course-net
Search
Close this search box.

Category /

Engagement Rate Adalah: Definisi, Fungsi, & Penghitungannya

Tuesday, 16 April 2024

apa itu engagement rate

Untuk menunjang kebutuhan pemasaran, engagement rate adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan dengan baik. Pengukuran ini menjadi penentu berhasil atau tidaknya program strategi pemasaran seperti kampanye iklan di sosmed misal. Jika Anda termasuk pemasar, maka Anda perlu paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tingkat engagement.

Apa itu Engagement Rate?

Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan tingkat keterlibatan, istilah ini merupakan ukuran seberapa terlibatnya pengguna pada kampanye atau konten baik itu dari influencer, brand atau individu. Metrik yang satu ini sangat penting dimanfaatkan untuk keperluan analisis digital marketing karena bisa mengukur respons, maupun interaksi audiens.

Biasanya Instagram engagement rate mempertimbangkan interaksi seperti suka, bagikan dan komentar. Jika brand Anda punya tingkat engagement tinggi, maka sajian kontennya cukup menarik. Konten yang bisa meningkatkan kesukaan pengguna adalah yang memungkinkan punya engagement tinggi.

Dari metrik ini, kita bisa tahu seberapa berkualitasnya suatu konten dan relevan atau tidak dengan target audiens. Jika Anda ingin mencapai strategi pemasaran yang efektif, maka perlu lakukan pendekatan terhadap peningkatan engagement. Sementara kalau engagement rendah, maka antara konten yang kurang berkualitas atau tidak bisa cukup punya ketertarikan dengan audiens.

Perannya adalah sangat vital untuk langkah-langkah digital marketing. Pemantauan engagement membuat pemasar bisa tahu informasi berharga mengenai perilaku audiens. Pada akhirnya, informasi berharga tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat konten semakin sempurna.

Dari informasi engagement juga bisa membuat Anda mengarahkan dengan baik berbagai teknik pemasaran. Meski perannya sangat penting, tapi engagement bukan hanya menjadi satu metrik utama untuk diperhatikan suatu bisnis. Ada juga metrik penting lain seperti konversi, impressions dan reach.

Mengingat sekarang dunia sudah semakin terkoneksi dengan lingkungan digital, maka marketer sudah seharusnya melakukan pendekatan analisis keterlibatan terhadap program pemasaran. Salah satu yang utama dipelajari yaitu seperti engagement rate TikTok maupun media sosial lain.

Apa Saja Fungsi Engagement Rate?

Cukup banyak fungsi cek engagement rate dan jangan hanya anggap ini sebagai angka biasa saja. Pengukuran satu ini punya fungsionalitas tinggi terutama jika Anda ingin meningkatkan kekuatan pemasaran Anda. Untuk menunjang suksesnya kampanye pemasaran, harus dibekali dengan informasi dari engagement ini. Fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut:

Memahami seberapa jauh terlibatnya pengguna

Sudah pasti kegunaan cek engagement rate TikTok adalah tidak lepas dari mencari tahu sejauh mana user di internet tertarik terhadap publikasi konten kita. Jika keterlibatan yang didapat tergolong tinggi, maka makin besar atensi yang diberikan user terhadap kampanye atau konten terkait. Melalui pendekatan yang cukup sederhana ini, kita bisa lebih mudah menganalisis program pemasaran digital.

Mengevaluasi kekuatan konten

Tidak pasti konten yang sudah di-publish bisa berhasil secara efektif. Ada kalanya kampanye pemasaran tertentu tidak cukup membuahkan hasil yang diharapkan. Jika sudah seperti itu, maka perlu adanya evaluasi agar konten terkait bisa dimodifikasi atau diganti.

Untuk mencari tahu seberapa efektif konten, Anda perlu mengandalkan engagement rate Instagram atau sosmed lain karena bisa membantu evaluasi konten. Jika semisal Anda mendapatkan hasil rendah, maka bisa saja konten Anda kurang menarik minat pengguna. Bisa juga dari kurangnya efektivitas kekuatan interaksi pada kampanye tersebut.

Menentukan sukses tidaknya kampanye

Tiap bisnis punya target tertentu dalam keberhasilan kampanye. Untuk mencari tahu sukses tidaknya program tersebut, engagement rate adalah yang bisa andalkan. Saat diimplementasikan untuk kampanye pemasaran, maka metrik ini bisa membantu menilai sukses atau tidaknya program tersebut.

Untuk kebutuhan profesional, tentunya analisis seperti ini sangat penting diterapkan agar langkah-langkah yang tidak terlalu efektif tidak perlu diterapkan kembali. Selain menunjang efisiensi kerja, sajian konten atau program yang disiapkan bisa berfungsi lebih efektif nantinya.

Mengidentifikasi konten mana yang paling efektif

Berkutat dengan spesifikasi konten adalah hal biasa bagi marketer. Jika kita tidak tahu seperti apa konten yang lebih efektif dan yang cenderung gagal, maka akan mempersulit pekerjaan kita sebagai marketer. Agar lebih mudah melakukan identifikasi spesifikasi konten, disarankan untuk lakukan pendekatan rate engagement.

Komponen yang dinilai dalam TikTok engagement rate atau sosmed lain termasuk tautan, teks, media dan sebagainya. Jika anda sudah dapat hasil dari engagement tersebut, maka Anda bisa mengidentifikasi konten seperti apa yang paling menjanjikan di-upload. Bukan hanya terfokus pada konten saja, tapi juga strategi lain dalam lingkungan media sosial.

Anda bisa identifikasi bagian atau fitur tertentu dalam media sosial yang harus dibenahi baik itu sistem komunikasi, maupun penyesuaian konten.

Bagaimana Cara Penghitungan Engagement Rate?

Agar bisa memanfaatkan hasil dengan baik, Anda perlu tahu cara menghitung engagement rate tersebut, berikut beberapa caranya:

ERP

Metode ERP bisa Anda gunakan untuk menari tahu engagement rate sesuai dengan postingan. Cara menghitung menggunakan ERP yaitu mengalikan total interaksi dengan 100 persen lalu membaginya dengan jumlah followers.

ERR

ERR berarti pengukuran engagement rate berdasarkan reach yang berarti sejauh mana suatu konten pemasaran bisa mencapai user potensial. Caranya dengan mengalikan jumlah total interaksi dengan 100% lalu membaginya dengan total reach konten terkait.

ER Impression

Metode ini mengukur interaksi relatif pada jumlah tayangan post. Cara penghitungannya adalah membagi total interaksi post dengan total impression atau tayangan halaman, lalu kalikan dengan 100 persen.

DER

Kepanjangan dari DER adalah “Daily Engagement Rate”. Metode cek engagement rate Instagram ini mengukur seberapa besar keterlibatan dalam periode harian. Menghitung DER bisa dengan kalikan total engagement (hanya dalam satu hari) dengan 100 lalu bagi dengan followers Anda.

ERV

Penghitungan engagement rate kali ini adalah berdasarkan views sehingga cenderung untuk konten video. Caranya dengan membagikan total interaksi (dalam 1 hari) dengan total views lalu kalikan dengan 100 persen. Itulah beberapa calculator yang bisa Anda coba gunakan. Anda perlu sesuaikan metode dengan platform terkait atau pun visi marketing Anda.

Apa Saja yang Berpengaruh Terhadap Engagement Rate?

Faktor-faktor tertentu yang bisa memengaruhi engagement rate adalah sebagai berikut khususnya pada media sosial:

  • Jumlah comment pada konten
  • Hashtag relevan
  • Berkualitasnya suatu konten, relevan, punya visual menarik dan informatif 
  • Interaksi mendalam 
  • Waktu posting 
  • Jumlah konten yang dibagikan 
  • Total likes konten 
  • Jumlah views video
  • Konsistensi post konten berdasarkan jadwal ideal
  • CTR, aktivitas klik link pada konten 
  • Kampanye yang bisa membangun partisipasi audiens 

Untuk situs web, beberapa faktor yang dapat berpengaruh ke engagement rate adalah seperti berikut:

  • Menarik atau tidaknya media pada situs termasuk grafis, video atau gambar 
  • Kemudahan navigasi web
  • Kecepatan muat ulang halaman
  • Kemudahan membagikan halaman website 
  • Desain situs web yang responsif.
  • Kejelasan CTA
  • Kualitas konten, artikel atau konten yang solutif, relevan dan informatif. 

Memahami seluk beluk engagement rate adalah hal penting bagi mereka yang berkutat dalam digital marketing. Untuk Anda yang ingin mengasah skill IT Anda lebih jauh, Anda bisa andalkan program IT coaching dari CourseNet yang menyediakan beragam paket coaching.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print