course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cloud Computing: Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Thursday, 21 December 2023 3:25 PM

cloud computing

Cloud computing merupakan salah satu metode penyimpanan yang saat ini banyak digunakan di Indonesia. Sebab metode penyimpanan ini dirasa jauh lebih aman dan lebih mudah digunakan dibandingkan metode penyimpanan di perangkat keras seperti hardware. Untuk yang belum pernah menggunakan metode penyimpanan seperti ini sebaiknya baca ulasan berikut agar tahu cara kerjanya dan contoh metodenya.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah sistem penyimpanan data yang boleh digunakan perusahaan-perusahaan besar dan bahkan orang awam juga sudah menggunakan sistem penyimpanan ini. Alasan utama kenapa banyak yang menggunakan metode penyimpanan ini adalah proses penyimpanan data menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan.

Kalau menggunakan hardisk tidak akan semudah menggunakan metode ini karena untuk menyimpan data ataupun mengambil data dari perangkat keras perlu waktu yang lama apalagi data yang disimpan jumlahnya banyak. Metode ini bisa lebih cepat karena penyimpanan dilakukan melalui internet. Kalau koneksi internet bagus maka proses penyimpanan akan menjadi sangat cepat.

Contoh Cloud Computing 

Tanpa disadari ternyata sudah banyak yang memakai cloud computing tetapi tidak mengetahui kalau yang digunakan untuk menyimpan data ternyata komputasi awan. Dari sekian banyak contoh komputasi awan yang saat ini digunakan hanya ada beberapa yang paling sering dipakai dan berikut daftarnya.

Google Drive

Google Drive merupakan salah satu contoh cloud computing yang sering sekali dipakai saat ini. Pengguna Google Drive semakin banyak jumlahnya dikarenakan untuk memakai Google Drive tidak perlu menginstal aplikasi cukup gunakan akun Google mail saja. Pengguna yang sudah memiliki aku bisa langsung mengakses Google Drive untuk menyimpan data maupun untuk mengambil data-data pengguna lain yang dibagikan melalui Google Drive.

Media Sosial

Meskipun sudah mengetahui pengertian cloud computing ternyata belum banyak yang tahu bahwa media sosial termasuk salah satu contoh komputasi awan. Media sosial bisa dikatakan sebagai media penyimpanan online karena dapat dipakai untuk menyimpan data-data penting berupa foto maupun video dan juga bisa berupa file dokumen. Pengguna bisa bebas menyimpan data-data tersebut apabila memiliki akun di salah satu media sosial yang sekarang banyak digunakan.

Dropbox

Contoh lain cloud computing yang sering digunakan adalah Dropbox. Kalangan yang umumnya menggunakan adalah kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang memilih memakai Dropbox dikarenakan mahasiswa bisa bebas menyimpan data baik dalam jumlah kecil maupun jumlah banyak. 

Pengguna juga mendapatkan kebebasan untuk membagikan file melalui Dropbox dengan pengguna lainnya. Untuk yang belum pernah memakai Dropbox sebaiknya buat akun terlebih dahulu barulah bisa menyimpan data maupun membagikan data.

Cara Kerja Cloud Computing

Banyak yang memilih untuk memakai komputasi awan dikarenakan cara kerja cloud computing sangatlah sederhana. Cara kerja sistem penyimpanan ini adalah menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data. Setelah pengguna menggunakan perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet nantinya bisa langsung mengakses komputasi awan ini untuk menyimpan ataupun mengunduh data.

Setelah pengguna mengakses data nantinya perintah permintaan data akan langsung disampaikan ke bagian server agar diproses lebih lanjut. Server pusat nantinya akan memperbaharui data yang diminta pengguna dan akan langsung memproses permintaan pengguna. Selama masih ada koneksi internet maka pengguna masih bisa memakai metode ini.

Manfaat Cloud Computing

Setelah mengetahui pengertian dan juga cara kerja kompetisi awal selanjutnya tinggal mempelajari manfaat cloud computing yang bisa dirasakan oleh pengguna. Manfaat yang sudah pasti akan dirasakan bisa dilihat penjelasannya berikut ini.

Hemat Biaya

Cloud computing digunakan karena sudah terbukti bisa meminimalisir biaya operasional sebuah perusahaan. Biaya operasional yang tadinya banyak dikarenakan harus membeli hardisk atau tempat penyimpanan eksternal menjadi lebih sedikit karena penyimpanan data dilakukan secara online. Pihak pengguna juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan dan perawatan karena semua biaya tersebut ditanggung oleh penyedia layanan komputasi awan.

Memudahkan Proses Pengelolaan Data

Apa itu cloud computing? Ini merupakan sebuah sistem yang bisa membuat pengguna baik itu perusahaan maupun orang awam lebih mudah mengelola data. Pengguna bisa dengan mudahnya mengurangi maupun menambah sumber daya sesuai dengan kebutuhan. 

Pengguna yang ingin menyimpan sumber daya atau data dalam jumlah yang banyak tidak perlu lagi membeli hardware tambahan cukup simpan data tersebut di sistem ini saja. Semua data yang tersimpan sudah diurutkan berdasarkan tanggal sehingga untuk mengelola data menjadi lebih mudah.

Keamanan Data Jadi Lebih Terjamin

Layanan ini juga sudah dilengkapi fitur keamanan seperti proteksi akses dan enkripsi data yang bisa membuat sistem keamanan data menjadi lebih bagus. Data-data yang sudah tersimpan di layanan ini tidak mungkin akan diretas oleh hacker karena untuk mengambil data tersebut harus memasukkan password dan juga akun. Peretas juga harus bisa mengenkripsi data terlebih dahulu kalau ingin mencuri data.

Tipe Cloud Computing Menurut Layanannya

Setelah mengetahui manfaat selanjutnya perlu mengetahui layanan cloud computing yang bisa digunakan saat ini. Ada tiga layanan yang bisa dipakai oleh pengguna dan berikut adalah penjelasan lengkap mengenai layanan tersebut.

Platform-as-a-service (PaaS)

Layanan yang pertama ini menyediakan beberapa komponen sumber daya yang bisa digunakan oleh pengguna seperti database, server dan komponen lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah aplikasi. Pengguna bisa mengakses layanan ini melalui internet dan bisa langsung membangun aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem.

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pengguna PaaS salah satunya adalah pengguna bisa dengan mudahnya menambahkan dan juga mengurangi sumber daya yang dipakai untuk kepentingan membuat aplikasi maupun membuat website. Agar bisa memakai layanan ini dengan baik sebaiknya luangkan waktu untuk mengikuti kursus IT di CourseNet yang didukung pengajar-pengajar profesional dan bersertifikat.

Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Layanan cloud computing ini bisa membuat pengguna tidak perlu lagi hardware komputer selama pengguna mengetahui secara pasti cara mengelola software dan sistem jaringan database aplikasi maupun situs. Ada beberapa komponen yang bisa ditambahkan untuk membuat layanan ini performanya semakin bagus seperti CPU dan RAM. 

Keuntungan memakai layanan ini adalah pengguna yang mengalami kendala saat melakukan konfigurasi perangkat akan dibantu penyedia layanan untuk menyelesaikan kendala atau permasalahan tersebut. Pengguna juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan sistem.

Software-as-a-service (SaaS)

Pada layanan ini yang akan melakukan pemilihan dan juga mengelola hardware bukanlah pengguna melainkan penyedia layanan. Pengguna juga tidak perlu repot untuk melakukan pembaharuan dan pemeliharaan keamanan karena pihak penyedialah yang bertanggung jawab atas hal ini.

Layanan cloud computing bisa langsung digunakan pengguna dengan bebas setelah pengguna membayar biaya berlangganan. Pengguna bisa menyesuaikan layanan yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jumlah biaya yang perlu dikeluarkan juga tidak terlalu banyak sehingga bisa menghemat biaya operasional.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!