course-net
Search
Close this search box.

Hacker Adalah : Belajar Hacking untuk Pemula

Minet

September 27, 2022

Hacker Adalah : Belajar Hacking untuk Pemula

Hacker Adalah : Belajar Hacking untuk Pemula – Serangan hacker menjadi salah satu bahaya bagi para pemilik website maupun akun sosial media. Itulah sebabnya wawasan dasar seputar hacker perlu diketahui untuk meminimalisir risiko yang terjadi. Apalagi kerugian akibat serangan hack tidaklah sedikit, misalnya para pemilik toko online atau akun sosial media penting yang berisi data pribadi, nomor rekening, dan berbagai data penting lainnya.

Namun ternyata banyak orang yang ingin memiliki kemampuan hack tetapi belum mengetahui bagaimana caranya. Pada kali ini akan dibahas seputar pengertian hacker, cara melakukan hack, dan apa saja aplikasi hack terbaik saat ini.

Hacker Adalah ? Belajar Hacking Untuk Pemula

Apa Itu Hacker ? Hacker Adalah

Apa Itu Hacker?

Apa Itu Hacker ? Mungkin secara umum banyak yang sudah tahu apa itu hacker yang eksistensinya dianggap cukup bahaya bagi para pengguna internet. Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menerobos sistem keamanan jaringan komputer dengan skill pemrograman yang sangat baik. Adapun tujuan peretasan ini bermacam-macam, misalnya untuk mengatasi sistem keamanan bahkan melakukan tindakan kriminal yang membahayakan.

Tindakan hacker seperti pencurian data dan peretasan akun pribadi tentu sangat merugikan pihak tertentu dan ini tergolong tindakan kriminal. Bahkan hacker juga dapat memperjualbelikan akun atau data penetasan, meminta tebusan atas pengembalian akun, memberi ancaman, dan lain-lain.

Meskipun demikian, tindakan hak juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat legal. Misalnya untuk menguji seberapa baik sistem keamanan data dari sebuah perusahaan atau instansi tertentu.

Biasanya, para hacker lebih mengincar website pemerintahan, lembaga keuangan perbankan, dan perusahaan besar. Namun seiring berjalannya waktu tindakan peretasan ini juga terjadi pada tokoh-tokoh kecil bisnis online dengan motif mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Bagaimana Cara Menjadi Hacker Adalah?


Sebagai individu yang hidup di era modern dan perkembangan teknologi hal-hal mendasar tentang hacker penting untuk diketahui. Bahkan tidak ada salahnya jika ingin memiliki keahlian dasar seorang hacker dengan tujuan positif.

Ada beberapa cara menjadi hacker bagi para pemula yang ingin belajar.

1. Menguasai LINUX/UNIX

Keberadaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Meskipun demikian, banyak yang belum memahami bagaimana internet dapat sampai di perangkat setiap orang.

Hal mendasar yang perlu dilakukan untuk belajar menjadi hacker yaitu memahami bagaimana sistem operasi internet. Hal ini merupakan langkah mendasar untuk menjadi seorang hacker. Untuk saat ini, sistem yang digunakan yaitu UNIX dan LINUX sehingga perlu menguasai sistem tersebut.

2. Mempelajari Beberapa Bahasa Pemrograman

Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman sangatlah banyak dan sifatnya cenderung rumit. Sepertinya mustahil bagi seseorang untuk menguasai semua bahasa pemrograman.

Namun untuk belajar menjadi seorang hacker, yang perlu dilakukan yaitu mempelajari beberapa bahasa pemrograman. Langkah ini yaitu menjadi cara untuk memahami bagaimana komputer tahu apa yang pengguna kehendaki.

Bahasa pemrograman bisa dikatakan sebagai bahasa komputer dan terdiri dari banyak sekali jenisnya. Adapun beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipelajari yaitu JavaScript, Python, C, atau C + + karena beberapa bahasa pemrograman tersebut merupakan yang paling banyak digunakan. Semakin banyak menguasai bahasa pemrograman maka semakin kompeten potensi untuk menjadi hacker.

3. Tidak Menunjukkan Eksistensi Di Dunia Maya

Saat ini ada berbagai platform media sosial yang dijadikan sebagai wadah untuk berlomba-lomba menunjukkan eksistensi bagi banyak orang. Namun prinsip ini berbeda halnya dengan hacker, di mana seorang hacker menjadi lebih aman jika tidak menunjukkan eksistensinya di dunia maya apalagi mengekspos informasi pribadi.

Jadi apabila ingin menjadi hacker hindari menggunakan nama pribadi, keluarga, nama akronim, nomor kombinasi tanggal lahir, dan berbagai informasi lainnya yang memudahkan sesama hacker untuk mengaksesnya. Hal ini bertujuan supaya identitas asli tidak diketahui oleh siapa pun termasuk oleh hacker lain.

4. Menjelajahi Hidden Web

Menjelajahi Hidden Web

Seorang hacker lebih sering menjelajahi hidden web atau dark web yang mana tidak semua orang dapat mengaksesnya. Meskipun demikian, dark web menjadi hal yang melekat dengan internet di mana dan web ini tidak bisa ditemukan pada situs pencarian konvensional Google, Yahoo, atau Bing.

Untuk menjelajahi hidden web harus melalui aplikasi browser yang sangat jarang diketahui oleh banyak orang, misalnya Tor Browser. Perlu diketahui bahwa browser ini mendukung anonymous communication bagi para penggunanya. Namun tidak segala hal di dalam dark web adalah hal yang legal sehingga harus secara sadar dan aman saat melakukan penjelajahan di dalam dark web.

5. Mempelajari Alur Sebuah Web

Jika sistem operasi dan bahasa pemrograman sudah dikuasai, selanjutnya yaitu menjelajahi situs web yang sering dikunjungi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui alur dari situs web tersebut sehingga bisa diakses.

Selanjutnya juga perlu mempelajari sistem keamanan dari website itu sehingga dapat mengamankan diri dari berbagai cracker yang tidak bertanggung jawab. Cara ini selalu dilakukan oleh hacker Indonesia maupun luar negeri untuk mempelajari bagaimana alur situs web tertentu.

6. Melakukan Eksperimen

Apabila pengetahuan seputar dasar hacker sudah dikuasai, maka saatnya untuk melakukan eksperimen dan praktik. Ada berbagai situs web yang dapat dijelajahi, sehingga eksperimen pun lebih mudah dilakukan.

Seorang hacker merupakan profesi yang cukup menyenangkan, terutama bagi orang-orang yang tertantang untuk menyelesaikan masalah. Dengan mempelajari berbagai situs web tidak sekedar membuat seorang hacker semakin handal, tetapi juga cara untuk mengasah intelegensi untuk memahami sistem situs web hingga berbagai aplikasi.

7. Bergabung dengan Komunitas

Meskipun belajar menjadi hacker pemula dapat dilakukan sendiri tetapi usahakan untuk belajar dari ahlinya juga. Caranya yaitu dengan mengikuti komunitas hacker untuk memudahkan keberhasilan dalam belajar meretas.

Perlu diketahui bahwa para hacker mempunyai komunitas tertentu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas serta mengembangkan sayap. Oleh karena itu bisa mulai bergabung dengan komunitas hacker yang ada.

Baca Juga : Tempat Belajar Hacker Pemula dengan Mentor Profesional

Daftar Aplikasi Hacker Terbaik Saat Ini


Untuk belajar menjadi seorang hacker, bisa menggunakan beberapa aplikasi hacker Android berikut ini.

1. Automatic Call Recorder

Aplikasi ini digunakan untuk merekam percakapan telepon dengan orang lain. Jadi hasil rekaman percakapan bisa dijadikan sebagai barang bukti. File hasil rekaman akan otomatis tersimpan pada SD card atau memori internal.

2. Airdroid

AirDroid merupakan aplikasi yang berfungsi untuk transfer file. Namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyadap smartphone orang lain dengan fitur Air Mirroring dan Notification. Riwayat chatting, browsing, lokasi, bisa diakses dengan mudah.

3. Hackode

Para hacker pemula bisa menggunakan aplikasi Android yang satu ini untuk belajar. Toolsnya juga sangat disesuaikan dengan pemula seperti Google Hacking, DNS lookup, Scanning, Ping, dan lain-lain.

4. IP Webcam

Jika ingin merekam berbagai aktivitas di area sekitar dengan kamera ponsel Android maka bisa menggunakan aplikasi IP webcam. Butuh 2 perangkat untuk bisa menggunakan aplikasi ini, yakni perangkat Android untuk CCTV dan perangkat komputer untuk monitoring.

5. Jarvis

Penonton film Iron Man tentu sudah familiar dengan sosok Jarvis yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan superhero karena fungsi sistem yang canggih. Dalam menjadi sebuah aplikasi hack, Jarvis dapat mengingatkan notifikasi melalui pesan suara, misalnya informasi panggilan, cuaca, berita, pesan teks, dan lain-lain.

Dapat disimpulkan bahwa keberadaan seorang hacker yang melakukan tindakan peretasan sangat berbahaya bagi setiap orang. Namun hacker juga dibutuhkan untuk beberapa hal yang bersifat legal dan penting dalam pengujian sistem keamanan. Apabila ingin belajar menjadi hacker, setidaknya memahami beberapa hal di atas.

Baca Juga : Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking serta Jenis-Jenis Hacking

Mau Belajar Hacker ? Ikuti Kelasnya


Kesimpulannya Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menerobos sistem keamanan jaringan komputer dengan skill pemrograman yang sangat baik. Kamu mau belajar hacker ? Kamu tidak memiliki basic IT ? Tidak usah khawatir. Course-net menyediakan kursus hacker yang bisa anda ikuti. Beberapa metode pelatihan yang bisa anda temukan disini, Semua berkaitan tentang cyber security. Caranya cukup mudah dan simple, Kamu bisa mengisi form dibawah ini untuk berminat mengikuti kursus hacking

Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Dapatkan tips seputar dunia hacking yang bisa anda pelajari. Sampai bertemu di kelas, mari belajar bersama seputar dunia hacker.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print