course-net
Search
Close this search box.

Korelasi Adalah: Jenis, Arah, Manfaat dan Langkah-langkahnya

Minet

March 27, 2024

apa itu korelasi

Korelasi adalah cara mencari hubungan antara 2 variabel. Korelasi juga merupakan salah satu bentuk serta ukuran yang mempunyai sejumlah variabel pada hubungan yang memakai kata dari korelasi positif. Di dalam konteks teknis analisis, korelasi umum dimanfaatkan untuk mencari hubungan antara 2 variabel dengan sifat kuantitatif.

Ada beberapa macam korelasi yang paling umum digunakan, yaitu korelasi Pearson, korelasi Spearman, korelasi Kendall. Kelebihan penelitian korelasi adalah untuk mengidentifikasi hubungan untuk memberikan pengetahuan baru tentang hubungan variabel tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa simak penjelasan mengenai jenis-jenis, arah dan manfaat metode korelasi di bawah ini.

Jenis-jenis Korelasi

Korelasi memiliki beberapa jenis dengan tujuan yang berbeda-beda dan jenis-jenis dari uji korelasi adalah:

1. Pearson

Pearson adalah jenis korelasi pengukuran dengan tujuan untuk mengukur dari hubungan linier dan variabel X dengan Y. Biasanya kedua pengukuran ini meningkat maupun menurun secara bersamaan dengan garis tegak lurus.

Nah, semakin jauh nilai dengan angka 0, maka hubungannya semakin kuat. Nilai 1 di korelasi ini akan menandakan hubungan linier yang positif, yaitu jika satu variabel bertambah dan variabel lain akan bertambah juga.

2. Spearman

Spearman adalah jenis korelasi untuk metode analisis di statistik yang dengan nilai koefisien yang sama juga dengan jenis korelasi sebelumnya, yaitu 0, 1 serta -1. Bedanya dengan Spearmen yaitu khusus untuk menggambarkan hubungan secara monotonik antar variabel.

Hubungan tersebut akan bergerak ke arah yang sama, namun dengan laju yang konstan. Jika Anda yang sedang belajar analisis data harus coba meningkatkan skillnya melalui kursus online yang tersedia di CourseNet.

3. Kendall

Jenis lain dari koefisien korelasi adalah Kendall dan umumnya hanya berkisar -1 dan 1 sama dengan Spearman. Metode tersebut bisa melihat hubungan dari monotonik dari variabel.

Perbedaannya dengan jenis korelasi sebelumnya hanya di pengolahan nilai rank yang diperoleh dari variabel X serta Y. Sesuai dengan nilai ranking setiap variabel, maka metode korelasi satu ini dapat bekerja dengan data ordinal serta data kontinu.

Jadi, itulah jenis-jenis korelasi yang paling umum dipakai dengan tujuan dan memiliki nilai koefisien yang berbeda-beda.

Arah Korelasi di Penelitian Korelasi

Arah korelasi memiliki 3 kemungkinan yang akan dihasilkan setelah penelitian korelasi dilakukan. Nah, arah-arah analisis korelasi adalah:

1. Nihil (Tidak Ada Korelasi)

Penelitian korelasi nihil atau tidak ada korelasi terjadi jika naik turunnya variabel tidak memberi pengaruh apa pun maupun signifikan di variabel yang lainnya. Hal ini tidak akan memberikan pengaruh atau dampak signifikan dan apa pun dengan variabel yang lainnya.

Artinya tidak ada dampak yang terjadi dan contohnya adalah saat variabel X serta Y yang tidak mempunyai hubungan secara sistematis.

2. Korelasi Negatif

Penelitian korelasi dapat menghasilkan korelasi negatif apabila salah satu variabelnya naik dan variabel lain akan turun. Korelasi negatif adalah kebalikan dari korelasi positif dan contohnya saat turun variabel X, maka variabel Y yang akan naik dan begitulah sebaliknya.

3. Korelasi Positif

Korelasi positif adalah jika penelitian korelasi yang saat kedua variabel yang berhubungan satu dengan yang sama. Dapat dikatakan jika salah satu variabel meningkat, maka variabel lainnya juga akan ikut meningkat. Nah, begitu juga apabila variabel tersebut menurun, maka akan sebaliknya juga dan contohnya adalah naik atau turunnya variabel X akan diikuti oleh naik turunnya variabel Y.

Jadi, itulah beberapa arahan korelasi penelitian yang bisa dihasilkan dan umumnya hasil korelasi adalah dapat berpengaruh atau tidak sama sekali dengan variabelnya.

Manfaat Penelitian Korelasi

Penelitian korelasi juga dapat memberikan banyak manfaatnya bagi para peneliti. Nah, beberapa contoh manfaat dari penelitian korelasi yaitu:

1. Relevan di Dunia Nyata

Penelitian korelasi akan berfokus dengan sejumlah variabel dengan konsekuensi yang praktis di kehidupan secara nyata. Contoh pemanfaatan penelitian korelasi paling umum di kehidupan sehari-hari adalah di bidang kesehatan. Tujuannya untuk membantu memahami pola makan sehat, memberi informasi untuk mendorong kesehatan pasien dan sebagainya.

2. Mengidentifikasi Hubungan

Manfaat lainnya dari korelasi adalah untuk mengidentifikasi hubungan yang tidak terlibat maupun tidak diketahui. Penelitian ini akan memberikan informasi baru tentang hubungan variabel yang tidak terkait. Contoh penelitian korelasi di dunia nyata adalah bisa memperoleh hubungan dari minum kopi dengan produktivitas kerja pada masyarakat.

3. Efisien

Penelitian korelasi akan memerlukan desain, pengaturan serta pengumpulan data yang kompleks. Penelitian ini juga dapat dilakukan secara efisien dan menghemat waktu sampai biayanya.

4. Generalisasi

Penelitian korelasi biasanya akan menunjukkan seperti apa variabel tersebut berhubungan dengan yang lain dalam populasi yang cukup besar. Hasilnya digunakan dalam membuat keputusan maupun pernyataan secara luas dan lebih mudah.

5. Ketebalan Data

Manfaat penelitian korelasi adalah untuk menunjukkan perubahan di dunia nyata. Biasanya penelitian ini menggunakan banyak data empiris dan termasuk dengan sejumlah konteks. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman tentang hubungan dari variabel.

6. Eksplorasi Awal

Penelitian korelasi berguna sebagai langkah awal selama mempelajari suatu fenomena. Apabila Anda sudah mengetahui variabel tertentu telah berkorelasi, maka penelitiannya dapat merancang penelitian yang lebih fokus dan lanjutan.

7. Memberi Hipotesis

Manfaat melakukan korelasi adalah untuk memberikan hipotesis yang diuji selanjutnya. Penelitian ini juga berguna sebagai langkah awal selama proses penelitian yang mendalam atau lebih lanjut tentang fenomena yang diamati oleh peneliti.

Nah, seperti itulah beberapa manfaat melakukan penelitian korelasi yang bisa didapatkan oleh peneliti dan masyarakat.

Langkah-langkah Penelitian Korelasi

Sebelum Anda melakukan suatu penelitian tentu harus memperhatikan langkah-langkahnya. Nah, begini langkah-langkah melakukan penelitian korelasi yang bisa diterapkan:

1. Menentukan Masalah

Umumnya tidak semua permasalahan dapat diteliti menggunakan metode korelasi sebab untuk mengukur tingkat hubungannya saja bukan penyebab atau akibat permasalahannya. Menentukan masalah yang terjadi biasanya sesuai dengan fenomena secara kompleks yang harus diketahui hubungannya.

2. Studi Kepustakaan

Di studi kepustakaan biasanya peneliti mencari sumber referensi untuk acuan melakukan penelitian. Hal ini akan membuat penelitian dilakukan sistematis sesuai urutan acuannya.

3. Metodologi Penelitian

Peneliti harus menentukan metode penelitian yang dipakai dan mereka juga perlu menentukan subjek yang dipakai di dalam penelitian tersebut.

4. Mengumpulkan Data

Langkah berikutnya dari penelitian korelasi adalah mengumpulkan data yang dibutuhkan. Pengumpulan data sesuai dengan variabel yang dipilih dan biasanya akan memakai angket, tes, observasi maupun wawancara. Data tersebut nanti dikumpulkan dengan bentuk angka sebab pada penelitian ini menggunakan mode statistika.

5. Analisis Data

Analisis data di penelitian korelasi merupakan cara mengkorelasi variabel yang satu dan lainnya untuk memperoleh hasil penelitian yang tepat atau sesuai. Penelitian juga bisa menyesuaikan penelitiannya tersebut memakai teknik prediksi, hubungan atau korelasi bivariat.

6. Kesimpulan

Langkah terakhir adalah merangkum kesimpulan secara umum dengan pembahasan tentang penemuan yang didapatkan.

Jadi, korelasi adalah metode pengumpulan data untuk mencari hubungan antara 2 variabel.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!