course-net
Search
Close this search box.

Home >

NPM Adalah Registri Software Penting, Berikut Penjelasannya

Tuesday, 19 December 2023 1:54 PM

npm adalah

Bila membangun software atau aplikasi dengan Javascript, maka NPM adalah bekal penting yang harus dimiliki dan juga digunakan. NPM ini akan sangat membantu dalam proses pembuatan aplikasi dengan adanya beragam package yang tersedia pada Javascript tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai NPM itu sendiri dan juga bagaimana cara untuk install supaya bisa menggunakannya dengan baik dan maksimal. 

Apa itu NPM? 

NPM adalah sebuah pengelolaan package Javascript bawaan dari Node.js yang sudah cukup populer digunakan dalam pembuatan aplikasi. Package manager itu sendiri sebenarnya merupakan satu tools yang fungsinya untuk mengelola package secara otomatis. Jadi nantinya saat kalian membutuhkan modul tertentu saat membuat aplikasi, secara otomatis bisa kalian tambahkan dengan cepat. 

Bila secara normal pada saat kalian membutuhkan satu modul untuk aplikasi, maka kalian harus download modul secara manual. Tapi ketika kalian menggunakan NPM ini, maka kalian sudah tidak perlu download manual dan bisa langsung kalian gunakan saja. Bahkan kalian tidak perlu memastikan version number dari modul, semua sudah diatur dan dikelola oleh NPM ini. 

Fungsi NPM

Sebagai sebuah package manager memang NPM ini memiliki 2 fungsi utama dalam proses pembuatan aplikasi itu sendiri. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari NPM itu. 

1. Repository

Fungsi ini membuat NPM ini bisa digunakan untuk berbagi beragam package Javascript di npjms.org, jadi baik download atau membagikan bisa dilakukan. Fungsi ini sangat membantu kalian untuk download package yang dibutuhkan pada saat menambahkan fitur pada satu project. Kalian tidak perlu membuat fitur tersebut dari nol, tinggal download dan install package tersebut saja. 

2. Command Line Interface

Command Line Interface berarti NPM adalah tools yang bisa digunakan untuk mengetikkan perintah sama halnya seperti Command Prompt pada Windows. Kalian bisa mengetikkan perintah baik untuk mengelola, mengunduh, memasang, sampai upload package dari Javascript. 

Cara Kerja NPM

Cara kerja NPM sendiri sebenarnya cukup sederhana, karena memang tujuannya untuk memudahkan pembuatan aplikasi dengan package dari Javascript. Berikut ini kami akan jelaskan seperti apa sih cara kerjanya. 

  1. NPM nantinya akan terhubung dengan pusat package Javascript yang berisi beragam modul yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi. 
  2. NPM menjalankan perintah tertentu sesuai dengan kebutuhan kalian dengan mengambil package dari database Repository JavaScript. Package bisa langsung terpasang pada project aplikasi yang sedang kalian kerjakan, jadi tentunya akan jauh lebih cepat dalam membangun aplikasi. 

Untuk NPM bisa bekerja kalian perlu untuk memiliki file Package.json yang berisi beberapa metadata seperti berikut ini. 

  1. Nama Project
  2. Versi 
  3. Deskripsi
  4. Entry Point
  5. Test Command
  6. Repository git
  7. Keyword
  8. Lisensi
  9. Dependency
  10. devDependency

Cara Install NPM

Cara pasang NPM adalah langkah awal untuk bisa menggunakan NPM ini dalam rangka membangun satu project aplikasi tertentu. NPM install adalah langkah penting dan berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana si cara untuk installnya. 

  1. Kalian perlu download NPM installer terlebih dahulu yang tersedia pada situs Nodejs, dan kalian perlu memilih sesuai dengan OS yang digunakan. Selain itu ada 2 versi yakni versi LTS yang sudah lebih stabil atau versi Current yang merupakan versi terbaru. Versi terbaru berisi beragam fitur baru, akan tetapi mungkin masih ada beberapa hal yang tidak stabil saat digunakan. 
  2. Setelah sudah download, kalian tinggal jalankan saja installer tersebut dan tunggu sampai proses install tersebut selesai. 
  3. Kalian bisa cek instalasi sudah berjalan dengan baik atau belum dengan membuka command prompt pada Windows. Setelah itu kalian bisa ketik npm -v atau Node -v dan ketik enter, nanti akan muncul versi NPM yang sudah terinstal. 

Untuk bisa menggunakan NPM maka kalian harus menginstal modul terlebih dahulu, dan caranya pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Langkahnya adalah dengan membuka CLI pada NPM dan kemudian menuliskan npm install <nama modul> atau bisa juga npm i <nama modul>. Bila itu sudah dilakukan, maka kalian sudah bisa menggunakan NPM tersebut untuk membangun aplikasi dengan Javascript. 

NPM adalah tools penting dalam membantu membangun aplikasi, jadi sebisa mungkin kalian install dengan benar. 

Daftar Perintah NPM

Node Package Manager merupakan CLI yang bisa dipakai untuk mengetik perintah dalam membangun satu aplikasi Javascript. Berikut ini beberapa perintah dasar yang ada pada NPM ini. 

  1. Init fungsinya untuk membuat berkas Package.json pada satu project. 
  2. Install <package name> fungsinya untuk memasang dan mendaftarkan package pada berkas Package.json yang sudah dibuat sebelumnya. 
  3. run-script <command> fungsinya untuk menjalankan perintah tertentu pada objek script yang ada pada berkas package.json. 
  4. Uninstall <package name> fungsinya untuk menghapus dan mengeluarkan package dari berkas package.json dan berarti tidak akan digunakan lagi. 
  5. Version fungsinya untuk mengetahui atau melihat versi package yang tersedia baik secara global atau juga secara lokal. 

Manfaat Menggunakan NPM

Sebagai tools yang sangat berguna tentu saja NPM adalah registri software yang sangat bermanfaat terutama untuk membantu membangun aplikasi. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan. 

  1. Kalian bisa menambahkan fitur atau juga modul pada sebuah aplikasi yang sedang dibuat dengan sangat mudah dan cepat. Jadi pembuatan aplikasi lebih mudah dan juga akan lebih efisien waktu dalam pembuatan aplikasi tersebut. 
  2. Membantu untuk memasang dan melepas modul atau package pada saat membuat sebuah aplikasi dengan dasar Javascript. Kalian hanya perlu menuliskan perintah pada CLI yang ada pada NPM tersebut. 
  3. NPM adalah Repository dari beragam package, sehingga kalian bisa menambahkan modul yang bervariasi pada aplikasi. Ini akan membuat aplikasi jadi memiliki beragam fitur tergantung dari kreativitas kalian dalam membuat aplikasi. 

Penerapan NPM untuk Aplikasi Sederhana

Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana penerapan NPM untuk membuat aplikasi sederhana. 

  1. Jalankan perintah untuk membuat program dengan mengetik c:/users/<nama komputer>/ newprogram.js kemudian klik enter. Setelah itu akan ada keterangan untuk membuat file terlebih dahulu, dan kalian perlu klik Yes untuk sistem bisa membuatnya. 
  2. Masuklah ke text editor untuk mengubah kode dari newprogram.js yang sudah dibuat. 
  3. Jika semua kode sudah benar maka kalian bisa coba jalankan programnya, dan nanti program tersebut akan bisa berjalan. 

Membuat aplikasi memang tidak mudah dan menurut kami penggunaan NPM adalah hal penting dan sangat membantu dalam membangun aplikasi. Kalian bisa mempelajari mengenai NPM ini pada CourseNet yang menyediakan materi yang lengkap dan mudah dipahami. Jangan ragu untuk daftarkan diri sekarang supaya bisa memanfaatkan NPM untuk aplikasi lebih bervariatif dan pastinya menarik.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!