course-net
Search
Close this search box.

IP Address Adalah : Penjelasan, Fungsi, serta Kelas IP Address

Minet

March 9, 2023

IP Address Adalah ? Yuk Simak Pengertian & Pembagian Kelasnya

IP Address Adalah : Penjelasan, Fungsi, serta Kelas IP Address – Berbagai gadget kekinian, yang mana bisa terhubung dengan jaringan internet, pasti memiliki yang namanya IP Address. Karena IP Address sendiri adalah salah satu komponen penting dari berbagai kegiatan online yang kalian lakukan loh. Bahkan komponen ini juga membuat kalian bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah melalui internet.

Bagi kalian yang ingin lebih tahu secara mendetail dan mendalam mengenai salah satu komponen penting ini, jangan kemana – mana karena akan kami jelaskan dengan lengkap.

IP Address Adalah ? Yuk Simak Pengertian & Pembagian Kelasnya

Pengertian IP Address

IP Address Adalah ? Yuk Simak Pengertian & Pembagian Kelasnya

IP Address adalah identitas sebuah gadget seperti smartphone, komputer, atau yang lainnya. Identitas ini biasanya berupa deretan angka yang tidak urut dan seperti memiliki pola tersendiri.

Setiap gadget pasti akan memiliki angka – angka yang berbeda – beda, tapi tidak berpengaruh terhadap komunikasi antar gadget yang dilakukan loh. Tidak pengaruh di sini memiliki maksud bahwa komunikasi masih bisa tetap berjalan lancar.

Penjelasan secara mudahnya ialah, IP Address, dapat kalian samakan dengan nomor telepon yang kalian miliki. Pastinya kalian memiliki nomor yang berbeda dengan teman kalian bukan? Namun, perbedaan nomor tersebut membuat masing – masing dari kalian memiliki nomor yang sudah pasti.

Sehingga saat kalian ingin menghubungi teman kalian, kalian tidak perlu takut salah sambung atau akan menghubungi orang lain karena nomor telepon yang dimiliki kalian sudah benar.

Begitu juga ketika kalian ingin terhubung dari suatu website di dalam internet atau melakukan selancar di dalam dunia maya. Karena website yang ada, dijalankan melalui sebuah server yang juga adalah sebuah perangkat komputer. Tentu saja perangkat tersebut memiliki alamat IP seperti gadget pada umumnya.

Itulah mengapa berbagai website, memiliki alamat IP masing – masing dan tidak akan tertukar dengan website yang lainnya loh. Bahkan alamat IP juga termasuk ke salah satu bagian dari pengembangan website yang ada.

Itulah mengapa apabila kalian termasuk orang yang sangat tertarik dalam pengembangan website, kalian juga harus mendalami pemahaman mengenai alamat IP.

Fungsi

Seperti yang telah kami jelaskan secara singkat tadi, yang mana IP Address berfungsi sebagai identitas dari suatu perangkat yang ada. Selain itu, alamat IP juga memiliki fungsi sebagai lokasi pasti dari data website yang akan ditemukan dan disajikan oleh perangkat yang kalian miliki.

Hal itu juga yang terkadang membuat para pengembang website menjadi tahu semua alamat IP yang telah mengunjungi website yang dibuatnya tersebut.

Bagaimana? Walaupun terlihat sepele dan jarang disadari oleh orang – orang, alamat IP memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran kalian kegiatan online yang kalian lakukan loh.

Cara Cek IP

Cara Cek IP

Sebelum melanjutkan ke penjelasan berikutnya, kami juga akan memberitahu kalian mengenai cara mudah untuk cek IP Address yang kalian miliki. Caranya, adalah sebagai berikut ini:

  1. Dari Komputer atau Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek alamat IP melalui komputer atau laptop, dan itu adalah:

  • Melalui Command Prompt

Caranya sangat mudah, yang harus kalian lakukan hanyalah masuk ke Command Prompt, dan ketikan perintah ipconfig dan tekan enter. Setelah itu akan muncul alamat IP kalian.

  • Melalui Control Panel

Cara berikutnya, melalui menu Control Panel yang ada di dalam komputer atau laptop kalian. Yang perlu kalian lakukan adalah masuk ke menu tersebut dengan klik menu Start, dan ketikan saja Control Panel lalu enter.

Pilih pengaturan Network and Internet, Network and Sharing Center, dan pilih submenu yang muncul yaitu View Network Status and Tasks.

Berikutnya, pilih koneksi yang kalian gunakan, lalu klik Details. Kalau kalian mengikutinya dengan benar, maka alamat IP kalian akan muncul berikut detail – detail lainnya.

  • Melalui Network and Internet Settings

Kalian hanya perlu membuka pengaturan wifi atau jaringan yang sedang terhubung dengan perangkat kalian dan kemudian pilih Properties.

Selanjutnya kalian hanya perlu pergi ke bagian bawah dan akan menemukan IP Address dari perangkat kalian.

  1. Melalui Smartphone Android

Cara cek alamat IP yang selanjutnya, ditujukan untuk pemilik smartphone android, dan caranya ialah:

  • Melalui Pengaturan Wifi

Saat kalian terhubung ke jaringan dengan menggunakan Wifi, kalian hanya perlu membuka pengaturannya saja dan klik nama jaringan Wifi yang kalian gunakan. Maka berbagai informasi mengenai alamat IP kalian akan muncul bersamaan dengan informasi dari jaringan Wifi yang kalian gunakan.

  • Melalui Menu Tentang Ponsel

Kalian hanya perlu masuk ke pengaturan, cari menu tentang ponsel atau About Phone, dan tinggal pilih status. Maka kalian sudah bisa menemukan alamat IP kalian di situ.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk mengecek alamat IP ini?

Beberapa Kelas IP Address

Sebenarnya, ada beberapa kelas IP Address yang bisa kalian pelajari dan pahami. Penjelasan ini juga sangat berguna bagi kalian yang memang ingin tahu lebih dalam mengenai apa itu IP Address. Baiklah, daripada berlama – lama, langsung saja masuk ke dalam penjelasannya.

  1. IP Address Kelas A

Adalah kelas alamat IP yang sering digunakan untuk jaringan komputer yang memiliki skala besar. Kelas ini memiliki jumlah jaringan sebanyak 126, yang mana masing – masing jaringan bisa untuk menampung 16.777.214 host.

Selain itu, dalam alamat IP kelas A, Nomor urut yang paling tinggi selalu diatur dengan angka 0 (Nol). Lalu tujuh angka berikutnya memiliki fungsi sebagai identifikasi jaringan, sementara tiga angka terakhir digunakan sebagai identifikasi sang host.

  1. IP Address Kelas B

Alamat IP kelas B, ditujukan untuk jaringan komputer dengan skala menengah sampai dengan skala yang besar. Dimana jaringan yang tersedia sebanyak 16.384. Masing – masing jaringan juga mampu menampung sampai dengan 65.534 host.

Angka urut yang terdapat dalam alamat IP Kelas B diatur dari nilai 10. 14 angka berikutnya sebagai identifikasi jaringan, serta 16 angka berikutnya sebagai identifikasi host.

  1. IP Address Kelas C

Kelas ini ditujukan untuk jaringan komputer skala kecil, yang menyediakan 2.097.152 jumlah jaringan yang mana setiap jaringan hanya mampu menampung sebanyak 254 host saja.

Tiga angka pertama memiliki nilai 110. Lalu 21 angka berikutnya memiliki fungsi sebagai identifikasi jaringan, dan 8 angka berikutnya sebagai identifikasi host.

  1. IP Address Kelas D

Kelas satu ini, sering lebih ditujukan terhadap penggunaan IP Multicast.

Empat angka pertama dalam kelas ini memiliki nilai 1110 yang mana berfungsi juga sebagai identifikasi jaringan. Lalu, 28 angka berikutnya berfungsi sebagai identifikasi host.

  1. IP Address Kelas E

Kelas terakhir dalam IP Address ini, ditujukan untuk berbagai keperluan eksperimen.

Empat angka pertama diatur dengan nilai 1111 yang juga berfungsi sebagai identifikasi jaringan. Lalu 28 angka berikutnya sebagai identifikasi host.

Ingin tahu lebih dalam mengenai IP Address dan kursus IT lainnya? Yuk join di Course-Net! Kelas IT dengan taraf internasional dengan tutor kelas dunia!

Mau belajar jaringan komputer ? Ikuti kelas kursus ccna yang tersedia di Course-Net. Promo terbatas khusus bulan ini.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!