course-net
Search
Close this search box.

Home >

OSI Layer: Pengertian Hingga Cara Kerjanya

Wednesday, 3 April 2024 3:10 PM

apa itu osi layer

Ketika menggunakan komputer dalam berkomunikasi, apakah Anda pernah berpikir bagaimana suatu email dapat diterima oleh pengguna yang lain? Ternyata OSI Layer merupakan salah satu komponen dengan peran penting mempermudah komunikasi jarak jauh.

Pesan yang dikirim dari satu perangkat bisa diterima oleh perangkat lainnya pada lokasi berbeda karena adanya OSI Layer. Nah, kali ini Anda bisa mempelajarinya secara lebih mendalam mulai dari pengertian hingga cara kerjanya.

Arti dari OSI Layer

OSI Layer adalah suatu standarisasi jaringan komputer untuk memungkinkan masing-masing user dapat berkomunikasi dengan jarak yang jauh. OSI Layer merupakan singkatan dari Open System Interconnection, yaitu sistem yang didesain oleh ISO (International Organization for Standardization) sebagai suatu model konseptual.

Masing-masing komputer memiliki kemampuan yang berbeda dalam berkomunikasi, tergantung tipe dan mereknya. Contoh, komputer bermerek X belum tentu bisa berkomunikasi dengan komputer bermerek Y. Bisa saja komputer bermerek X hanya bisa berkomunikasi dengan merek sama.

Oleh karena itu masing-masing komputer membutuhkan OSI Layer. Dengan adanya standarisasi ini, masing-masing komputer bisa berkomunikasi memakai bahasa universal TCP (Transmission Control Protocol). Hasilnya, terlepas dari tipe, merek dan sistem berbeda, komputer tetap bisa berkomunikasi dengan komputer yang lain.

Selain OSI, saat ini telah dikembangkan beragam protokol internet baru, khususnya pada perangkat serta sambungan internet modern. Walau demikian, sebenarnya protokol OSI tetap sangat dibutuhkan. Salah satunya guna membantu para pengguna untuk mendeteksi terjadinya masalah pada jaringan.

OSI Layer terbagi atas 7 susunan layer yang berurutan dalam bekerja. Protokol OSI bisa membantu penyelesaian masalah seperti website down, gagal akses internet dan lainnya. Dengan susunan tujuh layer, Anda bisa lebih mudah dalam mendeteksi permasalahan jaringan.

Hasilnya, Anda dapat mengetahui permasalahan dan cara penanganannya yang tepat. Tak hanya kemudahan proses deteksi, bahkan Anda juga bisa mempercepat waktu perbaikannya.

Fungsi OSI Layer

Lalu apa sebenarnya fungsi dari OSI? Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsinya adalah untuk membantu proses deteksi masalah pada jaringan agar lebih mudah. Protokol dengan susunan 7 layer ini Anda bisa menemukan titik awal adanya permasalahan pada jaringan Anda.

Contoh ketika ada gangguan komputer tak bisa mengakses jaringan internet. Gangguan ini awalnya bisa terjadi pada salah satu layer dari OSI. Mengecek susunan struktur layer dari OSI bisa mempermudah Anda dalam mengetahui awal kemunculan gangguan yang dialami.

Namun sebagai informasi tambahan, tak semua komputer serta penyedia jaringan internet saat ini menggunakan protokol OSI. Hal ini disebabkan adanya tipe komputer yang semakin bervariasi hingga membutuhkan protokol yang lebih sederhana. Walau begitu, banyak vendor komputer dan developer jaringan yang masih menggunakan konsep Layer OSI sekalipun tak baku.

OSI Layer 7 dan Penjelasannya

OSI merupakan suatu kerangka konseptual yang terdiri dari 7 layer. Semua susunan layernya berurutan dalam bekerja namun setiap lapisannya memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Berikut pembahasan pengertian OSI Layer dan urutannya dari lapisan ketujuh atau lapisan yang paling atas.

1. Application

Merupakan layer yang menjadi lapisan paling atas, yaitu lapisan ketujuh. Menjadi lapisan terakhir, Application layer merupakan titik terjadinya interaksi di antara pengguna dan aplikasi yang beroperasi memakai fungsi jaringan.

Di layer ini ada beberapa protokol yang dilakukan. Beberapa diantaranya adalah HTTP, FTP, SMTP dan lain-lain.

2. Presentation

Lapisan OSI Layer selanjutnya yaitu Presentation layer yang memiliki tugas dalam mengidentifikasi sintaks suatu host jaringan. Hal ini bertujuan untuk menentukan alamat dari penerima. Presentation layer menyediakan enkripsi data yang nantinya juga digunakan di layer Application.

Proses enkripsi ataupun dekripsi data dijalankan secara otomatis oleh sistem pada layer Presentation. Pada layer ini contoh protokol yang digunakan antara lain MIME, SSL, TLS dan lain-lain.

3. Session

Layer kelima ini berfungsi untuk mengarahkan dialog dan mengelola koneksi suatu device komputer. Selain itu, layer Session ini juga bisa memutuskan koneksi internet dari suatu perangkat. Beberapa protokol yang digunakan antara lain NFS, RTP dan SMB.

4. Transport

Sesuai namanya, tugas dari layer ini adalah menyalurkan bit. Layer Transport nantinya menyalurkan data yang berasal dari server menuju user. Selain itu, layer ini juga memiliki beberapa fungsi spesifik yang lain. Beberapa diantaranya adalah:

– Transmisi data dilakukan oleh layer Transport dari layer session sampai lapisan network layer.

– Memecahkan data menjadi beberapa paket data.

– Memberikan nomor pada masing-masing paket data agar memudahkan penyusunan ulang.

– Melakukan looping transmisi jika ada paket data yang hilang pada proses pengiriman.

5. Network

Fungsi layer ini adalah mendefinisikan IP address. Hal ini bertujuan agar masing-masing komputer dapat saling terhubung pada satu jaringan. Tak hanya itu, fungsi lainnya termasuk memproses routing dan pembuatan header di masing-masing paket data.

6. Data Link

Lapisan kedua OSI Layer adalah Data Link yang bertugas untuk memeriksa adanya kesalahan pada penyaluran transmisi bit data. Umumnya kesalahan dalam menyalurkan transmisi terhadap bit data kerap terjadi di layer pertama.

Oleh karena itu, lapisan ini memiliki tugas untuk mengoreksi kesalahan, pengalamatan hardware untuk MAC address dan mengelola flow control.

7. Physical

Lapisan pertama merupakan lokasi awal transmisi pada bit data. Fungsi dari lapisan pertama ini memakai jenis sinyal yang didukung oleh beragam media fisik. Contohnya seperti frekuensi radio, kabel, infrared, cahaya biasa, sampai tegangan listrik.

Transmisi bit data yang telah berhasil dimulai oleh lapisan ini berikutnya diteruskan pada lapisan kedua. Demikian seterusnya hingga lapisan ketujuh.

Seperti Apa Cara Kerja OSI Layer?

Tentunya Anda penasaran dengan cara kerja dari OSI secara lengkap, bukan? Secara sederhana kerja OSI seperti prosedur dalam pengiriman surat. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

– Pertama data dari user akan diterima oleh Application layer dan dikirimkan ke komputer penerima.

– Selanjutnya, Presentation layer mengonversi format email ke format jaringan.

– Dilanjutkan ke layer kelima, sesi perjalanan data sampai seluruh proses pengiriman data telah selesai dilakukan dibentuk oleh Session layer.

– Berikutnya Transport layer memecah data ke beberapa paket data serta memberikan nomor untuk disusun kembali dilakukan oleh Transport layer pada perangkat penerima.

– Network layer membuat alamat untuk mengarahkan transmisi data sesuai tujuan.

– Pada lapisan Data Link data dibentuk ke format frame dengan alamat fisik.

– Terakhir data nantinya dikirim melalui perantara jaringan ke Transport layer perangkat penerima.

Berikutnya alur proses nantinya berbalik serta berulang dari Physical layer ke Application layer sampai ke jaringan komputer pengguna.

Nah, apakah Anda telah memahami gambaran seperti apa tugas dari OSI ini? OSI merupakan standarisasi jaringan komputer guna berkomunikasi jarak jauh yang saat ini sudah banyak diadaptasi menjadi model prosedur di beragam protokol modern yang lebih simpel.

Demikian pembahasan mengenai OSI mulai dari pengertian hingga cara kerjanya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari banyak hal mengenai OSI Layer maka Anda bisa mengikuti pelatihan IT di CourseNet.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!