course-net
Search
Close this search box.

Google Workspace Adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Kelebihannya

Minet

March 15, 2023

Fitur dan Aplikasi yang Tersedia di Google Workspace

Google Workspace Adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Kelebihannya – Pada era digital ini, banyak teknologi yang diciptakan untuk mendukung produktivitas kerja. Google Workspace menjadi salah satu bentuk teknologi digital yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tidak heran jika banyak organisasi atau perusahaan yang menggunakan Workspace sebagai salah satu tools kerja mereka.

Meski sudah sangat populer, namun masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat dan fitur yang ada di dalamnya. Tentu saja, software buatan Google ini punya banyak sekali fitur canggih di dalamnya yang mampu memenuhi semua kebutuhan kerja. Agar lebih mengenal Workspace, kali ini akan kita kupas tuntas mulai dari pengertian, manfaat, fitur, sampai kelebihannya.

Google Workspace Adalah ? Simak Penjelasannya

Pengertian Google Workspace

Google Workspace Adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Kelebihannya

Google Workspace adalah sebuah layanan yang awalnya dikenal dengan nama Google Guide atau G Suite. Pengertian Workspace merupakan sebuah fitur layanan dari Google yang mampu mengintegrasikan seluruh aplikasi besutan Google, seperti Calendar, Gmail, Slides, Sheets, Docs, Drive, hingga Meet.

Secara singkat, Google Workspace adalah bentuk baru dari G-Suite yang bertujuan untuk mendukung fasilitas agar produktivitas kerja bisa meningkat karena selaras serta terintegrasi satu sama lain. Fitur layanan ini resmi dipublikasikan ke khalayak umum pada 6 Oktober 2020 lalu.

Berdasarkan keterangan yang dilansir dari Google Blog, pengertian dari Workspace adalah fitur yang dapat dijadikan sebagai solusi dan mengantisipasi adanya aktivitas digital yang meningkat pada beberapa tahun terakhir. Workspace berisi kumpulan aktivitas cloud, perangkat lunak, alat produktivitas dan kolaborasi, dan produk dari perusahaan Google.

Fitur dan Aplikasi yang Tersedia di Google Workspace

Fitur dan Aplikasi yang Tersedia di Google Workspace

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Workspace mengintegrasikan seluruh aplikasi yang diciptakan oleh Google. Tidak heran jika fitur yang ada di dalamnya juga sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa fitur dan aplikasi yang tercakup pada Google Workspace for education:

  • Gmail
  • Google Docs
  • Google Drive
  • Google Slides
  • Google Spreadsheet
  • Google Keep
  • Google Form
  • Google Chat
  • Google Meet
  • Google Sites
  • Apps Script
  • Jamboard
  • Vault
  • Admin
  • Work Insight
  • Cloud Search
  • Google Calendar
  • Endpoint

Itu dia seluruh aplikasi yang ada di dalam Workspace dengan manfaat dan kegunaannya masing-masing. Selain menawarkan aplikasi yang lengkap, Workspace juga memiliki sejumlah fitur unggulan yang bisa dinikmati oleh pengguna. Beberapa fitur canggih pada layanan Google yang satu ini adalah sebagai berikut.

  1. Sistem Keamanan Terbaik

Fitur canggih pada Workspace Google yang pertama adalah memiliki sistem keamanan baru yang lebih baik. Sistem ini sangat sesuai untuk Anda yang memerlukan komunikasi berbasis video atau teks untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tujuan sistem keamanan ini adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan ketika audit logging dan gangguan pada video conference.

  1. Integrasi User Experience

Fitur lain yang ditawarkan oleh Google Workspace yaitu user experience yang saling terintegrasi. Dengan kata lain, layanan aplikasi ini dapat mendukung semua jenis kebutuhan kerja yang dilakukan secara online atau work from home.

  1. Mention Rekan Kerja

Fitur baru yang diusung oleh Workspace adalah pengguna bisa mention rekan kerja. Seperti yang kita tahu bahwa fitur mention seperti ini sudah populer pada penggunaan media sosial. Dalam hal ini, Google turut menggunakan fitur mention tersebut untuk memunculkan informasi yang berkaitan dengan detail kontak rekan-rekan kerja Anda.

Kelebihan

Sebagai salah satu layanan besutan Google, sudah pasti bahwa Workspace hadir dengan banyak kelebihan atau keunggulan yang dimiliki. Dengan banyaknya kelebihan tersebut, maka tak heran jika layanan ini semakin banyak diminati. Lantas, apa saja kelebihan dari Workspace? Berikut adalah beberapa kelebihan Google Workspace.

  1. Sangat Praktis Digunakan

Kelebihan pertama dari Workspace adalah sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Setiap aplikasi yang tersedia di dalamnya sangat mudah untuk dipelajari oleh siapa saja. Bahkan, orang yang baru pertama kali menggunakan aplikasi tersebut pun tidak akan merasa kesulitan.

  1. Memiliki Mobilitas Tinggi

Mobilitas tinggi yang dimaksud di sini adalah Anda dapat terhubung dengan banyak orang hanya menggunakan satu aplikasi. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang bisa mengakses dokumen tersebut. Mulai dari mengakses dengan cara melihat, mengedit, atau memberikan komentar.

  1. Kolaborasi Tim Secara Real Time

Dengan Workspace, maka kerja kolaboratif akan semakin mudah. Hal ini akan membuat semua anggota tim bisa mengerjakan file yang sama secara bersamaan. Tidak perlu lagi membuang tenaga dan waktu untuk mengkompilasi seluruh update dan progres menjadi file tunggal.

  1. Bisa Diakses Tanpa Mengenal Jarak dan Waktu

Mengingat bahwa mobilitasnya sangat tinggi, maka Workspace juga dapat diakses tanpa perlu mengenal jarak dan juga waktu. Jadi, kapan pun dan dimanapun Anda berada bisa menggunakan Workspace dengan mudah tanpa perlu khawatir terhalang jarak.

  1. Kompatibel untuk Semua Jenis Perangkat

Kelebihan lain dari Workspace adalah kompatibel atau cocok untuk segala jenis perangkat. Baik itu perangkat iOS, Android, Chrome OS, Windows, MacOS, dan Linux. Semua perangkat tersebut bisa menggunakan semua aplikasi yang tersedia pada Workspace dengan praktis.

  1. Sistem Keamanan Tinggi

Google Workspace yang dibangun di atas Google Cloud Platform ini menawarkan sistem keamanan yang tinggi. Sistem keamanan tersebut sudah dipercaya oleh perusahaan kelas dunia, seperti Salesforce, Whirlpool, HP, dan Verizon. Jadi, tidak perlu khawatir soal tingkat keamanan Google Workspace login karena sangat terjamin sekali.

  1. Biaya Terjangkau

Berbagai aplikasi dan fitur yang tersedia pada Workspace bisa dinikmati secara gratis. Jika Anda membutuhkan tools untuk manajemen dan operasional bisnis yang lebih lengkap, Google Workspace price menyediakan versi berbayar dengan harga yang terjangkau. Sangat cocok sebagai investasi jangka panjang mengingat platform ini nantinya digunakan banyak orang dalam tim.

Bagaimana Cara Menggunakan ?

Pada dasarnya, Workspace merupakan sebuah wadah dimana seluruh aplikasi Google berkumpul menjadi satu, sehingga memudahkan pekerjaan penggunanya. Ini artinya, manfaat utama menggunakan Workspace adalah bisa menghemat waktu karena tidak perlu berpindah aplikasi.

Cara menggunakan Google Workspace log in tentu sangat mudah, yaitu dengan cara mengkolaborasikan beberapa aplikasi sekaligus secara real time. Anda bisa mengedit dokumen, slide, spreadsheet, dan fitur lainnya secara bersamaan. Bahkan, Anda juga dapat membuat email khusus untuk domain, mengelola seluruh email dari 1 kotak masuk, dan menambahkan email alias.

Namun, tidak seluruh aplikasi yang tersedia di Workspace tersedia secara gratis. Jika ingin menikmati seluruh aplikasi dan fitur yang ada, maka Anda harus berlangganan dengan Workspace terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir karena biaya langganan per bulan sangat terjangkau. Bahkan, Google Workspace pricing tidak lebih dari Rp100.000,- setiap bulan. Sangat terjangkau bukan?

Demikian itulah pembahasan lengkap terkait pengertian Google Workspace, manfaat, fitur, kelebihan, dan cara menggunakannya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Workspace dan teknologi digital lainnya? Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya hanya di Course-Net yang selalu menghadirkan beragam informasi terkini seputar dunia digital. Tidak hanya itu, Anda juga bisa ikuti kursus dari Course-Net agar kamu semakin mahir di bidang IT!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print