Dart Adalah: Apa Itu Dart ? Definisi, Kelebihan & Kekurangannya

November 14, 2022

Dart Adalah: Apa Itu Dart ? Definisi, Kelebihan & Kekurangannya

Dart Adalah: Apa Itu Dart ? Definisi, Kelebihan & Kekurangannya – Perkembangan teknologi membuat kebutuhan akan program dan juga sistem pun semakin besar dan juga semakin tinggi. Dart menjadi salah satu media atau alat yang bisa dipergunakan untuk bisa membuat sebuah program tertentu dengan baik. Tapi mungkin masih banyak orang yang belum mengenal tools atau alat Dart ini dengan sangat baik dan juga belum tahu sejarahnya seperti apa.

Bila kalian ingin membuat sebuah program atau aplikasi smartphone android, maka ada baiknya mempergunakan Dart ini sebagai alatnya. Tapi sebelum kalian mempergunakan Dart ini kalian itu harus mempelajari dengan baik supaya bisa memahaminya dengan penuh. Berikut kami akan jelaskan apa itu Dart dan juga apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari bahasa pemrograman Dart ini.

Apa Itu Dart ? Dart Adalah Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Untuk Flutter

Definisi Dari Dart

Apa Itu Dart ? Dart Adalah Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Untuk Flutter

Bila mempergunakan Dart sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi, maka kalian harus tahu dulu definisinya seperti apa. Dart adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google pada tahun 2007 yang berfokus pada optimalisasi dari sisi client, Dart yang dipimpin oleh Lars Bak dan Kasper Lund, kemudian dirilis tepatnya pada tahun 2011. Dart ini merupakan bahasa pemrograman yang memiliki orientasi pada objek dan memiliki Syntax yang sama dengan C++, Java, atau juga Javascript.

Tujuan Google membuat bahasa pemrograman ini adalah untuk supaya bisa membangun aplikasi seluler dan juga desktop. Kemudian di tahun 2018 Google melakukan pengembangan yang sangat signifikan terhadap Dart ini dan membuatnya jadi lebih menarik dipergunakan.

Kegunaan dari bahasa pemrograman dari Google ini memang terbilang cukup banyak setelah adanya update dan pengembangan dari Google. Dart ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi seluler, mendesain situs, dan juga dipakai untuk menulis kode software untuk desktop. Bila kalian sudah memahami Javascript dan PHP, maka kalian akan lebih mudah untuk bisa mempelajari dan menguasai Dart ini.

Tujuan Dibuatnya Dart

Kalau dari situs resminya, Google membuat Dart itu memiliki tujuan yang terbilang cukup ambisius dan juga besar ya. Kalian mungkin perlu memahami apa yang menjadi tujuan dibuatnya Dart ini, supaya kalian bisa memperkirakan perkembangan Dart Flutter itu akan seperti apa. Berikut ini beberapa tujuan Google membuat Dart sebagai salah satu pilihan bahasa pemrograman.

  1. Dart dibekali oleh Google dengan banyak sekali Library dan juga Tools yang memungkinkan dirinya bisa dipakai untuk membuat aplikasi dengan skala besar.
  2. Tujuan yang kedua adalah untuk bisa menyederhanakan tugas dari pemrograman itu sendiri supaya jauh lebih sederhana.
  3. Dart juga dibuat oleh Google menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat stabil, jadi sangat siap dipakai untuk membuat aplikasi riil.

Baca Juga : Install Flutter: Tutorial Untuk Windows, Mac & Linux Untuk Pemula

Pilihan Cara Menjalankan Dart

Dalam menjalankan Dart sendiri memang ada beberapa pilihan cara, total itu ada sekitar 4 pilihan cara untuk menjalankan Dart. Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan kepada kalian keempat cara yang bisa dipakai untuk menjalankan Dart tersebut dengan baik.

  1. Dart bisa dikompilasi dengan Javascript dengan bantuan Dart2JS, jadi sangat support untuk web programing di semua browser modern.
  2. Dart SDK termasuk juga Dart VM yang merupakan standalone execution, yang memungkinkan Dart dijalankan melalui CMD. Memiliki juga PUB sebagai package Manager yang sangat powerfull.
  3. Syntax dari Dart ini bisa dijalankan di mode lain di browser Dartium yang merupakan Chromium khusus yang menyertakan VM Dart. Jadi browser tersebut memiliki dukungan langsung pada kode Dart yang membuatnya tidak perlu mengubah menjadi Javascript.
  4. Dart juga bisa dijalankan dengan mode AOT yang bisa mengubah kode Dart menjadi native code secara langsung. Mode inilah yang digunakan Dart pada Flutter.

Kelebihan Dart Adalah

Kelebihan Dart Adalah

Sebagai bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google, sudah pasti Dart ini memiliki beberapa kelebihan yang cukup besar ya. Kelebihan yang dimiliki oleh Dart ini pun menjadi alasan juga yang membuat orang pun menginginkan untuk mempelajari Dart ini. Berikut ini beberapa kelebihan dari Dart yang membuat orang pun tertarik untuk belajar Dart.

  • Mudah Dipelajari

Kelebihan pertama dari Dart selaku bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google itu adalah lebih mudah untuk dipelajari. Kalau kalian sudah menguasai Javascript, maka kalian sudah pasti akan bisa lebih mudah untuk mempelajari Dart ini lho. Prinsip-prinsip dasar dari bahasa pemrograman ini memang sama saja dengan Javascript, sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan kode bahasa pemrogramannya.

  • Dokumentasi yang Tersedia Cukup Lengkap

Google selaku perusahaan yang besar pun sudah pasti akan berupaya untuk menyediakan dokumentasi yang cukup lengkap untuk orang-orang. Kalian akan bisa menemukan banyak sekali tutorial dan juga langkah-langkah dalam mempergunakan Dart di situs resmi Google ini.

Ini akan sangat memudahkan dalam menulis kode dalam Dart dan juga bila ada kebingungan pun akan bisa langsung terselesaikan dengan mudah.

  • Adanya Dukungan Kompilasi AOT dan JIT

Kelebihan yang ketiga adalah adanya dukungan kompilasi dari AOT dan juga JIT yang membuat kode di Dart pun lebih menarik. Di AOT kode yang ada di dalam Dart ini akan bisa diubah menjadi kode mesin asli dengan sangat mudah. Saat masuk ke dalam mode JIT, semua itu bisa dikompilasi untuk siklus pengembangan yang sangat cepat.

  • Stabil Untuk Membangun Aplikasi Real Time

Dart merupakan pilihan yang paling tepat untuk kalian yang menginginkan untuk membangun aplikasi secara real time. Ini karena Dart ini jauh lebih stabil untuk membangun sebuah aplikasi secara real time. Dart merupakan bahasa pemrograman yang berbasis pada objek dan juga disertai dengan fitur pengetikan opsional, jadi memang lebih stabil untuk aplikasi real time.

  • Tanpa Konfigurasi

Dart menyediakan Dartpad untuk kalian yang mungkin ingin mempergunakannya tanpa install atau konfigurasi apa pun. Ini tentunya menjadi sebuah kelebihan karena kalian bisa langsung menuliskan dan bahkan langsung menjalankan aplikasi tersebut. Tapi memang fitur dari Dartpad ini sendiri memiliki dukungan library yang tidak terlalu luas, hanya tingkat dasar saja.

  • Lebih Cepat

Kelebihan yang terakhir itu adalah Dart merupakan bahasa pemrograman yang lebih cepat bahkan dari Javascript. Ini akan membuat waktu yang dibutuhkan untuk membuat program itu akan lebih cepat dan tentunya juga lebih efisien ya. Kalian bisa menyelesaikan deadline program dengan jauh lebih cepat bila mempergunakan Dart ini.

Kekurangan Dart Adalah

Tentunya Dart pun memiliki beberapa kekurangan yang sudah pasti harus kalian ketahui dan pahami terlebih dahulu. Dart merupakan bahasa pemrograman yang baru jadi wajar memiliki kekurangan seperti resource yang terbilang masih terbatas. Selain itu informasi mengenai Dart ini pun belum terlalu banyak, jadi memang harus ekstra dalam mencarinya dan juga mempergunakannya.

Mau Paham Bahasa Pemrograman Dart ? Yuk Ikut Kelas Flutter

Anda mau mahir dalam bahasa pemrograman Dart ? Kini saatnya anda mengikuti pelatihan flutter yang tersedia di Course-Net. Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu akan mahir dalam bahasa pemrograman dart. Anda berminat ? Isi data diri anda di bawah ini dan amankan kursi anda segera.

Segera daftarkan diri anda sekarang juga, Dan daftarkan diri anda dalam kursus belajar flutter sekarang juga.

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Tempat Belajar Data Science Terbaik, Lebih Dari 75000 Alumni Mendapatkan Sertifikasi. #1 Practical IT Coaching  EC Council ATC Circle of Excellence 2021 The Most Impactful IT Coaching 2020

Share Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tags

Artikel Berkaitan

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter
Course-Net

Dapatkan tips seputaran Teknologi dan Informasi secara up to date serta promo spesial menarik Course-Net.