Server Adalah : Fungsi Utama dan Jenisnya!

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Server Adalah : Fungsi Utama dan Jenisnya! – Jika mendengar kata server tentu sudah tidak asing lagi. Server ini menjadi salah satu kata yang banyak didengar. Tetapi apakah Anda tahu apa itu server?

Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki fungsi untuk layanan khusus sebagai penyimpanan sebuah data. Peran dari server ini sangatlah penting untuk mengirimkan atau menerima sebuah data ataupun informasi yang sudah tersedia.

Penyimpanan data juga digunakan untuk situs internet, untuk ilmu pengetahuan, ataupun hanya sekedar untuk menyimpan dokumen atau informasi. Data tersebut digunakan untuk bisa melakukan berbagai layanan yaitu seperti untuk menerima ataupun mengirim email, hingga menampilkan website dan lain sebagainya.

Apa Itu Server ? Peran Server Adalah ?

Apa Itu Server ? Peran Server Adalah ?

Pengguna komputer memang harus mempunyai spesifikasi yang tinggi servernya bisa memiliki kerja yang maksimal dan juga optimal.

Fungsi Server

Setelah paham terkait dengan apa itu server Anda juga harus mengetahui fungsi dari server. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari server yang harus Anda ketahui.

  • Menyimpan data atau informasi

Fungsi dari server yang pertama yaitu untuk menyimpan data atau informasi. Fungsi ini menjadi salah satu fungsi utama dari sebuah server. Server menjadi sebuah tempat untuk menyimpan data yang dikirimkan dari client. Data yang tersimpan juga bisa berupa dokumen ataupun informasi kompleks.

Agar bisa menampung data dalam jumlah yang banyak server harus mempunyai kapasitas yang besar. Client dapat menyimpan dan juga mengakses data dengan client lainnya apabila kapasitas penyimpanannya besar. Sebagian server biasanya menggunakan teknologi cdn sehingga klien dapat mengakses datanya jadi lebih cepat.

Teknologi tersebut ini merupakan teknologi untuk pemrosesan sebuah konten yang didasarkan dari lokasi server terdekat dari client.

  • Melayani permintaan komputer client

Memang fungsi dari server secara umum yaitu untuk merespons permintaan dari klien agar dapat diproses. Baik itu untuk permintaan data ataupun untuk permintaan aplikasi yang dijalankan langsung oleh klien.

Agar fungsi tersebut bisa dijalankan maka server jaringan ini menggunakan sistem operasi yang aman dan juga cepat. Sehingga klien juga bisa bekerja jauh lebih efektif dan aman.

Hal tersebut tentu saja tidak membuat semua permintaan kain ini diproses melalui server. Client yang request permintaan berulang biasanya permintaan tersebut dikirim melalui cache yang merupakan teknologi penyimpanan data website. Tujuannya yaitu agar akses untuk ke sebuah situs lebih cepat.

  • Menyediakan database yang akan dijalankan

Fungsi selanjutnya dari server yaitu untuk menyediakan database sebagai tempat pengolahan data dan penyimpanan data. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan fungsi tersebut untuk bisa menerapkan big data. Hal ini nantinya bisa membuat semua data yang disimpan dalam basis data ini dapat diolah dan juga diakses oleh pengguna.

Keberadaan dari layanan ini juga membuat banyak perusahaan mengembangkan produk bisnis yang mereka miliki.

  • Mengamankan dari serangan kejahatan

Fungsi dari server selanjutnya yaitu untuk mengamankan dari serangan kejahatan atau melindungi dari serangan hacker. Adanya request data yang diminta oleh klien akan membuat server mengecek alamat IP dan juga informasi lainnya yang dibutuhkan.

Apabila ada sesuatu yang mencurigakan maka server bisa mencegah akses untuk ke alamat IP tersebut. Data yang sudah tersimpan di komputer juga bisa lebih aman dengan adanya fungsi dari server ini.

  • Mengatur lalu lintas untuk transfer data

Manfaat selanjutnya dari server yaitu bisa digunakan untuk mengatur lalu lintas transfer data. Server ini nanti akan mengatur terkait dengan komunikasi transfer informasinya kepada client. Perangkat server biasanya punya kapasitas hardisk dan juga RAM yang sangat tinggi sehingga bisa menampung semua permintaan klien.

Jenis-jenis Server

Jenis-jenis Server

Server memiliki berbagai jenis yang harus Anda ketahui. Simak penjelasan lengkap terkait jenis-jenis server di bawah ini!

  • Web Server

Jenis server yang pertama yaitu ada web server yang merupakan jenis perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk dapat menjalankan web. Contoh dari server ini digunakan untuk pusat pengaturan dalam memproses sebuah website dan juga untuk melakukan penyimpanan banyak data website seperti contohnya ada CSS, HTML serta JavaScript.

Agar dapat menampilkan halaman website server website akan menerima sebuah kode yaitu dari browser. Hasilnya kemudian nantinya akan diproses oleh website untuk bisa ditampilkan.

Kualitas dari web server yang digunakan dapat berpengaruh pada performa web.

  • Mail server

Jenis dari server selanjutnya yaitu ada mail server. Server ini merupakan salah satu server yang punya fasilitas pengelolaan serta penyimpanan data untuk email pengguna. Jenis dari server ini juga bisa menampung serta meneruskan email yang dimulai dari pengirim untuk penerima.

Ada protokol khusus untuk bisa bertukar email. Protokol yang dimiliki diantaranya adalah Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP. Mail server sering kali digunakan oleh pebisnis karena bisa memudahkan untuk penerapan marketing email.

  • Proxy server

Jenis server adalah selanjutnya yaitu ada proxy server yang merupakan perangkat ataupun komputer yang bisa melayani pembuatan untuk layanan proxy. Proxy ini merupakan sistem yang bisa memungkinkan Anda Untuk dapat mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP address yang berbeda dari IP address asli di perangkat Anda.

Layanan proxy ini juga biasanya digunakan untuk dapat mengamankan identitas dari user pada saat akan mengakses internet. Pembatasan akses untuk situs tertentu sampai dengan pemblokiran akses untuk situs dan media sosial tertentu.

Apabila Anda memiliki sebuah website maka Anda dapat menggunakan proxy server untuk dapat mengontrol akses yang masuk ke situs Anda. DNS server merupakan sebuah sistem yang mengubah url website dalam bentuk alamat IP.

  • FTP server

File transfer protokol atau FTP merupakan sebuah protokol internet yang sudah dirancang untuk dapat menghubungkan ke server supaya pengguna bisa mengunduh dan juga mengupload file.

FTP ini biasanya digunakan untuk dapat mengirimkan data yang berukuran besar. FTP juga akan terhubung dengan server dan juga menyediakan sebuah layanan pemindahan unduh dan juga untuk upload sebuah file dengan menggunakan jaringan internet.

  • File server

Jenis selanjutnya yaitu ada file server yang merupakan jaringan komputer yang bisa menyimpan dan juga mengelola semua data komputer di sebuah jaringan. File server ini meliputi file jenis gambar, dokumen, musik, video, dan lainnya.

Contoh dari server jaringan biasanya dipakai untuk dapat mengatur informasi dan juga komunikasi pada jaringan. Biasanya file server ini digunakan di jaringan lokal seperti contohnya jaringan komputer di warnet dan ruangan kantor.

  • DHCP server

Dynamic House Configuration Protocol atau yang dikenal dengan DHCP server ini merupakan perangkat yang memiliki fungsi untuk dapat mengatur dan juga memberikan alamat IP ke komputer client yang dilakukan secara otomatis.

Server DHCP ini memiliki fungsi untuk dapat melakukan pembaruan konfigurasi ataupun melakukan perubahan alamat IP seperti contohnya alamat IP yang sudah kadaluwarsa ataupun perangkat portable yang berbeda lokasi.

Itulah beberapa informasi terkait dengan server yang harus Anda ketahui baik itu jenis-jenis server, sampai dengan fungsi server. Ingin paham lebih dalam tentang server dan dunia IT? Anda bisa langsung ambil kelas atau kursus di Course-Net. Upgrade pemahaman IT dan skill Anda dengan coach kelas dunia hanya di Course-Net. Miliki spesialisasi IT di bidang apapun yang Anda suka dan Anda inginkan!

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !