course-net
Search
Close this search box.

Home >

Rest API Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Tuesday, 9 January 2024 1:57 PM

rest api adalah

Rest API adalah singkatan dari Representational State Transfer Application Programming Interface yang merupakan sebuah layanan website yang memanfaatkan permintaan http untuk bisa melakukan operasi membaca, membuat, memperbaharui dan menghapus kumpulan data. Untuk bisa menggunakan layanan ini dengan baik maka baca ulasan berikut ini.

Apa Itu Rest API?

Apa itu Rest API? Rest API merupakan gaya arsitektur yang saat ini populer karena bisa digunakan untuk membangun sebuah sistem yang terdistribusi di sebuah website. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perangkat lunak sehingga bisa berinteraksi secara terprogram dengan aplikasi website.

Rest API mempunyai rancangan yang sangat sederhana dan fleksibel. Sehingga pengguna yang ingin membangun aplikasi bisa bekerja dengan memanfaatkan berbagai macam bahasa pemrograman. Ada berbagai macam fitur yang bisa digunakan pada layanan. Ada 4 metode yang bisa dipakai pada layanan ini yaitu Delete, PUT, POST dan GET.

Selanjutnya bagi yang ingin tahu apa itu API berikut penjelasannya singkatnya. Jadi API (Application Programming Interface) adalah sebuah interface atau antarmuka yang fungsinya untuk menghubungkan aplikasi-aplikasi.

Fungsi Rest API

Setelah mengetahui pengertian Rest API selanjutnya perlu mengetahui juga fungsi Rest API dan fungsinya sendiri adalah bisa membuat sistem perangkat lunak yang tidak sama untuk berkomunikasi dan juga bertukar data melalui website. 

Rest API menyediakan cara paling sederhana untuk pengguna agar nantinya lebih mudah meminta data. Selain itu, melakukan berbagai macam tindakan di server lewat permintaan HTTP. Rest API juga bisa memisahkan masalah antara server dan klien sehingga mereka pengguna bisa mengembangkan dan memelihara server maupun klien secara mandiri. 

Logika sisi klien nantinya bertanggung jawab menampilkan data untuk pengguna dan juga menangani input pengguna. Sedangkan logika sisi server memiliki tanggung jawab untuk mengelola sumber daya dan melakukan tindakan terhadap sumber daya tersebut. Pemisahan ini bisa membuat pengembang mampu membangun sistem yang lebih terorganisir.

Fungsi lain Rest API adalah bisa mendukung pemakaian metode HTTP untuk melakukan operasi buat, terbaru, baca, hapus pada kumpulan data. Fungsi ini memungkinkan pengembang bisa membangun sebuah aplikasi yang mudah dipakai dan juga mudah diintegrasikan dengan sistem lainnya. Rest API juga mampu meningkatkan performa sistem atau aplikasi dengan cara mengurangi jumlah permintaan pada saat proses pengambilan data.

Cara Kerja Rest API

Cara kerja Rest API melibatkan beberapa permintaan dan juga respon HTTP antara server dan juga klien. Klien di sini adalah perangkat atau aplikasi yang ingin melakukan interaksi dengan sumber data atau sumber daya yang disediakan server lewat API. Untuk tahu lebih jelas mengenai cara kerja layanan ini bisa baca penjelasan lengkapnya berikut ini.

Permintaan HTTP dari Klien

Klien membuat permintaan HTTP terlebih dahulu ke bagian server untuk bisa mengakses dan memanipulasi sumber data tertentu. Ada beberapa contoh permintaan HTTP yang dipakai pada metode RST API ini. Contohnya adalah mendapatkan data atau GET, mengirim data baru atau POST, memperbaharui sumber daya yang ada atau PUT dan juga menghapus data atau DELETE.

Klien yang sudah melakukan salah satu permintaan tersebut nantinya akan mengirim permintaan ke bagian server dengan menyertakan endpoint atau URL sesuai dengan sumber data yang ingin klien akses. Saat menuliskan URL ini sebaiknya dilakukan dengan benar karena data yang diminta tergantung dari URL yang disertakan klien.

Proses Permintaan di Bagian Server

Setelah permintaan sudah dikirimkan klien, proses kerja Rest API adalah server akan menerima permintaan tersebut dan langsung memproses permintaan klien sesuai dengan endpoint atau metode yang diberikan oleh klien. 

Server selanjutnya akan mengambil data yang ada di database yang diperlukan untuk memenuhi permintaan klien. Server juga bisa melakukan operasi lainnya yang bisa memenuhi permintaan tersebut.

Setelah server memproses permintaan selanjutnya server akan membuat respon yang tepat sesuai dengan permintaan. Respon yang dihasilkan server ini biasanya berupa data yang diminta klien. Bisa juga berupa konfirmasi yang menyatakan operasi yang dilakukan klien sudah berhasil dilakukan. Proses ini biasanya tidak memakan waktu yang lama hanya hitungan detik saja.

Server Mengirimkan Respon ke Klien 

Proses selanjutnya pada Rest API adalah server akan mengirimkan respon langsung ke client lewat HTTP. Respon yang dikirimkan server ini berisi status kode HTTP yang dapat menunjukkan informasi mengenai sukses dan tidaknya permintaan yang dikirimkan klien. Saat mengirimkan respon ini juga disertakan data yang diminta klien atau informasi lain yang berhubungan dengan permintaan klien.

Klien yang menerima respon tersebut nantinya akan memproses sesuai kebutuhan. Misalnya untuk klien yang mengirimkan permintaan GET maka akan mendapatkan data yang bisa dipakai untuk menampilkan semua informasi yang dibutuhkan pengguna. Klien atau server nantinya bisa melakukan interaksi lainnya seperti mengirimkan permintaan tambahan atau melakukan operasi lainnya.

Perbedaan Rest API Dan Restful API

Sebelum menggunakan layanan ini juga perlu mengetahui perbedaan Rest API dan Restful API agar nantinya tidak salah menggunakan layanan untuk memenuhi kepentingan atau kebutuhan. Rest API lebih menekankan pemakaian metode HTTP untuk melakukan serangkaian operasi pada sumber daya. Rest API juga lebih memilih menggunakan URL yang berbasis sumber daya dan pemakaian tautan hypermedia untuk menavigasi antar sumber data atau sumber daya.

Sedangkan Restful API merupakan implementasi yang lebih spesifik dari Rest API yang mengikuti semua batasan dan juga pedoman yang ada di Rest API. Restful API akan menyediakan berbagai macam cara yang standar untuk mempermudah proses interaksi dengan sumber daya lewat website. Selain itu, Restful API juga akan memudahkan klien untuk memanipulasi sumber data atau mengakses sumber daya memakai metode URL dan HTTP berbasis sumber daya.

Perbedaan lain Rest API adalah mendefinisikan serangkaian panduan dan batasan untuk membuat sebuah layanan website. Kalau Restful API tidak seperti itu karena instrumen ini hanya implementasi khusus Rest API. Yang mengikuti semua batasan dan juga paduan pada Rest API. 

Restful API juga menyediakan berbagai macam cara untuk mempermudah proses interaksi dengan sumber daya melalui website yang nantinya akan memudahkan klien saat mengakses dan juga memanipulasi sumber tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan tersebut bisa disimpulkan bahwa Rest API hanya sekumpulan batasan dan juga panduan untuk menciptakan layanan website. Restful API merupakan implementasi dari Rest API yang menyediakan cara lebih standar dan lebih seragam untuk mempermudah proses interaksi. Dengan sumber daya yang ada di website sehingga klien tidak mengalami kesulitan saat mengakses sumber daya.

Agar lebih menguasai dan memahami Rest API ada cara mudah yang bisa digunakan dan cara cepat menguasai Rest API adalah dengan mengikuti kursus IT di Course-Net. Ada beberapa kategori kursus yang dapat diambil seperti Cyber Security, Fullstack Javasricpt Web Developer dan lain sebaiknya. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai kursus yang bisa dilakukan di tempat ini tinggal kunjungi saat website resminya.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!