course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Jenis Cloud Computing Beserta Contoh Dan Perannya Dalam Dunia Digital

Friday, 17 May 2024 5:31 PM

5 Jenis Cloud Computing Beserta Contoh Dan Perannya Dalam Dunia Digital

Topik-topik mengenai teknologi komputer dan digital menjadi sebuah hal yang sangat menarik untuk dipahami dan dipelajari secara mendalam. Di era globalisasi yang berkembang dengan sangat cepat dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang ini, menguasai bidang teknologi komputer dan digital seperti jenis & contoh Cloud Computing menjadi salah satu hal yang penting dan juga wajib untuk Anda lakukan.

Bagi Anda dan segelintir orang yang awam dengan teknologi komputer dan digital, tentu Anda merasa asing dengan istilah Cloud Computing atau komputasi awan. Untuk membantu Anda memahami dan mempelajari salah satu hal dalam bidang teknologi komputer dan digital tersebut, tak ada salahnya jika Anda menyimak dan mencermati pembahasan dalam artikel berikut ini.

Definisi dari Cloud Computing atau Komputasi Awan

Sebelum beranjak ke jenis & contoh Cloud Computing, ada baiknya Anda mengenal lebih dahulu definisi dari Cloud Computing atau komputasi awan. Secara harfiah, Cloud Computing merupakan sebuah platform yang memungkinkan Anda mengelola data maupun aplikasi dengan menggunakan bantuan jaringan dan konektivitas internet.

Dengan adanya sistem pengelolaan dan pengolahan data komputasi dengan basis koneksi internet seperti Computing Cloud, sebuah perusahaan yang umumnya memiliki data yang cukup besar dapat mengatur dan mengelola data yang cukup besar dengan sangat mudah. Tak hanya itu, saja, dengan sistem pengolah data komputasi yang canggih tersebut, setiap perangkat yang digunakan dalam perusahaan tersebut dapat terhubung satu dengan lainnya menggunakan komputasi awan.

Secara tidak langsung, koneksi yang terhubung antar perangkat yang digunakan dalam sebuah perusahaan memungkinkan para pekerja atau karyawan perusahaan tersebut memiliki produktivitas yang cenderung meningkat. Hal ini imbas dari penerapan dan pemanfaatan Cloud Computing atau komputasi awan dalam perusahaan tersebut.

Tertarik Belajar Cloud Computing, Coba Ikut Bootcamp Cloud Engineer Di Course-Net

Beberapa Jenis dan Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan

Hingga detik ini, ada berbagai macam, jenis dan contoh dari Cloud Computing atau komputasi awan yang cukup terkenal dan populer serta umum digunakan oleh kebanyakan individu. Di antara banyaknya jenis dan contoh Cloud Computing atau komputasi awan tersebut, beberapa yang paling sering digunakan di antaranya adalah sebagai berikut.

Google Drive
Source : Appstore

1. Google Drive

Salah satu jenis dan contoh dari Cloud Computing atau komputasi awan yang mungkin tidak asing di telinga Anda yaitu Google Drive. Cloud Computing besutan perusahaan ternama Google ini diketahui merupakan sistem pengolahan data komputasi yang mudah digunakan dengan kapasitas cukup besar dan tanpa dipungut biaya. Melalui komputasi awan ini, berbagai macam file atau data bisa Anda simpan dan kelola mulai dari dokumen, musik, gambar, video dan lain sebagainya.

Dropbox
Source : VOI

2. Dropbox

Jenis & contoh Cloud Computing berikutnya yang juga tidak kalah populer dan sering digunakan oleh banyak orang adalah Dropbox. Selain menyediakan ruang penyimpanan gratis mulai dari 10 GB hingga mencapai kapasitas 1 TB, komputasi awan yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai file atau berkas yang Anda anggap penting. Komputasi awan yang satu ini juga mendukung fitur sinkronisasi, sehingga memungkinkan perangkat Anda terhubung secara otomatis dengan Dropbox.

Microsoft 365
Source : Microsoft

3. Microsoft 365

Apakah Anda tahu jika salah satu aplikasi milik perusahaan Microsoft, yaitu Microsoft 365 merupakan salah satu jenis dan contoh dari Cloud Computing? Secara garis besar, aplikasi tersebut termasuk dalam konsep Cloud Computing atau komputasi awan yang menyediakan berbagai jenis layanan digital, salah satu contohnya adalah OneDrive. Jika Anda ingin menikmati setiap fitur yang disediakan, Anda harus berlangganan Microsoft 365 secara bulanan.

Amazon
Source : Amazon

4. Amazon Web Service atau AWS

Amazon Web Service atau dikenal dengan singkatan AWS merupakan jenis & contoh Cloud Computing atau komputasi awan yang berikutnya. Sesuai namanya, sistem pengolahan data komputasi berbasis internet yang satu ini merupakan sebuah produk yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan besar bernama Amazon. Jenis Cloud Computing atau komputasi awan yang satu ini kerap kali dijumpai dan digunakan oleh instansi swasta maupun pemerintahan, lembaga-lembaga maupun perusahaan-perusahaan besar dan ternama.

skydrive
Source : The Verge

5. SkyDrive

Jenis & contoh Cloud Computing yang terakhir, terdapat layanan komputasi awan yang menawarkan ruang penyimpanan dengan menggunakan basis awan atau internet yang memiliki nama SkyDrive. Sejatinya layanan yang satu ini memiliki tipe yang serupa dengan Google Drive. Dalam layanan ini, Anda akan diberi ruang penyimpanan yang gratis sebesar 7 GB, namun jika Anda ingin menambah kapasitas tersebut, Anda bisa berlangganan atau membayar secara langsung.

Alasan Pentingnya Menggunakan Cloud Computing dalam Dunia Digital

Dewasa ini, penerapan dan penggunaan Cloud Computing atau sistem pengolahan data komputasi dengan basis awan atau internet dinilai sebagai salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan dalam dunia digital. Pentingnya penggunaan Cloud Computing berdasarkan beberapa alasan yang mendukung akan hal tersebut yang tertuang dalam pembahasan berikut ini.

1. Jaminan keamanan data yang tersimpan dalam ruang penyimpanan

Salah satu alasan mengapa penggunaan Cloud Computing dalam dunia digital sangat penting dikarenakan adanya jaminan keamanan yang tinggi terhadap file dan data yang tersimpan di dalam ruang penyimpanannya. Hal ini juga yang mendasari banyak perusahaan yang memilih untuk menyimpan segala macam file atau berkas perusahaan ke ruang penyimpanan dalam komputasi awan.

2. Efisiensi waktu dan tenaga

Penggunaan sistem pengolah data komputasi berbasis awan atau berbagai contoh & jenis Cloud Computing juga dinilai sangat efisien dari segi waktu dan tenaga. Pemindahan data-data perusahaan atau bisnis ke dalam cloud diketahui tidak memakan waktu yang cukup lama. Selain memangkas waktu dalam pemindahan data, hal tersebut juga membantu para karyawan untuk memegang pekerjaan lain selama proses pemindahan data berlangsung.

3. Tidak perlu memikirkan pemeliharaan dan perawatan sistem

Sebagai pengguna sistem pengolahan data komputasi berbasis internet, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan tentang pemeliharaan dan perawatan dari sistem tersebut. Anda hanya perlu menggunakan sistem tersebut dan melakukan update atau pembaharuan apabila Anda mendapatkan pemberitahuan saja karena masalah-masalah yang berkaitan dengan perawatan dan pemeliharaan merupakan urusan dari pihak pengembang dari komputasi awan tersebut.

4. Mudah diakses kapan saja dan di mana saja

Alasan terakhir yang membuat penggunaan Cloud Computing atau komputasi awan merupakan sebuah hal yang penting dikarenakan sistem pengolahan data komputasi berbasis awan ini mudah untuk Anda akses. Melalui perangkat yang Anda gunakan, mulai dari ponsel hingga laptop, Anda bisa mengakses sistem ini kapan dan di mana saja asal terkoneksi dengan internet.

Kesimpulannya, memahami pengertian, jenis & contoh Cloud Computing serta alasan penting dibalik penggunaannya dalam dunia digital merupakan hal yang perlu Anda perhatikan. Segala hal yang berhubungan dengan teknologi komputer dan digital sejatinya dapat Anda dapatkan dengan mudah. Salah satu caranya dengan mengikuti kursus cloud engineer dan bimbingan belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan IT di Course-Net.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Cloud Engineer? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?