SEMRush Adalah : Tentang Fitur dan Cara Menggunakannya

April 26, 2023

SEMRush Adalah : Tentang Fitur dan Cara Menggunakannya

SEMRush Adalah : Tentang Fitur dan Cara Menggunakannya – Menganalisis digital marketing sudah bisa dilakukan dengan mudah, pasalnya ada banyak tools yang bisa digunakan. Karena banyak sekali, terkadang cukup sulit untuk melacaknya. Nah, salah satu tool yang bisa Anda adalah SEMRush.

Tool ini sering disebut sebagai alat analisis digital marketing “satu untuk semua” saat menjalankan strategi SEM (Search Engine Marketing). Bahkan, tool ini diklaim bisa bersahabat dengan pemula di bidang digital marketing.

SEMRush Adalah : Tentang Fitur dan Cara Menggunakannya

Informasi Tentang SEMRush

SEMRush Adalah : Tentang Fitur dan Cara Menggunakannya

SEMRush adalah salah satu tool SEO yang berguna untuk keyword research, melakukan audit SEO website, menganalisis strategi keyword yang digunakan kompetitor, mencari peluang backlink, dan lain-lain.

SEMRush saat ini sudah memiliki database yang menaungi 46 juta lebih domain serta 120 juta keyword.

Tool ini juga bisa digunakan untuk optimisasi SEO. Seperti menghitung PPC atau pay-per-click, analisa kampanye media sosial, dan campaign konten marketing.

Dengan menggunakan tool ini, Anda bisa leluasa memantau jalannya website Anda, bahkan mengawasi performanya, seperti:

  • Anchor link
  • Backlink
  • Keyword planner
  • Landing page
  • Organic search domains
  • Paid search
  • Referring domains
  • Tampilan iklan (ads)

Berbagai Fitur SEMRush Adalah

SEMRush memiliki banyak sekali fitur sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan saat menganalisis digital marketing. Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa Anda manfaatkan sebagai marketer di bidang SEO maupun kursus seo, antara lain:

1. Keyword Research

SEMRush keyword adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Beberapa fiturnya adalah sebagai berikut!

  • Keyword Overview

Melalui fitur ini, Anda bisa mengetahui nilai organik dan iklan yang berasal dari sebuah kata kunci yang berdasarkan pada search volume, minat, intent, difficulty, CPC, jumlah hasil, fitur SERP, tingkat kompetisi, dan lain sebagainya.

  • Organic Research

Fitur ini membantu Anda bisa mengadaptasi kata kunci yang paling menguntungkan berdasarkan analisa daftar organic keyword beserta halaman milik website kompetitor.

  • Keyword Magic Tool

Ini bisa memudahkan Anda saat melakukan riset database yang memiliki 21 juta lebih kata kunci. Fitur ini juga membantu Anda untuk menghasilkan ribuan kombinasi hanya dari satu seed kata kunci.

  • Organic traffic insight

Bisa membantu Anda mengecek data dengan cara cross-reference agar bisa tahu performa dari organic search website milik Anda.

  • Keyword gap

Bisa untuk mencari tahu perbedaan penggunaan kata kunci antara website Anda dan website kompetitor.

  • Keyword manager

Fitur ini akan menganalisis metrik hingga mencapai 1000 keyword secara langsung agar bisa membuat daftar kata kunci sesuai strategi dan tujuan SEO milik Anda.

2. SEO Teknis

Fitur-fitur yang berkaitan dengan SEO Teknis antarai lain:

  • Site Audit

Bisa memberi solusi saat terjadi masalah pada website Anda.

  • One Page SEO Checker

Memberi daftar hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan ranking berbagai halaman yang ada di dalam website.

  • Log File Analyzer

Untuk menganalisis access log, serta untuk melihat bagaimana crawler Google saling berinteraksi dengan website Anda.

3. Competitor Analysis

Fitur-fitur ini berguna untuk menganalisis website kompetitor.

  • Organic Research

Bisa mengetahui search ranking organik dari website kompetitor dan mengamati langsung jalannya perubahan ranking tersebut.

  • Keyword gap

Bisa mengetahui perbedaan jumlah penggunaan keyword website kompetitor dengan milik Anda.

  • Backlink analytics

Anda bisa melihat backlink milik kompetitor. Dari top referring domain hingga backlink yang hilang.

  • Backlink gap

Melalui fitur ini, Amda bisa tahu website mana yang membuat backlink untik kompetitor, tetapi tidak kepada Anda.

4. Local SEO

Fitur-fitur yang termasuk local SEO memiliki fungsi secara garis besar, seperti membuat banyak orang tahu tentang website Anda, meningkatkan traffic, dan mengetahui perkembangan website Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain, listing management, position tracking, dan one page SEO checker.

5. Rank Tracking

Inti dari fitur yang termasuk rank tracking ialah untuk membantu Anda melacak performa website Anda dengan melihatnya melalui hasil pencarian Google.

Misalnya seperti position tracking untuk melacak keyword, sensor untuk melacak pergerakan SERP, dan rank untuk meriset domain.

6. Link Building

Fitur yang terakhir berguna link building, antara lain:

  • Backlink Analytics

Untuk menemukan backlink dengan melacaknya melalui database yang sudah ada.

  • Backlink Tool Audit

Mengawasi backlink agar tidak terlacak Google agar tidak mendapat hukuman pelanggaran.

  • Bulk Backlink Analysis

Meningkatkan peluang link building yang bagus untuk website Anda.

  • Link Building Tool

Untuk outreach dengan konsisten agar bisa memperoleh backlink lebih banyak.

Cara menggunakan SEMRush

Cara menggunakan SEMRush

Jika Anda seorang pemula, maka Anda bisa ikuti cara-cara berikut untuk menggunakan SEMRush.

1. Buat akun

Kunjungi websitenya, kemudian tekan Sign Up untuk membuat akun. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti panduan apa saja yang perlu dilengkapi. Anda juga bisa langsung melakukan SEMRush login melalui akun Google Anda.

2. Pilih Fitur

Setelah berhasil, Anda akan dialihkan pada halaman dashboard yang berisi berbagai fitur yang telah dijelaskan sebelumnya.

3. Gunakan Fitur

Misalnya Anda ingin melakukan riset SEMRush keywords, gunakan fitur Keyword Magic Tool. Masukkan keyword pada kolom Enter Keyword, ubah wilayah ke Indonesia, lalu tekan ‘search’.

Akan muncul hasil tipe keyword, seperti Broad Match, Exact Match, Phrase Match, dan Related. Anda juga akan diberi saran kata kunci apa yang cocok untuk memaksimalkan konten Anda.

Perlu diingat bahwa SEMRush merupakan konten berbayar. Jadi, untuk penggunaan pertama Anda akan diberi gratis 14 hari percobaan. Jika Anda menggunakan versi berbayar, fiturnya akan lebih lengkap, terutama untuk riset keyword.

Ahrefs atau SEMRush, Mana yang Lebih baik?

Berbicara tentang Ahrefs vs SEMRush, kedua tool ini termasuk yang populer di kalangan marketer SEO. Sehingga muncul pertanyaan, mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, simak perbandingannya secara singkat berikut ini:

1. Ahrefs

Ahrefs tidak memiliki free trial atau uji coba gratis, di mana pengguna harus membayar $7 untuk bisa menikmati fitur selama 7 hari. Namun, biaya paket per bulan lumayan murah dibanding tool lain.

Tampilannya berantakan, tetapi navigasinya cukup mudah dipahami. Lalu tampilan datanya menggunakan grafik dengan warna yang berbeda-beda.

Dari segi keyword research hampir sama dengan tool lain, tetapi ada yang paling membedakan yaitu memiliki keunggulan dalam memberikan saran konten yang spesifik dibanding lainnya.

2. SEMRush

SEMRush memiliki free trial selama 14 hari sebelum pengguna harus membayar biaya langganan untuk mendapatkan fitur lebih lengkap.

Tampilannya hampir sama seperti Ahrefs, hanya saja lebih unggul karena fiturnya lebih banyak dan lengkap.

Dari segi keyword research pun, ia lebih mudah untuk melakukan penelitian keyword dan memanajemennya. Salah satu yang paling unggul adalah keyword overview, di mana Anda bisa melihat laporan kata kunci dengan detail.

Sejujurnya, menentukan mana yang lebih baik tergantung bagaimana Anda menilainya. Namun, jika melihat dari sisi fitur, jelas SEMRush lebih unggul dibandingkan Ahrefs.

Jika Anda masih bingung mengenai cara menggunakan tool kursus digital marketing ini, Anda bisa mengikuti pelatihan IT bersama Course-Net. Yuk segera upgrade skill Anda!

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Tempat Belajar Data Science Terbaik, Lebih Dari 75000 Alumni Mendapatkan Sertifikasi. #1 Practical IT Coaching  EC Council ATC Circle of Excellence 2021 The Most Impactful IT Coaching 2020

Share Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tags

Artikel Berkaitan