course-net
Search
Close this search box.

Home >

Visualisasi Data: Jenis, Fungsi, dan Tools

Friday, 15 March 2024 1:34 PM

visualisasi data

Visualisasi data dapat digunakan dalam berbagai bidang dan konteks, mulai dari bisnis dan keuangan hingga sains dan penelitian. Anda dapat menemukan pola tersembunyi dalam data, membuat keputusan yang lebih baik, dan menghasilkan informasi berharga

Visualisasi Data

visualisasi data adalah
source: simulator

Dapat dikatakan Visualisasi data adalah proses mendeskripsikan informasi atau data secara grafis atau visual sehingga mudah untuk dipahami dan dianalisis. Tujuan dari visualisasi data adalah menyajikan informasi secara visual sehingga pemirsa dapat dengan cepat memahaminya dan mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan antar variabel dalam data.

Visualisasi data dapat berupa berbagai jenis grafik seperti: Misalnya diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, peta panas, dll. Selain itu, teknik visualisasi data juga dapat mencakup penggunaan diagram, peta, animasi, dan alat visual lainnya untuk menyampaikan informasi secara efektif. Visualisasi data memungkinkan pengguna menganalisis data yang kompleks dengan mudah, mengidentifikasi pola atau anomali, membuat keputusan berdasarkan data, dan mengkomunikasikan wawasan atau ide kepada orang lain dengan cara yang lebih menarik dan jelas.

Jenis Visualisasi Data

Berikut ini macam-macam visualisasi data beserta penjelasannya

1. Grafik Batang

Diagram batang digunakan untuk menampilkan data kategorikal dengan menampilkan frekuensi atau proporsi dalam bentuk batang vertikal atau horizontal. Setiap kategori diwakili oleh bilah yang sebanding dengan nilai data terkait.

2. Grafik Garis

Diagram garisdigunakan untuk menunjukkan tren atau perubahan suatu variabel relatif terhadap variabel lain atau seiring waktu.Data direpresentasikan dalam bentuk garis yang menghubungkan titik-titik data.

3. Diagram lingkaran

Diagram lingkaran digunakan untuk menunjukkan proporsi atau persentase suatu bagian secara keseluruhan. Setiap bagian diwakili oleh “irisan” melingkar yang ukurannya mencerminkan proporsi data terhadap keseluruhan.

4. Diagram batang bertumpuk

Diagram batang bertumpuk adalah varian diagram batang yang memperlihatkan komposisi data kategorikal dengan menumpuk batang setiap kategori. Hal ini memungkinkan Anda melihat kontribusi relatif setiap kategori serta totalnya.

5. Peta panas

Peta panas digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk matriks, dengan intensitas warna yang mewakili nilai data. Hal ini memungkinkan kita melihat pola atau hubungan antara dua variabel.

6. Plot Kotak (Boxplot)

Boxplot adalah visualisasi yang digunakan untuk menunjukkan distribusi statistik suatu kumpulan data, termasuk median, kuartil, dan titik ekstrem. Ini membantu untuk memahami distribusi dan variasi data.

7. Diagram Garis Bertumpuk

Bagan garis bertumpuk adalah variasi bagan garis yang menunjukkan tren perubahan suatu variabel dibandingkan variabel lain atau seiring waktu dengan menumpuk garis dari setiap kategori atau subkategori.

8. Diagram Sankey (Diagram Sankey)

Diagram Sankey digunakan untuk memvisualisasikan aliran atau pergerakan dari satu keadaan ke keadaan lain. Hal ini sering digunakan untuk mewakili aliran energi, sumber daya atau proses bisnis. Setiap jenis visualisasi data mempunyai kegunaan dan kelebihan masing-masing tergantung pada jenis data yang akan ditampilkan dan tujuan analisis yang ingin dicapai.

Fungsi Visualisasi Data

tools visualisasi data
source : fipise

Sebenarnya kenapa si pelu dilakukan visualisasi data? dan bagaimana fungsinya pagi penggana. Berikut ini beberapa fitur penting yang anda harus tau,

1. Mengkomunikasikan informasi secara efektif

Data dapat menyajikan informasi kompleks dengan cara yang lebih mudah dipahami dan ditafsirkan oleh pemirsa. Hal ini membantu mengkomunikasikan wawasan, tren, dan pola yang terkandung dalam data secara lebih efektif kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

2. Deteksi Pola dan Tren

Memungkinkan pengguna dengan cepat mengidentifikasi pola yang mungkin tersembunyi dalam data. Dengan menampilkan data secara visual, pengguna dapat lebih mudah mengidentifikasi tren, fluktuasi, atau pola yang konsisten.

3. Mengambil keputusan berdasarkan data

Memungkinkan pengguna membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan bukti empiris. Menampilkan data secara visual membantu Anda memahami dampak dari berbagai pilihan atau keputusan yang mungkin dibuat.

4. Membuat analisis dan pemahaman lebih mudah

Menyederhanakan proses analisis data dengan menyajikan informasi secara grafis. Ini membantu untuk memahami struktur data, distribusi, korelasi dan interaksi antar variabel.

5. Menemukan wawasan dan wawasan baru

Dapat membantu menemukan wawasan dan wawasan baru yang mungkin tidak terlihat saat menganalisis data dalam bentuk tabel atau gambar. Bagan dan lainnya dapat berguna untuk menyoroti pola atau anomali yang menarik dalam data.

6. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Interaktif memungkinkan pengguna menjelajahi data secara langsung, memfilter informasi, dan melihat data dari berbagai perspektif. Hal ini meningkatkan keterlibatan pengguna dalam proses analisis data.

7.  Mendukung presentasi dan laporan

Visualisasi data membuat presentasi dan laporan lebih menarik dan meyakinkan. Bagan dan visualisasi lainnya membantu memperkuat argumen dengan menyajikan data secara visual yang mudah dipahami audiens.

Dengan menggunakan visualisasi data secara efektif, pengguna dapat memanfaatkan seluruh potensi data yang tersedia untuk membuat keputusan yang lebih baik, memperoleh wawasan baru, dan lebih memahami fenomena kompleks.

Tols Visualisasi Data

Dalam menvisualkan suatu data dapat digunakan beberapa tools yang membantu anda membuat tampilan data yang mudah dimengerti dan akurat, Berbagai alat yang digunakan dalam evaluasi data dijelaskan secara rinci di bawah ini

1. Microsoft Excel

Excel adalah salah satu alat spreadsheet yang paling banyak digunakan untuk mengevaluasi dan menganalisis data. Ia menawarkan berbagai fungsi dan fitur untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data serta representasi grafis dan visualisasi.

2. Python

Python adalah bahasa pemrograman populer untuk analisis data.Perpustakaan seperti Pandas, NumPy dan Matplotlib sangat berguna untuk membaca, memanipulasi dan memvisualisasikan data dengan Python.

3. Bahasa R

R adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan khusus untuk analisis statistik dan visualisasi data. R memiliki banyak paket atau pustaka yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai jenis analisis data.

4. Tableau

Tableau adalah perangkat lunak visualisasi data canggih yang memungkinkan pengguna membuat visualisasi data interaktif dan dinamis tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman mendalam.

5. Power BI

Power BI adalah platform analisis bisnis yang memungkinkan pengguna menggabungkan data dari berbagai sumber, membuat visualisasi interaktif, dan berbagi wawasan dengan tim atau organisasi.

6. Google Sheets

Google Sheets adalah alat spreadsheet berbasis web yang mirip dengan Excel, namun memungkinkan kolaborasi dan integrasi real-time dengan layanan Google lainnya seperti Google Formulir atau Google Data Studio.

7. SQL (Structured Query Language)

SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola dan mengambil data dari database relasional. Hal ini sangat penting untuk mengevaluasi data yang disimpan dalam database.

8. Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah lingkungan pengembangan interaktif yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi dokumentasi yang menggabungkan kode, visualisasi, dan narasi dalam satu dokumen.

9. SPSS

SPSS adalah perangkat lunak untuk analisis dan pelaporan statistik. Ini biasanya digunakan dalam penelitian sosial dan ilmu sosial lainnya.

10. SAS (Statistical Analysis System)

SAS adalah perangkat lunak untuk analisis data dan pemodelan statistik. Ini banyak digunakan dalam bisnis, sains, dan penelitian. Setiap alat memiliki kekuatan dan kelemahannya masing – masing dan cocok untuk kebutuhan dan tingkat keterampilan yang berbeda. Memilih alat yang tepat bergantung pada kebutuhan spesifik proyek dan preferensi pengguna.

Kesimpulan

Visualisasi data dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi dalam proses analisis data dengan memungkinkan pengguna menjelajahi data secara interaktif, memfilter informasi, dan melihat data dari perspektif berbeda. Oleh karena itu, visualisasi data bukan hanya alat analisis data, namun juga alat yang menstimulasi pemahaman yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih tepat, dan komunikasi yang lebih efektif. Anda dapat mengikuti Kelas Data Science untuk bisa lebih menguasai secara skill dan kompetensi dalam melakukan report data secara menarik dan mudah dipahami oleh audience.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!