CyberPanel Adalah : Definisi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

CyberPanel Adalah : Definisi, Kelebihan Dan Kekurangannya – Umumnya saat kalian membeli hosting pada suatu provider yang menyediakan layanan hosting akan menggunakan Cpanel untuk dipergunakan sebagai management sistemnya. Untuk yang terbiasa memakai layanan ini tentu akan hafal mengenai berbagai menu yang ada di dalamnya.

Namun untuk kalian yang menggunakan VPS, tentu tidak asing dengan yang namanya cyberpanel. Berbicara mengenai fungsinya hampir sama dengan Cpanel yaitu dipergunakan sebagai sebuah management sistem guna memudahkan user dalam mengontrol serta mengoperasikan sistem.

Mengenal Cyberpanel, Yang Harus Kamu Tahu

Untuk kalian yang masih asing dengan management sistem yang satu ini maka bisa simak informasi berikut ini supaya lebih jelas.

Apa Itu CyberPanel ?

CyberPanel : Kelebihan Dan Kekurangannya

Panel ini merupakan salah satu dari web panel alternatif cPanel yang dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan server. Panel ini memiliki sifat open source yang memiliki dukungan teknologi bernama OpenLiteSpeed pada versi berbayarnya serta Litespeed pada versi premium atau enterprise.

Ketika dibandingkan dengan web panel lainnya yang ada tentu saja panel yang satu ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan yang dapat diketahui seperti aman, ringan, dan mudah dipakai.

Fitur-fitur CyberPanel Adalah

Tentunya panel ini memiliki beberapa fitur yang bisa menunjang dalam penggunaannya. Adapun beberapa fitur tersebut sebagai berikut ini.

  • ModSecurity
  • Git Manager
  • LiteSpeed Cache
  • One Click SSL
  • Auto Installer
  • CyberPanel Cloud
  • Statistic / Monitoring
  • Backup and restore
  • Database MySQL
  • Email Domain

Baca Juga : FTP Adalah : Apa Itu FTP Server ? Dan Cara Pengguannya

Ketahui Kelebihannya

CyberPanel : Kelebihan Dan Kekurangannya

Bila diperhatikan dan dibandingkan dengan panel lainnya tentu saja terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh panel yang satu ini. Hal tersebut tercermin dari fitur dan teknologi yang digunakannya. Berikut ini kelebihan cyberpanel adalah sebagai berikut.

  • Interface file manager yang user friendly

Panel ini mempunyai fungsi file manager yang berbasis web dan tentunya menarik serta user friendly. Tampilannya sederhana dan mudah untuk dipahami siapa pun entah itu pengguna awam ataupun professional.

File manager merupakan sebuah fungsi yang tergolong cukup krusial untuk web developer maupun blogger. Pasalnya menggunakan fitur tersebut kalian bisa melakukan pengaturan file/berkas yang terdapat pada website.

  • Ringan

Untuk kalian yang menginginkan panel yang tergolong ringan untuk melakukan pengelolaan server maka cyberpanel merupakan pilihan yang tepat. Panel ini sangatlah ringan ketika dioperasikan ke VPS (Virtual Private Server) maupun Dedicated Server.

Salah satu faktor yang menyebabkan panel ini dapat bekerja dengan cepat yaitu pemakaian teknologi OpenLiteSpeed pada versi gratisnya serta LiteSpeed untuk versi berbayarnya.

Saat kalian menyewa server untuk Dedicated ataupun VPS memakai panel ini versi gratis maka kalian akan memperoleh kuota 1 domain dengan memakai LiteSpeed dan sisanya yaitu OpenLiteSpeed.

  • Memiliki fitur backup-restore

Ketika menentukan control panel tentunya fitur ini menjadi hal yang sangat penting dikarenakan mampu dalam memudahkan proses migrasi. Nantinya saat memakai panel ini kalian akan memperoleh dua fitur tersebut pada dashboard Admin. Keuntungannya tentu kalian akan lebih mudah dalam melakukan migrasi melalui panel lainnya.

  • Support multi PHP

Untuk pengembang website tentunya tersedianya versi PHP tergolong penting guna berjalannya sebuah project agar mampu berjalan dengan optimal. Cyberpanel ini sudah mendukung multi PHP jadi kalian dapat memilih versi PHP berapa yang dijalankan pada suatu website ataupun aplikasi.

  • Mendukung Apache .htaccess

Saat menggunakan panel ini tentu saja kalian hanya perlu melakukan sedikit modifikasi saat akan memakai mod_rewrite .htaccess milik dari Apache web. Bahkan angka compatibility dari panel ini pada Apache .htaccess mencapai 90% jadi kalian menjadi lebih leluasa.

  • Tersedia versi berbayar dan gratis

Berbeda jika dibandingkan dengan Plesk ataupun cPanel yang diharuskan membayar untuk biaya berlangganan agar bisa diinstall pada server. Panel ini mempunyai pilihan versi berbayar maupun gratis yang dikenal dengan versi enterprise.

Untuk kalian yang memerlukannya untuk mengelola website personal ataupun belajar maka dapat memakai versi gratisnya. Jika telah dicoba dan kalian merasa cocok dan memerlukan fitur tambahan pada panel tersebut maka bisa melakukan pembelian lisensi Enterprise.

  • Proses instalasi mudah

Untuk proses install cyber panel sebenarnya hampir serupa dengan web panel lainnya. Pertama tentu harus mempersiapkan server entah itu Dedicated ataupun VPS.

Panel ini dapat beroperasi pada Centos atau Linux Ubuntu jadi kalian hanya perlu memastikan sistemnya bisa berjalan diantara salah satunya. Jika berencana mengoperasikannya di Windows maka kalian bisa menginstal panel ini menggunakan Command prompt atau Terminal.

  • Interface Webmail Bagus 

Masing-masing web panel umumnya akan mempunyai layanan guna mengelola email domain. Untuk cPanel biasanya memakai fasilitas Roundcube, sedangkan untuk panel ini menggunakan Rainloop. Kalian dapat memanfaatkan webmail untuk segala macam keperluan.

Kekurangan Cyberpanel Adalah

Memang panel ini memiliki banyak kelemahan namun tentu saja tidak ada segala sesuatu yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya yang bisa kalian ketahui.

  • Username

Kelemahan pertama yang bisa diketahui adalah sistem penggunaan password dan username yang berbeda diantara Linux dan web panel. Kondisi tersebut akan merepotkan jika suatu saat terjadi error pada database.

Sebagai contoh saat MySQL mendadak down maka dashboard pada cyberpanel tidak akan data diakses. Walaupun demikian masalah tersebut masih dapat diatasi menggunakan root.

  • DNS Zone tidak seluruhnya otomatis

Untuk DNS Zone dari panel ini tidak seluruhnya otomatis pada saat kalian melakukan penambahan website. Beberapa record dapat dipertimbangkan berhubungan dengan kelemahan DNS Zone ini terutama saat melakukan penambahan NameServer.

Perlu kalian ketahui bahwa fungsi Name Server Record tergolong penting guna mengarahkan nama domain supaya dapat terhubung dengan server. Jadi masalah Name Server Record ini juga harus menjadi salah satu pertimbangannya.

  • Diperlukan penyesuaian pada user baru

Tampilan dari panel ini tergolong unik tentunya bagi yang sudah terbiasa memakai DirectAdmin, Plesk, dan cPanel memerlukan penyesuaian lagi supaya lebih mudah ketika mengoperasikannya.

Sebagai contoh tidak adanya menu Addon Domain tentunya kalian diharuskan melakukan penambahan domain sekaligus juga menambahkan website.

Melalui penjelasan terkait dengan kelebihan serta kekurangan dari panel ini tentunya kalian sudah bisa mengambil kesimpulan mengenai panel ini dengan lebih jelas.

Tentunya panel ini akan sangat cocok untuk dipergunakan oleh web developer maupun blogger yang mempunyai project berskala mulai dari kecil sampai besar dan tidak memerlukan banyak fungsi API.

Panel ini juga tergolong sangat cocok digunakan terutama untuk kalian yang masih ingin belajar dalam mengelola server sendiri jadi kalian dapat mengetahui alur di dalam melakukan pengaturan website dengan lebih lengkap.

Jadi itulah informasi dari cyberpanel yang bisa kalian ketahui dan menjawab kegundahan kalian dalam memilih panel yang tepat.

Tentunya kelebihan dan kelemahan menjadi informasi penting yang tidak boleh terlewatkan. Pahami secara seksama supaya akan mempermudah kalian dalam mengoperasikannya sesuai kebutuhan. Jika tertarik menggunakan panel ini harus banyak belajar karena user baru memerlukan penyesuaian yang lebih banyak.

Mau Belajar Mengenai Web Developer & Server ?

Saatnya kamu mengambil langkah, untuk meningkatkan skill anda dalam menikmati keahlian khususnya dibidang web developer dan sever dengan mengikuti pelatihan kursus full stack developer di Course-Net. Isi form dibawah ini apabila anda ingin mengikuti kursus ini.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda, Segera ikuti pelatihan bersama Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !