Apa Itu Malware ? Pengertian dan Solusi Mengatasinya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Apa Itu Malware ? Pengertian dan Solusi Mengatasinya – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Anda mengenai apa itu malware, khususnya yang berhubungan dengan perangkat komputer dan juga gadget. Malware merupakan suatu hal yang harus diwaspadai oleh Anda yang mempunyai aktivitas sehari–harinya tidak lepas dari perangkat komputer atau gadget yang terkoneksi dengan jaringan komputer.

Pada era yang sekarang ini muncul banyak pekerjaan yang memiliki ketergantungan dengan perangkat komputer yang selalu membutuhkan jaringan internet untuk berkomunikasi dan menyelesaikan tugas pekerjaannya.

Sebagian besar orang yang telah menggunakan perangkat komputer terkadang tidak mengetahui apa itu malware? Serta mengapa malware dianggap sesuatu yang diwaspadai ketika menggunakan komputer yang terhubung dengan internet.

Apa Itu Malware? Yuk Simak Cara Mengatasinya

Malware adalah merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang telah dibuat dengan tujuan untuk sistem dalam komputer yang terkadang merusak sistem software pada perangkat komputer, jaringan atau server yang tidak diketahui oleh pemilik perangkat komputer atau gadget. Istilah sebutan dari kata malware diambil dari kata malicious yang memiliki arti “berniat jahat” dan software adalah perangkat lunak.

Untuk membuat sebuah perangkat lunak seperti malware ini tentu bukan orang sembarangan yang membuatnya. Biasanya mereka adalah orang yang paham mengenai cara membuat perangkat lunak dan sistem keamanannya. Namun saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membuat sebuah malware.

Malware ini biasanya disebar melalui internet oleh orang yang membuatnya, karena apabila melakukan penyebaran malware secara manual tentu saja akan terasa sangat sulit. Sehingga kebanyakan peretas atau pembuat perangkat lunak ini menggunakan media internet untuk menyebarkannya.

Malware dapat menginfeksi komputer dengan masuk melalui pesan email atau juga bisa melalui hasil dari file yang telah di download serta program lainnya yang sudah terinfeksi malware. Kebanyakan kejahatan yang sering terjadi adalah pencurian informasi pribadi atau pembentukan sebuah backdoor (pintu belakang) dimana seseorang bisa mendapatkan akses masuk tanpa diketahui oleh pemilik nya.

Malware juga memiliki nama atau istilah lain seperti badware dan ada sebutan lain dari sebagian orang yakni contamination computer (kontaminasi sistem komputer). Sehingga jika ada istilah tersebut, Anda bisa memastikan bahwa itu adalah sebuah malware, namun hanya beda saja dalam penyebutan nya.

Jenis Malware Yang Wajib Kamu Tahu

Saat ini ada berbagai software yang berbahaya dan mudah sekali saat ditemukan nya. Dengan banyaknya jenis kategori ancaman yang baru muncul pada perangkat komputer atau gadget Anda, maka harus waspada terhadap segala jenis malware yang mungkin bisa hadir pada perangkat Anda.

Saat ini telah ditemukan beberapa jenis malware oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Jenis malware yang paling umum tersebar sekarang adalah jenis trojans dan juga worms, sedangkan jenis virus telah mengalami penurunan dalam jumlah nya. Sedangkan, target sekarang ini bukan hanya perangkat komputer yang menjadi sasaran utama, malahan mereka beralih target menuju smart phone maupun tablets.

Baca Juga : Malware RedDrop, Spyware, dan Trojan dalam Android App

Dengan adanya beberapa jenis malware tersebut, Anda harus bisa mengetahui jenis – jenis malware dan juga informasi detail dari jenis malware tersebut.

Dengan mengetahui detail informasinya, maka Anda bisa mengetahui kelemahan dan cara menghindarinya. Adapun jenis dari malware yang bisa Anda jumpai dalam perangkat Anda adalah sebagai berikut ini, diantaranya:

  1. Virus

Virus

Apa itu malware virus ? Virus pada sebuah malware berbentuk software telah ada sejak lama, virus telah memiliki karakteristik utama yang dimiliki oleh sebuah virus software adalah dapat mendorong untuk mereproduksi program yang ada di dalamnya.

Jenis virus malware ini akan menyebarkan salinan file atau program sendiri dan menyebarkannya dengan cara apapun. Ciri lainnya adalah secara umum virus ini akan selalu tersembunyi dalam suatu sistem sehingga sulit untuk mendeteksi keberadaannya tanpa aplikasi.

Pada dasarnya virus datang tanpa diundang dan bersembunyi tanpa mengeluarkan jejak yang tidak diketahui dan sulit untuk dilacak. Virus akan tersembunyi di dalam file atau program di dalam sistem komputer dan program dalam komputer akan berjalan dan virus akan mengambil data yang berjalan pada setiap program.

Virus software pada dasarnya adalah sebuah sistem yang tidak bisa bekerja sendiri, mereka selalu menginginkan sebuah sentuhan tangan manusia untuk mengoperasikan nya. oleh karena itu jenis malware virus merupakan jenis malware yang memiliki kategori yang sederhana, karena ada beberapa jenis malware yang lain yang dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari tangan manusia.

  1. Worms

Worms merupakan jenis malware yang dapat menular, apa itu malware worms ? worms adalah sebuah software yang mandiri bisa bereplikasi tanpa adanya target namun bisa menginfeksi file tertentu yang sudah ada pada komputer. ini sebuah program kecil yang telah bisa bergerak dengan sendirinya untuk menghancurkan data yang ada di dalamnya.

Hal yang membedakan worms dengan virus adalah, cara kerjanya. Namun jika sudah masuk ke dalam file atau program, worms bisa menggerogoti drive sampai menjadi kosong.

  1. Trojan

Apa itu malware trojan? Trojan merupakan sebuah program jahat yang menyaman menjadi program yang berguna pada sebuah komputer. Trojan biasanya disebar oleh pembuatnya menjadi program software yang bisa digunakan oleh pemilik komputer untuk aktivitas keseharian nya. Ini juga telah memberi penjahat cyber akses ke pembuatnya seperti IP address, password dan juga detail akun bank.

Dari beberapa contoh malware trojan adalah magic lantern, fin fisher, warrior pride, netbus, beast. Selain jenis trojan tersebut pada tahun 2015 telah ditemukan jenis trojan baru yang menargetkan gadget yakni bernama shedun.

  1. Rootkit

Rootkit adalah sebuah software yang telah dirancang secara khusus untuk mengizinkan malware agar dapat mengumpulkan informasi yang terdapat pada perangkat komputer. Jenis malware ini bekerja tidak seperti malware yang telah disebutkan diatas, namun malware ini bisa bekerja dibalik layar. Oleh karena itu, pengguna komputer biasanya tidak akan mencurigainya.

Software ini bisa bekerja seperti backdoor, sehingga mereka bisa masuk dan juga mengganggu komputer atau perangkat gadget Anda. Rootkit saat ini banyak digunakan oleh hackers untuk menginfeksi target komputer sasarannya. Rootkit ini bisa terinstal secara otomatis atau bisa diinstal langsung oleh penyerang nya.

Cara mendeteksi keberadaan rootkit tidaklah mudah, karena jenis malware ini bisa menumbangkan software yang menempatkannya. Menghapus malware rootkit ini juga sama susahnya, dan dalam beberapa kasus sudah terbukti malware ini seperti malware yang paling bandel. Menginstal ulang OS adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menyingkirkan rootkit yang sudah advance.

  1. Ransomware

Ransomware

Apa itu malware ransomware? Ransomware merupakan salah satu malware yang paling menghancurkan. ini pada dasarnya menginfeksi sistem dari dalam dan mengunci sebuah perangkat komputer seperti perangkat yang tidak berguna. Ransomware yang paling sederhana adalah mengunci sistem yang mungkin sulit lagi untuk dibalik seperti keadaan semula.

Setelah ancaman tersebut dilayangkan, korban disuruh membayar sejumlah uang sebagai bahan tebusan data yang telah dikuncinya.

Cara Menghilangkan Malware Android

Malware merupakan musuh terbesar bagi pengguna android yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah cara mengatasinya :

  1. Gunakan Acronis Cyber Protection

Cara yang pertama dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan penggunaan Acronis Cyber Protect. Acronis Cyber Protect ini adalah solusi yang tepat untuk keamanan komputer yang dapat mengintegrasikan dengan akun pencadangan, pemulihan anti malware, keamanan cyber dan alat akhir seperti penilaian kerentanan, filter URL dan juga manajemen patch dalam sebuah layanan.

  1. Hapus Program dan Data Sementara

Langkah selanjutnya adalah untuk mengecek program yang telah dijalankan oleh android serta data – data yang ada di dalamnya. Apabila terdapat data yang asing, mencurigakan, dan sifatnya hanya sementara, maka Anda harus menghapuskan data tersebut. Langkah tersebut merupakan langkah untuk menghindari program yang dapat terinfeksi karena malware pada android Anda.

  1. Perbarui Sistem Android

Kondisi sistem android yang baik tentu dapat mengatasi serangan malware yang bisa saja hadir ke dalam perangkat Anda. Dalam menggunakan perangkat android, perlu dilakukan pembaharuan sistem secara berkala.

  1. Cadangkan Data

Sebelum melakukan semua langkah – langkah diatas, Anda perlu memastikan bahwa telah mencadangkan data nya. langkah ini mampu menyelamatkan data pada file atau program yang telah diperbaharui atau dihapuskan. Dengan mencadangkan data, Anda tidak perlu khawatir akan hilangnya seluruh data pada perangkat Anda.

Setelah mengetahui apa itu malware dan cara mengatasinya pada perangkat komputer dan juga android. Untuk selanjutnya Anda harus lebih bijak lagi dalam menggunakan perangkat komputer atau HP Anda dalam melakukan kunjungan situs menggunakan internet. Karena pada dasarnya sebuah malware akan datang tanpa diundang sehingga butuh tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !