course-net
Search
Close this search box.

Category /

Content Marketing Adalah: Pengertian, Tipe, Peran dan Contoh

Thursday, 4 January 2024

content marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan konten, baik secara tulisan, audio, video, atau gambar. Konten merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi pada orang lain yang melihatnya. Pembuatan dan penyebaran konten sekarang lebih mudah setelah hadirnya internet.

Istilah konten pun tidak bisa terlepas dari bisnis. Sebab, bisnis memiliki kepentingan untuk mengampanyekan produk atau layanan untuk meningkatkan angka penjualan. Tanpa adanya konten, maka bisnis sulit untuk berkembang.

Pengertian Content Marketing

Pada dasarnya, content marketing adalah bagian dari digital marketing yang fokus pada perencanaan, pembuatan dan juga penyebaran konten pada target audiens. Hal ini untuk mendorong mereka, baik mengarahkan, membeli produk ataupun sekadar brand awareness.

Teknik pemasaran ini bukan hanya menyebarkan berbagai jenis konten. Namun terdapat nilai tawar dari konten yang dibuat dan disebarkan. Sebab, tujuan dari konten marketing sendiri juga untuk membangun hubungan yang kuat dengan target audiens.

Dengan kata lain, content marketing adalah suatu proses dalam membuat dan juga menyebarkan konten bernilai dan relevan. Namun proses ini harus Anda imbangi dengan konsistensi dalam menjangkau berbagai target audiens agar nilai konversinya meningkat.

Kunci utama dalam melakukan teknik ini harus mampu memenuhi tiga unsur, diantaranya bernilai, relevan, dan konsisten. Anda harus mempertimbangkan apa saja manfaat konten bagi audiens, lalu adakah keterkaitan konten dengan brand yang Anda bangun.

Konsistensi juga dibutuhkan dalam pembuatan konten agar manfaatnya semakin terasa untuk kelangsungan bisnis. Sehingga konten marketing bisa dikatakan berhasil dalam membangun hubungan jangka panjang terhadap target audiens Anda.

Tipe Content Marketing

Secara umum, tipe content marketing terdapat lima kategori. Untuk mendapatkan penjelasannya secara mendalam, berikut ini penjabarannya satu per satu.

Media Sosial

Media sosial mempunyai peranan penting dalam perkembangan bisnis di era kemajuan digital seperti saat ini. Anda bisa menjadikannya sarana untuk pemasaran produk atau layanan. Terlebih hampir setiap orang mengakses akun media sosialnya secara berkala.

Terlebih saat ini media sosial sudah menawarkan layanan AdSense yang lebih tepat sasaran sesuai target audiens Anda. Namun pembuatan konten juga harus memperhatikan target audiens itu agar mampu memunculkan rasa keingintahuan dari pengguna media sosial.

Blog atau Website

Blog merupakan bentuk yang paling fundamental. Terlebih blog mampu mencakup berbagai informasi yang lengkap. Terkadang pun tujuannya bukan hanya sekadar memasarkan produk, namun lebih untuk menambah wawasan pada pembaca.

Anda bisa menuangkan berbagai informasi dan ide dalam bentuk artikel. Konten yang termuat dalam blog bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, isi konten tidak pernah pudar karena bersifat lebih general.

E-mail

Email menjadi salah satu kriteria content marketing yang banyak digunakan. Bahkan efektivitasnya tidak kalah dari penggunaan media sosial. Sebab, konten email hanya tertuju pada orang-orang yang sudah terdaftar dan menyetujui untuk menerima perkembangan dari pengirimnya.

Bentuk dari konten marketing dalam email ini bisa berupa promosi, pengingat adanya shopping cart, promosi e-book, newsletter, dan sebagainya.

Video

Video menjadi salah satu kategori konten marketing yang populer. Sebab, audiens tidak hanya bisa melihat bentuk tulisan saja, namun ada visualisasinya. Sehingga audiens semakin betah dalam menghabiskan waktu melihat konten daripada sekadar membaca tulisan.

Padahal semakin lama durasi audiens dalam melihat video bisa meningkatkan traffic organic yang menguntungkan untuk bisnis Anda.

E-Book

E-book adalah jenis konten marketing yang memungkinkan audiens untuk memenuhi persyaratan sebelum membacanya. Misalnya dengan mendaftarkan email agar bisa mengaksesnya.

Peran Content Marketing

Peran content marketing sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Kehadirannya bahkan tidak bisa perusahaan anggap sepele karena mencakup beberapa hal berikut ini.

Strategi Jangka Panjang

Salah satu peran dari content marketing adalah bisa menjadi sarana investasi masa mendatang. Terutama jika Anda memproduksi konten yang sifatnya evergreen untuk jangka panjang. Sebab, traffic organic akan selalu bertumbuh melalui teknik SEO.

Berbeda dengan viral marketing yang sifatnya hanya sementara saja. Meskipun mendapatkan traffic yang lebih banyak daripada konten evergreen. Namun evergreen lebih awet untuk menunjang konten bisnis Anda.

Leads dan Conversion

Konten marketing bisa Anda manfaatkan guna mendorong platform lain, misalnya email marketing dan media sosial karena sebenarnya semua sarana pemasaran membutuhkan konten. Melalui konten yang berkualitas, maka traffic yang datang bisa semakin meningkat.

Mengedukasi Calon Pelanggan

Melalui konten yang edukatif dan informatif, Anda sudah membantu menjawab permasalahan audiens. Sehingga bisa membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas terhadap brand Anda.

Hal ini bisa Anda konversikan dengan nilai yang cukup tinggi. Pelanggan pun cenderung semakin bertahan lama karena sudah familiar terhadap produk yang Anda tawarkan melalui konten itu.

Anggaran Lebih Terjangkau

Konten marketing membutuhkan investasi waktu sekaligus sumber daya. Namun bisa lebih terjangkau dibandingkan teknik marketing lainnya. Misalnya iklan konvensional, iklan televisi, dan sebagainya.

Contoh Content Marketing

Memahami penjelasan konten marketing mulai dari pengertian hingga perannya belum cukup tanpa mengetahui contoh content marketing. Beberapa contoh berikut ini bisa menjadi gambaran bagaimana memproduksi sebuah konten yang bertujuan untuk memasarkan produk atau layanan.

Konten Website

Contoh dari content marketing adalah dengan memanfaatkan website. Secara umum, pemasaran menggunakan platform ini biasanya berbentuk tulisan atau copywriting. Website sering kali dimanfaatkan sebagai jembatan antara bisnis dengan pelanggan melalui internet.

Website memiliki laman yang statis, biasanya tidak terlalu mengalami perubahan yang sering. Sehingga copywriting yang menarik mampu membuat pengunjung betah untuk berlama-lama dalam berselancar di website Anda.

Anda bisa menuliskan konten artikel yang panjang namun jelas. Katakanlah Anda mendeskripsikan suatu produk, kemudian menambahkan ajakan agar pembaca tertarik membeli produk tersebut. 

Konten Video

Video belakangan ini menjadi konten marketing yang efektif. Terlebih saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengunggahnya. Misalnya Anda bisa memanfaatkan YouTube, Instagram, dan TikTok.

Namun Anda juga harus membuat konten yang sesuai dengan tiap platform yang digunakan. Katakanlah di Instagram atau TikTok, format video yang dibuat sebaiknya portrait. Sebab, keduanya adalah platform mobile yang lebih mudah diakses dalam posisi portrait. 

Berbeda ketika Anda ingin memanfaatkan platform YouTube, buatlah video dengan durasi panjang menggunakan format landscape. 

Infografik

Tidak hanya konten berupa video dan tulisan saja, Anda juga bisa memanfaatkan infografik sebagai konten marketing. Terlebih saat ini konten visual lebih banyak diminati pengguna daripada konten tulisan. Anda bisa membuat gambar yang jelas, tanpa tulisan yang terlalu banyak agar bisa dipahami meskipun sekilas.

Content marketing adalah pekerjaan yang tidak mudah karena membutuhkan skill khusus. Meskipun tidak memiliki latar belakang bidang ini, Anda tetap bisa berkarir di dunia digital marketing. Caranya dengan mengikuti kursus bersertifikasi di Course-Net untuk menunjang karir Anda di bidang Teknologi dan Informasi.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!