course-net
Search
Close this search box.

Home >

10 Cara Melindungi Data Pribadi Anda dari Serangan Hacker

Wednesday, 15 May 2024 9:46 PM

cara melindungi data pribadi dari serangan hacker

Era globalisasi seperti saat ini berbagai macam aktivitas dilaksanakan secara digital, tentunya penyimpanan data menjadi target dari berbagai kejahatan virtual. Tentunya diperlukan cara efektif melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker.

Salah satu dari tindakan kejahatan paling mencolok yakni pencurian identitas yang mana ini menjadi pintu masuk untuk hacker serta peretas guna melancarkan tindakan berikutnya. Ini memiliki dampak merugikan untuk pengguna teknologi yang memang mengandalkannya untuk banyak kebutuhan seperti pengelolaan keuangan.

Maka, penting selalu waspada serta memahami jenis informasi yang dapat menjadi target utama bagi hacker di dalam menjalankan tindakan kejahatannya.

Mau Tau, Data Pribadi Apa Yang Sering Di Curi Hacker ?

Terdapat informasi yang memang diminati hacker, jadi diperlukan perlindungan ekstra. Lebih jelasnya berikut informasi tersebut.

Identitas Pribadi
Source : RTPintar

1. Identitas Pribadi

Identitas pribadi termasuk informasi dasar semacam alamat, nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK. Hacker akan memanfaatkan informasi tadi guna membuat identitas palsu maupun menjalankan tindakan penipuan.

Informasi Keuangan
Source : American Express

2. Informasi Keuangan

Informasi keuangan termasuk di dalamnya nomor rekening bank, nomor kartu kredit, serta detail transaksi keuangan. Data yang diperoleh tadi akan dipergunakan untuk penipuan keuangan, pencurian identitas, ataupun mengakses dana dengan ilegal.

3. Informasi Kesehatan

Informasi ini termasuk resep obat, riwayat kesehatan, ataupun catatan medis. Pencairan ini bisa mengarah ke penipuan asuransi ataupun pemerasan individu terhadap data pribadinya.

4. Informasi Pendidikan

Informasi pendidikan termasuk gelar, pendidikan, dan institusi pendidikannya. Hacker bisa mempergunakan informasi tersebut guna mengarahkan phishing secara lebih terperinci ataupun keperluan penipuan lainnya.

Baca Juga : 5 Ancaman Hacker di Sektor Pendidikan: Jenis dan Antisipasinya

5. Kartu Pembayaran

Kartu pembayaran termasuk kartu kredit, debit, ataupun metode pembayaran lain. Hacker bisa mengincar informasi tersebut guna melakukan pencurian data, transaksi ilegal, ataupun menjualnya.

6. Data Masuk Log Akun

Informasi ini termasuk nama pengguna, kata sandi, dan alamat email termasuk target utama hacker. Data yang diperoleh tadi akan dipergunakan untuk mengakses dan meretas akun target tersebut.

7. Identitas Orang Sekitar

Informasi mengenai orang terdekat, seperti teman atau keluarga bisa menjadi sasaran dan bisa dipergunakan menyusun serangan phising lebih personal ataupun pemerasan dan melibatkan orang terdekat. Maka sangat penting untuk mengetahui cara melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker.

8. Informasi Pekerjaan

Informasi pekerjaan seperti tempat bekerja bahkan posisi pekerjaan bisa menjadi informasi berharga untuk hacker. Informasi tadi bisa dipergunakan untuk serangan phising berkaitan dengan pekerjaan ataupun tujuan lainnya yang bisa merugikan entah secara profesional maupun finansial.

9. Data Lokasi

Informasi terkait lokasi fisik seseorang, bisa diperoleh lewat data GPS ataupun teknologi lain yang menjadi incaran para hacker. Tentunya ini dapat membahayakan privasi serta keamanan pribadi terlebih jika lokasinya dapat diakses tanpa memerlukan izin.

10. Detail Keluarga

Informasi berkaitan tentang anggota keluarga dan target lainnya bisa menjadi target dikarenakan bisa dipakai untuk berbagai macam serangan, salah satunya upaya pemalsuan identitas maupun serangan phising dengan lebih terperinci dan ini bisa dicegah dengan mengetahui dan menerapkan cara efektif melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker.

10 Cara Melindungi Data Pribadi dari Serangan Hacker

Ada banyak cara yang dapat dilakukan guna mengamankan data pribadi seperti menghindari situs web abal-abal, mengaktifkan fitur keamanan, dan lainnya.

Selalu Mengupdate Software Versi Terbaru

1. Selalu Mengupdate Software Versi Terbaru

Ini dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi guna menghadapi serangan ransomware. Langkah awalnya Anda dapat menyalakan notifikasi untuk pemberitahuan jika ada pemberitahuan bahwa software perlu untuk di update.

Firewall

2. Memakai Antivirus dan Firewall

Memakai antivirus termasuk ke solusi paling mudah di dalam memerangi malware. Bukan hanya itu, pemakaian firewall bisa membantu dalam mempertahankan data dari serangan malware.

Password Manager
Source : Apple Developer

3. Menggunakan Password Manager

Kriteria kata sandi yang kuat yakni mempunyai satu huruf kecil, huruf besar, angka, dan juga simbol. Penggunaan password manager bisa dipergunakan guna memudahkan dalam pengelolaan password.

Two-factor Authentication
Source : Govtech

4. Menggunakan Two-factor Authentication

Bukan hanya lebih aman, namun pemakaian two-factor authentication, membuat proses login lebih mudah. Anda hanya diminta memasukkan kode identifikasi semacam sidik jari. Sedangkan multi-factor authentication, hanya perlu memasukkan lebih dua metode autentikasi tambahan saja setelah sebelumnya menginput username serta password.

Email Scam
Source : Webroot

5. Berhati-hati dengan panggilan telepon dan email mencurigakan

Anda perlu waspada karena dibalik panggilan telepon dan email mencurigakan bisa saja terdapat serangan phising yang tengah menunggu. Maka Anda perlu mempraktikkan salah satu dari 10 cara efektif melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker ini.

6. Melindungi Informasi Pribadi Secara Baik

Informasi identifikasi pribadi merupakan segala macam bentuk informasi yang bisa dipakai penjahat siber guna mengidentifikasikan ataupun menemukan seseorang. Informasi tadi berupa alamat, nama, nomor telepon, detail lokasi, dan lainnya.

7. Menggunakan Perangkat Seluler Secara Aman

Pergunakanlah password yang sulit, pastikan juga menginstal aplikasi melalui sumber terpercaya dan selalu perbarui perangkat Anda. Hindari mengirimkan informasi terkait identifikasi pribadi lewat pesan teks maupun e-mail.

8. Backup Data Secara Teratur

Aktivitas ini sering diabaikan padahal sangat penting yakni backup data. Aktivitas ini nyatanya bisa membantu untuk mengamankan data pribadi.

9. Memakai WiFi Publik dengan Bijak

WiFi publik sudah sangat mudah ditemukan di mana pun. Namun sebagai pengguna Anda perlu bijak dalam menggunakannya. Usahakan untuk menghindari penggunaan WiFi publik untuk melakukan berbagai macam transaksi.

10. Lindungi Akun Online Anda

Terus lindungi dan pantau akun online yang dimiliki. Sehingga ketika ada aktivitas yang mencurigakan bisa langsung dilakukan tindakan pencegahan. Salah satu contohnya jika ada aktivitas mencurigakan pada aktivitas keuangan.

Kesimpulan

Jadi di era seperti sekarang yang mana teknologi semakin berkembang pesat serta informasi pribadi kian terbuka tentunya menjaga informasi pribadi tetap aman bukan hanya sebuah keharusan akan tetapi investasi di dalam perlindungan diri.

Informasi pribadi yang terjaga secara baik merupakan kunci guna melindungi privasi, terhindar dari risiko pencurian identitas, serta memastikan keamanan keuangan.

Kesadaran serta langkah-langkah preventif bukan hanya merupakan tanggung jawab individu, namun juga fondasi untuk masyarakat agar aman serta terpercaya secara digital. Namun tetap saja kesadaran akan pentingnya informasi pribadi harus ditanamkan mulai dari diri sendiri.

Pentingnya informasi pribadi juga disadari oleh perusahaan sehingga hal tersebut menjadi prioritas. Namun untuk skala individu Anda bisa mempraktikkan tips di atas. Bahkan salah satu dari 10 cara efektif melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker sangatlah mudah untuk diterapkan.

Tertarik Bekarir Dengan Dunia Hacking ? Bisa Gaji 2 Digit Loh


Bagi Anda yang tertarik terjun ke dunia cyber security dan mempelajarinya secara lebih mendalam maka tidak ada salahnya mengikuti kelas cyber security di CourseNet dan dapatkan kesempatan untuk bisa berdiskusi secara langsung bersama para praktisi hingga gratis Re-Coaching.

Kamu akan di bimbing oleh Coach praktisi aktif yang akan membantu anda untuk memhami dunia hacker, Dimana kamu bisa mendapatkan sertifikat hacker dari Course-Net yang sudah diakui lebih dari 469 Corporate Client.

Baca Juga : CEH (Certified Ethical Hacking), Sertifikat Hacker yang Wajib Dimiliki

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Cyber Security

Tertarik mau kursus hacker yang bersertifikasi ? Saatnya kamu ambil keputusan untuk berkarir di bidang cyber security. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus hacker yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS HACKER

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar dunia hacker. Demikianlah artikel hari ini , tertarik dengan dunia hacker ? Yuk ambil keputusan untuk belajar hacker di Course-net.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Hacking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?