course-net
Search
Close this search box.

SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan

Minet

March 4, 2024

SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan

SEO Adalah : Pengertian Apa Itu SEO, Kelebihan dan Kekurangan  – Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO hanya saja beberapa dari Anda masih menganggap istilah yang satu ini dengan konsep yang cukup luas. Teknik yang satu ini memiliki kepanjangan search engine optimization. Teknik yang satu ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk maupun profil perusahaan atau bisnis yang ditampilkan dalam web.

Karena berdampak besar pada operasional bisnis, SEO sangat penting bagi bisnis. Tidak mengherankan jika banyak bisnis mulai menjalankan kampanye SEO saat ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa SEO memberikan hasil jangka panjang dan bukan saluran instan. Bagi Anda yang ingin melakukan SEO, penting untuk mengetahui jenis-jenis, cara kerja, dan manfaat SEO sebenarnya.

Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak perusahaan dan para pebisnis yang merambah ke digital marketing untuk promosinya, nah lewat website inilah biasanya para pebisnis akan mempromokan produk baik dalam bentuk barang maupun jasa. Nah berdasarkan informasi di atas mungkin Anda sudah sedikit mengerti apa yang dimaksud dengan SEO adalah, untuk lebih lanjutnya simak informasi di bawah ini.

SEO ADALAH ? Panduan Apa Itu SEO Lengkap

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Seo adalah bentuk penghargaan atau apresiasi yang akan diberikan pada sebuah laman web yang masuk di halaman pertama yang ada di Google atau mesin pencarian. Dapat dikatakan juga bahwa teknik ini merupakan bentuk upaya optimasi web yang dilakukan supaya bisa memperoleh ranking teratas pada hasil pencarian Google. Jadi dengan teknik ini sebuah situs atau web akan mudah ditemukan dan bisa berpotensi menyedot traffic yang lebih banyak.

Hal tersebut karena teknik ini bisa meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas yang dimiliki traffic agar bisa masuk ke situs atau blog yang Anda punya. Berdasarkan beberapa definisi search engine optimization di atas selalu muncul Google. Mengapa hasil pencarian yang disebut selalu Google padahal masih terdapat beberapa jenis mesin pencarian lain seperti Yahoo!, Bing dan lainnya? Alasannya karena tidak dapat dipungkiri bahwa mesin pencarian yang satu ini, Google adalah mesin pencarian terfavorit mayoritas pengguna internet di seluruh dunia.

Bukan tanpa alasan namun hal ini terbukti dari data yang ada menyebutkan bahwa setiap harinya terdapat 3,5 Miliar pencarian dilakukan dengan menggunakan Google. Berdasarkan data ini sehingga terbukti bahwa Google merupakan search engine favorit karena 90% telah menguasai pangsa pasar search engine itu sendiri. Jadi tentu saja SEO Google ini sangat menentukan keberhasilan laman yang Anda miliki.

Jadi jika Anda memiliki search engine optimization yang baik maka web Anda bisa menjaring potensi traffic yang lebih banyak lagi. Itulah sedikit informasi mengenai pengertian search engine optimization, selanjutnya SEO juga terdiri dari beberapa teknik loh.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

SEO adalah

Faktor-Faktor Penting yang Memengaruhi SEO

Ada lebih dari 3,5 miliar pencarian yang diproses oleh Google setiap harinya. Apabila mendapatkan peringkat bagus di halaman pertama SERP, website Anda kemungkinan akan memperoleh traffic yang signifikan.

Jadi, sangat penting untuk memahami berbagai faktor yang memengaruhi peringkat di Google. Faktor-faktor ini terus diperbarui bersama dengan update algoritma pencarian Google agar konten yang ditampilkan tetap relevan dan mampu menjawab pertanyaan pengunjung dengan baik.

Berikut adalah beberapa faktor peringkat utama SEO yang perlu Anda perhatikan:

  • Kecepatan halaman.

Website yang loadingnya cepat berpeluang mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari. Pantau performa website secara rutin dan gunakan tool analisis kecepatan seperti PageSpeed ​​Insights dari Google dan Pingdom Speed Test untuk melihat data tentang seberapa baik performa website Anda.

  • Ramah seluler (mobile-friendly).

Desain yang responsif berarti halaman dan elemen website bisa secara otomatis menyesuaikan ukuran layar pengguna, menghadirkan pengalaman yang optimal di perangkat apa pun. Website yang mobile-friendly dan responsif akan memperoleh posisi lebih tinggi pada hasil pencarian. Gunakan  Mobile-Friendly Test Google untuk menganalisis faktor ini di website Anda.

  • Konten yang berkualitas.

Berikan informasi yang relevan dan faktual untuk menjawab kueri tertentu. Google mengevaluasi panjang konten, struktur, kata kunci yang relevan, dan informasi yang ada di dalamnya. Pastikan Anda selalu membuat konten yang unik dan asli untuk menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan visibilitas website.

  • Backlink.

Juga disebut inbound link, backlink adalah link yang mengarah ke website Anda dari website lain, yang berfungsi sebagai indikator otoritas website. Ketika link website Anda dimasukkan ke dalam konten website lain, artinya website tersebut menganggap website Anda adalah sumber yang kredibel dan relevan. Halaman yang memiliki backlink berkualitas dari website kredibel bisa meraih peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

  • Pengalaman pengguna.

Google mengukur pengalaman pengguna melalui berbagai sinyal, termasuk bounce rate dan waktu tunggu. Saat pengunjung membuka sebuah website dan langsung menutupnya, Google akan menganggap website tersebut tidak relevan. Sebaliknya, apabila pengunjung membuka website untuk beberapa lama, ini menandakan bahwa website tersebut memberikan informasi yang berguna.

  • Keamanan website.

Faktor ini mencakup semua langkah untuk melindungi website dan pengunjung dari serangan cyber. Oleh karena itu, Google memprioritaskan website yang menggunakan HTTPS. Untuk menggunakan HTTPS di website, Anda perlu menambahkan sertifikat SSL. Website yang tidak menginstal SSL akan ditandai sebagai tidak aman dan bisa membahayakan pengunjung. Anda bisa mendapatkan SSL gratis di Hostinger.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Google dan mesin pencari lainnya terus mengumpulkan, menata, dan menampilkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan pengunjung. Untuk melakukannya, ada 3 proses utama yang dilakukan mesin pencari, yaitu:

  • Crawling. Mesin pencari menggunakan sejumlah web crawler, juga disebut spiderbot atau bot saja, untuk menemukan konten terbaru di web. Web crawler membantu Google menemukan dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengindeks halaman.
  • Indexing. Proses yang dilakukan mesin pencari untuk menyimpan dan menata halaman web yang berhasil dikumpulkan. Setelah menemukan informasi di sebuah website, misalnya kata kunci dan konten baru, web crawler akan menambahkan halaman web tersebut ke indeks pencarian. Untuk membantu web crawler menemukan konten Anda, lakukan proses submit website ke mesin pencari. Nantinya, ketika pengguna mencari informasi yang relevan, mesin pencari akan mengambil website yang sudah terindeks.
  • Ranking. Halaman web dalam indeks pencarian kemudian akan ditampilkan pada hasil pencarian, mulai dari konten yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

SEO meningkatkan kemungkinan web Anda muncul di hasil pencarian dengan menjadikannya lebih menarik bagi mesin pencari. Dengan kata lain, strategi SEO menentukan seberapa baik website Anda menjalani serangkaian langkah ini, mulai dari crawling hingga memperoleh peringkat.

Misalnya, internal link yang terstruktur dengan baik di halaman Anda memudahkan web crawler menelusuri satu halaman ke halaman lainnya. Hasilnya, crawler bisa menjelajahi website Anda secara lebih menyeluruh dan mengindeks lebih banyak konten.

Apabila ingin menyembunyikan halaman tertentu agar tidak ditemukan oleh web crawler, Anda bisa mencegah bot tersebut melalui file robot.txt.

Algoritma mesin pencari juga akan mempertimbangkan banyak faktor peringkat lainnya, seperti kata kunci yang relevan, kualitas backlink, dan apakah konten sudah up-to-date.

Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan semua faktor ini untuk membuat konten yang SEO-friendly guna meningkatkan peringkat website Anda secara signifikan di hasil pencarian.

Jenis-Jenis SEO

Untuk memahami jenis-jenis SEO beserta fokus utamanya, mari simak penjelasan singkatnya dalam tabel di bawah ini.

On-page SEO Off-page SEO Technical SEO Local SEO
Konten website Link building Kecepatan website Kata kunci lokal
Optimasi kata kunci Influencer marketing Schema markup Profil bisnis
Tag judul Media sosial Internal link Ulasan pelanggan
Alt text gambar Forum Sertifikat SSL Konten lokal

Kami akan menjelaskannya satu per satu di bagian berikutnya di bawah ini, termasuk pengertian, cara kerja, dan implementasinya.

On-page SEO

On-page SEO adalah strategi yang dilakukan secara langsung di setiap halaman website untuk mengoptimasi kontennya agar memperoleh peringkat tinggi di hasil pencarian organik.

Fokus utamanya yaitu konten halaman dan kode sumber HTML, seperti tag judul, tag header, dan meta description yang dioptimalkan sedemikian rupa agar menarik bagi pengunjung website dan crawler. Kalau menggunakan WordPress, Anda bisa menginstal plugin SEO terbaik untuk mempermudah proses ini.

On-page SEO juga membantu mengatur halaman Anda agar web crawler bisa menganalisis isi konten Anda dan mengindeksnya untuk istilah pencarian yang relevan.

Berikut adalah hal-hal yang termasuk dalam SEO on-page untuk membantu Anda lebih memahaminya:

  • Konten website.

Google menggunakan framework E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness) untuk menilai kualitas konten, halaman, dan website. Konten berkualitas yang dibuat oleh penulis (author) tepercaya dan diposting di website yang kredibel akan lebih diprioritaskan. Jadi, kalau ingin website Anda muncul di halaman pertama Google, pastikan setiap kontennya memenuhi kriteria tersebut.

  • Optimasi kata kunci.

Menambahkan kata kunci dalam konten akan membantu algoritma mesin pencari mengidentifikasi informasi yang Anda sediakan. Cari kata kunci utama untuk menulis konten Anda menggunakan tool SEO seperti Ahrefs Keywords Explorer atau Google Keyword Planner. Namun, pastikan kata kunci ditambahkan senatural mungkin dalam konten sesuai tata bahasa yang baik agar tidak terkena sanksi keyword stuffing.

  • Tag judul.

Juga disebut judul halaman, tag ini merupakan link yang bisa diklik dan dilihat pengunjung di SERP. Tag judul menentukan apakah halaman relevan dengan maksud pencarian pengunjung. Judul yang baik akan menghasilkan lebih banyak klik dan traffic ke halaman yang ditampilkan. Apalagi, mesin pencari seperti Google lebih memprioritaskan judul singkat yang mengandung kata kunci untuk diberi peringkat lebih tinggi.

  • Tag header.

Pisahkan konten menjadi beberapa bagian dengan tag header untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memudahkan web crawler mengindeks halaman Anda. Saat pengguna mengetikkan istilah pencarian, mesin pencari akan menelusuri informasi yang relevan menggunakan tag ini sebagai panduan. Hasilnya, halaman website Anda berpeluang untuk ditampilkan di peringkat atas hasil pencarian.

  • Alt text gambar.

Alt text adalah atribut yang mendeskripsikan gambar dalam konten. Teks ini tidak akan ditampilkan, tapi berguna bagi pengunjung yang mengalami gangguan penglihatan. Informasi ini mendeskripsikan gambar agar bisa dibacakan oleh aplikasi pembaca layar. Selain itu, alt text memberi tahu mesin pencari bahwa gambar tersebut adalah konten yang berguna di halaman Anda. Hal ini menambah peluang peringkat website karena gambar bisa ditampilkan di hasil pencarian gambar Google.

  • Meta description.

Mengacu pada deskripsi singkat halaman, yang ditampilkan sebagai cuplikan di bawah judul halaman dan URL di SERP. Meta description sebaiknya menyertakan kata kunci dan secara akurat mendeskripsikan informasi yang disajikan dalam konten Anda. Meta description yang baik bisa mendatangkan lebih banyak klik dan mengurangi bounce rate apabila kontennya mampu menjawab maksud pencarian pengguna.

Off-page SEO

Off-page SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Strategi ini juga dipertimbangkan oleh Google untuk menunjukkan seberapa berguna website, bisnis, atau produk Anda di mata audiens.

Strategi off-page SEO yang diterapkan dengan baik bisa membantu Anda meningkatkan otoritas halaman website dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Berikut ini adalah beberapa strategi SEO off-page yang bisa Anda terapkan:

  • Link building. Mengacu pada proses mendapatkan link dari website lain ke website Anda. Algoritma Google sangat bergantung pada link. Setiap link yang diperoleh berfungsi sebagai dukungan kepercayaan untuk website Anda. Namun, selalu utamakan kualitas link daripada jumlahnya, serta pastikan Anda hanya mendapatkan link berkualitas dari website tepercaya.
  • Social media marketing. Aktif di media sosial merupakan strategi penting untuk bisnis. Melalui media sosial, pengguna bisa melihat reputasi Anda. Rutin memposting konten yang menarik di media sosial juga membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Terlebih lagi, apabila konten berhasil mendatangkan traffic dari seluruh dunia, mesin pencari akan tahu bahwa website Anda bisa dipercaya.
  • Menjangkau influencer. Jalin relasi dengan brand atau influencer untuk memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas. Apabila dilakukan dengan benar, influencer marketing bisa membantu meningkatkan brand awareness dan mendatangkan audiens baru ke website Anda, yang pada akhirnya juga meningkatkan traffic website.
  • Forum. Halaman forum seperti Quora, Reddit, dan Stack Overflow memberikan peluang bagus untuk mempromosikan website. Di sana, Anda bisa bergabung dalam percakapan bersama pengguna lain untuk menjawab pertanyaan serta menunjukkan keahlian dan kredibilitas Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan link ke halaman website dan mengarahkan traffic pencarian organik.

Meskipun link building adalah aspek utama strategi SEO off-page, setiap strategi yang dijalankan di luar area website termasuk dalam SEO off-page yang sebaiknya jangan diabaikan.

Technical SEO

Technical SEO adalah upaya untuk mengoptimasi aspek-aspek teknis pada website agar sesuai dengan kriteria algoritma mesin pencari. Aspek tersebut meliputi optimasi kecepatan loading, mobile-friendly, dan arsitektur website.

Jenis SEO ini memandu mesin pencari seperti Google untuk mendeteksi dan mengindeks halaman dengan mudah. Hasilnya, website dengan SEO teknis yang baik akan diberi peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

SEO teknis tidak hanya membantu menaikkan peringkat, tapi juga menentukan pengalaman pengguna. Pengunjung dan mesin pencari pasti lebih memilih website yang strukturnya tertata, loadingnya cepat, dan keamanannya baik, yang semuanya merupakan faktor penting dalam SEO teknis.

Beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat menerapkan strategi technical SEO adalah:

  • Kecepatan loading.

Website yang lambat akan mengakibatkan bounce rate yang tinggi dan peringkat yang buruk. Langkah-langkah seperti caching website, mengompresi gambar, dan mengurangi redirect halaman merupakan cara efektif untuk memaksimalkan kecepatan website. Selain itu, Anda bisa menggunakan tool seperti GTmetrix dan PageSpeed ​​Insights untuk mengidentifikasi komponen yang perlu dioptimalkan.

  • Schema markup.

Schema markup adalah tag yang bisa ditambahkan pada kode HTML untuk membantu mesin pencari mengidentifikasi konten dengan lebih baik. Menambahkan schema markup akan menyempurnakan cuplikan (snippet) halaman website di hasil pencarian. Misalnya, Anda bisa menambahkan rating atau ulasan beserta meta description agar halaman lebih menarik. Metode ini bisa mengarahkan lebih banyak traffic dan meningkatkan CTR website.

  • Internal link.

Merujuk pada proses menambahkan hyperlink yang mengarah ke halaman lain di website yang sama. Dengan menambahkan internal link, crawler mesin pencari akan menemukan dan mengindeks lebih banyak halaman di website Anda. Apabila dilakukan dengan benar, internal link juga bisa meningkatkan otoritas halaman, pengalaman navigasi, dan waktu tayangan halaman.

  • XML sitemap.

Sederhananya, XML sitemap adalah kumpulan URL halaman yang berfungsi sebagai ‘peta’ atau petunjuk jalan bagi crawler untuk menjangkau halaman penting di website Anda dengan lebih cepat. Untuk membuat sitemap di website WordPress dengan mudah, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Atau, gunakan generator gratis seperti InSpyder atau Screaming Frog.

  • Accelerated Mobile Pages (AMP).

Framework web ini menghasilkan halaman yang ringan untuk mengoptimalkan waktu loading bagi pengguna perangkat seluler. Saat Anda mengaktifkan AMP, Google akan mengirimkan halaman web melalui cache yang sudah ditentukan sehingga website bisa loading lebih cepat, bahkan dalam sekejap. Google juga mengutamakan website dengan AMP, menjadikan framework ini sebagai salah satu faktor penting untuk website yang berkualitas.

  • Sertifikat SSL.

Website yang menerapkan enkripsi SSL akan menggunakan protokol HTTPS pada URL-nya. Artinya, setiap informasi yang ditransfer antara website dengan pengunjung dipastikan aman dan terenkripsi. Nah, karena Google menggunakan HTTPS sebagai salah satu faktor penentu peringkatnya, website yang memiliki sertifikat SSL berpeluang mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi. Apabila paket hosting Anda sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL, jangan lupa untuk mengaktifkannya.

Local SEO

Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal di hasil pencarian. Dengan strategi ini, bisnis akan lebih dikenal serta bisa mempromosikan brand, produk, dan layanan mereka kepada masyarakat setempat.

Saat Anda mencari “dokter terdekat” atau “petshop di sekitar sini” di Google, mesin pencari tersebut akan mengidentifikasi lokasi Anda melalui alamat IP dan menampilkan hasil yang relevan. Jadi, agar bisnis Anda muncul di hasil pencarian lokal, Anda perlu mengoptimalkan SEO lokal.

Google menyajikan hasil pencarian lokal dengan peta beserta tiga hasil pencarian organik. Contohnya, saat Anda mencari “beli makanan kucing terdekat”, SERP akan menampilkan tiga bisnis lokal beserta cuplikan lokasinya di Google Maps sebagai hasil teratas.

Apabila berencana menerapkan strategi ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:

  • Profil Google My Business (GMB).

Peta yang ditampilkan di hasil teratas pencarian lokal Google berasal dari profil GMB. Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Pastikan untuk mengisi data yang akurat dan lengkap seperti nama, alamat, dan nomor telepon, karena informasi ini akan menjadi faktor penentu peringkat. Selain itu, Google juga memberikan peringkat pada profil GMB berdasarkan jarak, popularitas, dan relevansinya dengan permintaan pencarian.

  • Lakukan riset kata kunci lokal.

Apabila dilakukan dengan benar, Anda bisa menaikkan peringkat di SERP dengan memasukkan kata kunci lokal di website. Buat daftar kata kunci yang menjelaskan produk atau layanan Anda, lalu tambahkan keterangan berbasis lokasi. Tool SEO seperti Ahrefs bisa membantu mengidentifikasi seberapa baik performa kata kunci berdasarkan volume dan kesulitan pencariannya.

  • Konten yang menyasar pasar lokal.

Menyajikan konten yang ditujukan bagi demografi dan wilayah tertentu akan membantu meningkatkan visibilitas web bisnis Anda. Buat konten yang relevan secara wilayah, yang memenuhi permintaan target audiens Anda. Mulai dari postingan blog dan tutorial hingga studi kasus dan rekomendasi, pastikan untuk memilih topik yang sesuai dengan niche bisnis Anda.

  • Ulasan pelanggan.

Ulasan menunjukkan bahwa pelanggan memercayai bisnis Anda, dan Google juga akan mempertimbangkannya. Jadi, aktiflah meminta pelanggan untuk memberikan ulasan pada bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa melakukannya melalui campaign email, promosi, atau menyediakan halaman ulasan. Karena Google juga mempertimbangkan ulasan pihak ketiga, pastikan Anda selalu memantaunya di website ulasan lain.

Beberapa Teknik SEO Adalah

Di bawah ini merupakan beberapa teknik search engine optimization terbaik yang bisa Anda lakukan.

  • Install plugin Yoast

Teknik pertama ini berlaku secara khusus bagi Anda yang mempunyai web dengan menggunakan WordPress. Plugin ini ternyata menyediakan beberapa fitur menarik yang bisa meningkatkan kualitas dari search engine optimization pada web Anda, salah satu contohnya yaitu bisa menganalisis konten yang Anda miliki.

  • Menambahkan situs pada Google Search Console

Cara selanjutnya Anda bisa menambahkan web atau situs yang Anda miliki pada Google Search Console, platform yang satu ini dulunya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Menariknya platform ini bisa Anda akses secara gratis untuk mengetahui bagaimana kinerja sebuah situs pada ranah organik dari Google. Pada platform ini Anda bisa mengetahui domain yang akan memberikan link ke situs Anda, jika tertarik menggunakan teknik ini sebelumnya Anda harus login terlebih dahulu pada platform yang satu ini.

Anda bisa masuk dengan menggunakan akun Google Anda kemudian buka Webmaster Tools, lalu klik add property, selanjutnya Anda bisa memilih menu ‘Website’ kemudian isi kolom dengan URL web yang Anda miliki. Selanjutnya klik “continue” dan pilih ara verifikasi kemudian Anda bisa menambahkan domain secara terpisah.

  • Membuat sitemap

Teknik selanjutnya, Anda juga bisa membuat sitemap. Apa itu sitemap? Sitemap merupakan sebuah daftar yang berisi semua situs yang dapat diakses oleh para pengunjung maupun mesin pencarian.

Nah jika Anda membuat sitemap ini situs Anda akan mudah untuk ditemukan pada mesin pencarian selain itu juga akan lebih cepat terindeks.

Memasang Google Analytics

  • Memasang Google Analytics

Masih dengan platform Google selanjutnya Anda juga bisa memasang Google Analytics, meski keduanya dinilai mirip nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Google Analytics disini berfungsi untuk mengenal perilaku para pengunjung website. Jadi Anda bisa mengetahui pergerakan dari para pengunjung mulai dari halaman pertama sampai halaman berapa pengunjung menutup web Anda.

Jadi dari sini Anda juga bisa mengetahui kira-kira halaman mana yang paling banyak dilihat atau menghasilkan conversion dan halaman mana yang masih kurang maksimal.

Meningkatkan kecepatan website

  • Meningkatkan kecepatan website

Saat Anda mengakses sebuah web tentunya adanya loading akan membuat Anda sangat sebal. Nah loading ini tentunya akan mempengaruhi jumlah pengunjung juga. Berdasarkan Google menyebutkan bahwa sebanyak 79% dari para pengguna menyatakan kecewa terhadap web yang memiliki loading lama.

Kecepatan web sangat penting sekali, sehingga hal ini bisa menjadi teknik dari SEO yang sangat disarankan.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Keuntungan dan Kekurangan SEO

Keuntungan SEO

  • Mempunyai jumlah pengunjung sesuai dengan target
    Keuntungan yang pertama yaitu Anda jadi memiliki jumlah pengunjung yang sesuai dengan target bahkan diharapkan bisa melebihi. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan dari keyword yang ada pada konten. Berdasarkan teknik ini dimungkinkan pengunjung ini bisa dijadikan sebagai pelanggan maupun calon pelanggan.
  • Biayanya gratis
    Keuntungan lainnya yang dimiliki teknik ini adalah tidak harus membayar iklan media sosial maupun iklan dari Google sehingga biaya yang Anda keluarkan terjangkau alias gratis.
  • Menjadi traffic original
    Selanjutnya keuntungan yang dimiliki teknik ini dapat menjadi traffic original. Jadi pengunjung yang datang pada web Anda ini adalah orang-orang yang membutuhkan informasi yang ditampilkan pada web Anda jadi dapat dikatakan bahwa web yang Anda miliki merupakan jawaban dari permasalahan para pengunjung.

Kekurangan search engine optimization

  • Kompetitif

Seperti yang sudah diketahui banyak sekali web yang memiliki tujuan berada di halaman 1 mesin pencari. Jadi persaingannya memang sangat sengit sekali karena ada yang menargetkan SEO ini di pasar lokal, nasional dan juga internasional.

  • Prosesnya lama

Nah kekurangan selanjutnya yang cukup banyak tidak disukai para pengguna adalah memiliki proses yang cukup lama. Jadi para bisnis online membutuhkan beberapa langkah dan juga efek yang nyata.

  • Tidak instan

Dalam melakukan skill ini, kekurangannya adalah prosesnya yang cukup lama. Search Engine Optimzation membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa di indeks oleh Google.

Berminat Belajar SEO ? Daftar Di Course-Net

Anda mau jago SEO ? Caranya cukup mudah. Anda hanya mengisi form dibawah ini. Customer service kami akan membantu anda. Ikuti berbagai macam kursus digital marketing yang telah disediakan.

Semoga artikel yang kami jelaskan bisa mempermudah anda dalam belajar SEO. Dapatkan informasi IT yang tersedia di Blog Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print