course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ms Office: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Friday, 2 February 2024 1:45 PM

ms office adalah

Ms Office atau Microsoft Office merupakan perangkat lunak dan juga perangkat server yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Perangkat ini banyak digunakan oleh masyarakat, karena alat ini digunakan untuk mempermudah aktivitas di dunia kerja dan juga pendidikan.

Microsoft Office dulunya hanya tersedia di versi desktop saja, namun sekarang Anda bisa menggunakannya di operasi sistem Windows dan juga macOS. Aplikasinya juga sudah tersedia di Android dan juga iOS. Bagi yang belum memilikinya, Anda bisa download secara mandiri.

Ms Office adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft. Bagian Microsoft yang banyak digunakan adalah aplikasi Microsoft Word. Namun, bukan hanya Microsoft Word saja. Masih ada Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft OneNote dan beberapa lagi. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Microsoft Office Apa Saja?

Untuk menjawab pertanyaan, Ms Office apa saja? Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis dari layanan Microsoft Office yang disiapkan oleh Microsoft:

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah dan juga menghitung data yang bersifat numerik. Dalam lembar Microsoft Excel terdiri kumpulan sel yang disebut dengan kolom. Pengolahan data dengan Microsoft Excel dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sehingga lebih efisien.

2. Microsoft Power Point

Microsoft Power Point merupakan bagian dari Microsoft yang dibiasanya digunakan sebagai alat presentasi dengan sistem multi-slide. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pelajar, pebisnis, pekerja kantoran, pendidik dan juga trainer.

Presentasi dengan menggunakan aplikasi ini akan lebih menarik karena, dapat menggunakan gambar, suara, teks dan juga video. Sehingga presentasi yang dibawakan mendapatkan perhatian lebih dari para audience.

3. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang berfungsi untuk mengetik tulisan dengan berbagai macam format yang sudah tersedia. Aplikasi ini memastikan semua kata yang ditulis oleh pengguna akan sama persis dengan yang di cetak atau dibuka di platform lain. Microsoft Word akan lebih optimal ketika sudah melakukan pembaharuan ke Microsoft yang lebih terbaru dari sebelumnya.

4. Microsoft OneNote

Microsoft OneNote merupakan aplikasi pencatat digital yang dikembangkan untuk menyimpan semua catatan, penelitian, rencana, serta informasi Anda. Selain itu, Microsoft OneNote dipastikan tidak pernah kehabisan kertas.

Microsoft OneNote merupakan catatan digital yang dapat Anda simpan secara online sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di setiap perangkat seluler. Anda juga tidak perlu khawatir hilang karena terselip atau terbakar.

5. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook merupakan aplikasi personal information manager dari Microsoft. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mengirim serta membaca surat elektronik. Aplikasi ini juga mempunyai fungsi kalender, catatan jadwal kerja serta jurnal.

6. Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah aplikasi yang dibuat untuk pekerjaan tim, sehingga Anda dengan tim Anda tetap mendapatkan informasi terupdate dan juga tim Anda akan lebih tertata di dalam satu tempat. Aplikasi ini akan menggabungkan fitur komunikasi kerja, rapat video, penyimpanan berkas dan integrasi aplikasi.

7. Microsoft One Drive

Microsoft One Drive adalah aplikasi layanan yang dapat menghubungkan Anda ke semua file Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menyimpan dan melindungi file Anda dan juga sebagai perantara Anda untuk membagikan file kepada orang lain, serta mengaksesnya dari mana dan di mana saja di semua perangkat Anda.

Cara Menginstal Microsoft Office

Sebelum Anda menginstal Ms Office download atau memperbaruinya, pastikan perangkat PC Anda sudah memenuhi persyaratan sistem. Bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan free download, Anda harus memperhatikan petunjuk penginstalannya. Berikut cara menginstalnya:

  1. Buka website Microsoft Office terlebih dahulu dan jika Anda belum masuk. Anda pilih masuk
  2. Masuk dengan akun yang akan Anda kaitkan untuk menginstal Microsoft Office. Akun yang dapat Anda kaitkan bisa akun kerja, ataupun sekolah
  3. Setelah Anda masuk ikutilah langkah-langkah yang cocok dengan tipe akun yang Anda gunakan
  4. Kemudian pilih aplikasi Microsoft Office yang Anda inginkan untuk melakukan penginstalan
  5. Kemudian tunggu sampai penginstalannya selesai. Dan kemudian ikuti perintah di bagian “instal Microsoft Office”

Langkah-langkah Memperbarui Microsoft 365

Dengan adanya pembaruan akan memperbaiki aplikasi, sehingga lebih cepat dan juga meningkatkan beberapa fitur lainnya. Dengan adanya pembaruan ke Microsoft 365 yang disebut sebagai perkembangan produktivitas, mengenai pembaruan yang dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru, fitur keamanan yang tinggi dan peningkatan kinerja. Hal tersebut akan memudahkan pekerjaan Anda. 

Selain itu, microsoft merilis versi terbarunya yaitu Ms 365, dengan adanya peningkatan keamanan yang lebih unggul. Versi Ms 365 ini juga termasuk semua pembaruan baru. Namun pembaruan bergantung Pada saluran pembaruan aplikasi Ms 365 yang sudah dikonfigurasi. 

Berikut cara atau langkah-langkah memperbarui Microsoft 365:

1. Aktifkan Pembaruan Otomatis untuk Microsoft Office 365

Jika Anda ingin memperbarui Microsoft Office 365 secara otomatis, Anda harus mengetahui bahwa pembaruan otomatisnya sudah diaktifkan terlebih dahulu. Namun apabila belum diaktifkan Anda bisa buka bagian file yang ada di akun aplikasi Office apa pun (Word, Excel, Power Point, atau aplikasi Office yang lain).

Kemudian Anda bisa mengecek pembaruan unduh dan instal secara otomatis yang ada di bawah pembaruan Office. Nah untuk mengaktifkannya, klik opsi pembaruan dan kemudian pilih aktifkan pembaruan. 

2. Instal Pembaruan Microsoft Office 365 Secara Manual

Anda dapat melakukan penginstalan pembaruan Microsoft Office 365 secara manual. Berikut cara dan langkah-langkah melakukan pembaruan Microsoft Office 365 secara manual:

  1. Buka aplikasi Office untuk melakukan pembaruan.
  2. Untuk melanjutkan Anda harus membuka dokumen kosong baru. 
  3. Kemudian pilih berkas 
  4. Klik opsi akun dari menu yang ada di sebelah kiri. 
  5. Kemudian klik perbarui sekarang dari menu tarik-turun opsi penginstalan pembaruan Office. 

Pembaruan Microsoft Office 2023

Adanya pembaruan Ms Office 2023, bertujuan untuk membantu Anda untuk menjaga sistem komputer agar tetap memiliki versi terkini. Anda harus sesegera mungkin melakukan pembaruan jika sudah ada perintah menginstal pembaruan. Hal ini berguna untuk memberikan peningkatan keamanan pada komputer Anda. 

Untuk melakukan pembaruan Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Microsoft Office
  2. Cari halaman unduhan untuk Microsoft Office 2023
  3. Terakhir klik tombol unduh atau download yang sudah tersedia di halaman tersebut
  4. Pilih opsi paket aplikasi sesuai kebutuhan Anda
  5. Untuk menyelesaikan pembaruan, ikuti petunjuk yang di arahkan

Demikian pembahasan mengenai apa itu Ms Office yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam dan lebih luas lagi mengenai Ms Office dan apa saja sistem-sistem yang ada di dalamnya maka Anda bisa mengikuti kursus pelatihan IT di CourseNet.

Mengapa harus di CourseNet? Karena hanya ada di CourseNet Anda dapat belajar bersama dengan para coach kelas dunia yang profesional.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?