course-net
Search
Close this search box.

MariaDB Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Perbedaan Dengan MySQL

Minet

October 10, 2022

MariaDB Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Perbedaan Dengan MySQL

Apakah kalian sedang mencari informasi soal MariaDB? Maka kalian datang ke tempat yang tepat karena kami akan menjelaskan mengenai hal tersebut. MariaDB adalah salah satu sistem yang berhubungan dengan database, kalau kalian terbiasa dengan database maka pernah mendengar istilah ini. Kalau berbicara soal sistem database sendiri sebenarnya ada 2 yang populer yakni MySQL dan juga MariaDB

Kemajuan teknologi pada saat ini memang mempermudah terutama persoalan database dalam sebuah perusahaan yang besar atau aplikasi dan website. Memahami sistem dari database seperti misalnya MariaDB menjadi salah satu dasar dan juga pondasi yang memang sangat diperlukan. Kami akan jelaskan mengenai MariaDB dan juga perbedaan MySQL vs MariaDB itu seperti apa.

Mengenal MariaDB Adalah ? Fungsi & Perbedaannya

Apa Itu MariaDB?

Apa Itu MariaDB? MariaDB Adalah

Langkah pertama untuk kalian bisa mengenali MariaDB itu adalah kalian harus tahu dulu pengertian atau definisi dari program atau istilah tersebut. MariaDB adalah sebuah sistem manajemen database yang merupakan sebuah pengembangan mandiri dari MySQL. Banyak juga yang menyebut MariaDB itu adalah sebuah Fork karena dianggap sebagai versi lain dari MySQL.

MariaDB ini dikembangkan pada tahu 2009 yang lalu dan hadir sebagai aplikasi database relasional yang sifatnya itu masih open source. ini dibekali banyak fitur seperti port, definisi tabel, API, serta mempertahankan kompatibilitas dengan MySQL. MariaDB juga berjalan di SQL yang sama dengan MySQL, jadi kamu tidak akan kesulitan saat berpindah aplikasi ini.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL Di phpMyAdmin

Fungsi MariaDB

Informasi selanjutnya yang juga harus kalian ketahui dan juga pahami itu adalah soal fungsi dari MariaDB itu sebenarnya apa. Sebagai sebuah aplikasi manajemen database, sudah pasti akan ada

cukup banyak fungsi yang bisa didapatkan dari aplikasi ini. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa fungsi dari MariaDB yang mungkin tidak banyak orang ketahui itu seperti apa.

  1. Operasi Data Besar

Fungsi yang pertama adalah bisa dipakai untuk operasi data besar, di mana perusahaan itu memiliki dara yang dikumpulkan dan dianalisis dengan jumlah besar. MariaDB ini bisa menampung kurang lebih 60 ribu tabel dan juga 5 milliar baris yang tentunya sangat besar. Kemampuan dari MariaDB inilah yang kemudian membuatnya banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Nokia, Docplanner, dan masih banyak lagi.

  1. Database Enterprise

Fungsi yang kedua adalah untuk database enterprise yang didasarkan pada kecepatan pembacaan data yang dimiliki MariaDB. Selain itu aplikasi ini pun memang didesain untuk memiliki kemampuan processing dan juga fleksibilitas yang terbilang sangat tinggi. Jadi sangat tepat juga untuk kalian yang menginginkan struktur database yang kompleks, karena sudah pasti akan mampu melakukannya.

  1. Deteksi Pesan Eror

Fungsi yang selanjutnya itu adalah untuk deteksi pesan eror yang mungkin akan diterima oleh klien. Deteksi pesan eror sendiri memang sangat berguna sekali untuk menentukan tindakan yang mungkin perlu dilakukan ke depannya. Namun memang sayangnya fitur untuk deteksi pesan eror ini belum tersedia dalam bahasa Indonesia lho.

  1. Import Data

Fungsi berikutnya adalah untuk bisa melakukan import data yang memang sangat dimudahkan untuk melakukan import data. Ada banyak sekali pilihan konektor terbaik yang bisa kalian gunakan untuk bisa menghubungkan jalur koneksi tanpa hambatan. Jadi proses import data pun akan jadi jauh lebih mudah dan juga bisa dibilang akan lebih cepat juga.

Perbedaan MySQL Dan MariaDB Adalah ?

Perbedaan MySQL Dan MariaDB Adalah ?

Meskipun mungkin merupakan aplikasi dengan jenis yang sama, akan tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan lho dari keduanya. Banyak juga yang mengira MySQL dengan MariaDB itu sama, karena memang ada banyak persamaan yang membuatnya jadi demikian. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa perbedaan dari MySQL dengan MariaDB supaya kalian tahu perbedaannya.

  1. Aspek Umum

Kalau dari aspek umum memang antara MySQL dan MariaDB itu banyak sekali kesamaannya ya, karena MariaDB adalah Fork dari MySQL. Jadi mulai dari bahasa implementasi, open source, dan juga kompatibel dengan cloud pun sama persis.

  1. Lisensi

Kalau dari segi lisensinya itu memang ada banyak sekali perbedaan, berikut ini beberapa perbedaan dari sisi lisensi.

  1. Lisensi untuk MariaDB didistribusikan oleh General Public License, sementara MySQL oleh GNU General Public License dengan perjanjian kepemilikan tergantung dari versinya.
  2. Kalau dari sisi pengembangnya itu MariaDB dikembangkan oleh MariaDB Foundation sementara MySQL oleh Oracle Corp
  3. MariaDB menyediakan versi berbayar untuk penggunaan berbasis Cloud dan juga kebutuhan komersial. Sementara MySQL menyediakan versi berbayar hanya untuk kepentingan komersial saja.

3. Bahasa Pemrograman Yang Didukung

Untuk bahasa pemrograman yang didukung itu hampir sama semua, hanya ada satu perbedaan saja di antara keduanya. Kalau dari aplikasi MariaDB memang sudah mendukung semua bahasa pemrograman yang ada saat ini. Sementara untuk MySQL sendiri masih ada yang tidak didukung yakni adalah bahasa pemrograman .Net.

4. Platform Yang Didukung

Itu sistem operasi atau platform yang didukung juga berbeda, karena MySQL itu sudah mendukung semua platform yang ada saat ini. Sementara untuk MariaDB itu masih belum bisa mendukung untuk sistem operasi MacOS dan untuk ZOS itu masih mempergunakan Linux. Sebelum MariaDB download, ada baiknya kalian periksa dulu platform yang kalian gunakan.

5. Kinerja

Kalau dari sisi kinerjanya sendiri memang ada beberapa perbedaan juga ya, dan berikut ini kami akan jelaskan perbedaannya.

  1. Kinerja dari MariaDB itu lebih mendukung untuk transaksi data yang mungkin lebih kompleks. Sementara untuk MySQL memang lebih disukai untuk transaksi data yang lebih sederhana.
  2. Perbedaan kedua adalah dari sisi jenis datanya, di mana kalau MariaDB itu bisa mendukung data dengan ukuran yang besar. Sementara untuk MySQL sendiri direkomendasikan untuk tidak digunakan untuk data yang besar ukurannya.
  3. Untuk penskalaan MariaDB itu bisa lebih mudah untuk adanya scale up, sementara MySQL sangat sulit untuk diukur.

6. Metode Akses Dan Keamanan

Untuk metode akses dan juga keamanan dari software atau aplikasi MariaDB dan juga MySQL itu bisa dibilang sama persis.

7. Fitur Lainnya

Kalau soal fitur memang ada banyak kesamaan juga, tapi juga ada beberapa perbedaan di antara keduanya ya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa perbedaan dari sisi fiturnya.

  1. Untuk bagian monitoring MariaDB memakai SQLyog sementara MySQL Workbench.
  2. MariaDB menyediakan kolom dinamis dan juga penyembunyian data, sementara MySQL itu tidak mendukungnya.
  3. Connection Pool yang tersedia di MariaDB sekitar 200 ribu, sementara MySQL tidak sebanyak itu
  4. Mesin penyimpanan MariaDB mendukung 12 store engine, sementara MySQL relatif lebih sedikit.

Pemilihan MariaDB Atau MySQL

Pada dasarnya setiap software itu menawarkan berbagai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing yang bisa kalian sesuaikan sendiri. Jadi bila bingung memilih antara MariaDB atau MySQL, maka kalian perlu menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Mau Belajar Pengolahan Data ?

Kamu mau jadi seorang data scienctist yang handal, kamu harus mengikuti kursus yang tersedia di Course-Net. Isi form dibawah ini untuk mengikuti kursus data science yang telah disediakan oleh Course-Net.

Semoga informasi yang kami sedikan bisa membantu anda dengan mudah. Nikmati berbagai macam program pelatihan yang tersedia

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!