course-net
Search
Close this search box.

SEO On Page Adalah : Pengertian, Manfaat, dan Cara Optimasi

Minet

March 2, 2023

SEO On Page Adalah, Mari Belajar

SEO On Page Adalah : Pengertian, Manfaat, dan Cara Optimasi – Bagi para blogger atau pemilik website tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Ada dua tipe yang umum digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website, yaitu SEO off page dan SEO on page.

Jika ingin website bisa berada di peringkat teratas halaman pencarian Google, maka sangat penting untuk memahami apa itu on off page SEO, manfaat, dan cara mengoptimasinya. Untuk itu, simak penjelasan lengkap tentang SEO berikut ini.

SEO On Page Adalah, Mari Belajar

Apa Itu SEO On Page?

SEO On Page Adalah, Mari Belajar

SEO adalah merupakan sebuah praktik yang dilakukan untuk mengoptimalkan halaman website agar memperoleh peringkat yang lebih tinggi serta mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari, salah satunya adalah Google.

Selain bertujuan untuk mempublikasikan konten website yang relevan serta berkualitas, Optimasi on page juga berguna untuk mengoptimalkan pada isi konten, tag judul, tautan internal, URL, serta gambar yang muncul di halaman website.

Sederhananya, SEO on page adalah praktik untuk mengoptimalkan halaman website supaya mendapatkan trafik yang baik. Langkah optimasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten, sehingga mudah dibaca oleh pembaca website.

Selain itu, manfaat on page SEO adalah untuk memudahkan mesin pencari seperti Google untuk memahami konteks konten serta relevansi website dengan keyword atau kata kunci yang dicari. Dengan begitu, maka konten bisa masuk ke halaman pertama Google.

5 Manfaat Utama SEO On Page untuk Website

Mengapa SEO sangat penting? SEO memiliki peran yang sangat penting karena bisa membantu mesin pencari untuk memahami situs website Anda dan kontennya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan tentang 5 manfaat utama SEO berikut ini.

  1. Membuat Konten yang Sesuai Target Audiens

Manfaat pertama dari SEO adalah untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiens. Saat bisnis Anda memiliki customer segmentation tertentu, maka optimasi on page akan membantu website untuk mendapatkan audiens sesuai dengan yang ditargetkan.

  1. Meningkatkan Traffic Website

Tanpa menerapkan on page SEO, maka website Anda akan lebih sulit untuk mendapatkan traffic, sehingga hanya dikunjungi oleh sedikit audiens saja. Melakukan perbaikan sesuai komponen yang ada di one page akan meningkatkan peluang traffic website Anda.

  1. Meningkatkan Brand dan Pertumbuhan Bisnis

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan bisnis secara online sangat dipengaruhi oleh optimasi on page. Dengan optimasi SEO on page, bisnis akan mendapatkan lebih banyak jangkauan audiens dan peringkat website di halaman mesin pencari juga akan meningkat.

  1. Meningkatkan Rangking di Mesin Pencari

Melakukan optimasi halaman secara tepat akan membuat website Anda lebih mudah ditemukan saat audiens melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Jika ada di halaman pertama mesin pencari, maka website Anda memiliki kesempatan diklik yang semakin besar.

  1. Menghemat Budget untuk Iklan

Berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang harus mengeluarkan biaya mahal, optimasi on page ini jauh lebih hemat. SEO termasuk sebagai jenis publikasi bisnis yang tidak perlu mengeluarkan biaya dalam prosesnya, sehingga jauh lebih hemat.

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page Paling Efektif

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page Paling Efektif

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website dengan SEO. Jika ingin mendapatkan manfaat dari optimasi on page, maka penting bagi Anda untuk mengetahui dan menerapkannya. Berikut adalah cara optimasi SEO on page yang harus Anda lakukan.

  1. Buat Konten Berkualitas

Para user menggunakan Google Search tentu bertujuan untuk mencari konten yang berkualitas. Oleh karena itu, Google Search akan menyeleksi konten terlebih dahulu sebelum menunjukkannya kepada para pengguna.

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (EAT) merupakan faktor yang menjadi penilaian Google terhadap sebuah konten. Mengingat Google akan mengutamakan konten yang berkualitas tinggi, maka Anda harus membuat konten yang benar-benar berkualitas.

  1. Tentukan Judul yang Menarik

Ketika user mencari informasi melalui Google, biasanya akan memilih konten yang memiliki judul menarik. Membuat judul konten yang menarik juga akan membantu Google untuk memahami halaman atau isi konten sebuah website, sehingga hal ini sangat penting.

  1. Lengkapi Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan tag meja yang mendeskripsikan mengenai isi halaman tersebut. Biasanya, meta deskripsi akan ditampilkan pada SERP di bawah judul halaman. Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar sangat membantu rasio klik tayang (CTR).

  1. Perhatikan Heading dan Subheading

Tag heading mungkin tidak terlalu penting bagi peringkat situs website Anda, namun ini masih berfungsi bagi para pengguna dan SEO website Anda. Konten akan lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung jika ditulis dengan heading dan subheading.

  1. Terapkan Penulisan SEO

Maksud dari penulisan SEO adalah menulis konten yang mempertimbangkan pengguna dan mesin pencari. Ingat bahwa Anda menulis sebuah konten untuk kepentingan banyak orang. Oleh karena itu, konten yang ditulis harus penting, relevan, dan berkualitas tinggi.

  1. Tambahkan Gambar dan Video

Jika konten Anda hanya berisi teks saja, tentu akan sangat membosankan bagi pembaca. Oleh karena itu, tambahkan gambar atau video pada setiap konten yang Anda buat. Menambahkan gambar dan video pada artikel juga terbukti bisa meningkatkan kesempatan konten untuk muncul di halaman pertama di hasil pencarian Google.

  1. Lakukan Optimasi Gambar

Salah satu cara untuk membuat tampilan website lebih menarik adalah dengan menambahkan gambar. Mengoptimalkan gambar dengan benar sangat penting untuk memaksimalkan SEO on page. Pastikan Anda memasukkan gambar yang relevan dengan konten, gunakan judul gambar yang deskriptif, dan tambahkan teks alt.

  1. Jangan Lupa Audit Konten

Kebanyakan pemilik website hanya fokus untuk membuat konten baru saja, tapi mereka lupa tidak mengaudit konten yang sudah pernah dibuat. Hal ini merupakan kesalahan besar yang harus dihindari. Mengaudit konten sangat penting untuk mengevaluasi apakah konten yang dibuat selama ini sudah bisa mencapai tujuan dan mendapatkan ROI?

  1. Perhatikan Posisi Peletakan Focus Keyword

Paragraf pertama harus mampu memberikan kesan yang baik kepada para pembaca. Karena harus to the point mengenai konten yang akan disampaikan, sebaiknya Anda letakkan focus keyword di paragraf pertama, tepatnya di 100 kata pertama. Hal ini terbukti bisa meningkatkan kualitas artikel, sehingga bisa masuk ke ranking tinggi di Google.

  1. Sisipkan Internal Link dan Outbound Link

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dalam optimasi on page, yaitu sisipkan outbound link serta memaksimalkan internal link. Jika ingin menambahkan outbound link, pastikan untuk memilih website sumber rujukan dengan reputasi yang baik. Internal link yang disisipkan pada konten juga harus relevan dengan konten yang Anda buat.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai SEO on page mulai dari pengertian, manfaat, serta cara mengoptimasinya. Menerapkan optimasi on page ini sangat penting agar website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Dapatkan kelas IT dan digital marketing dengan taraf internasional beserta kursus IT terbaik hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!