course-net
Search
Close this search box.

VPS Adalah : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan

Minet

March 29, 2023

Cara Kerja dari Virtual Private Server

VPS Adalah : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan – Dalam pembuatan aplikasi dan juga website itu memang diperlukan VPS yang merupakan kepanjangan dari virtual private server. Aplikasi dan juga website itu berjalan melalui provider dan ada 3 jenis provider yakni Dedicated Hosting, Shared Hosting serta Virtual Private Server. Tentunya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu sebelum mempergunakan VPS untuk membuat aplikasi atau website.

VPS Adalah ? Yuk Mari Kita Belajar

Definisi Virtual Private Server

VPS Adalah ? Yuk Mari Kita Belajar

Hal pertama yang harus kalian ketahui dalam memahami virtual private server yakni tentang apa itu VPS dengan baik. Bila kalian sudah mengetahuinya dengan baik, maka kalian akan bisa memanfaatkannya dengan baik untuk membuat aplikasi atau website. Jadi VPS adalah salah satu layanan server yang mempunyai sumber daya dengan dedikasi khusus bagi satu pengguna tertentu.

Sumber daya inilah yang nantinya akan menjadi tempat untuk semua data yang ada di dalam website atau juga di dalam aplikasi. Jadi pembukaan atau berjalannya aplikasi atau website itu adalah dengan mengakses data yang tersimpan untuk aplikasi dan website tersebut. Jadi virtual private server ini memang menjadi tempat tersimpannya data yang dibutuhkan oleh aplikasi dan juga website.

Sesuai dengan namanya yakni virtual berarti virtual private server itu berperan pada enviromental virtual menggunakan teknik virtualisasi di server. Sementara private artinya adalah server itu sendiri memang sudah diisolasikan hanya untuk sumber daya milik pribadi satu orang saja. Jadi VPS server itu adalah suatu sebuah entitas server yang sumber dayanya telah terisolasi dari server fisik.

Ada beberapa poin mengenai VPS atau virtual private server ini yang memang sangat penting, berikut beberapa di antaranya.

  1. Sumber daya tersimpan dengan menggunakan teknologi virtualisasi
  2. Hanya dipakai oleh satu user, karena namanya juga private

Cara Kerja dari Virtual Private Server

Cara Kerja dari Virtual Private Server

Hal kedua yang harus kalian ketahui dari virtual private server itu adalah soal bagaimana cara kerja dari server atau hosting tersebut. Informasi soal cara kerja ini mungkin tidak mudah dipahami oleh orang, karena memang mempergunakan teknologi virtualisasi. Di mana virtualisasi itu sendiri berarti mengisolir sumber daya komputasi pada server tersebut dalam beberapa server virtual.

Jadi virtualisasi ini sendiri dilakukan pada server fisik yang kemudian mengisolasi sumber daya dan membaginya menjadi beberapa server virtual. Jadi pada dasarnya bila kalian menggunakan VPS hosting, maka kalian menggunakan satu server fisik dengan beberapa orang.

Sebagai contoh sebuah komputer dengan 8 core dan juga 8 GB RAM itu akan digunakan untuk beberapa virtual private server. Misalnya server fisik di atas akan dibagi menjadi beberapa pilihan, sebagai contoh kita akan membaginya menjadi 4 VPS. Jadi nantinya setiap virtual private server itu akan berisi 2 core dan 2 GB RAM untuk bisa digunakan oleh satu pengguna saja.

Perbedaan 3 Jenis Hosting untuk Aplikasi dan Website

Hal ketiga yang harus kalian pahami untuk bisa memahami Cloud VPS itu kalian perlu tahu dulu perbedaan dengan 3 jenis hosting yang lainnya. Seperti kita ketahui kalau ada 3 jenis hosting, tapi tentunya ada perbedaan dari setiap jenis hosting yang ada. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih perbedaannya.

Perbedaan yang paling pertama yakni soal aksesnya, di mana shared hosting itu berarti kalian akan berbagi server atau hosting dengan beberapa pengguna. Jenis ini memang biasanya memiliki harga yang lebih murah, namun kalian akan menggunakan satu server berbarengan dengan pengguna lain. Jadi ada kemungkinan terjadinya gangguan dan juga memiliki batasan ketika satu server digunakan secara bersamaan.

Bila kalian merasa shared hosting sudah tidak cukup maka kalian bisa menggunakan Dedicated hosting yang berarti milik kalian sendiri. Jadi satu server hanya digunakan untuk kalian saja, jadi jelas lebih leluasa dan juga lebih fleksibel untuk digunakan.

VPS itu adalah salah satu solusi untuk bisa memiliki hosting Dedicated tapi tidak mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Jadi bisa dibilang virtual private server ini seperti hosting Dedicated tapi secara virtual, namun fisiknya itu sebenarnya tetap satu server saja. Teknologi virtualisasi inilah yang membuat Virtual Private Server ini lebih murah dibandingkan dengan Dedicated hosting.

Kelebihan VPS Adalah

Sebagai tempat untuk tersimpannya data dan juga mengalirnya data dari aplikasi dan website, pilihan virtual private server memang digemari. Tentunya hal ini dikarenakan adanya beberapa kelebihan yang akhirnya membuat banyak orang lebih memilih virtual private server ini. Berikut ini beberapa kelebihannya.

1. Digunakan Oleh Satu Pengguna

Kelebihan yang paling pertama yang sudah pasti dan jelas dimiliki yakni adalah digunakan oleh satu pengguna. Hal ini jelas menjadi kelebihan yang menarik terutama untuk website atau aplikasi, karena kita bisa menggunakannya secara bebas.

2. Lebih Siap Menampung Lonjakan Traffic

Kelebihan yang kedua yakni bisa lebih siap untuk menampung lonjakan traffic yang sangat mungkin terjadi pada website atau aplikasi. Ketika website atau aplikasi digunakan banyak orang, maka sudah bisa dipastikan akan terjadi kenaikan traffic pada server. Virtual private server ini hanya digunakan satu pengguna jadi tentunya akan memiliki bandwidth yang lebih tinggi.

Bandwidth inilah yang akan bisa mengatasi lonjakan traffic yang akan terjadi ketika aplikasi dan website kalian semakin berkembang. Semakin besar bandwidth yang tersedia, maka akan semakin besar juga traffic yang bisa ditampung oleh website dan aplikasi.

3. Lebih Andal dan Aman

VPS memiliki sumber daya komputasi yang terisolasi, sehingga hanya dapat digunakan oleh satu pengguna. Hal ini sudah pasti akan meningkatkan performa dan juga keamanannya karena tidak bercampur dengan pengguna lainnya.

4. Lebih Hemat dan Efisien

Kelebihan yang keempat yakni soal efisiensi, karena bisa memanfaatkan satu server fisik untuk beberapa virtual server. Selain itu bisa dibilang biayanya pun sudah pasti lebih kecil, karena pada dasarnya tetap secara fisik hanya satu server saja.

5. Kustomisasi yang Tinggi

Virtual Private Server itu memiliki kustomisasi yang tinggi, karena memang bisa memberikan akses pada server sampai root. Tapi memang tak sampai hingga server fisik. Kalian pun bisa menginstal aplikasi pihak ketiga pada server dengan jenis tersebut.

Tips Memilih Virtual Private Server / VPS Adalah

Ada banyak sekali VPS Indonesia, tapi kita harus memilih dengan tepat untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips memilihnya.

1. Melihat Rating

Hal pertama yang harus kalian perhatikan yakni soal rating yang dimiliki oleh virtual private server, pastikan pilih yang ratingnya tinggi.

2. Melihat Bandwidth yang Disediakan

Hal kedua yakni soal bandwidth yang disediakan, pastikan bandwidth bisa memenuhi kebutuhan kalian.

3. Melihat Harganya

Hal terakhir yakni soal harganya, kalian harus memilih VPS yang harganya paling masuk akal dan juga terjangkau.

Demikianlah penjelasan yang kami bisa jelasakan kepada anda. Ingin mengenal lebih dalam tentang server ? Anda bisa mengambil kursus full stack yang tersedia di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!