course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Langkah Meningkatkan User Experience untuk Performance SEO

Thursday, 16 May 2024 12:05 PM

5 Langkah Meningkatkan User Experience untuk SEO

Mengetahui 5 langkah meningkatkan user experience untuk SEO sangat penting bagi para praktisi. Terlebih, selama ini banyak SEO expert yang hanya fokus pada aspek search engine dan terkesan mengabaikan pengalaman pengguna. Padahal, user experience (UX) juga akan membuat performa SEO pada situs yang dibangun semakin kuat dan optimal.

Mengapa User Experience Penting untuk SEO
Source : Travanleo

Mengapa User Experience Penting untuk SEO?

Membuat situs yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman dapat menjadi salah satu cara untuk membangun web yang populer. Meski demikian, ada hal lain yang membuat UX begitu penting dalam dunia SEO. Berikut beberapa di antaranya:

Meningkatkan tingkat retensi
Source : Adjust

1. Meningkatkan tingkat retensi

Salah satu faktor kesuksesan dan penilaian kualitas dari suatu website yang sangat dipertimbangkan oleh sebuah mesin pencari yakni berapa lama pengguna menghabiskan waktunya di situs tersebut. Apabila user tersebut mengunjungi situs namun segera meninggalkannya, bisa saja disebabkan oleh pengalaman akses yang buruk.

Tingkat retensi yang rendah tentu akan berdampak kurang bagus terhadap peringkat SEO sebuah website. Dengan kata lain, aspek user experience yang baik pada suatu situs akan membuat pengguna dapat berada di dalam situs tersebut dalam waktu yang lebih lama. Pada akhirnya, peringkat SEO pada situs tersebut akan lebih mudah meningkat.

Memudahkan akses pada perangkat mobile

2. Memudahkan akses pada perangkat mobile

Pengalaman pengguna yang cenderung responsif dan ramah tentu akan sangat penting karena mesin pencari seperti Google akan sangat memprioritaskan situs dengan pengalaman baik di berbagai perangkat. Hal ini juga akan memengaruhi peringkat SEO secara lebih positif.

Saat ini, semakin banyak pengguna yang mengakses situs dan internet melalui perangkat mobile. Dengan memperhatikan hal tersebut dan mengaplikasikan 5 langkah meningkatkan user experience untuk SEO, tentu akan memberikan dampak positif terhadap SEO situs. Untuk mengukur kecepatan website anda bisa mengungjungi pagespeed insight.

3. Memicu keterlibatan pengguna

UX yang baik juga akan mendorong pengguna untuk dapat terlibat dalam pengembangan situs tersebut. Misalnya dengan berbagi konten situs di media sosial atau meningkatkan eksposur yang pada akhirnya akan meningkatkan otoritas situs dalam pencarian mesin pencari.

Pengguna yang terlibat tidak hanya akan bertahan lebih lama dalam mengakses situs, namun juga melakukan berbagai interaksi lain seperti klik tautan internal, mengunduh konten, bahkan mengisi formulir pada situs. Dengan demikian, situs web akan dinilai relevan dan informatif.

Langkah-langkah Meningkatkan UX untuk Performance SEO

Dalam SEO, user experience menjadi keseluruhan hal yang dirasakan oleh user saat mengakses dan berinteraksi pada suatu website. Tanpa adanya user experience yang baik, tentu tidak ada SEO yang baik pula. Oleh karena itu, berikut setidaknya 5 langkah meningkatkan user experience untuk SEO yang dapat Anda aplikasikan:

1. Mengoptimalkan kecepatan situs web

Kecepatan akses menjadi poin penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara lebih positif. Terlebih saat ini, banyak pengguna yang berharap dengan website yang dapat dimuat lebih cepat. Bahkan setiap detik keterlambatan bisa mengurangi jumlah pengunjung.

Dalam pandangan UX, website yang lambat akan membuat user berhenti melakukan eksplor website lebih jauh. Pada akhirnya, akan ada pengurangan engagement yang kemudian membuat para pengunjung segera menutup web dan menyebabkan bounce.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Mulai dari melakukan kompresi konten, menggunakan hosting yang cepat, hingga memanfaatkan tools seperti Semrush atau Ahrefs untuk menyempurnakan kode dalam website agar menjadi lebih efisien.

Baca Juga : 8 Cara Mempercepat Loading Website: Kenali Penyebab dan Langkah Mengatasinya

2. Meningkatkan aksesibilitas setiap user

Memudahkan akses pengguna menjadi salah satu dari 5 langkah meningkatkan user experience untuk SEO selanjutnya yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan pengalaman pengguna terhadap tipografi, warna, dan tampilan website secara keseluruhan.

Pastikan juga situs Anda dapat diakses di berbagai perangkat terkini, baik dari desktop, tablet, serta handphone. Kuncinya ada pada desain yang responsif sehingga memungkinkan konten yang ada di website dapat disesuaikan secara otomatis dengan ukuran layar yang beragam.

Memaksimalkan hal-hal seperti ini pada dasarnya tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pengguna, namun juga dapat membantu optimasi SEO. Pasalnya, mesin pencari seperti Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi kepada situs-situs yang dinilai responsif.

3. Memastikan struktur navigasi yang jelas

Sistem navigasi yang jelas juga akan membantu pengguna untuk dapat menemukan berbagai informasi tanpa mengalami kesulitan berarti. Hal ini termasuk penggunaan navigasi menu yang terorganisir, penamaan halaman yang jelas, hingga membantu pelacakan atau pencarian data.

Struktur UX yang baik akan selalu mencakup navigasi yang intuitif dan komprehensif. Jika para pengguna dapat menemukan konten yang diinginkan, tingkat retensi akan meningkat sekaligus mengurangi tingkat bounce yang semuanya akan berdampak positif terhadap SEO.

Selalu pastikan Anda mendesain menu navigasi yang mudah dipahami dengan kategori yang jelas dan hierarki yang logis. Hal ini tentu tidak hanya akan meningkatkan pengalaman dari sisi pengguna, namun juga dapat membantu mesin pencari mengindeks situs secara lebih baik.

4. Menggunakan konten berkualitas dan relevan

Salah satu dari 5 langkah meningkatkan user experience untuk SEO lain yang perlu diperhatikan tentu saja dari segi konten. Pada SEO, konten memegang peranan penting, begitu pula dalam UX. Pastikan konten yang disediakan relevan, informatif, serta menarik pengguna.

Konten yang mudah dipahami dengan penyusunan yang tepat tentu akan membuat pengguna merasa nyaman berada di dalam situs tersebut. Gunakan judul, subjudul, poin penting, hingga paragraf singkat untuk mempermudah pengguna memahami konten yang dibuat.

Selain itu, gunakan gambar atau multimedia yang menarik dan dapat memberikan dimensi pada konten yang disediakan. Pilihlah gambar atau multimedia yang berkualitas tinggi serta relevan dengan konten sehingga pengalaman pengguna dan aksesibilitas SEO meningkat.

5. Menerapkan keterlibatan dan interaksi pengguna

Keterlibatan dan interaksi memainkan peran yang penting untuk memberikan pengalaman pengguna dalam meningkatkan hasil SEO. Hal ini melibatkan sejumlah strategi dalam menjaga para user agar terlibat dan tertarik pada website.

Beberapa elemen interaktif seperti kuis, survei, hingga polling menjadi salah satu cara untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengguna. Semuanya akan membuat mereka cenderung tinggal lebih lama pada situs dengan melakukan interaksi.

Penggunaan CTA juga akan mendorong pengguna melakukan tindakan yang diinginkan. Baik mengunduh konten, melakukan pembelian, bahkan berlangganan newsletter. CTA juga dapat digunakan untuk mendorong pengguna menghubungi pihak website guna melakukan transaksi.

Itulah cara meningkatkan user experience untuk SEO yang penting untuk Anda perhatikan. User experience (UX) memang sangat penting dalam SEO karena tidak hanya memberikan pengalaman baik bagi pengguna namun juga eksposur penting pada website.

Baca Juga : Apa Itu GTMetrix : Alat Pengujian Kinerja Web yang Efektif

Udah Belajar SEO tapi masih Ga Paham? Saatnya Kamu Upgrade Skill SEO Biar Karirmu Ga Stuck

Buat Anda yang ingin menguasai cara meningkatkan user experience untuk SEO pada website, Course-Net jawabannya! Sebagai pelatihan IT terbaik bersama praktisi di bidangnya, Course-Net bisa menjadi solusi buat Anda belajar sekaligus praktik tentang berbagai hal seputar dunia IT. Course-Net menyediakan layanan kursus digital marketing yang terdiri dari materi SEO yang bisa di pelajari.

Segera hubungi Course-Net dan dapatkan coaching terbaik dengan harga terjangkau! Course-Net merupakan salah satu lembaga pelatihan IT yang sudah di percaya 469 Courporate Client.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?