course-net
Search
Close this search box.

WLAN Adalah : Definisi, Komponen, Kelebihan & Manfaatnya

Minet

March 1, 2023

WLAN Adalah : Definisi, Komponen, Kelebihan & Manfaatnya

WLAN Adalah : Definisi, Komponen, Kelebihan & Manfaatnya – WLAN Adalah : Definisi, Komponen, Kelebihan & Manfaatnya – Sering mendengar istilah WLAN ketika kalian ingin menghubungkan gadget kalian dengan internet? Kalau memang seperti itu, apakah kalian sudah tahu apa itu WLAN? Jika belum, maka simak penjelasan kami sampai dengan habis ya semuanya.

WLAN Adalah , Yuk Simak Penjelasan & Kelebihannya

Pengertian WLAN

WLAN Adalah : Definisi, Komponen, Kelebihan & Manfaatnya

WLAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network, atau jaringan lokal dari sebuah komputer, yang media transmisinya menggunakan suatu gelombang radio. Dengan kata lain, apabila ingin menghubungkan ke beberapa perangkat ataupun internet, sudah dapat menggunakan sinyal secara wireless atau nirkabel.

Di masa sekarang ini, sudah ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknologi seperti ini. Alasannya, selain dinilai lebih rapi, juga membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah jika dibandingkan dengan jaringan komputer yang masih menggunakan kabel.

Komponen WLAN Adalah

Setelah mengetahui apa itu WLAN, sekarang kalian harus mengerti juga mengenai berbagai komponen yang terdapat di dalam teknologi ini. Supaya ketika kalian ingin menggunakan teknologi seperti ini, kalian tidak perlu lagi bingung mengenai apa saja yang harus dipersiapkan.

Mengenai biaya, jangan kaget saat kalian mendapati harga dari berbagai komponen ini sangatlah terjangkau. Walaupun murah, kualitas yang ada sangatlah terjamin dan tidak perlu kalian ragukan lagi loh.

Untuk komponennya sendiri, hanya terdiri dari beberapa perangkat dan itu adalah:

  • Perangkat Komputer atau Smartphone

Yang akan kalian gunakan sebagai alat penghubung dengan sinyal wireless atau untuk mengakses internet.

  • Antena

Antena sendiri akan berguna sebagai penyebar sinyal dan juga mempengaruhi radius dari jangkauan perangkat kalian terhadap sinyal tersebut.

  • Access Point

Perangkat satu ini memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog yang ada menjadi sinyal digital. Sinyal digital tersebut nantinya akan disebarkan menggunakan perangkat antena sebelumnya.

  • WLAN Interface

Kalau perangkat WLAN Interface, akan berfungsi untuk menangkap sinyal yang telah dipasangkan pada gadget kalian seperti smartphone.

Berbagai Teknologi Pada WLAN Adalah

Berbagai Teknologi Pada WLAN Adalah

Saat kalian dihadapkan dengan pertanyaan sebutkan macam – macam standar WLAN IEEE, kalian tidak perlu panik. Sebab, hanya ada dua macam operasi dasar pada IEEE. Yang pertama adalah mode Infrastructure, dan yang kedua adalah mode Ad Hoc.

Pada mode Infrastucture, berbagai unit seluler yang sedang berkomunikasi, akan dilakukan di access point yang juga berfungsi sebagai jembatan untuk menuju jaringan lainnya. Sedangkan, di dalam mode Ad Hoc, file data akan ditransmisikan langsung oleh berbagai unit seluler secara peer to peer atau saling terhubung.

Tapi ingat, koneksi jaringan yang menggunakan teknologi ini, bisa saja digunakan oleh orang lain. Karena lebih bebas dan cenderung fleksibel dibandingkan dengan jaringan yang masih menggunakan kabel. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan keamanan pada jaringan yang kalian buat ya.

Kelebihan WLAN

Mengapa semakin banyak orang atau perusahaan yang menggunakan teknologi ini? Karena ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Ingin tahu kelebihan apa saja yang bisa diberikan? Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Mobilitas yang Lebih Tinggi

Tentu saja yang namanya teknologi nirkabel akan memberikan mobilitas tinggi dibandingkan dengan berbagai teknologi yang masih memerlukan kabel. Apalagi di zaman sekarang ini yang mana berbagai kegiatan harus dilakukan di banyak tempat dan membutuhkan mobilitas yang tinggi pula.

Ditambah lagi dengan mudahnya menemukan berbagai perangkat WLAN Wifi yang juga tidak memerlukan biaya mahal untuk memasangnya.

  1. Pemasangan Mudah serta Murah

Seperti yang kami sebutkan dalam kelebihan sebelumnya, bahwa untuk memasang alat ini sudah sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Teknologi ini juga bisa kalian gunakan sebagai alternatif penghubung antara perangkat komputer yang kalian miliki dengan gadget kalian seperti smartphone.

  1. Fleksibel

Dengan teknologi nirkabel, sudah pasti kalian sebagai pengguna tetap bisa menggunakannya sembari berpindah – pindah tempat. Tidak seperti teknologi yang masih menggunakan kabel yang mengharuskan kalian diam saja di satu tempat dan tidak bisa kemana – mana.

Tapi ingat, saat ingin berpindah tempat usahakan jarak kalian berpindah masih dalam cakupan jaringan yang ada ya.

Kekurangan Teknologi WLAN

Kekurangan penggunaan WLAN, ialah:

  1. Keamanan Data Kurang

Karena lebih bebas dan fleksibel, tentu saja kerahasiaan atau keamanan data yang kalian gunakan bisa saja menjadi lebih tidak aman. Walaupun saat ini juga sudah ada banyak sekali teknologi keamanan yang bisa digunakan, namun masih saja ada orang yang tidak bertanggung jawab yang berhasil membobolnya.

Data yang tidak aman tersebut, bisa berupa data pribadi seperti rekaman percakapan sampai dengan isi pesan teks yang kalian dengan orang terdekat kalian.

  1. Sinyal Gangguan

Terkadang, hal yang paling mengesalkan saat menggunakan jaringan nirkabel adalah sinyal yang kurang stabil. Bukan hanya tidak stabil saja, terkadang sinyal tersebut mengalami gangguan hingga kita tidak bisa terhubung dengan jaringan sama sekali.

Itu adalah kekurangan dari teknologi ini yang sering sekali menjadi masalah bagi orang yang menggunakannya. Namun, kekurangan ini juga masih bisa diatasi dengan berbagai cara yang sudah bisa kalian temukan dengan mudah melalui dunia maya.

Atau bagi kalian yang memang ingin mulai mendalami bidang IT, bisa mengikuti berbagai pelatihan dari Course-Net yang sudah tidak perlu kalian ragukan lagi kredibilitasnya.

Manfaat WLAN Dalam Kehidupan

Ada banyak manfaat dari penggunaan teknologi nirkabel dalam kehidupan yang kalian jalani. Apalagi kalau kalian adalah pebisnis yang memerlukan teknologi komputer dalam berbagai hal. Manfaat teknologi ini dalam kehidupan antara lain:

  • WlAN singkatan dari Wireless Local Area Network, dengan kata lain, kalian tidak memerlukan kabel untuk penggunaan teknologi ini, yang mana akan memudahkan kalian untuk menambah atau memindahkan Workstation yang kalian miliki.
  • WLAN juga akan membuat kalian bisa mengakses jaringan dari mana saja selama masih dalam jangkauan jaringan yang tersedia.
  • Dengan adanya teknologi nirkabel, berbagai daerah yang awalnya sul IT untuk mendapatkan konektivitas dikarenakan sulitnya meletakkan kabel, akhirnya bisa sudah tercakupi.
  • Karena pemasangan dan harga yang mudah, teknologi ini juga bisa dirasakan dan digunakan oleh semua kalangan.
  • Mobilitas tinggi akibat memakai WLAN juga akan membuat produktivitas yang lebih tinggi.
  • Berbagai macam topologi jaringan yang kalian butuhkan, juga sudah bisa digunakan menggunakan teknologi ini.

Berbagai manfaat dari penggunaan teknologi ini, sebenarnya masih ada lagi. Namun, pastinya akan membutuhkan waktu yang lama dalam penjelasannya. Kalian juga pasti sudah merasakan berbagai manfaat teknologi ini dalam kehidupan kalian bukan?

Bagaimana? Sudah mulai paham dengan teknologi nirkabel satu ini? Jika masih ada yang membuat kalian bingung, coba untuk membacanya sekali lagi dengan pelan – pelan saja. Tidak perlu terburu – buru untuk memahami suatu informasi yang diberikan.

Sekian dulu penjelasan mengenai teknologi WLAN. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat.

Mau belajar lebih lanjut mengenai Polymorphism dan istilah IT lain? Yuk join di Course-Net, kursus IT yang bertaraf internasional dengan tutor kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print