course-net
Search
Close this search box.

Jaringan Nirkabel Adalah: Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

Minet

October 31, 2022

Jaringan Nirkabel Adalah: Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

Jaringan Nirkabel Adalah : Definisi Kelebihan dan Kekurangan – Istilah wireless network atau jaringan nirkabel mungkin sudah sangat familiar untuk kebanyakan orang. Teknologi ini dapat dengan mudah dijumpai pada perangkat elektronik yang sering digunakan sehari-hari, seperti radio, televisi, handphone, dan komputer.

Lalu, apa itu jaringan nirkabel? Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai teknologi jaringan tanpa kabel, berikut ulasan selengkapnya.

Jaringan Nirkabel Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Pengertian Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel Adalah : Definisi Kelebihan dan Kekurangan

Jaringan nirkabel adalah teknologi perangkat jaringan yang memungkinkan transmisi data dilakukan tanpa menggunakan koneksi kabel fisik antar perangkat. Jaringan ini menghubungkan perangkat dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.

Wireless network menggunakan beberapa peralatan khusus seperti NIC (kartu jaringan), router, dan AP untuk konektivitas. Penggunaannya sangat fleksibel dengan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh jaringan kabel.

Sejarah Perkembangan Jaringan Nirkabel

Pada tahun 1864, Guglielmo Marconi dan Popov melakukan percobaan jaringan tanpa kabel untuk radio – telegraf. Cikal bakal wireless network dimulai setelah ALOHANet diperkenalkan oleh salah satu universitas di Hawai pada tahun 1970an.

Pada tahun 1980an, generasi awal modem data nirkabel muncul yang dikembangkan oleh operator radio amatir di Amerika serikat yang dikenal sebagai radio paket.

Perkembangannya semakin pesat dengan banyak perusahaan yang mencoba mengembangkan produk nirkabel dengan kecepatan di atas 1 Mbps. Produk inilah yang kemudian dikenal sebagai IEEE Workshop on Wireless LAN.

Cara Kerja Jaringan Nirkabel

Dalam prosesnya, jaringan nirkabel bekerja dengan menggunakan transceiver yang berupa adaptor. Alat ini digunakan untuk mendeteksi jaringan wireless untuk mendapatkan sinyal masuk dari pengguna melalui radio atau peralatan sejenisnya.

Setelah mendapatkan sinyal masuk, maka selanjutnya sistem autentikasi perangkat akan menghubungkan pengguna. Data yang dikirim oleh pengguna ini masih dalam bentuk digital sehingga akan diubah terlebih dahulu menjadi sinyal radio atau analog.

Selanjutnya sinyal radio akan dikirim dan diterima oleh router wireless untuk melakukan decode data. Kemudian router akan mengirim kembali informasi tersebut.

Manfaat Jaringan Nirkabel

Berdasarkan pengertian jaringan nirkabel, teknologi ini memberikan manfaat berupa kemudahan dalam transmisi data yang menjadi lebih praktis. Pada dasarnya jaringan ini memiliki manfaat atau fungsi yang sama seperti jaringan wired yaitu penghubung agar perangkat bisa saling bertukar data.

Perbedaannya jaringan wired menggunakan kabel (fiber optik dan tembaga koaksial, sedangkan jaringan wireless menggunakan gelombang elektromagnetik yang lebih simpel.

Penggunaan jaringan wireless dilakukan untuk melakukan resource sharing. Resource sharing yaitu penggunaan sumber daya untuk seluruh program dan peralatan yang ada dalam cakupan jaringan agar bisa digunakan tanpa terpengaruh lokasi dan pemakainya.

Jadi, jaringan wireless ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kendala jarak yang sering menjadi kelemahan dari jaringan wired.

Jenis Jaringan Nirkabel

Berdasarkan cakupan geografis, jaringan wireless dibagi menjadi beberapa macam. Berikut jenis – jenis jaringan nirkabel yang ada.

  • WPAN – Wireless Personal Area Network

Wireless Personal Area Network adalah teknologi jaringan wireless yang memiliki jangkauan paling kecil dibanding jenis jaringan wireless lain. WPAN hanya mampu menjangkau untuk cakupan jarak 10 meter saja. Contoh penerapannya adalah pada Bluetooth dan infrared yang menggantikan teknologi kabel.

  • WLAN – Wireless Local Area Network

Wireless Local Area Network merupakan jaringan nirkabel yang dapat digunakan untuk jangkauan yang lebih luas, seperti di area perkantoran, sekolah, kampus, dan sejenisnya. Penggunaan teknologi WLAN ini membutuhkan access point untuk konektivitas.

  • WMAN – Wireless Metropolitan Area Network

Wireless Metropolitan Area Network adalah teknologi jaringan wireless yang sering diaplikasikan untuk menghubungkan beberapa pengguna dalam suatu daerah metropolitan. Jadi, untuk koneksi di wilayah tersebut tidak membutuhkan kabel.

  • WWAN – Wireless Wide Area Network

Wireless Wide Area Network menjadi jaringan nirkabel yang cakupannya paling jauh, bisa antar kota atau bahkan antar negara. Koneksi jaringan wireless ini dibangun dengan menggunakan sistem satelit dan antena yang ditempatkan di beberapa lokasi.

Pengguna dapat saling terhubung, baik ke jaringan pribadi maupun jaringan publik. Penggunaan WWAN yang paling populer adalah 2G, 3G, 4G, dan 5G.

Kelebihan

Bagi Anda yang sudah paham apa itu jaringan nirkabel, mungkin sudah mendapatkan gambaran apa saja kelebihan yang ditawarkan dari jaringan wireless ini. Penggunaan jaringan tanpa kabel yang semakin ramai memang banyak dilakukan karena beberapa kelebihan berikut.

  1. Instalasi jaringan yang lebih mudah

Keunggulan dari jaringan wireless adalah instalasi yang dapat dilakukan dengan lebih mudah karena tidak membutuhkan kabel transmisi.

  1. Jangkauan yang lebih luas

Jangkauannya pun lebih luas dan tidak harus menetap hanya di satu lokasi saja. Berbeda dengan jaringan wired yang cakupannya lebih sempit sebatas pemasangan kabel jaringan yang dilakukan.

  1. Pengembangan jaringan yang mudah

Pengembangan jaringan ini lebih mudah dan fleksibel. Pada jaringan kabel atau wired, untuk melakukan perluasan atau pengembangan jaringan membutuhkan instalasi dan biaya yang lebih.

  1. Penggunaan resource yang mudah

Tidak ada batasan port untuk dapat menggunakan jaringan ini sehingga banyak pengguna yang bisa mengaksesnya sekaligus. Mobilitas ketika menggunakan jaringan wireless juga lebih mudah karena tidak membutuhkan kabel panjang.

  1. Instalasi jaringan yang lebih murah

Kelebihan jaringan nirkabel yang tidak dimiliki jaringan kabel adalah biaya pemasangannya yang lebih murah. Jika membangun jaringan wired, semakin luas atau semakin besar jaringan yang dibangun akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk biaya kabel transmisi.

Kekurangan

Wireless network memang lebih mudah dan praktis, namun jaringan wireless memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut beberapa kekurangan dari jaringan wireless.

  • Rawan gangguan sinyal

Wireless network mentransmisikan data melalui gelombang elektromagnetik yang rentan terpengaruh oleh faktor eksternal seperti cuaca. Saat terjadi hujan atau cuaca buruk, jaringan wireless dapat mengalami gangguan sinyal sehingga sulit untuk digunakan dengan lancar.

  • Kecepatan jaringan bisa melambat

Kelebihan dan kekurangan jaringan nirkabel juga ada pada kecepatan transmisi data. Menghubungkan atau memindahkan data bisa dilakukan lebih cepat karena tidak perlu memasang kabel. Namun saat jaringan digunakan oleh banyak orang, kecepatannya bisa berkurang dan relatif melambat.

  • Rentan pencurian data

Sebenarnya jaringan wireless cukup aman untuk digunakan. Namun keamanan jaringan wired lebih tinggi dibandingkan jaringan wireless. Penggunaan jaringan untuk transmisi tanpa kabel fisik ini bisa lebih rentan terhadap pencurian data.

Contoh Mode Wireless

Jaringan wireless dapat digunakan melalui beberapa mode yaitu gelombang radio, gelombang micro, dan infrared.

  1. Gelombang radio

Jaringan tanpa kabel banyak digunakan untuk komunikasi radio. Biasanya menggunakan frekuensi RF (Radio Frequencies) antara 3 KHz hingga 300 GHz.

  1. Microwave

Gelombang mikro atau microwave ditransmisikan untuk jangkauan yang luas atau terbuka. Ada dua jenis gelombang mikro yaitu terrestrial dan satelit. Perusahaan telepon, universitas, dan penyedia tv kabel paling sering menggunakan teknologi ini.

  1. Infrared

InfraRed atau IR merupakan gelombang elektromagnetik yang lebih pendek dari gelombang radio. Rentang frekuensi antara 300 GHz hingga 400 GHz.

Perangkat Elektronik yang Menggunakan

Sebenarnya mudah sekali untuk menjumpai teknologi jaringan wireless ini. Berikut beberapa perangkat elektronik yang menggunakan teknologi wireless untuk transmisinya.

  • Smartphone
  • Radio
  • Remote control
  • Mouse dan keyboard
  • GPRS navigasi
  • Wifi
  • Televisi

Itulah beberapa ulasan mengenai jaringan nirkabel yang perlu diketahui. Mungkin dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar teknologi jaringan.

Mau Belajar Jaringan ? Yuk Ikuti Pelatihannya

anda yang ingin mendalami tentang jaringan , anda diharuskan untuk mengikuti pelatihan yang ada di Course-Net. Dimana Course-Net menyediakan pelatihan yang bisa anda ikuti. Cukup mengisi form dibawah ini, Tim marketing kami akan menghubungi anda dalam mengikuti kursus jaringan Course-Net yang bersertifikasi internasional.

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda di Course-Net. Kami akan dengan senang hati melayani anda dengan baik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!