course-net
Search
Close this search box.

Home >

Yoast SEO Adalah : Setting dengan Workout dan Manual

Friday, 28 April 2023 2:27 PM

Yoast SEO Adalah : Setting dengan Workout dan Manual

Yoast SEO Adalah : Setting dengan Workout dan Manual – Salah satu cara penting agar website bisa muncul di halaman pencarian Google adalah dengan mengoptimalkan upaya SEO. Nah salah satu upaya ini adalah menggunakan plugin Yoast.

Jika Anda masih asing dengan plugin SEO yang satu ini, simak dulu penjelasannya. Kemudian akan ada cara yang bisa Anda lakukan untuk setting plugin tersebut.

Yoast SEO Adalah Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO Adalah : Setting dengan Workout dan Manual

Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang digadang-gadang menjadi plugin terbaik. Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 2008, Yoast tampaknya menjadi idola banyak orang untuk menggunakannya sebagai upaya mengoptimalkan SEO website.

Jika website sudah menggunakan plugin ini, biasanya meraih peringkat lebih tinggi di halaman pencarian Google.

Ini dikarenakan ia bisa membantu Anda membuat konten yang ramah SEO karena menggunakan kata kunci yang tepat.

Bukan hanya itu saja, Anda bisa mengetahui hasil analisis belajar SEO berdasarkan parameter yang beragam. Contoh saja, meta title dan description yang muncul di halaman pencarian sudah sesuai dengan aturan dari Google.

Fitur-fitur Yoast

Fitur-fitur Yoast

Sebelum membahas soal fitur, perlu diketahui bahwa penggunaannya bisa dengan gratis ataupun SEO Yoast premium. Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan secara gratis, tenang saja, fitur dasarnya sudah cukup bermanfaat.

Fitur utama yang bisa digunakan secara gratis antara lain:

  • Keyword fokus
  • Konfigurasi meta robot
  • Konfigurasi RSS
  • Pengaturan Breadcrumbs
  • Pengaturan Permalink
  • Impor pengaturan alat SEO yang lain
  • Bantuan untuk verifikasi Google Search Console, Bing Webmaster Tool, dan Yahoo Site Explorer

Fitur lainnya yang menjadi unggulan adalah Readability Analysis, yaitu fitur yang membantu Anda untuk membuat konten agar bisa human friendly atau nyaman dibaca.

Cara Setting Yoast

Setelah mengetahui fitur-fitur yang ada, berikutnya Anda perlu mengetahui cara setting Yoast SEO adalah. Caranya sendiri cukup mudah, dan langkah-langkah berikut merupakan langkah terbaru untuk melakukan setting.

Langsung saja simak langkahnya berikut ini:

Instal dan aktifkan

Anda perlu menginstall dan mengaktifkan plugin Yoast terlebih dahulu di bagian dashboard admin WordPress.

Caranya yaitu dengan:

  • Masuk ke halaman admin WordPress
  • Klik menu Plugin dan pilih Add New
  • Ketik Yoast di kolom pencarian
  • Jika sudah muncul, klik Install Now.
  • Tunggu proses instalasi selesai
  • Klik Activate
  • Akan muncul menu SEO di sidebar menu WordPress
  • Anda akan diarahkan ke General Setting
  • Di General Setting ini Anda akan melakukan setting SEO Yoast

Setting dengan Workout

Cara ini mudah dilakukan untuk pemula dengan adanya fitur Configuration Workout. Fitur ini bisa ditemukan di halaman General Setting setelah melakukan install dan aktivasi.

Caranya yaitu:

  • Klik link Configuration Workout
  • Lalu akan muncul halaman SEO Workout
  • Klik Start Workout

Setelahnya, Anda akan melihat beberapa langkah konfigurasi dalam satu halaman tersebut. Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Optimize SEO data

Ini merupakan langkah awal untuk mengoptimasi SEO WordPress pada website. Yoast akan membagi tips SEO agar technical SEO bisa meningkat performanya.

Lama proses ini berlangsung tergantung pada jumlah data yang dioptimasi. Meskipun begitu, Anda tetap bisa beralih pada proses berikutnya sambil menunggu proses optimasi selesai.

  1. Site Representation

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih salah satunya untuk website Anda, Organization atau Person.

Sesuai namanya, tipe Organization digunakan untuk website lembaga atau bisnis. Sedangkan Person adalah opsi untuk website pribadi atau blog perorangan.

Anda perlu mengisi data-data seperti nama organisasi atau pemilik website, foto atau logo website, dan tagline website. Jika sudah lengkap, klik Save and Continue.

  1. Social Profile

Selanjutnya, Anda bisa menginput link media sosial agar mudah terhubung dengan website atau saat Anda membagikan konten. Klik Save and Continue untuk menyimpan dan menuju langkah berikutnya.

  1. Help Us Improve Yoast SEO

Yoast SEO akan meminta izin kepada Anda terlebih dahulu agar bisa menggunakan data di dalam website Anda.

Ada dua opsi, yaitu ‘Yes, you can track my site data’ jika Anda mengizinkan, dan ‘No, I don’t want to allow you to track my site data’ jika Anda menolak.

  1. Sign Up for Our Newsletter

Terakhir, Anda perlu input alamat email untuk digunakan sebagai akun berlangganan Newsletter. Boleh skip saja jika Anda berpikir bahwa itu tidak perlu.

Jika semua langkah telah selesai dan berhasil optimasi SEO, Anda bisa klik tombol Finish This Workout.

Setting dengan Manual

Jika sebelumnya adalah melalui Workout, kali ini ada langkah yang bisa Anda lakukan secara manual. Melalui cara manual, ada beberapa hal yang bisa Anda atur secara rinci. Misalnya pengaturan umum, tools, tampilan, hingga sosial media.

Nah, untuk caranya adalah:

  1. Transfer Data SEO

Langkah ini dilakukan oleh pengguna yang pernah menggunakan plugin SEO. Jika Anda sebagai pengguna pertama kali, lewati saja langkah ini.

Jadi, langkah ini memang penting dilakukan jika sebelumnya pernah menggunakan plugin SEO. Anda perlu mentransfer data dari plugin sebelumnya, sehingga metadata sebelumnya bisa digunakan dan tidak perlu melakukan semuanya dari awal.

Transfer data SEO ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Masuk ke Menu Tools
  • Pilih Import dan Export
  • Klik Import from other SEO plugin.

Perlu diingat, untuk bisa menggunakan plugin SEO terbaru, Anda harus menonaktifkan plugin SEO yang lama terlebih dahulu agar plugin Yoast bisa bekerja dengan optimal.

  1. Setting di Menu General

Ada empat tab yang ada di menu General, antara lain:

  • Tab Dashboard

Halaman ini akan menampilkan link agar bisa melakukan konfigurasi SEO workout, masalah yang berkaitan dengan SEO, dan notifikasi tentang saran untuk meningkatkan SEO.

  • Tab Features

Di sini akan ada 10 fitur yang tersedia dan bisa Anda aktifkan dan nonaktifkan dengan mudah.

Fitur tersebut adalah SEO analysis, Readability analysis, Cornerstone content, Text link counter, XML sitemaps, Admin bar menu, Security: no advanced settings for authors, Usage tacking, REST API, dan Enhanced Slack sharing.

Jika Anda sudah selesai dengan pilihan fitur yang ingin diaktifkan atau nonaktifkan, klik tombol Save Changes.

  • Tab Integration

Ada pihak ketiga yang ditawarkan pada tab ini untuk mengoptimasi SEO, yaitu SEMRush dan Ryte.

SEMRush akan dimanfaat sebagai tool keyword research agar dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk konten Anda. Sedangkan Ryte berguna untuk menganalisis situs untuk pengindeksan di mesin pencari.

SEMRush dan Ryte berguna untuk meningkatkan SEO secara optimal, jadi lebih baik untuk mengaktifkan dua-duanya. Terakhir, klik Save and changes.

  • Tab Webmaster Tools

Untuk mencari tab ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya di mesin pencari. Lakukan verifikasi website Anda dengan input kode dari tools search engine webmaster, misalnya: Bing, Bing, Google, atau Yandex.

Nah itu dia cara melakukan setting Yoast melalui Workout dan manual. Cukup mudah bukan? Untuk mengetahui cara setting lainnya, Anda bisa ikut pelatihan IT khususnya di bidang kursus seo bersama Course-Net, sekaligus untuk upgrade skill Anda.

Artikel Terkait

Channel Digital Marketing untuk Bisnis Anda
Digital Marketing
Minet Course-Net

Channel Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Channel Digital Marketing Untuk Bisnis Anda – Digital marketing merupakan salah satu strategi marketing yang mana menggunakan teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital khususnya internet.

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?