course-net
Search
Close this search box.

Home >

Platform Adalah: Definisi, Jenis, Contoh, Fungsi, serta Manfaatnya

Saturday, 8 June 2024 11:40 AM

platform adalah

Platform adalah salah satu istilah dalam teknologi yang saat ini mungkin tidak asing di telinga Anda dan setiap orang. Dalam setiap bidang, khususnya bisnis, platform menjadi salah satu elemen yang menjadi kunci inovasi serta pertumbuhan dan perkembangan bisnis itu sendiri.

Untuk lebih memaknai apa itu platform, dalam kesempatan kali ini akan diulas secara mendalam mengenai definisi dari platform itu sendiri, peran dan fungsinya, jenis-jenisnya hingga manfaat dari platform yang dinilai memiliki pengaruh cukup besar di dalam dunia digital.

Definisi dari Platform

Jika ditelusuri lebih mendalam, definisi dari Platform merupakan sebuah wadah atau sarana yang umum digunakan sebagai salah satu tempat untuk menjalankan sebuah sistem atau tatanan yang sebelumnya telah direncanakan atau diprogram.

Secara garis besar, platform adalah gabungan di antara perangkat lunak atau software dengan perangkat keras atau dikenal dengan nama hardware. Saat ini terbukti banyak sekali bidang yang menggunakan platform sebagai wadahnya, sebut saja bidang bisnis, teknologi, politik, pendidikan dan berbagai bidang lainnya.

Bisa dikatakan jika istilah platform sendiri lebih dikenal dalam bidang bisnis dan juga teknologi, meskipun tak jarang ditemui di berbagai bidang yang lain. Misalnya saja dalam bidang bisnis, platform tersebut dapat berupa sebuah website maupun aplikasi yang membantu penggunanya dalam berkomunikasi, memberikan jasa dan layanan hingga bertransaksi sekalipun.

10 Jenis Utama beserta Contohnya

Setiap jenis platform memiliki karakteristiknya masing-masing dan menawarkan manfaat serta tantangan berbeda, sehingga memungkinkan mereka beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya. Di bawah ini adalah 10 jenis platform dengan penjelasan dan contohnya

platform digital
surce: worldmedia

1. Platform Digital

Platform digital adalah infrastruktur berbasis teknologi yang memungkinkan interaksi dan perdagangan antar pengguna melalui internet. Program-program tersebut biasanya terdiri dari aplikasi atau website yang menawarkan berbagai layanan dan produk.

Contohnya terdapat pada

  • Media sosial: Forum yang memungkinkan pengguna berkomunikasi, berbagi konten, dan berkomunikasi secara global. seperti Facebook, Instagram, Twitter.
  • E-commerce:Situs web atau aplikasi yang menghubungkan penjual dan pembeli untuk membeli dan menjual secara online.seperti Amazon, Tokopedia, Bukalapak
  • Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS):Layanan perangkat lunak yang dapat diakses melalui Internet yang menghilangkan kebutuhan akan kolaborasi dan produktivitas dengan menginstal perangkat lunak fisik. seperti Google Space, Microsoft Office 3652. 

2. Platform Fisik

Antarmuka fisik adalah struktur atau area yang digunakan untuk mendukung aktivitas dan interaksi langsung antar pengguna. Platform fisik adalah suatu struktur fisik yang berfungsi sebagai landasan atau pondasi untuk menopang berbagai hal. Platform fisik dapat berupa struktur bangunan, perangkat keras, atau infrastruktur fisik lainnya yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Contoh pada pusat perbelanjaan pasar tradisional yang menghubungkan penjual dan pembeli serta menawarkan berbagai produk dan layanan di satu tempat. Dan ada transportasi publik seperti kereta api, bus yang membantu masyarakat bergerak melalui jaringan transportasi umum.

3. Platform Hybrid

Platform hybrid menggabungkan elemen digital dan fisik untuk menciptakan pengalaman pengguna. Situs web ini menggunakan teknologi untuk mendukung dan meningkatkan layanan kami.

Contohnya pada sistem perangkat lunak yang menghubungkan pengguna dengan layanan transportasi dan pengiriman barang fisik. seperti ojek online gojek dan grab.Integrasi teknologi pembayaran melalui aktivitas fisik di toko atau tempat layanan disediakan. seperti apple pay, dan samsung pay

4. Platform konten

Akses konten adalah infrastruktur yang mendukung pembuatan, distribusi, dan konsumsi konten digital seperti video, musik, artikel, dan podcast. Dengan platform konten ini memberikan kemudahan akses terhadap konten konten yang sudah dibuat kepada para audiens dengan mendapatkan insight dan juga engagemenet yang menjadi tujuan utama dari konten.

Contoh pada tayangan video seperti YouTube, Netflix. yang menyediakan akses ke beragam video, mulai dari hiburan hingga pendidikan. DanSpotify, Apple Music yang Menyediakan akses ke jutaan lagu dan podcast yang dapat Anda nikmati secara online.

Baca juga : 6 Jenis Konten Sosial Media yang Dicari Netizen +62

5. Platform Komputasi

Jaringan komputer adalah infrastruktur yang menyediakan sumber daya komputasi mulai dari penyimpanan, pemrosesan, dan konektivitas kepada pengguna di Internet.

Contoh Komputasi awan yaitu Layanan Amazon (AWS), Google Cloud Platform (GCP), Microsoft Azure. Dengan menyediakan berbagai layanan komputasi awan seperti penyimpanan data, server virtual, dan analisis data.

6. Platform Pendidikan

Platform pendidikan adalah infrastruktur digital yang menawarkan berbagai pilihan pendidikan dan memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa. Dengan memberikan kemudahan sebagai bahan ajar yang siap untuk diberikan kepada para siswa

Contoh MOOCs (Kursus Online Terbuka Besar-besaran) yang menawarkan kursus online dari universitas dan institusi pendidikan terkenal kepada siswa di seluruh dunia. Alat untuk mengelola, mendistribusikan dan melacak materi pembelajaran dan aktivitas siswa.

7 Fungsi Penggunaan 

 Pada dasarnya Platform adalah sebuah wadah yang memiliki beberapa fungsi utama. Fungsi-fungsi utama dari platform yang perlu Anda pelajari dan pahami lebih lanjut di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Memberikan layanan penyimpanan awan

Salah satu fungsi dari platform yaitu memberikan serta menyediakan layanan penyimpanan awan atau cloud. Di sini Anda dapat dengan mudah menyimpan, mengatur, mengelola hingga mengakses seluruh data Anda yang tersimpan. Intinya, melalui layanan penyimpanan awan ini, pengguna dapat dengan praktis dalam mengakses dan mengelola data dengan lebih fleksibel.

2. Sebagai sumber penyedia fasilitas infrastruktur

Di sisi lain, platform digital adalah salah satu wadah yang bisa difungsikan sebagai salah satu sumber yang menyediakan fasilitas infrastruktur. Fasilitas infrastruktur ini sendiri meliputi, server, jaringan maupun sumber daya komputasi serta berbagai macam fasilitas infrastruktur lainnya yang berkaitan dengan teknologi.

3. Wadah untuk komunikasi dan interaksi bagi para pengguna

Platform juga memiliki fungsi sebagai salah satu wadah yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi di antara para pengguna yang ada. Salah satu platform yang sering Anda jumpai untuk keperluan komunikasi dan interaksi adalah platform media sosial.

4. Memfasilitasi berbagai layanan bidang pendidikan

Saat ini mengenyam pendidikan tidak hanya dilakukan secara tatap muka saja atau dengan melakukan pertemuan langsung. Hal ini dikarenakan platform juga memiliki fungsi dalam menyediakan dan memfasilitasi layanan dalam bidang pendidikan, sehingga memudahkan adanya jalinan interaksi antara tenaga pengajar dengan siswanya.

5. Media untuk membentuk sebuah komunitas digital tertentu

Setiap orang tentu memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda-beda. Dalam hal menyatukan berbagai orang dengan satu kesamaan hobi dan kegemaran, platform adalah salah satu media atau sarana yang dapat digunakan dalam membentuk sebuah komunitas tertentu dalam dunia digital.

6. Memberikan layanan nonton streaming

Bagi Anda yang suka menonton video mulai dari drama, sinetron dan berbagai jenis video menarik lainnya, platform streaming memiliki fungsi dalam menyediakan dan memberikan layanan yang membuat Anda bisa menonton berbagai konten mulai dari video, musik dan lainnya secara online.

7. Sebagai sarana bertransaksi

Fungsi lainnya dari platform adalah sebagai salah satu wadah atau tempat bagi para penggunanya untuk melakukan proses transaksi. Umumnya platform seperti jasa keuangan hingga e-commerce menyediakan layanan tersebut, sehingga memudahkan para penggunanya dalam melakukan transaksi.

Manfaat dari Platform

Sejatinya, platform online adalah sebuah wadah yang menyediakan sarana berkomunikasi, bertransaksi hingga mengakses layanan secara digital yang dapat memberikan berbagai layanan, aplikasi, atau fungsi untuk beroperasi di dalamnya. Berikut 10 keuntungan menggunakan platform ini

manfaat platform
source: justwebworld

1. Mudah digunakan

Platform ini memungkinkan akses mudah dan cepat ke berbagai layanan dan informasi melalui satu titik akses. Melalui platform, Anda dan para pengguna dapat dengan praktis dan mudah dalam mengakses ke berbagai jenis informasi maupun layanan yang Anda butuhkan kapan pun dan di mana pun. Ini tentu menjadi salah satu manfaat yang menguntungkan bagi Anda dan para pengguna lainnya.

2. Lebih Hemat

Menggunakan platform dengan tepat secara tidak langsung juga dapat membuat Anda dan pengguna menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Adanya berbagai sumber daya yang bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Dalam platform ini membuat Anda bisa mengurangi pengeluaran berupa pemeliharaan software hingga biaya-biaya sumber daya lain yang umum dibutuhkan.

3. Efisiensi

Dengan menggunakan platform, pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga dengan mengakses berbagai layanan dan informasi dari satu tempat tanpa harus mengubah aplikasi atau sistem. Platform memungkinkan berbagai aplikasi atau layanan untuk berkembang dan berkomunikasi satu sama lain, menciptakan ekosistem yang lebih besar dan berguna.

4. Fleksibilitas 

Platform sering kali menawarkan berbagai opsi konfigurasi dan integrasi yang memungkinkan organisasi atau pengguna menyesuaikan penggunaan platform dengan kebutuhan mereka. Platform dapat dengan mudah disesuaikan dengan perubahan kebutuhan, baik jumlah pengguna, volume data, atau kemampuan tambahan.

5. Inovasi

Platform ini memungkinkan kolaborasi dan pengembangan terbuka, yang memungkinkan inovasi lebih cepat dan serbaguna, karena banyak pihak dapat berpartisipasi dalam pengembangan dan peningkatan platform.

6. Analitik dan Pemantauan

Platform sering kali menyediakan alat analisis bawaan yang memungkinkan pengguna memantau kinerja, perilaku dan tren pengguna, sehingga memberikan informasi berharga untuk pengambilan keputusan. Platform sering kali menyediakan alat pengembangan dan infrastruktur yang dapat ditemukan yang mempercepat pengembangan dan peluncuran aplikasi baru.

7. Keamanan

Platform dapat memberikan lapisan keamanan tambahan, termasuk otorisasi, autentikasi, enkripsi, dan kontrol keamanan, untuk melindungi informasi sensitif. Dengan sistem keamanan ini user akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan platform yang memiliki tingkat keamanan data tinggi.

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Cyber Security yang Lebih Baik

8 Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Dengan menyediakan akses yang mudah, integrasi yang lancar, dan banyak fitur tambahan, platform dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan serta meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Di samping itu, keberadaan platform juga bisa membuat kinerja bisnis yang Anda jalankan semakin meningkat. Hal tersebut sedikit banyak akan memberikan kemajuan pada bisnis atau usaha yang Anda kelola tersebut.

Kesimpulan

Melalui pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan jika platform adalah sebuah elemen dalam teknologi yang berperan penting dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang bisnis dan teknologi. Untuk mempelajari platform lebih jauh atau berbagai topik lainnya yang berhubungan dengan teknologi dan informasi, dengan mengikuti coaching maupun kursus di CourseNet diharapkan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?