FTP Adalah : Apa Itu FTP Server ? Dan Cara Pengguannya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

FTP Adalah : Apa Itu FTP Server ? Dan Cara Pengguannya – FTP Adalah : Apa Itu FTP Server ? Dan Cara Pengguannya – Beberapa dari kalian mungkin ada yang pernah mendengar istilah ini, akan tetapi banyak juga yang tidak mengetahui arti dan fungsinya. Apa itu FTP? FTP merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol atau bisa diartikan sebagai suatu protokol yang membuat pertukaran informasi antar server menjadi mungkin sehingga membuat user atau pengguna bisa melakukan unggahan ataupun unduhan dalam komputernya.

Mengenal Pengertian FTP Adalah ? Trik Cara Penggunaanya

Apa Itu FTP ? FTP Adalah

Apa Itu FTP ? FTP Adalah

Jika bekerja pada dunia informasi dan teknologi maka kita dipastikan tidak asing dengan kata FTP karena bisa jadi kata tersebut merupakan kata yang kita temui sehari-hari. FTP adalah salah satu servis internet yang dirancang untuk membuat sebuah sambungan server komputer maupun internet.

Disini user dapat mengirimkan file ke komputer biasa disebut dengan istilah download, serta mengirimkan file ke server yang biasanya dikenal dengan istilah upload sehingga dapat disimpulkan bahwa File Transfer Protocol adalah sebuah protokol untuk dapat melakukan pengiriman serta pertukaran data. Jika dibandingkan dengan sebuah perangkat kabel, tentu protokol ini terbilang lebih praktis.

Apa Perbedaan dari FTP Server dan FTP Client?

Berbicara terkait dengan FTP, maka kita akan membahas juga terkait dengan FTP Client dan FTP server. Apa itu FTP server? Yaitu sebuah server yang memberikan service untuk dapat melakukan penukaran file dari permintaan client. Beberapa aplikasinya seperti WU-FTPD, FTPD, PROFTPD dan VSFTPD. Fungsi FTP server ini ialah melakukan download serta upload file dari ataupun ke server.

Sedangkan FTP Client ialah sebuah komputer yang biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas, dimana komputer tersebut terhubung dengan server agar bisa melakukan beberapa hal seperti transfer file, sehingga server bisa melakukan beberapa tugasnya seperti upload, download, rename, delete, dan sebagainya.

Aplikasi dari FTP

Banyak aplikasi yang tersedia, dimana aplikasi ini bisa dijadikan sebuah remote yang mampu menjalankan berbagai sistem operasi seperti Windows dan Linux. Adapun beberapa aplikasi tersebut, diantaranya ialah:

  • FileZilla

FileZilla

FileZilla merupakan salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan, dimana salah satu fungsi dari aplikasi ini ialah dapat melakukan koneksi remote dengan berbagai sistem operasi seperti Windows dan Linux.

Aplikasi ini selain bisa digunakan untuk berbagai sistem aplikasi juga memiliki kelebihan lainnya yaitu dapat melakukan sebuah transisi simultan, misalnya jika kita tidak bisa melakukan upload file dan sambungan terputus, maka salah satu solusinya ialah dengan mengulang kembali.

Akan tetapi aplikasi ini juga memiliki kekurangan, dimana kekurangan dari aplikasi ini ialah kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat melakukan upload file jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Semakin besar ukuran dari file maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan.

  • WinSCP

Aplikasi lainnya selain FileZilla ialah WinSCP. Aplikasi ini biasanya lebih sering digunakan oleh pengguna sistem operasi Windows. Kelebihan yang paling utama dari aplikasi ini ialah adanya suatu dukungan SSH password, public key, otentikasi Kerberos, serta memiliki keyboard yang interaktif.

Selain itu, WinSCP juga mampu digunakan untuk menangani sebuah protokol seperti SCP, SFTP, dan Webdev. Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini ialah hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows saja, sehingga tidak bisa digunakan untuk Linux dan MacOS.

  • FTP GPTF

Aplikasi lainnya yang juga sering digunakan ialah GPTF. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Linux. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi GPTF juga bisa melakukan beberapa hal seperti mendukung protokol FTPS, HTTP, SSH, HTTPS dan FSP. Hanya saja kekurangan dari aplikasi ini ialah hanya bisa digunakan untuk antar jaringan lokal saja, sehingga penggunaannya cukup terbatas.

Baca Juga : Syslog Server: Pengertian, Kegunaan dan Cara Installnya

Fungsi dari FTP

Secara umum kegunaan FTP ialah untuk memudahkan para pengguna dalam mengirim ataupun mengunduh data antar komputer dengan menggunakan koneksi internet, hal ini tentunya sesuai dengan namanya yaitu protokol untuk mentransfer data. Kan tetapi masih banyak fungsi lainnya yang bisa kita rasakan jika menggunakannya. Adapun beberapa fungsi lainnya ialah:

  • Melayani setiap user untuk melakukan transfer data secara dua arah
  • Melakukan backup website secara mudah dan efisien
  • Melakukan pertukaran file dari komputer satu dengan komputer lainnya dengan mudah, walaupun memiliki ukuran file yang cukup besar
  • Keuntungan menggunakan FTP dalam melakukan transfer data ialah jika sambungan terputus, maka pengiriman data tidak akan sampai hilang
  • Mendownload file dari software publik
  • Melakukan upload halaman website pada sebuah web server atau hosting ke internet
  • Mengunggah sebuah file tugas maupun pekerjaan lebih mudah
  • Melakukan distribusi serta revisi program oleh developer software
  • Mengirimkan sebuah file berukuran besar kemudian menjadikannya lampiran pada email.

Baca Juga : Tips Memilih Server Terbaik : Pengertian Dan Jenisnya

Cara Kerja dari FTP

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan dari FTP, maka kita perlu juga mengetahui cara kerjanya. Secara umum, cara kerjanya ialah:

  1. FTP client akan melakukan sebuah permintaan koneksi pada server
  2. Setelah bisa terhubung, maka kita dapat menukarkan data kepada client.
  3. Disini sebuah transfer protokol bisa dilakukan dengan mode aktif ataupun pasif
  4. Dengan menggunakan mode aktif, maka server akan berperan aktif untuk dapat menyetujui permintaan data
  5. Sedangkan dengan mode pasif, server akan mempertahankan koneksi yang mana membuat pengguna bisa membuat saluran data serta saluran perintah.

Disini server dapat dianalogikan tetap mendengarkan perintah, akan tetapi tidak dapat berpartisipasi secara aktif, lebih mengandalkan pada perangkat yang menangani sebagian besar dari tugasnya.

Cara Penggunaan FTP Adalah

Berikut ini ialah cara ataupun metode yang bisa dilakukan untuk menggunakan File transfer, yaitu:

  1. Menggunakan web browser, lalu kemudian tuliskan http://ftp.namadomain.com, kita bisa mengubah YRL website yang ingin kita gunakan
  2. Menggunakan sebuah command prompt pada Windows, sedangkan pada Mac atau Linux menggunakan terminal.
  3. Menggunakan FTP pihak ketiga, kita bisa menggunakan FTP FileZilla yang paling banyak digunakan.

Sedangkan untuk menggunakan aplikasi FileZilla maka kita perlu melakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Mendownload aplikasi FileZilla terlebih dahulu
  2. Membuka control panel akun hosting
  3. Buka menu FTP account, lalu buat akun baru atau login dengan menggunakan akun sebelumnya
  4. Mencatat username, host name, serta password agar tidak lupa
  5. Lalu Install dan buka FileZilla pada komputer, aplikasi sudah bisa digunakan.

Itu tadi informasi lengkap yang bisa kami sampaikan terkait dengan FTP. Dapat dikatakan bahwa Transfer protokol ini merupakan suatu fitur yang sangat penting di dalam komputer, karena akan mempermudah segala proses yang berkaitan dengan transfer file.

Baca Juga : Proxy Adalah : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para orang awam yang sebelumnya belum mengetahui sama sekali terkait dengan fitur ini. Selamat belajar untuk bisa menjadi lebih baik ya!

Mau Belajar FTP & Membuat Website

Nah, buat kamu yang mau mahir dalam pengertian FTP beserta cara membuat website. Kamu bisa mengikuti pelatihan yang tersedia di Course-Net. Kini kamu bisa mendaftarkan diri kamu di kursus web design, Dengan mengisi form dibawah ini :

Dan Tidak itu saja kamu bisa mendapatkan promo setiap bulannya. Untuk Lihat jadwal kelas bisa klik disini.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !