Network Engineer Adalah: Pengertian, Gaji network engineer, dan Skill yang Dibutuhkan

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Network Engineer Adalah: Pengetian, Gaji network engineer, dan Skill yang Dibutuhkan – Di Indonesia kini mengalami revolusi yang sangat signifikan terutama di bidang teknologi yang semakin modern, canggih dan terbaru sebab mengalami perkembangan di bidang IT, apabila kamu bekerja di bidang IT sebagai Network Engineer.

Apa si yang kamu ketahui tentang Network Engineer? Manfaat, tugas dan tanggung jawab, hardskill dan softskill apa yang diperlukan? apakah perlu memiliki sertifikat? perusahaan sangat memerlukan seorang network engineer untuk mengelola dan memastikan jaringan di dalam perusahaan agar pekerjaan lancar karena jaringan baik atau stabil. Jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai network engineer, berikut yang harus diperhatikan.

Network Engineer Adalah ? Skill & Gaji Dari Network Engineer

Pengertian Network Engineer

Pengertian Network Engineer

Apa itu Network Engineer? Network engineer adalah suatu profesi yang berkaitan dengan telekomunikasi atau jaringan komputer. Suatu profesi yang bertanggung jawab untuk merencanakan, membangun hingga mengelolanya suatu jaringan dengan baik.

Network Engineer adalah seorang programer yang bertanggung jawab dalam mengurusi jaringan/telekomunikasi dalam sebuah organisasi, apabila berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, mudah diakses/digunakan oleh user, serta jaringannya stabil maka dianggap berhasil sehingga perusahaan mampu menggunakannya dengan baik.

Apa Saja Pekerjaan Seorang Network Engineer Sehari-Hari?

Seorang Network Engineer bukan mengurusi printer rusak, laptop yang hang, mengurusi komputer yang bervirus dan lain-lain, melainkan bekerja dengan bandwidth management, perangkat networking seperti IoT (Internet of Thing), dan lain-lain. Pekerjaan dari seorang Network Engineer juga biasanya berhubungan dengan jaringan, seperti firewall, server, switch, dan router.

Tugas dan tanggung jawab seorang Network Engineer:

  1. Lakukan network architecture atau ekspansi jaringan baru dalam perusahaan jika ingin memiliki rencana mendesain jaringan. Hal penting yang harus diperhatikan dalam mendesain jaringan baru yaitu rencana topologi seperti panjang kabel, kebutuhan anggaran, tipe router dan lainnya.
  2. Implementasikan jaringan yang sudah didesain oleh network engineer untuk mendapatkan ID jaringan.
  3. Status jaringan selalu dimonitoring dan dilaporkan
  4. Jika jaringan bermasalah, maka perbaiki jaringan yang ada atau merancang dan mengaplikasikan saran atau solusi yang baru.
  5. Instalasi jaringan yang terlibat ditambahkan peralatan jaringan atau sub kontraktor.
  6. Selalu memantau kinerja jaringan
  7. Mengupgrade peralatan jaringan yang lebih baik dan baru.

Hardskill

Selain tugas dan tanggung jawabnya, berikut hard skill yang harus dimiliki sebagai Network Engineer yaitu

  • Mengetahui tentang IoT

Internet of thing (IoT) adalah objek yang memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data melalui jaringan tanpa bantuan perangkat komputer dan manusia. Perkembangan Internet of thing (IoT) memiliki tingkat konvergensi teknologi yang QR (Quick Responses) Code, nirkabel, microelectromechanical (MEMS) dan internet.

RFID (Radio Frequency Identification) dapat mengidentifikasi IoT sebagai metode komunikasi. Pengetahuan tentang Internet of thing (IoT) diperlukan oleh seorang network engineer sebab berkaitan erat pada traffic jaringan (lalu lintas), infrastruktur dan keamanan karena semakin banyak usaha online yang kini tergantung pada perangkat IoT.

  • Paham tentang firewall

Suatu perusahaan pasti memiliki jaringan maka network engineer harus menjaga jaringan komputer tersebut agar aman, apalagi jika berisi data.

  • Konsep bandwidth management

Kapasitas ,volume atau kuota dari sebuah jaringan internet yang digunakan untuk mengirim atau menerima disebut Bandwidth. Bps (bits per second ) di jaringan, seperti Kbps (Kilobits per second) dan Mbps (Megabits per second) memiliki hubungan erat dengan bandwidth.

Jika koneksi internet bermasalah baik di kantor, sekolah atau tempat umum itu karena pengaruh bandwidth. Supaya tercukupinya kapasitas bandwidth bagi mahasiswa maupun karyawan di perusahaan maka network engineer harus memahami bandwidth management dengan tujuan memperlancar pekerjaan yang membutuhkan internet.

  • Paham dengan bahasa pemrograman

Network engineer perlu dan harus paham tentang bahasa pemrograman. Karena fungsi jaringan otomatis menggunakan bahasa permrograman terutama bahasa automation friendly contohnya JAVA, Ansible, , dan Terraform. Selain jaringan otomatis ada yang menggunakan open source networking sehingga network engineer perlu paham tentang Linux.

  • Paham apa itu DNS

DNS singkatan dari domain name system ini merupakan penghubung antara internet protocol Adress (IP Adress) dengan sistem Uniform Resource Locator (URL), pengoperasian jaringan yang terhubung ke internet memerlukan pengetahuan dasar tentang internet. Network engineer perlu berfikir keras untuk menggantikan network lain sebagai penggantinya jika DNS mati.

  • Paham tentang routing

Routing merupakan proses meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui antar jaringan. Seorang network engineer mampu dan memahami tentang routing untuk melakukan sharing printer atau file antar user dalam suatu jaringan

Softskill

Selain memiliki hard skill, network engineer harus memiliki beberapa soft skill, berikut:

  • Menggunakan IP dengan lebih efisien dalam perusahaan dengan cara pembagian jaringan menjadi beberapa bagian sub menjadi lebih kecil.
  • Saling percaya dan kerja sama tim agar yang diharapkan berjalan lancar.
  • Ketika terdapat masalah jaringan maka fokuslah dan perhatikan detail-detailnya.
  • Mengatur waktu sebab tidak tahu kapan terjadinya masalah dalam jaringan sehingga network engineer perlu mengatur kapan istirahat, kapan melakukan kegiatan lain.
  • Komunikasi dengan baik agar tidak menimbulkan masalah atau salah paham antar tim.
  • Memiliki keterampilan dalam organisasi dan perencanaan.
  • Terbuka dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang terus maju dan selalu ingin belajar tentang teknologi baru.

Dari penjelasan di atas apakah berminat untuk bekerja sebagai network engineer? Menjadi network engineer maka harus memiliki latar belakang ilmu komputer, network management security atau jaringan.

Perlukah Sertifikat Cisco?

Perlukah Sertifikat Cisco

Sertifikasi ccna diperlukan karena membuktikan bahwa skill dan pengetahuan yang dimiliki network engineer tersebut sudah terjamin sehingga dia dapat menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Terdapat 3 jenis sertifikasi network engineer yang diterima di Indonesia, yaitu:

  • Sertifikasi Cisco

Sertifikasi Cisco memiliki 4 tingkatan, yaitu:

  • CCENT (Cisco Certified Entry Network Technician)
  • CCNA (Cisco Certified Network Associate)
  • CCNP (Cisco Certified Network Professional)
  • CCIE (Cisco Certified Network Expert)
  • Sertifikasi MikroTik

Sertifikasi MikroTik sama seperti halnya Cisco yang dimulai dari MTCNA atau MikroTik Certified Network Associate. Kamu bisa memilih sertifikasi di bawah ini jika kamu memiliki MTCNA, berikut ini pilihannya:

  • MTCRE (MikroTik Certified Routing Engineer)
  • MTCWE (MikroTik Certified Wireless Engineer)
  • MTCTCE (MikroTik Certified Traffic Control Engineer)
  • MTCUME (MikroTik Certified User Management Engineer)
  • MTCIE (MikroTik Certified IPv6 Engineer)
  • Sertifikasi Juniper

Sertifikat Cisco hampir mirip dengan Juniper, namun juniper memiliki spesifikasi yang lebih spesifik. Dengan memiliki sertifikasi Juniper akan mendapatkan dua jalur yaitu Enterprises dan service provider.

Gaji Network Engineer

Gaji network engineer dibagi menjadi 2 level yaitu network engineer junior dan senior network engineer. Untuk gaji seorang network engineer junior antara 4.5 jt-8 jt, sedangkan untuk gaji seorang senior network engineer antara 10 jt-20 jt. Namun rentang gaji tersebut tentu tergantung dari masing-masing perusahaannya, bias lebih tinggi ataupun lebih rendah.

Setelah membaca artikel ini, apakah kalian berminat menjadi network engineer? Yuk silahkan isi form dibawah ini untuk mengikutinya :

Segera ikuti kursus ccna yang tersedia di Course-Net, Sehingga anda bisa menjadi seorang Network Engineer.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

PROMO RAMADHAN
DISKON IDR 2.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 31 Maret 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo ramadhan

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !