course-net
Search
Close this search box.

ISP Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia

Minet

May 2, 2023

ISP Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia

ISP Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia – Bagi Anda yang sering mengakses layanan internet, tentu sudah familiar dengan ISP, karena akses internet membutuhkan ISP. Namun sebagian orang ternyata belum tahu ISP singkatan dari apa dan kenapa lekat dengan internet.

Secara umum ISP lebih dikenal dengan provider atau penyedia. Dalam hal ini ESP merupakan perusahaan yang menyediakan layanan dan koneksi internet baik untuk organisasi maupun individu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak mengenai kepanjangan ISP dan informasi seputarnya.

ISP Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia

Pengertian ISP

ISP Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia

Kepanjangan ISP adalah Internet Service Provider atau sering juga disebut dengan Internet Access Provider (IAP). Lalu apa itu ISP?

ISP adalah produsen yang menyediakan layanan bagi para konsumen agar dapat mengakses internet dari berbagai lokasi. Untuk mendapatkan ISP tentu tidak bisa secara gratis dan cuma-cuma karena layanan ini merupakan layanan berbayar.

ISP atau lebih familiar dengan provider internet atau penyedia internet menawarkan jaringan yang luas. Jaringan internet ini bisa digunakan untuk area lokal maupun internasional sehingga dapat saling terhubung.

Data dapat mengalir lewat jaringan transmisi data antar tempat dalam hitungan detik yang terhitung sangat cepat. Untuk jalur transmisinya bisa melalui sinyal kabel, radio, modem dan jalur lainnya.

Layanan berbayar dari ISP akan dikenakan biaya bulanan yang dikategorikan menjadi 2 yaitu broadband dan modem. Untuk koneksi kategori modem atau dial-up cenderung memiliki biaya yang lebih terjangkau.

Sedangkan internet broadband lebih cepat sehingga biayanya lebih mahal. Grup band juga memiliki jalur yang lebih lebar, umumnya transmisi akan menggunakan modem, internet nirkabel, satelit dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan router yang berupa perangkat terintegrasi atau terpisah dengan modem sehingga dapat memungkinkan beberapa perangkat terhubung ke internet sekaligus. Apabila beberapa perangkat digunakan lewat modem yang sama, maka bisa mempunyai alamat IP publik yang sama seperti yang ditentukan oleh ISP.

Dalam hal ini, ISP berperan sebagai hub pada internet karena terhubung langsung pada tulang punggung internet. Dengan begitu, akibat tingginya lalu lintas yang ditangani, ISP butuh koneksi bandwidth yang tinggi ke internet.

Untuk mengantisipasi gangguan pada akses internet tersebut, ISP perlu menambahkan banyak bandwidth pada koneksi tulang punggung internetnya. Caranya yaitu meningkatkan jalur yang ada atau dengan cara menambahkan jalur baru.

Paket Layanan Internet dari ISP

Internet broadband merupakan solusi terbaik untuk daerah yang infrastruktur jaringan kabelnya belum terjangkau. Secara umum, terdapat beberapa paket layanan internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti berikut ini.

1. Broadband Connectivity

Untuk layanan internet ini biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah atau personal tanpa buffering dengan kuota unlimited.

2. Broadband Wireless

Sedangkan untuk layanan internet broadband wireless cenderung menggunakan internet teknologi wireless atau tanpa kabel yang biasanya untuk kebutuhan rumah dan bisnis.

3. Broadband Business

Selanjutnya yaitu broadband business yang merupakan paket layanan internet untuk berbagai kebutuhan bisnis yang cepat, aman, dan stabil.

Apa Fungsi ISP?

Jika dibaca sekilas dari penjelasan di atas, secara umum sudah tahu apa fungsi umum dari ISP itu sendiri. ISP berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara gadget komputer dan lain-lain dari pengguna ke internet lewat modem router.

Cara kerja ISP yaitu dengan melakukan verifikasi alamat IP atau IP address dari pengguna apabila sesuai dengan modem maka akan terhubung ke jaringan internet. Sedangkan jika terlambat membayar biaya bulanan maka ISP bisa memutus koneksi internet dengan mudah secara otomatis.

Untuk lebih detailnya, fungsi ISP antara lain sebagai berikut.

Sebagai media yang membantu para pengguna internet melakukan aktivitas berselancar di Internet, upload, download, dan aktivitas lainnya.

  • Menyediakan layanan koneksi internet secara luas kepada masyarakat.
  • Menghubungkan para pengguna layanan internet kepada gateway internet yang paling dekat.
  • Memberikan tempat untuk homepage.
  • Menghubungkan para pengguna internet pada layanan informasi yang terdapat di www.
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk dapat terhubung dengan koneksi internet.

Cara Kerja ISP Adalah

Setelah mengetahui apa saja fungsi ISP, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja ISP. Untuk cara kerja ISP tergolong mudah dan sederhana karena hanya menunggu pengguna layanan internet memberi permintaan akses.

Selanjutnya, pihak ISP akan melakukan routing jaringan ke perangkat yang dipakai oleh pengguna jasa. Untuk perangkat yang dipakai bisa menggunakan modem, handphone, komputer, atau perangkat lainnya yang dapat digunakan untuk akses internet.

Jika sudah, pengguna jasa dapat menikmati akses internet dari berbagai perangkat yang digunakan.

Pada intinya, jaringan ISP ini tidak didapatkan secara gratis dan perlu membayar setiap bulan untuk menikmati koneksi internet dengan kuota yang telah ditentukan oleh provider. Jika tidak ada perusahaan ISP, maka Anda tidak dapat mengakses internet lewat perangkat elektronik apa pun.

Contoh ISP yang Tersedia di Indonesia Adalah

Contoh ISP yang Tersedia di Indonesia Adalah

Ada beberapa pilihan ISP di Indonesia, serta terdapat berbagai provider internet yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini merupakan beberapa daftar ISP yang ada di Indonesia.

1. Indihome

Indihome adalah salah satu provider yang populer di tengah-tengah masyarakat bahkan menjadi provider yang paling banyak diminati. Penyedia ISP ini adalah BUMN, yakni PT Telkom Indonesia.

Ada berbagai faktor yang membuat ISP Indihome populer di antaranya yaitu karena koneksinya yang cepat, stabil, dan jangkauannya luas.

2. Qwords Cloud Connectivity

Qwords mempunyai layanan ISP yang diminati oleh masyarakat, bahkan bisa membantu website Anda untuk mudah ditemukan lewat domain dan hosting. ISP ini menggunakan teknologi broadband sehingga dapat memberikan layanan internet dan multimedia yang super cepat. Selain itu juga menggunakan teknologi wireless dan fiber optik untuk berbagai kebutuhan internet perusahaan dan rumah.

Layanan ini hadir di beberapa kotak seperti Bandung, kota-kota di Jawa Barat, dan berbagai kota lainnya di Indonesia. Internet ini dipilih karena memberikan layanan koneksi stabil, anti ngelag, premium, dan bebas FUP.

3. Centrin

Jika Anda ingin menggunakan ISP yang canggih, Anda bisa memilih Centrin yang merupakan produk dari PT Centrin Online. ISP ini memberikan layanan terbaik kepada masyarakat karena menghadirkan akses internet yang stabil dan super cepat dengan infrastruktur yang canggih.

4. Akses Service Dedicated To Internet

Layanan ISP yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Indihome karena sama-sama merupakan produk dari PT Telkom Indonesia. Masyarakat lebih mengenal ISP ini dengan sebutan astinet. Umumnya, yang menggunakan ISP ini yaitu pribadi atau organisasi yang penggunaannya skala besar.

5. Provider Seluler

Beberapa ISP di atas merupakan skala besar dan umum seperti halnya wi-fi. Namun untuk provider seluler tentunya berbeda karena penggunaannya lebih bersifat pribadi yakni di ponsel masing-masing.

Provider seluler jauh lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki fungsi yang lebih praktis.

Untuk layanannya memang bukan unlimited tetapi menerapkan kuota internet. Tentunya ada berbagai provider yang menawarkan layanan seluler jadi Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang ingin belajar lebih jauh mengenai ISP, maka bisa belajar dari awal melalui Course-Net. Selain mendapatkan berbagai materi seputar ISP yang lengkap, Anda juga akan praktik langsung dengan tentor. Kelas kursus ccna ini cocok bagi Anda yang ingin mengeksplor lebih dalam tentang kemampuan IT dan ingin berkarir di bidang IT yang menjanjikan.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print