course-net
Search
Close this search box.

Facebook Ads Library Adalah: Pengertian dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

Minet

February 21, 2023

Facebook Ads Library Adalah: Pengertian dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

Facebook Ads Library Adalah: Pengertian dan Cara Penggunaannya dengan Mudah – Facebook Ads Library, adalah salah satu fitur yang bisa membantu pengembangan dari bisnis yang kalian miliki loh. Kalian masih banyak yang asing dengan salah satu fitur ini? Jika memang seperti itu, sebaiknya kalian tetap di sini dan membaca artikel ini sampai dengan habis ya.

Supaya membuat kalian semakin tertarik, fitur Facebook Ads Library ini, bisa membuat kalian memperhatikan atau memantau iklan dari kompetitor dalam bisnis yang kalian lakukan loh. Menarik sekali bukan? Makanya, segera pelajari fitur ini dari sekarang juga.

Facebook Ads Library Adalah ? Yuk Belajar Digital Marketing

Pengertian Facebook Ads Library

Pengertian dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

Fb Ads Library, atau yang juga sering disebut orang sebagai Ads Library Facebook serta sebagainya, adalah sebuah fitur gratis yang bisa kalian gunakan untuk dapat melihat semua iklan yang tayang di dalam perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Dengan kata lain, kalian bisa memantau berbagai iklan bukan hanya di dalam Facebook saja, tapi meliputi Instagram, serta iklan di platform lainnya yang masih dalam satu lingkaran perusahaan.

Dengan fitur ini, kalian jadi bisa mencari tahu berbagai informasi yang sangat detail dari suatu iklan. Mulai dari perusahaan pembuat iklan itu, waktu iklan itu muncul pertama kali, lalu di platform mana saja iklan itu akan ditayangkan, sampai isi dari iklan tersebut juga bisa kalian dapatkan.

Sebagai informasi, iklan yang bersifat umum, hanya bisa kalian dapatkan informasinya selama iklan tersebut masih tetap aktif. Sedangkan, kalau iklan yang berbau atau memiliki unsur politik, tetap bisa kalian akses informasinya walaupun masa aktifnya sudah lewat, hebat sekali bukan Facebook ads library ini?

Untuk dapat mengakses seluruh iklan yang ada di Facebook atau perusahaan terkait, kalian juga tidak diharuskan memiliki akun Facebook loh. Tentu saja hal ini akan membuat kalian semakin mudah untuk memantau berbagai iklan yang dibuat oleh kompetitor bisnis kalian.

Berbagai informasi tersebut pastilah sangat berguna demi membuat bisnis yang sedang dijalankan menjadi semakin berkembang dan maju. Tentu saja hal itu juga sangat berpengaruh dalam strategi marketing yang akan kalian rencanakan kedepannya.

Baca Juga : Facebook Ads Manager Adalah : Pengertian, Kelebihan, Fitur-Fitur, dan Cara Penggunaan

Kategori Iklan Facebook Ads Library

Berikut adalah kategori iklan Facebook Ads Library yang sering digunakan

Iklan Umum (All Ads)

FB ads library hanya menampilkan iklan yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Perlu diketahui bahwa Facebook Ads Library hanya menampilkan iklan umum yang masih aktif.

Contohnya ketika Anda mencari iklan kompetitor di Ads library Facebook namun hanya menampilkan “Hasil Pencarian 0” kemungkinan iklan tersebut sudah tidak aktif atau memang kompetitor tersebut tidak menggunakan fitur Facebook Ads.

Iklan Isu, Pemilu, atau Politik (Issues, elections or politics)

Mempertunjukkan iklan yang memiliki unsur politik, partai, pemilu, dan isu tertentu. Berdasarkan riset pada jenis iklan ini, Anda masih bisa melihat iklan politik walaupun sudah tidak aktif sejak tahun 2020.

Cara Mengakses Facebook Ads Library

Nah, bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Library dan cara melihat iklan kompetitor di Facebook? Coba simak langkah-langkah berikut ini:

1. Hubungkan devicemu dengan internet lalu buka browser.

2. Silahkan login ke akun Facebook yang masih aktif.

3. kemudian Klik link atau ketik URL berikut pada browsermu; https://www.facebook.com/ads/library/

4. Tampilan Facebook Ads Library akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Tampilan Facebook Ads Library
Tampilan Facebook Ads Library

5. Silahkan pilih lokasi dan kategori iklanmu. Pada ulasan ini, kami memberi contoh dengan target lokasi negara Indonesia.

Target Lokasi
Target Lokasi

6. Selanjutnya, silahkan pilih kategori iklan. Terdapat dua pilihan yaitu Semua Iklan dan Isu, Pemilu atau Politik. Pilihlah kategori Semua Iklan.

Kategori Iklan
Kategori Iklan Facebook Ads Library

7. Kamu bisa melihat iklan dengan dua cara, yaitu dengan menuliskan keyword iklan yang kamu butuhkan atau menuliskan spesifik pengiklan yang kamu tuju pada pencarian Facebook Ads Library

Mengapa Anda Perlu Cek Iklan Kompetitor?

Jika ditanya mengapa Anda mesti repot-repot melihat iklan kompetitor, maka jawabannya sangat jelas:

1. Sebagai Inspirasi & untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Ketika Anda melakukan riset iklan kompetitor, otomatis Anda mengetahui iklan apa saja yang sedang mereka tayangkan. Segala hal mulai dari tampilan, gaya bahasa, platform yang dipilih, bisa Anda contek atau jadikan sebagai inspirasi.

Dari situ, Anda bisa membuat iklan yang jauh lebih baik dari punya mereka. Sehingga, iklan Anda punya peluang lebih untuk disukai audiens. Pada akhirnya, calon pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk atau layanan milik Anda.

2. Untuk Lebih Mengenal Peta Persaingan Bisnis

Ketika mengintip iklan milik kompetitor, Anda jadi lebih mengenal strategi apa yang tengah dijalankan pesaing. Dari situ, Anda bisa menyesuaikan strategi yang akan diterapkan di bisnis Anda sendiri.

Jika strategi periklanan yang mereka lakukan sukses besar, Anda bisa belajar dan terinspirasi dari situ. Sebaliknya jika strategi pesaing ternyata gagal total, Anda punya kesempatan untuk menghindar agar tidak mengalami nasib serupa.

Nah, itu tadi manfaat Facebook Ads Library untuk riset iklan kompetitor. Berikutnya, kami sajikan tips apa saja yang harus diperhatikan ketika cek iklan milik pesaing. Yuk simak sekarang juga!

Baca juga: Cara Verifikasi Domain di Facebook Business Manager

Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Riset Iklan Kompetitor?

Tahukah Anda, riset iklan kompetitor ternyata tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika melakukan hal ini, seperti:

1. Tanggal Penayangan Iklan

Melihat tanggal tayang iklan adalah hal pertama yang harus Anda catat saat riset kompetitor. Sebab, hal itu bisa menghindarkan Anda dari kerugian akibat persaingan bisnis. Loh, kok bisa?

Contoh kasusnya begini. Sebuah kompetitor lebih besar menayangkan iklan berisi promosi atau flash sale di rentang waktu tertentu. Jika Anda juga berencana melakukan hal yang sama, maka Anda mengkaji ulang strategi bisnis guna menghindari persaingan.

Salah satu caranya dengan memundurkan jadwal flash sale. Dengan begitu, penjualan produk Anda tidak akan begitu terdampak meski kompetitor raksasa tengah melakukan promosi besar-besaran.

2. Jenis dan Platform Iklan

Hal selanjutnya yang wajib Anda perhatikan adalah jenis dan platform iklan. Yang dimaksud jenis iklan Facebook di sini adalah format iklan yang dipakai kompetitor, seperti gambar, video, carousel, atau bahkan meme.

Dengan mengetahui variasi iklan milik pesaing, Anda jadi bisa mendapatkan ide baru untuk membuat iklan.

Begitu juga dengan melihat platform di mana iklan kompetitor tayang. Sebab, ternyata ada beberapa jenis iklan yang lebih pas jika ditampilkan di platform tertentu.

Misalnya carousel yang cocok ditaruh di Instagram Feeds, video dengan aspek rasio vertikal yang sesuai untuk Instagram atau Facebook Story, atau iklan berbentuk meme yang lebih pas jika tayang di Facebook Feeds.

3. Visual Iklan

Jika sudah melihat jenis dan platform iklan, maka sekarang waktunya menengok hal paling menarik dari iklan, yaitu visual. Secara umum, visual dari sebuah iklan cukup menggambarkan branding dari perusahaan pengiklan.

Selain itu, mengecek visual iklan kompetitor juga berguna untuk mengetahui metode promosi yang paling disukai calon pelanggan. Misalnya kecenderungan pesaing menggunakan meme, melalui foto before-after atau menampilkan penjelasan detail produk di gambar.

Intinya dengan memahami pola visual yang dipakai pesaing, Anda bakal lebih mudah dalam menyiapkan materi iklan yang menarik. Serta, Anda bisa memperbaiki metode promosi agar iklan lebih tepat sasaran.

4. Copywriting Iklan

Setelah melihat jenis, platform, dan visual iklan, berikutnya Anda mesti memperhatikan isi teks atau copywriting dari iklan pesaing. Sebab, sebagian besar anatomi iklan di Facebook Ads Library terdiri dari teks. Misalnya teks utama, headline, atau deskripsi.

Nah, ada beberapa hal yang bisa dicek dari copywriting kompetitor. Pertama, penggunaan bahasa dan bagaimana cara mereka menarik perhatian audiens. Kedua, keyword atau frasa yang sering muncul. Ketiga, pemilihan kata ketika mempromosikan penawaran.

Intinya sama seperti visual, memperhatikan copywriting pesaing membuat Anda lebih paham mana strategi promosi yang paling efektif.

Namun tentu saja, membuat copywriting iklan berkualitas tak cukup hanya dengan riset iklan kompetitor. Anda perlu belajar copywriting dari hal-hal paling dasar, atau praktik membuat contoh copywriting headline yang ciamik untuk iklan Anda.

Itu tadi hal-hal yang wajib Anda ketahui saat riset iklan kompetitor.Berikutnya kami ajak Anda praktik cara menggunakan Facebook Ads Library. Yuk menuju poin selanjutnya!

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Seperti yang kami janjikan, bahwa kami juga akan menjelaskan cara penggunaan Facebook ads library atau Facebook library ads kepada kalian semua.

Cara menggunakannya adalah:

  1. Akses Fitur Facebook Ads Library

Yang pertama harus kalian lakukan, tentu saja dengan mengakses fitur ini. Jika sudah masuk ke dalam halamannya, maka kalian hanya tinggal memilih lanjutkan atau memilih untuk masuk dulu ke akun Facebook yang kalian miliki.

Lebih baik kalian masuk dulu ke dalam akun Facebook kalian, karena akan ada fitur tambahan seperti fitur ‘Report Ads’ atau ‘Laporkan Iklan’ yang hanya bisa kalian akses setelah masuk ke dalam akun Facebook. Seperti namanya, fitur tersebut memiliki fungsi untuk melaporkan iklan yang kalian anggap tidak layak.

Lalu, memang akan terasa sangat sulit serta seperti ada hambatan kalau kalian ingin memakai fitur ini tapi belum masuk ke dalam akun Facebook yang kalian miliki. Itulah mengapa, lebih baik kalian masuk dulu ke dalam akun Facebook atau buat ketika kalian belum memiliki akunnya sama sekali.

  1. Gunakan Kolom Pencarian yang Tersedia

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan fitur pencarian dalam Fb Library Ads. Fitur yang tersedia ini, harus bisa kalian kuasai untuk mempermudah hal yang kalian lakukan nantinya loh.

Terdapat tiga pilihan saat kalian akan menggunakan kolom pencarian, yaitu jenis iklan, negara, serta pencarian.

Dalam kategori iklan, kalian bisa memasukkan jenis iklan yang ingin kalian lihat. Sudah ada banyak sekali pilihan yang bisa kalian pilih. Apabila masih bingung ingin melihat jenis iklan yang mana, kalian bisa memilih pilihan ‘All Ads’ yang akan menunjukkan semua iklan.

Pada pilihan ketiga yang merupakan kolom pencarian, kalian bisa memasukkan nama perusahaan yang ingin kalian lihat iklannya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kata kunci sesuai dengan iklan yang ingin kalian lihat.

  1. Opsi Negara dan Bahasa

Masih dalam fitur pencarian di dalam Facebook Ads Library, namun kita akan memasuki pembahasan mengenai penggunaan pilihan negara dan bahasa. Penggunaan opsi ini tidaklah sulit, kalian hanya perlu menentukan negara mana yang ingin kalian lihat iklannya saja.

Setelah muncul hasil pencariannya, kalian sudah bisa melihat berbagai iklan yang tampil di negara tersebut loh.

Selain itu, kalian juga bisa memilih penggunaan bahasa dalam iklan yang ditampilkan, termasuk dalam bahasa Indonesia.

  1. Mencari Iklan dari Platform Facebook Lainnya

Perusahaan Facebook yang telah berubah menjadi perusahaan Meta, memiliki beberapa platform lain yang tidak kalah terkenal. Contohnya adalah Instagram dan yang lainnya. Nah, berbagai platform ini juga, bisa kalian lihat iklannya.

Caranya juga simpel, kalian hanya tinggal memilih platform apa yang ingin kalian tampilkan melalui pilihan yang tersedia.

  1. Berdasarkan Media

Kalian juga sudah bisa mencari iklan berdasarkan media yang digunakan. Baik itu video, gambar, atau media lainnya.

  1. Berdasarkan Tanggal

Kalian juga bisa membuat iklan kalian tayang berdasarkan tanggal tertentu sesuai dengan yang kalian inginkan. Caranya cukup mudah, kalian hanya mencari fitur Impression by Date dan pilih fitur tersebut. Selanjutnya, kalian hanya perlu mengisikan tanggal berapa iklan akan ditayangkan.

Setelah menentukan tanggalnya, kalian lanjutkan dengan memilih pilihan ‘Apply’ lalu sudah selesai. Mudah sekali bukan untuk melakukannya?

Kami yakin kalian semua sudah bisa melakukannya.

Beberapa Fungsi

Membicarakan fungsi dari Facebook Ads Library, tentunya ada banyak sekali yang bisa kalian dapatkan. Namun kami akan membicarakan mengenai beberapa fungsi yang sangat bisa membantu kalian dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Fungsi tersebut adalah:

  • Mendapat Referensi Iklan

Kekurangan ide saat akan menentukan iklan apa yang akan dibuat memang sering terjadi. Baik kepada perusahaan kecil maupun yang besar. Dengan fitur ini, kalian bisa mendapatkan berbagai referensi iklan sesuai dengan yang kalian butuhkan.

  • Penyusunan Strategi

Ads Library Fb juga bisa berfungsi sebagai tempat penyusunan strategi loh. Dengan memperhatikan iklan yang dibuat oleh pesaing bisnis, kalian bisa jadi menilai apakah iklan seperti itu cocok digunakan atau tidak. Kalau tidak, kalian hanya tinggal menyusun strategi terbaru untuk memaksimalkan iklan produk kalian.

Itu adalah beberapa fungsi yang menurut kami sangat penting dan berguna dalam pengembangan bisnis yang kalian miliki. Untuk selanjutnya, hanya tinggal bagaimana kalian memaksimalkan berbagai fitur yang telah tersedia saja.

Digital marketing sendiri adalah salah satu metode marketing di zaman modern yang semakin banyak dipakai. Itulah mengapa fitur Facebook Ads Library semakin digemari karena menyediakan berbagai informasi penting. Kalian juga bisa mendalami kursus digital marketing dengan mengikuti berbagai pelatihan dari Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print