Cyber Security Engineer : Pengertian, Tugas, Skill dan Salary

Pada masa kini yang mana semua hal dilakukan serba digital keberadaan Cyber Security Engineer merupakan jenis praktek keamanan yang harus dikuasai oleh semua orang yang sering menggunakan jaringan internet dalam aktivitasnya.

Hal ini dikarenakan saat semua orang memiliki ketergantungan khususnya pada teknologi terutama untuk membantu melakukan kegiatan harian untuk kepentingan pribadi, perusahaan hingga kepentingan lembaga pemerintah.

Diketahui bahwa teknologi yang bersinergi dengan jaringan internet digunakan untuk melakukan kebutuhan akan transfer data, pencarian informasi, berkomunikasi dengan orang lain sampai untuk melakukan penyimpanan data penting yang menggunakan aneka macam jenis perangkat gadget.

Definisi Lengkap Tentang Profesi Cyber Security Engineer

Definisi Lengkap Tentang Profesi Cyber Security Engineer

Profesi cyber security engineer adalah sebagai posisi keamanan untuk bidang Siber dengan tujuan untuk melindungi data yang ada di komputer, perangkat seluler, sistem elektronik, server dan data penting lainnya dari resiko serangan cyber yang merugikan.

Di Indonesia jenis profesi ini memang belum begitu dikenal luas oleh masyarakat, namun kenyataannya profesi ini memiliki peluang karir yang cukup menjanjikan untuk dijalani.

Peran dari profesi ini terbilang penting terutama untuk jenis perusahaan yang semakin banyak dibutuhkan jasanya di era digital seperti sekarang ini. Maka dari itu, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat kini bisa Kita temui seluruh perangkat gadget dan elektronik bisa terhubung dengan mudah dan dinamis via jaringan internet.

Adapun kinerja dari keamanan Siber ini meliputi instalasi firewall, melakukan backup data, proses multi factor authentication serta hal lain sebagainya yang bisa meminimalisir adanya kejahatan cyber yang masuk ke dalam sistem yang dimiliki dan digunakan.

Profesi ini merupakan jenis bidang yang terus mengalami perubahan dan berkembang dengan cukup pesat karena faktor pengaruh kemajuan dari teknologi serta cyber crime yang ada di saat ini. Kinerja profesi seorang keamanan cyber akan mendapatkan banyak pengaruh dari seberapa kuat sistem pertahanan dan keamanan yang diterapkan di sebuah sistem serta jaringan di perusahaan Anda.

Beberapa manfaat dari keberadaan profesi Cyber Security Engineer diantaranya adalah:

  • Untuk melindungi data penting dan sensitif yang dimiliki dari ancaman kejahatan cyber.
  • Untuk menjaga sisi produktivitas pada sistem dan jaringan sehingga akan terjaga dari Malware dan ancaman cyber lainnya. Hal itu akan menjadikan Anda bisa bekerja dengan lebih baik, lebih aman dan produktif.
  • Jika jaringan mengalami data breach atau eror maka bisa dilakukan pemulihan yang membutuhkan waktu yang lebih singkat dan cepat. Sehingga hasilnya adalah jaringan kembali berfungsi dengan normal dan mencegah adanya kerugian yang harus ditanggung dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Bisa membangun kepercayaan pelanggan karena memiliki sistem keamanan yang kuat dan tangguh. Dimana pelanggan tak akan memiliki rasa cemas ketika data penting dan sensitif yang mereka miliki disalah gunakan oleh hacker. Maka hal itu memberikan keuntungan dimana pelanggan akan jauh lebih percaya pada kinerja keamanan cyber.

Tugas Profesi Cyber Security Engineer

Tugas Profesi Cyber Security Engineer

Untuk lebih memahami seperti apa tugas dan kinerja seorang cyber security engineer, terlebih dahulu ketahui tugas mereka secara menyeluruh.

  1. Melakukan analisis pada sistem keamanan sekaligus melakukan pengembangan secara bertahap.
  2. Melakukan pengawasan pada jaringan dan sistem teknologi serta informasi yang memiliki resiko yang cukup mengganggu keamanan jaringan
  3. Mendukung pencarian peluang dari kelemahan yang dimiliki oleh sistem serta mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul
  4. Mampu melakukan pengembangan pada standar keamanan sistem yang diterapkan
  5. Membuat sebuah laporan keamanan jaringan sekaligus sistem secara detail dan terperinci
  6. Melakukan pengujian pada firmware dan firewall yang secara keseluruhan sudah disesuaikan dengan standar yang berlaku

Tanggung Jawab Profesi Cyber Security Engineer

Tanggung Jawab Profesi Cyber Security Engineer

Selain memiliki tugas dan kinerja secara khusus, profesi ini juga memiliki tanggung jawab secara penuh yang harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Diantara tanggung jawab dari seorang keamanan Siber adalah ;

  1. Profesi cyber security memiliki tanggung jawab penuh untuk mencari solusi yang paling efektif untuk memberikan perlindungan pada perangkat lunak, jaringan sekaligus untuk melakukan pengujian serta analisis resiko yang muncul selama proses tersebut dilakukan.
  2. Profesi ini juga bertanggung jawab pada proses membangun dan memelihara sistem keamanan jaringan yang digunakan oleh perusahaan. Dari mulai proses instalasi firewall, menguji sistem keamanan, melakukan pengujian pada sebuah jaringan, sekaligus untuk mengembangkan naskah automasi yang bermanfaat untuk melacak sebuah masalah yang terjadi pada jaringan.
  3. Tanggung jawab untuk melakukan penerapan dan pengawasan keamanan pada jaringan komputer perusahaan. Selain itu, seorang pengaman Siber juga memiliki tanggung jawab dengan terlibat secara aktif dalam proses riset, desain dan pengembangan arsitektur keamanan dari perusahaan yang menaunginya.
  4. Seorang pengaman cyber juga berperan aktif saat muncul satu masalah yang berkaitan dengan keamanan ataupun serangan cyber yang terjadi. Seorang responden insiden memiliki tanggung jawab yang penting khususnya untuk melakukan edukasi serta untuk mengantisipasi munculnya kejadian atau masalah yang serupa.
  5. Pengaman cyber juga memiliki tanggung jawab seperti layaknya seorang detektif yang bekerja di kepolisian untuk bisa melakukan akses sekaligus analisis bukti dari semua kejadian digital yang menjadi ancaman resiko. Seperti dari akses perangkat penyimpanan data, komputer hingga jaringan yang digunakan.
  6. Tanggung jawab berikutnya adalah untuk melakukan pemeriksaan pada keefektifan sebuah sistem keamanan cyber security yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Sekaligus untuk memberikan jalan keluar terbaik yang bisa membantu meningkatkan sistem keamanan yang lebih baik dari peluang resiko serangan siber yang mengancam.

Daftar Keahlian atau Skill yang Dibutuhkan Untuk Profesi Cyber Security Engineer

Daftar Keahlian atau Skill yang Dibutuhkan Untuk Profesi Cyber Security Engineer

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan mengalami kesulitan untuk mendapatkan seorang tenaga Cyber Security Engineer yang kompeten dan profesional. Diantaranya adalah ketika banyak lulusan yang hanya memiliki kemampuan teknis saja.

Padahal yang dibutuhkan adalah lulusan yang juga memiliki keterampilan lunak atau soft skill untuk mendukung kinerja mereka agar bisa lebih baik hasilnya. Untuk itu harus ada keahlian secara umum dan khusus yang harus dikuasai untuk mendapatkan profesi yang satu ini.

Hard skill untuk profesi pengaman Siber

1. Keterampilan teknis

Dalam bidang keamanan Siber ada banyak sekali sub disiplin yang harus dikuasai dengan baik. Meskipun begitu, secara umum semuanya memiliki dasar teknis yang sama.

Sebagai pemula, seorang Cyber Security Engineer harus memahami perihal arsitektur, administrasi serta manajemen pada sistem operasi yang digunakan. Selain itu pemahaman pada jenis jaringan dan perangkat lunak virtualisasi juga harus dilakukan dengan benar untuk mendukung kinerja yang optimal.

Berbagai hal teknis lainnya seperti memahami konsep pemrograman dan melakukan pengembangan perangkat lunak secara umum serta kemampuan untuk melakukan analitik perangkat lunak juga penting untuk dilakukan.

Selain itu, seorang pengaman Siber juga harus bisa memahami bahasa pemrograman secara umum seperti Java, bahasa assembly dan scripting.

2. Terampil dalam penerapan

Seorang ahli dalam bidang keamanan Siber juga harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pemeriksaan pada pengaturan yang dimiliki oleh sistem keamanan perusahaan dari sudut pandang secara keseluruhan. Meliputi di dalamnya seputar jenis ancaman resiko, spesifikasi, penerapan, melakukan proses uji coba sampai pada proses melakukan penilaian tingkat kerentanan yang dimiliki.

3. Keahlian manajemen

Seorang pekerja keamanan Siber harus memiliki keahlian untuk mengatur serta melakukan koordinasi pada evaluasi resiko teknis, meliputi evaluasi resiko sistem dan jaringan, melakukan uji coba penetrasi, evaluasi aplikasi web, evaluasi rekayasa sosial, evaluasi keamanan fisik, evaluasi keamanan nirkabel dan implementasi solusi infrastruktur yang lebih memadai serta aman untuk digunakan.

Soft skill yang harus dikuasai oleh profesi Cyber Security Engineer

  1. Memiliki antusias yang tinggi untuk mencari tahu pertanyaan yang bersifat teknis dan melakukan pemeriksaan secara mendalam dari semua aspek yang dimilikinya.
  2. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik dan benar.
  3. Mempunyai keterampilan untuk membuat analisis dan diagnosa yang tepat untuk permasalahan jaringan.
  4. Memiliki pemahaman yang luas terkait kerentanan yang dimiliki oleh jaringan secara umum.
  5. Mampu untuk mempertahankan argumentasi tentang kesadaran dan pengetahuan mengenai praktik, standar, prosedur serta metode kontemporer yang digunakan.
  6. Mempunyai keterampilan untuk melakukan presentasi sekaligus gaya komunikasi yang baik untuk berhubungan secara efektif dan efisien dengan pihak manajemen serta klien.
  7. Memiliki kemampuan untuk memberikan penjelasan dengan jelas dan rinci untuk hal yang komplek baik secara tertulis maupun secara lisan.
  8. Memiliki kemampuan untuk memahami dan menggunakan ketrampilan mendengarkan secara aktif dengan benar. Tujuannya untuk memberikan layanan terbaik pada klien atau pelanggan.

Peluang Jenjang Karir dan Penghasilan Cyber Security Engineer

Peluang Jenjang Karir dan Penghasilan Cyber Security Engineer

Meski belum banyak yang tahu, namun peluang kerja untuk karir ini cukup menjanjikan khususnya di bidang teknologi informasi. Kebutuhan untuk tenaga kerja seorang ahli Cyber Security Engineer meningkat tajam di era industry 4.0.

Hal itu terlihat dari tawaran penghasilan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan penghasilan rata-rata dari tenaga kerja bidang teknologi informasi lainnya.

Bahkan tingkat daya saing peluang karir ini terbilang masih cukup rendah. Tercatat di tahun 2015 ada sekitar 209 ribu lowongan menjadi keamanan cyber di Amerika Serikat yang masih kosong. Dan jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Untuk menjadi seorang ahli keamanan Siber, seseorang bisa mendapatkan penghasilan berkisar sebesar Rp.10.500.000,- setiap bulannya untuk profesi tersebut di kawasan DKI Jakarta. Besaran gaji cyber security engineer tersebut bisa berbeda sesuai dengan besaran UMR yang ada di setiap darahnya.

Adapun untuk peluang karir dari profesi ahli keamanan Siber ini diantaranya adalah sebagai berikut lengkap dengan cyber security engineer job description.

  • Konsultan cyber security yang memiliki peran untuk memberikan saran dan jalan keluar untuk keamanan jaringan yang dimiliki perusahaan.
  • Pimpinan pengatur sektor keamanan yang bertugas yang hanya bisa diemban oleh mereka yang sudah berpengalaman lama dalam bidang keamanan Siber.
  • Security engineer merupakan sebuah profesi yang memiliki tugas untuk membangun dan memelihara keamanan jaringan pada sebuah perusahaan.
  • Security architect adalah sebuah profesi yang memiliki tugas untuk melakukan implementasi dan melakukan pengawasan pada jaringan komputer yang dipakai oleh perusahaan.
  • Insident responder adalah pihak yang pertama kali melakukan tindakan jika ada serangan atau insiden Siber sekaligus memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan mencegah terjadinya insiden yang sama di kemudian hari.
  • Computer Forensic Specialist memiliki tugas untuk mendeteksi dan menganalisa bukti yang ada dari berbagai akses jaringan, komputer dan perangkat untuk penyimpanan data.

Itulah penjelasan singkat tentang profesi Cyber Security Engineer yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!