course-net
Search
Close this search box.

Marketplace Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Minet

February 26, 2024

Marketplace Adalah ? Yuk Cari Tahu Pengertian , Definisi & Jenisnya

Marketplace Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya – Minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online semakin meningkat. Salah satu alasan kenapa hal itu bisa terjadi karena online marketplace saat ini kian menjamur sehingga memudahkan dalam hal belanja online.

Bahkan masing-masing layanan dari belanja online tadi menawarkan beberapa fasilitas yang memudahkan para penggunanya. Untuk lebih jelas mengenai platform belanja yang satu ini maka simak informasinya berikut ini.

Marketplace Adalah ? Yuk Cari Tahu Pengertian , Definisi & Jenisnya

Mengenal Apa itu Marketplace

Marketplace Adalah ? Yuk Cari Tahu Pengertian , Definisi & Jenisnya

Marketplace adalah platform yang memang disediakan bagi para penjual untuk bisa berkumpul serta dapat menjual barang ataupun jasa untuk pelanggan tanpa perlu bertemu secara fisik.

Jadi platform ini memang disediakan sebagai tempat untuk pembeli dan penjual bertemu. Keduanya saling bertransaksi dan perusahaan akan mengambil keuntungan melalui komisi penjualan.

Secara garis besar platform penjualan ini memang mirip pasar tradisional dan pemilik platform memang tidak bertanggung jawab akan barang yang dijual di dalamnya.

Perusahaan hanya menyediakan tempat bagi pembeli dan penjual saja untuk bisa melakukan transaksi secara cepat dan mudah tentunya.

Beda Marketplace dan E-commerce

Marketplace adalah salah satu pemain terbesar yang ada pada bisnis ecommerce di Indonesia. Namun seringkali, banyak orang menyamakan e-commerce dan marketplace. Dikutip dari Investopedia, perdagangan elektronik atau e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online). Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce.

Sarana e-commerce sendiri sangat beragam dari mulai televisi, telepon, dan internet. Sederhananya, e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Selain itu yang juga tengah jadi tren, contoh e-commerce adalah penggunaan media sosial. Dengan kata lain, marketplace adalah bagian dari e-commerce.

Jenis Marketplace

Untuk marketplace Indonesia secara umum terdiri dari dua jenis yakni murni dan juga konsinyasi. Untuk lebih jelasnya maka simak informasi berikut ini.

  • Murni

Kerja sama untuk jenis ini yakni pada saat platform hanya bertugas menyediakan lapak untuk nantinya berjualan serta lengkap bersama fasilitas pembayarannya.

Penjual mempunyai kewajiban dalam menyediakan sendiri mengenai foto produk dan deskripsinya. Tidak hanya itu saja penjual dapat menerima penawaran harga yang berasal dari pembeli.

Setelah memperoleh harga yang sudah disepakati pembeli dan penjual, pembeli dapat mengirimkan sejumlah uang ke dalam rekening yang telah disediakan. Untuk contohnya seperti Tokopedia, Belanja, Bukalapak, Elevenia, dan BliBli yang termasuk buatan Indonesia.

Sedangkan untuk platform luar negeri akan tetapi populer di Indonesia seperti Rakuten (Jepang), Amazon (Amerika Serikat), JD.ID (Tiongkok), Lazada (Singapura), dan Shopee (Singapura).

  • Konsinyasi

Jenis yang kedua juga dikenal dengan sebutan titip barang. Ketika kalian yang berperan sebagai penjual lalu melakukan kerja sama memakai sistem ini pada sebuah platform maka kalian hanya perlu untuk menyediakan produk serta detail informasi kepada pihak marketplace.

Salah satu contoh platform yang menyediakan layanan ini berupa Berrybenka dan Zalora. Nantinya pemilik situs mengurus penjualan mulai foto produk, penyimpanan, pengiriman, sampai kepada penyediaan fasilitas pembayaran.

Berbeda dengan sistem murni, melalui system ini pembeli tidak dapat menawar harga dikarenakan seluruh prosesnya ditangani langsung oleh penyedia situs. Perbedaan yang paling terlihat jelas yakni alur transaksinya dan tanggung jawab penjual.

Alur transaksi pada situs dengan sistem murni terjadi langsung antara pembeli dan penjual. Sedangkan untuk sistem konsinyasi seluruh alurnya ditangani secara langsung oleh pemilik situs.

Fungsi Marketplace

Fungsi Marketplace

Pada dasarnya memang layanan ini hadir untuk sarana bagi pembeli dan penjual. Lantaran hal tersebutlah maka beberapa fungsi yang bisa kalian temukan sebagai berikut.

  • Tempat terhubungnya antara penjual serta pembeli

Fungsi yang utama yaitu tempat berkumpulnya para online shop guna menjual produknya dengan mudah. Nantinya para pembeli akan berkumpul guna mendapatkan banyak produk kebutuhannya. Jadi dapat disimpulkan jika fungsinya memang sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

  • Sarana berjualan tanpa biaya

Para penjual maupun pemilik online shop tidak perlu membayar untuk sewa lapak toko online. Jadi artinya siapa pun bisa bergabung serta menjadi penjual disana. Syarat serta cara untuk berjualannya juga tergolong cepat dan mudah.

  • Membangun relasi antar penjual 

Siapa sangka platform ini bisa menjadi tempat memperoleh relasi antara penjual. Jadi ketika penjual ingin melakukan tukar pikiran bersama penjual lainnya bisa dilakukan secara mudah. Tidak berhenti disana saja, ketika masing-masing penjual melakukan kerja sama maka bisa memperoleh keuntungan yang lebih.

Kelebihan Online Marketplace

Tentunya berjualan pada platform ini akan mendapatkan beberapa kelebihan dan berikut ini adalah beberapa kelebihan tersebut.

  • Peluang lebih besar lewat komunitas

Bisa dikatakan platform ini merupakan wadah bagi penjual untuk menawarkan berbagai macam produknya. Lewat platform tersebut kalian dapat menciptakan peluang usaha lebih besar serta berjejaring dengan penjual lain lewat komunitas.

Tentunya kalian dapat berbagi peluang dan ilmu yang mana kalian dan penjual lainnya dapat bekerja sama membangun suatu peluang baru.

  • Tidak butuh modal besar

Bila berjualan melalui platform ini kalian tidak perlu membayar sewa tempat. Bahkan kalian bisa dengan mudah bergabung tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

  • Tidak perlu khawatir kehilangan konsumen

Jangan takut kehilangan konsumen karena memang terdapat jutaan orang berkunjung ke platform tersebut setiap harinya. Jadi jangan khawatir produk tidak laku karena memang aktivitas jual beli yang ada sangat tinggi.

  • Dapat memantau perkembangan usaha

Beberapa pengelola memiliki fitur insight. Melalui fitur tadi kalian dapat memantau berapa banyak jumlah orang yang datang mengunjungi toko, dan sebagainya.

Ketika kalian dapat membantu perkembangan usaha maka evaluasi produk dan pembaruan strategi bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan mengetahui kinerja serta efektivitas dari platform tersebut juga bisa diketahui.

  • Fitur dan regulasi baik

Pemilik platform tadi umumnya mempunyai regulasi yang mampu meningkatkan kredibilitas sekaligus juga menjaga keamanan dari toko yang kalian miliki.

Beberapa fitur yang bisa diperoleh seperti verifikasi toko, integrasi pembayaran, asuransi, rekening bersama, dan promosi.

Hadirnya fitur reputasi dan verifikasi akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan calon konsumen untuk nantinya membeli produk yang kalian tawarkan.

Baca Juga : Customer Journey Adalah : Pengertian, Contoh, dan Jenisnya

Kekurangan Online Marketplace Adalah

Tidak hanya memberikan kelebihan namun platform juga beli tersebut juga memiliki kekurangan dan berikut ini kekurangannya.

  • Ketergantungan pada pengelola

Ketika kalian memutuskan untuk berjualan di platform tersebut maka keberlangsungan usaha sangat tergantung kepada pengelolaannya.

Terlebih jika platform tadi bereputasi buruk, regulasinya tidak baik, tidak ada pengoptimalan promosi yang mana ini sangat berpengaruh negatif pada usaha yang tengah dijalankan.

  • Persaingan antar pedagang tinggi

Tentunya dalam sebuah platform terapat banyak penjual yang menyediakan barang serupa sehingga mengakibatkan persaingan menjadi semakin tinggi. Tentunya kalian perlu menerapkan strategi guna memperoleh konsumen lebih banyak dari pesaing lainnya.

Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan berupa gratis ongkir yang diberikan pengelola platform tadi supaya toko kalian bisa meningkatkan penjualan.

  • Sporadis

Kelemahan lain berupa kondisi pasar yang sporadis. Ketika mulai berjualan di platform ini besar kemungkinan barang akan tergolong sulit ditemukan konsumen dikarenakan sangat beragam nya produk yang ada.

Memang benar konsumen ketika mencari suatu produk memakai kata kunci. Akan tetapi melalui kata kunci yang telah disarankan maka pembeli dipaksa untuk memilih kembali ribuan produk yang serupa.

Tantangan Saat Jualan di Marketplace

Jualan di Marketplace adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan transaksi. Merchant bisa jual produknya di Marketplace dan memberi layanan tambahan ke konsumen. Namun, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi saat berjualan di Marketplace.

  • Sangat Bergantung ke Marketplace. Merchant yang hanya jualan di Marketplace, kemungkinan akan sangat bergantung ke Marketplace. Jika pemilik Marketplace tidak memiliki regulasi yang baik dan promonya tidak menarik, tentu akan berdampak negatif ke penjualan Anda. Apalagi jika tiba-tiba situs web down, penjualan akan ikut tersendat.
  • Persaingan Tinggi Antar Merchant. Di dalam Marketplace ada banyak penjual yang menjual produk yang sama. Anda harus siapkan strategi yang tepat untuk menarik lebih banyak konsumen dan memenangkan persaingan. Merchant harus terus-terusan memantau strategi kompetitor dan harga yang ditetapkan.
  • Produk Sulit Ditemukan dan Butuh Rating Tinggi. Jika Anda penjual baru di Marketplace dan menjual barang yang juga banyak dijual oleh merchant lain, tentu butuh usaha yang besar untuk mendapat rating. Semakin bagus rating produk Anda, posisinya akan semakin naik dan lebih mudah ditemukan oleh pembeli. Yang menyulitkan adalah jika Anda menjual produk yang banyak dijual merchant lain, dan kebanyakan top merchant di posisi teratas sudah punya track record penjualan yang bagus (jumlah transaksi tinggi dan rating sempurna).

Itulah informasi terkait marketplace dan juga contoh marketplace yang bisa kalian ketahui. Jangan lupa memaksimalkan penjualan kalian secara daring dengan menambah wawasan seputar IT di Course Net. Banyak pelatihan bermanfaat yang dipilih untuk dipelajari, terlebih lembaga ini sudah meraih penghargaan internasional sehingga tidak perlu diragukan lagi perihal kualitasnya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!