course-net
Search
Close this search box.

CRUD Adalah: Definisi, Fungsi, Dan Kelebihannya

Minet

October 10, 2022

CRUD Adalah: Definisi, Fungsi, Dan Kelebihannya

CRUD Adalah: Definisi, Fungsi, Dan Kelebihannya – Dalam pembuatan dan juga pengelolaan database itu memang diperlukan adanya CRUD untuk bisa bekerja dengan lebih baik. Kalau kalian sudah terbiasa dengan dunia database yang saat ini dibutuhkan hampir di semua lini kehidupan, maka tidak akan asing dengan istilah tersebut. Orang yang akan membuat dan juga mengelola database sendiri sebenarnya sangat memerlukan untuk memahami CRUD ini.

Peranan CRUD Laravel 8 memang sangat penting dan juga sangat krusial dalam sebuah sistem informasi perusahaan lho. Jadi untuk kalian yang akan membuat serta mengelola sistem informasi perusahaan harus tahu apa itu CRUD dengan benar lho. Berikut ini kami akan coba membahas secara detail mengenai CRUD mulai dari definisi hingga fungsinya seperti apa.

Definisi CRUD Adalah ?

CRUD Adalah: Definisi, Fungsi, Dan Kelebihannya

Langkah awal untuk mengenali istilah ini adalah kalian harus tahu terlebih dahulu definisinya itu seperti apa untuk supaya bisa mengenalinya. CRUD adalah sebuah akronim dalam dunia pemrograman komputer yang mengacu pada 4 fungsi penting dalam pembuatan aplikasi penyimpanan persisten. Setiap perusahaan tentu membutuhkan adanya penyimpanan berbagai informasi secara persisten yang akan disimpan pada sebuah database.

Jadi setiap huruf yang ada pada akronim tersebut memang mewakili setiap fungsi yang akan dijalankan pada database relasional. Selain itu juga fungsi untuk aplikasi yang digunakan untuk mengaturnya seperti MySQL, Oracle Database, dan lain sebagainya. Jadi pada dasarnya CRUD itu adalah sebuah akronim yang mewakili 4 fungsi utama dalam sebuah aplikasi penyimpanan database.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL Di phpMyAdmin

Fungsi Dari CRUD Adalah ?

Fungsi Dari CRUD

CRUD merupakan akronim dari 4 fungsi, jadi tentunya ada 4 fungsi yang dimiliki oleh CRUD ini yang mesti kalian pahami dulu. Kalian perlu memahami keempat fungsi tersebut agar supaya kalian itu bisa

memahaminya dengan baik dan bisa memanfaatkannya dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan keempat fungsi yang menjadi akronim dari CRUD.

  1. Create

Fungsi yang pertama itu adalah Create yang merupakan fitur untuk memungkinkan penggunanya untuk menciptakan catatan atau rekaman baru. Fungsi dari create ini di setiap aplikasi database relasional itu berbeda penyebutannya lho, jadi kalian harus kenali dulu.

Untuk aplikasi MySQL itu fungsi ini disebut Insert, sementara untuk aplikasi Oracle itu menggunakan istilah Create.

Catatan atau rekaman itu terdiri dari kolom yang biasa disebut atribut dan juga baris atau row. Setiap pengguna bisa menambahkan baris baru dan mengisinya dengan data yang sesuai dengan atribut yang ada. Sementara untuk penambahan atribut sendiri memang hanya bisa dilakukan oleh administrator saja ya.

  1. Read

Fungsi yang kedua itu adalah Read yang merupakan proses pengambilan informasi dari sebuah database yang dimiliki perusahaan. Proses ini sendiri akan berjalan ketika kalian melakukan proses sign in ke akun kalian yang ada pada situs tertentu. Pada saat kalian klik login maka proses Read ini akan berjalan dan memverifikasi akun yang kalian gunakan.

Fungsi Read ini sendiri hampir sama konsepnya dengan fitur search atau pencarian, yang memungkinkan kalian mengambil data tertentu dan membacanya. Pengguna biasanya akan bisa menemukan data atau record yang dibutuhkan atau diinginkan dengan menggunakan keyword. Bisa juga kalian menemukan data tersebut dengan menggunakan filter dari kategori atau kriteria yang sudah disesuaikan.

  1. Update

Fungsi yang selanjutnya itu adalah update, ini adalah fungsi dari CRUD untuk mengubah data yang sudah ada di dalam database. Untuk melakukan modifikasi atau perubahan sendiri mungkin membutuhkan adanya perubahan secara keseluruhan atau dari berbagai bidang. Kalian harus menentukan tabel yang ingin diubah dan kemudian memilih kolom yang akan diperbarui dari data.

Setelah sudah ditentukan dan melakukan perubahan, kalian pun harus mengubah nilai dari baris yang terkait dengan kolom. Setelah ada perubahan tersebut maka database akan memberikan respons dengan memperbarui data yang lama.

  1. Delete

Fungsi terakhir adalah Delete, ini adalah fungsi untuk bisa menghapus record atau data dari database yang mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk fungsi Delete ini sendiri baik di SQL atau Oracle sama-sama bisa dipakai untuk menghapus lebih dari satu data di database. Jadi kedua aplikasi tersebut mengizinkan pengguna untuk menghapus lebih dari satu record yang sudah terekam dalam database.

Beberapa aplikasi database relasional yang tersedia menyediakan 2 pilihan fungsi Delete yakni hard Delete dan soft Delete. Hard Delete itu berarti pengguna akan menghapus data atau record dari database secara permanen. Sementara ada juga soft Delete yang hanya menghapus baris saja tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Cara Kerja CRUD

Cara Kerja CRUD

Informasi berikutnya adalah soal cara kerja yang memang terbilang harus kalian pahami juga untuk mengetahui dengan baik CRUD Modal. Cara kerja atau metode dari CRUD itu sendiri memang sangat tergantung dari sistem yang digunakan, setiap sistem memiliki persyaratan tersendiri. Sistem dan juga user yang berbeda itu mungkin akan memiliki cara yang berbeda juga.

Kalian bisa mempergunakan sistem dari CRUD ini untuk membuat satu akun dan mengaksesnya setelah itu akan kembali ke situs awal. Pengguna biasanya dapat mengubah data pribadi dan mengubah informasi penagihan. Sementara manajemen operasi akan membuat record dan memanggil karyawan terkait untuk memodifikasi item.

Untuk bisa menjalankan operasi dari CRUD ini tentunya kalian harus membuat prosedur yang efisien yang akan tersimpan dalam SQL. Nantinya SQL dengan prosedur yang sudah ditanamkan itu akan menjalankan operasi dengan lebih baik.

Kelebihan CRUD

Jadi bisa dibilang CRUD itu merupakan sebuah fungsi yang memang sangat penting dan memiliki beberapa poin kelebihan saat diimplementasikan. Apabila kalian menginginkan untuk memahami mengenai CRUD ini dengan baik, maka kalian perlu tahu apa saja kelebihannya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CRUD yang tidak banyak orang pahami.

  1. Support Dari UI Bisa Berjalan Dengan Baik

Kelebihan yang paling pertama adalah dengan adanya CRUD ini akan bisa membuat tampilan UI jadi lebih akurat dan terkontrol. Berbagai jenis dan juga tipe data pun akan bisa terlihat dengan lebih jelas sesuai dengan atribut nilainya masing-masing.

  1. Bisa Dipakai Di Berbagai Bahasa Pemrograman

CRUD ini juga merupakan fungsi yang bisa dibilang sangat fleksibel ya, jadi bisa diterapkan di berbagai bahasa pemrograman. Mulai dari CRUD PHP, Javascript, dan masih banyak lagi yang lainnya serta di berbagai framework seperti misalnya CRUD Laravel.

  1. Memudahkan Dalam Memahami Bahasa Pemrograman

CRUD ini pun bisa dipakai untuk memudahkan dalam memahami bahasa pemrograman yang merupakan satu hal yang sangat kompleks. Jadi dengan CRUD ini akan bisa mengatasi hambatan yang sangat mungkin dialami oleh back end developer.

Demikianlah beberapa informasi seputar CRUD yang sangat penting dalam membangun sebuah situs atau website.

Mau Belajar Database ? Gabung Di Course-Net

Kamu mau mahir dalam CRUD ? Kini Course-Net Memiliki beberapa pelatihan yang bisa diikuti oleh anda. Nikmati berbagai macam jenis pelatihan seperti Kursus data science yang akan berfungsi untuk mengolah data. Untuk mengikuti kursus, anda bisa mengisi form register dibawah ini :

Setelah anda mengisi data diri anda, Tim marketing kami akan menghubungi anda untuk menjelaskan tentang kursus data science yang bisa anda ikuti.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print