anda dapat mengupload video yang lebih panjang dalam format lanskap.

  1. Persiapan ebook

Selanjutnya, contoh content marketing yang bisa Anda coba adalah menyusun e-book. Anda dapat menulis panduan atau tutorial kemudian mengunggahnya di situs web Anda atau mempromosikannya melalui pemasaran email yang dikirim ke pelanggan.

Untuk mengunduh e-book yang Anda buat, pelanggan dapat memasukkan alamat email mereka, yang kemudian dapat Anda kumpulkan list email tersebut untuk bisnis Anda. Anda dapat mengirimkan promosi berikutnya ke email-email tersebut.

  1. Desain Infografis Menarik

Selain tulisan dan video, infografis bisa Anda gunakan sebagai strategi pemasaran konten yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Saat ini konten audio dan visual banyak diminati oleh pengguna khususnya di Indonesia.

Nah, kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten pemasaran berupa infografis. Gambar yang kamu buat harus jelas, tidak terlalu banyak teks, dan tentunya mudah dipahami sekilas.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang content marketing. Apakah Anda tertarik untuk bergabung di sini? Pekerjaan ini akan jauh lebih mudah jika Anda tekun melakukannya. Selamat mencoba!

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi website resmi dari Course-Net untuk mendapatkan informasi menarik di dunia digital. Anda juga bisa mengambil kelas maupun kursus IT dengan dengan coach kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!