course-net
Search
Close this search box.

VLAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Minet

December 7, 2023

VLAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Dunia teknologi saat ini sangat berkembang dengan pesat, sehingga banyak sekali inovasi yang ada saat ini. Dalam suatu area seperti halnya kampus dan kantor biasanya menggunakan sebuah jaringan yang disebut dengan VLAN. VLAN adalah singkatan dari Virtual Local Area Network yang menghubungkan lebih dari satu LAN dengan LAN lainnya. Nah, untuk bisa mengetahui berbagai informasi tentang jaringan ini, simak penjelasan berikut.

Vlan Adalah ? Mengenal Fungsi Vlan Bertujuan Untuk Apa ?

Pengertian dari VLAN

VLAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Apa itu VLAN? Mungkin banyak diantara kita yang masih awam dengan istilah ini. VLan adalah suatu jaringan yang memungkinkan komputer dengan user untuk berkomunikasi dalam suatu lingkungan geografis. Sehingga solah mereha berada di dalam suatu tempat dengan LAN serta muticast tunggal.

Manfaat dan Kegunaan VLAN

Sesuatu yang dibuat pasti memiliki fungsi tersendiri yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Nah, adapun kegunaan VLAN dari berbagai sudut pandang, diantaranya ialah:

  • Efisiensi biaya

Manfaat atau kegunaan pertama ialah untuk efisiensi. Hal ini dikarenakan jika menggunakan LAN maka akan diperlukan jaringan nirkabel yang cukup banyak sehingga berdampak pada biaya pemasangan yang biayanya cukup tinggi. Akan tetapi dengan menggunakan Virtual LAN maka dapat membuat para pengguna tetap mendapatkan beberapa fasilitas dan fitur LAN tanpa harus repot memasang atau menggunakan kebel.

Kondisi ini akan membuat lebih efisien dan efektif karena perusahaan dapat menghemat anggaran yang digunakan untuk pembelian kabel LAN yang jumlahnya tidak sedikit.

  • Mempermudah administrasi

Dengan menggunakan Virtual LAN maka kita dapat menyederhanakan proses administrasi, dimana pada saat kita membuat server kita tidak perlu berada pada area komputer server secara langsung. Semua komputer dapat terhubung serta menjangkau server pada tempat lainnya, sementara komputer server ini akan memudahkan administrasi kita dalam melakukan pengaturan terhadap suatu jaringan yang lebih aman.

  • Meningkatkan keamanan

VLAN bukanlah sebuah jaringan private yang mana bisa digunakan oleh sembarang pengguna, untuk segi keamanan Virtual LAN ini memiliki keamanan yang sangat tinggi, dimana untuk mengakses nya kita memerlukan izin dari administrator jaringan. Konsepnya hampir sama dengan LAN hanya saja hal yang membedakan ialah jaringannya sudah bersifat nirkabel sehingga bisa diakses dimana saja.

  • Peningkatan kerja

Selain dapat meningkatkan keamanan Virtual LAN ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kerja. Hal ini dikarenakan jaringan ini bisa membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja yang logis. Selain itu, kondisi ini akan berkaitan pada performa yang menjadikan dampaknya pada kinerja yang lebih baik.

  • Tidak perlu mengatur ulang jaringan

Selanjutnya dengan menggunakan jaringan ini kita akan tetap bisa terhubung ke jaringan LAN kapan saja kita inginkan tanpa harus melakukan pengaturan ulang, karena hanya akan membutuhkan banyak waktu sehingga selain memudahkan, hal ini juga akan menghemat waktu.

Fungsi VLAN Adalah

Seperti yang telah dijelaskan bahwa VLAN ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi penggunanya. Adapun beberapa fungsi VLAN bertujuan untuk:

  1. Pengurangan biaya

Fungsi pertama ialah untuk dapat mengurangi biaya. VLAN biasanya berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah saklar, sehingga tidak perlu menggunakan router kecuali jika kita ingin mengirimkan file ke luar area, dalam hal pengelolaan data, saklar memiliki kemampuan lebih sedikit dibandingkan router, sehingga Virtual LAN ini tidak perlu meneruskannya melalui router sehingga dapat mengurangi biaya latensi.

  1. Banyak fleksibilitas

Jaringan ini lebih fleksibel karena bisa dikonfigurasi dan serta ditetapkan berdasarkan sebuah port, protokol atau kriteria subnet sehingga dapat mengubah Virtual LAN menjadi sebuah desain yang diperlukan. Selain itu, jaringan ini juga memungkinkan untuk masuk dengan mentransfer banyak data ke perangkat satu sama lain meskipun berada di tempat yang terpisah.

  1. Jumlah administratif

Fungsi lainnya ialah Virtual LAN memungkinkan adanya administrator jaringan secara otomatis yang membatasi akses ke dalam grup pengguna lain, cara yang digunakan adalah membagi workstation ke dalam segmen LAN yang terisolasi. pada saat memindahkan workstation, administrator tidak perlu melakukan konfigurasi ulang.

Baca Juga : Tips Mudah Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula

Jenis-Jenis dari VLAN Adalah

VLAN sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, untuk bisa membedakannya kita perlu mengetahui pengertian dari masing-masing jenisnya. Adapun berbagai jenis dari jaringan ini ialah:

  1. Data VLAN

Jenis yang pertama ialah data VLAN, yang dimaksud dengan data Virtual LAN ialah jaringan yang memiliki fungsi utama sebagai bagian yang bertugas sebagai pengatur lalu lintas dari data yang muncul atau yang terjadi dalam sebuah jaringan Virtual LAN itu sendiri.

  1. VLAN suara

Selain itu ada VLAN suara yang mana secara umum adalah sebuah jaringan yang dapat memberikan dukungan layanan VolP, dimana dirancang khusus dalam memberikan dukungan terhadap kebutuhan komunikasi dengan menggunakan fitur utamanya yang berbasis suara.

  1. VLAN default

Adalah jenis dari Virtual LAN yang digunakan untuk memberi nama konfigurasi sejak pertama kali saklar dinyalakan. Jenis dari jaringan internet ini masih terbilang standar dengan semua switch yang disediakan dan dipakai, serta masih terhubung dalam suatu fungsi dasar.

  1. Management

Sesuai dengan namanya, management merupakan suatu sistem jaringan komputer yang sudah terhubung atau ter konfigurasi untuk dapat memenuhi kebutuhan saklar management dalam suatu proses.

  1. Virtual local area network Asli

Secara umum jenis VLAN asli merupakan suatu jaringan VLAN yang pengembangannya berbasis pada pengembalian ke port apabila tidak memiliki tag atau juga bisa dilakukan demikian jika tidak ada di dalam bagas

Mekanisme VLAN

Sub-jaringan, atau subnet adalah pembagian secara yang terlihat secara fisik dari IP jaringan. Praktik membagi jaringan menjadi dua atau lebih jaringan disebut Subnetting. Semua komputer yang termasuk dalam sebuah subnet dialamatkan dengan bit-group umum, identik, dan paling signifikan dalam alamat IP Address mereka. Hal ini menyebabkan pembagian logis dari alamat IP ke dua bidang, jaringan atau routing prefix dan sisa field atau pengenal host. Field sisanya adalah pengidentifikasi untuk host tertentu atau antarmuka jaringan.

Ada 3 metode yang digunakan untuk menerapkan VLAN  yaitu  :

  • Port-Based

Vlan dibagi berdasarkan port, metode konfigurasi yang paling banyak digunakan, sering diimplementasikan dimana DHCP digunakan untuk memberikan alamat IP ke host

  • MAC Based

virtual local area network dibagi berdasarkan MAC address, setiap alamat harus dimasukkan kedalam switch dan dikonfigurasi secara individual

  • Protocol Based

Vlan dibagi berdasarkan protocol layer 3 atau IP , dikonfigurasi seperti MAC address tapi menggunakan alamat IP

Beberapa Keuntungan Menggunakan VLAN

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan, diantaranya ialah:

  1. VlAN menjadi salah satu teknologi dengan menggunakan ajringan bisa digunakan untuk mengoptimalkan koneksi antar jaringan di suatu perusahaan. Faktnya semua aktifitas akan berjalan secara optimal dan baik.
  2. Terdiri dari layer 3 yang membagi domain broadcast dengan switch yang sangat bagus.

Cara Kerja dari VLAN

Cara Kerja dari VLAN

Selanjutnya setelah mengetahui informasi tentang VLAN, Anda harus mengetahui tentang cara kerjanya. Adapun beberapa langkah tenang cara kerjanya yang menghubungkan dengan semua komputer.

Dengan cara memisahkan jaringan fisik menjadi beberapa jaringan, sementara semua komunikasi diatur oleh sebuah server. Sebelum switch memastikan data yang keluar dan yang diakses seperti proses LAN, hanya saja untuk Virtual LAN lebih banyak memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Apakah dengan penjelasan diatas bisa lebih mendalami informasi terkait VLAN? Semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembacanya, khususnya bagi yang sedang belajar mengenai beberapa jaringan internet yang keren dan canggih ini. Selamat belajar dan menebarkan manfaat guys!

Yuk Gabung Kelas Jaringan Cisco

Kini kamu bisa merasakan sensasi belajar jaringan hanya di Course-Net. IKuti beberapa metode pelatihan yang bisa anda ikuti. Cukup mengikuti kursus dengan mengisi form dibawah ini;

Ikuti beberapa program pelatihan jaringan yang tersedia di Course-Net. Tim Marketing kami akan segera menghubungi anda pastinya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!