SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan

SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan  – Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO hanya saja beberapa dari Anda masih menganggap istilah yang satu ini dengan konsep yang cukup luas. Teknik yang satu ini memiliki kepanjangan search engine optimization. Teknik yang satu ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk maupun profil perusahaan atau bisnis yang ditampilkan dalam web.

Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak perusahaan dan para pebisnis yang merambah ke digital marketing untuk promosinya, nah lewat website inilah biasanya para pebisnis akan mempromokan produk baik dalam bentuk barang maupun jasa. Nah berdasarkan informasi di atas mungkin Anda sudah sedikit mengerti apa yang dimaksud dengan SEO adalah, untuk lebih lanjutnya simak informasi di bawah ini.

SEO ADALAH ? Panduan Apa Itu SEO Lengkap

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Seo adalah bentuk penghargaan atau apresiasi yang akan diberikan pada sebuah laman web yang masuk di halaman pertama yang ada di Google atau mesin pencarian. Dapat dikatakan juga bahwa teknik ini merupakan bentuk upaya optimasi web yang dilakukan supaya bisa memperoleh ranking teratas pada hasil pencarian Google. Jadi dengan teknik ini sebuah situs atau web akan mudah ditemukan dan bisa berpotensi menyedot traffic yang lebih banyak.

Hal tersebut karena teknik ini bisa meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas yang dimiliki traffic agar bisa masuk ke situs atau blog yang Anda punya. Berdasarkan beberapa definisi search engine optimization di atas selalu muncul Google. Mengapa hasil pencarian yang disebut selalu Google padahal masih terdapat beberapa jenis mesin pencarian lain seperti Yahoo!, Bing dan lainnya? Alasannya karena tidak dapat dipungkiri bahwa mesin pencarian yang satu ini, Google adalah mesin pencarian terfavorit mayoritas pengguna internet di seluruh dunia.

Bukan tanpa alasan namun hal ini terbukti dari data yang ada menyebutkan bahwa setiap harinya terdapat 3,5 Miliar pencarian dilakukan dengan menggunakan Google. Berdasarkan data ini sehingga terbukti bahwa Google merupakan search engine favorit karena 90% telah menguasai pangsa pasar search engine itu sendiri. Jadi tentu saja SEO Google ini sangat menentukan keberhasilan laman yang Anda miliki.

Jadi jika Anda memiliki search engine optimization yang baik maka web Anda bisa menjaring potensi traffic yang lebih banyak lagi. Itulah sedikit informasi mengenai pengertian search engine optimization, selanjutnya SEO juga terdiri dari beberapa teknik loh.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

SEO adalah

Beberapa Teknik SEO Adalah

Di bawah ini merupakan beberapa teknik search engine optimization terbaik yang bisa Anda lakukan.

  • Install plugin Yoast

Teknik pertama ini berlaku secara khusus bagi Anda yang mempunyai web dengan menggunakan WordPress. Plugin ini ternyata menyediakan beberapa fitur menarik yang bisa meningkatkan kualitas dari search engine optimization pada web Anda, salah satu contohnya yaitu bisa menganalisis konten yang Anda miliki.

  • Menambahkan situs pada Google Search Console

Cara selanjutnya Anda bisa menambahkan web atau situs yang Anda miliki pada Google Search Console, platform yang satu ini dulunya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Menariknya platform ini bisa Anda akses secara gratis untuk mengetahui bagaimana kinerja sebuah situs pada ranah organik dari Google. Pada platform ini Anda bisa mengetahui domain yang akan memberikan link ke situs Anda, jika tertarik menggunakan teknik ini sebelumnya Anda harus login terlebih dahulu pada platform yang satu ini.

Anda bisa masuk dengan menggunakan akun Google Anda kemudian buka Webmaster Tools, lalu klik add property, selanjutnya Anda bisa memilih menu ‘Website’ kemudian isi kolom dengan URL web yang Anda miliki. Selanjutnya klik “continue” dan pilih ara verifikasi kemudian Anda bisa menambahkan domain secara terpisah.

  • Membuat sitemap

Teknik selanjutnya, Anda juga bisa membuat sitemap. Apa itu sitemap? Sitemap merupakan sebuah daftar yang berisi semua situs yang dapat diakses oleh para pengunjung maupun mesin pencarian.

Nah jika Anda membuat sitemap ini situs Anda akan mudah untuk ditemukan pada mesin pencarian selain itu juga akan lebih cepat terindeks.

Memasang Google Analytics

  • Memasang Google Analytics

Masih dengan platform Google selanjutnya Anda juga bisa memasang Google Analytics, meski keduanya dinilai mirip nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Google Analytics disini berfungsi untuk mengenal perilaku para pengunjung website. Jadi Anda bisa mengetahui pergerakan dari para pengunjung mulai dari halaman pertama sampai halaman berapa pengunjung menutup web Anda.

Jadi dari sini Anda juga bisa mengetahui kira-kira halaman mana yang paling banyak dilihat atau menghasilkan conversion dan halaman mana yang masih kurang maksimal.

Meningkatkan kecepatan website

  • Meningkatkan kecepatan website

Saat Anda mengakses sebuah web tentunya adanya loading akan membuat Anda sangat sebal. Nah loading ini tentunya akan mempengaruhi jumlah pengunjung juga. Berdasarkan Google menyebutkan bahwa sebanyak 79% dari para pengguna menyatakan kecewa terhadap web yang memiliki loading lama.

Kecepatan web sangat penting sekali, sehingga hal ini bisa menjadi teknik dari SEO yang sangat disarankan.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Keuntungan dan Kekurangan SEO

Keuntungan SEO

  • Mempunyai jumlah pengunjung sesuai dengan target
    Keuntungan yang pertama yaitu Anda jadi memiliki jumlah pengunjung yang sesuai dengan target bahkan diharapkan bisa melebihi. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan dari keyword yang ada pada konten. Berdasarkan teknik ini dimungkinkan pengunjung ini bisa dijadikan sebagai pelanggan maupun calon pelanggan.
  • Biayanya gratis
    Keuntungan lainnya yang dimiliki teknik ini adalah tidak harus membayar iklan media sosial maupun iklan dari Google sehingga biaya yang Anda keluarkan terjangkau alias gratis.
  • Menjadi traffic original
    Selanjutnya keuntungan yang dimiliki teknik ini dapat menjadi traffic original. Jadi pengunjung yang datang pada web Anda ini adalah orang-orang yang membutuhkan informasi yang ditampilkan pada web Anda jadi dapat dikatakan bahwa web yang Anda miliki merupakan jawaban dari permasalahan para pengunjung.

Kekurangan search engine optimization

  • Kompetitif

Seperti yang sudah diketahui banyak sekali web yang memiliki tujuan berada di halaman 1 mesin pencari. Jadi persaingannya memang sangat sengit sekali karena ada yang menargetkan SEO ini di pasar lokal, nasional dan juga internasional.

  • Prosesnya lama

Nah kekurangan selanjutnya yang cukup banyak tidak disukai para pengguna adalah memiliki proses yang cukup lama. Jadi para bisnis online membutuhkan beberapa langkah dan juga efek yang nyata.

  • Tidak instan

Dalam melakukan skill ini, kekurangannya adalah prosesnya yang cukup lama. Search Engine Optimzation membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa di indeks oleh Google.

Berminat Belajar SEO ? Daftar Di Course-Net

Anda mau jago SEO ? Caranya cukup mudah. Anda hanya mengisi form dibawah ini. Customer service kami akan membantu anda. Ikuti berbagai macam kursus digital marketing yang telah disediakan.

Semoga artikel yang kami jelaskan bisa mempermudah anda dalam belajar SEO. Dapatkan informasi IT yang tersedia di Blog Course-Net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo batik day

    Artikel Rekomendasi