course-net
Search
Close this search box.

Debian Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Bedanya Dengan Ubuntu

Minet

November 8, 2022

Debian Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Bedanya Dengan Ubuntu

Debian Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Bedanya dengan Ubuntu – Khusus bagi pengguna sistem OS Linux pasti sudah mengenal istilah sistem OS Debian. Debian merupakan sistem OS berbasis Linux yang memiliki komunitas cukup besar. Sistem OS Debian pertama kali dikenalkan oleh mahasiswa dari Universitas Pudrude, Amerika Serikat. Ia bernama Ian Murdock di tanggal 16 Agustus 1993.

Nama Debian diambil dari nama dia sendiri dengan mantan kekasihnya yang bernama Debra Lynn. Nah, dari kombinasi nama Deb dan Ian menjadikan sebuah sistem operasi yang bernama Debian. Sistem operasi yang satu ini mulai diminati oleh sejumlah pengguna Linux.

Debian adalah ? Download Debian, Definisi Serta Perbedaan Dengan Ubuntu

Debian adalah ? Download Debian, Definisi Serta Perbedaan Dengan Ubuntu

Penyebabnya adalah karena Debian merupakan sistem OS yang open source seperti di operasi Linux yang lainnya. Nah, kali ini akan membahas lebih jauh mengenai pengertian Debian, fungsi, kelebihan dan perbedaannya dengan Ubuntu secara umum.

Apa Itu Debian?

Debian adalah sebuah sistem operasi yang tersedia secara gratis bagi penggunanya. Sistem operasi satu ini sifatnya open source sehingga Anda bisa mengembangkan sistem operasi ini dengan mudah dan secara gratis. Debian memakai kernel Linux sebagai basis sistem OSnya.

Ada sejumlah aplikasi khusus untuk komputer yang bisa Anda peroleh secara gratis di Debian, seperti aplikasi edit video, gambar, video game dan yang lainnya. Fitur yang tersedia di Debian menjadikan sistem OS satu ini semakin di depan. Nah, untuk urusan server tentu saja sudah banyak yang menggunakannya, termasuk dari perusahaan ternama.

Fungsi-fungsi Debian Adalah

Fungsi-fungsi Debian secara umum yang harus Anda pahami adalah:

  • Sebagai Sistem Operasi Desktop

Sala satu fungsi Debian yang paling umum adalah sebagai sistem operasi di desktop sehingga Anda bisa menggunakannya. Bahkan Anda bisa mengganti dengan sistem operasi yang lainnya seperti Windows. Debian telah menyediakan ribuan aplikasi secara gratis sehingga banyak dipakai oleh pengguna.

Pengguna juga bisa menyesuaikan kebutuhannya karna user interface yang berbeda di aplikasi dengan sistem operasi yang lainnya. Terlebih lagi jika penyedia aplikasi yang berbeda, contohnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi sama, namun penyedianya berbeda. Hal ini akan membuat user interface dari kedua aplikasi ini akan berbeda tentunya.

  • Sebagai Server

Fungsi Debian berikutnya hampir sama dengan sistem operasi Linux yang lainnya, yaitu sebagai server, baik itu DNS server, web server, mail server dan yang lainnya. Umumnya, sistem operasi Windows juga bisa dipakai sebagai server sehingga sama dengan sejumlah jenis distro Linux yang lainnya.

Contoh keunggulan Debian pada server adalah tidak perlu membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Hal ini akan membuat dari segi biaya akan lebih murah.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai apa itu Debian dan juga fungsi-fungsinya. Debian juga memiliki sejumlah kelebihan yang harus Anda pahami dan penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Kelebihan Debian Adalah

Kelebihan-kelebihan Debian yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Sifatnya Open Source

Kelebihan-kelebihan Debian yang pertama adalah bersifat open source sehingga menjadikan pengguna dapat mengembangkan sistem operasi satu ini secara bebas dan gratis. Pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan dan juga keinginan sendiri lebih mudah.

  1. Sistem Operasi Stabil

Kelebihan yang kedua adalah selain open source, Debian dikenal juga dengan sistem operasi yang cukup stabil. Di Debian, software yang dipakai adalah software dengan versi yang stabil sehingga bukan termasuk versi beta atau terbaru. Hal ini menjadikan sistem OS Debian jadi lebih stabil di sisi penggunanya.

  1. Paket Instalasi Lengkap

Kelebihan yang ketiga adalah di Debian ada sejumlah paket instalasi yang tersedia. Nah, inilah yang membuat pengguna lebih leluasa dalam menentukan paket instalasi yang minimal maupun lengkap sesuai dengan perangkat lunak bawaannya.

  1. Mendukung Sejumlah Arsitektur Hardware

Kelebihan yang keempat adalah Debian sudah mendukung di sejumlah arsitektur hardware sesuai dengan yang Anda gunakan. Anda dapat install Debian biak di komputer prosesor 32-bit hingga 64-bit. Anda juga bisa mendapatkan Debian 10 dengan mudah.

Seperti itulah kelebihan-kelebihan Debian yang bisa diperoleh penggunanya sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

Kekurangan-kekurangan Debian

Selain memiliki kelebihan, Debian juga memiliki kekurangannya, yaitu:

  1. Sulit Melakukan Instalasi Versi Terbaru

Salah satu contoh kekurangan dari Debian adalah sulitnya melakukan instalasi aplikasi maupun software terbaru pada Debian karena pengembang harus memilih dari segi keamanan, kestabilan dan juga menunggu rilis terbaru.

  1. Sulit Melakukan Konfigurasi

Pengguna Debian juga terkadang mendapatkan kesulitan melakukan konfigurasi install untuk yang pertama kalinya.

  1. Versi Debian Lebih Tua

Kelemahan untuk pengguna adalah versi Debian jauh lebih tua dibandingkan dengan versi rilis dan juga terbarunya.

Itulah beberapa contoh kekurangan-kekurangan yang dimiliki pada Debian secara umum.

Perbedaan Debian vs Ubuntu

Perbedaan Debian vs Ubuntu

Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaan Debian vs Ubuntu yaitu:

  • Perbedaan paling umum dari keduanya adalah Ubuntu dianggap jauh lebih ramah bagi pengguna dan sudah menggantikan Debian sehingga membuat hal ini menjadikan alasan utama dari kepopulerannya.
  • Versi terbaru dari Ubuntu dirilis setelah 6 bulan, sedangkan Debian baru merilis pembaruannya setelah 2 tahun.
  • Debian jalankan program modifikasi dari Mozilla dan Ubuntu dan pada sisi lain, sudah diinstall sebelumnya dengan program seperti ini.
  • Debian telah terdesentralisasi sepenuhnya, sedangkan Ubuntu belum mempunyai perusahaan yang mendukungnya.
  • Pengguna pemula lebih tepat memilih Ubuntu dibandingkan Debian karena alasan lebih ramah bagi pengguna baru.
  • Ubuntu didistribusikan Linux pada posisi pertama, sedangkan Debian pada posisi kedua.

Seperti itulah beberapa perbedaan antara Debian dan Ubuntu secara umum yang bisa ditemukan.

Tips Mendapatkan Debian Secara Gratis

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Debian 11 atau versi lainnya secara gratis adalah:

  • Kunjungi Website Resmi Debian

Tips mendapatkan Debian secara gratis yang pertama adalah Anda bisa mengunjungi website resmi Debian. Di sana Anda bisa memperoleh sejumlah versi Debian sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

  • Pilih Berdasarkan Jenis Prosesor

Nah, setelah Anda masuk ke halaman utama Debian tinggal memilih file berdasarkan sesuai dengan jenis prosesor yang Anda pakai.

  • Buat USB Bootable

Langkah selanjutnya adalah Anda membuat USB Bootable. Caranya adalah dengan memakai rufus maupun aplikasi yang lainnya.

  • Instal Debian sesuai Kebutuhan

Terakhir adalah Anda tinggal install Debian sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan sistem operasi lama, bisa install Debian memakai metode dual booting. Dengan begitu, sistem operasi versi lam Anda tidak terhapus dari komputer yang dimiliki.

  • Proses Instalasi

Proses instalasi Debian mudah sekali dan bisa Anda lakukan di komputer setelah unduh selesai. Penggunaan desktop dengan sistem operasi ini, maka semua tampilan mengikuti format dari sistem operasi satu ini. Nah, untuk server biasanya sistem operasi yang ada di server.

Artinya adalah sistem operasi satu ini bertanggung jawab dengan pengoperasian normal di seluruh aplikasi yang sudah di install melalui situs resmi yang dihosting oleh server. Sedangkan yang membuat sistem OS layak jadi server ialah kinerja yang stabil, aman serta menawarkan banyak aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Itulah semua penjelasan mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan serta perbedaannya Debian vs Ubuntu.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!