course-net
Search
Close this search box.

Home >

Situs Influencer Bagi Anda Yang Ingin Memiliki Penghasilan

Saturday, 11 May 2024 10:10 AM

freelance

Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang influncer? sebenernya apa aja sih yang perlu disiapkan untuk menjadi influencer. untuk posisi sebagai fluencer banyak bisa yang anda isi untuk posisi tersebut.

Influencer

Influencer adalah sebutan bagi pekerjaan seseorang tanpa terikat dengan perusahaan. artinya dengan pekerjaan ini anda bisa melakukan tugas tersebut tanpa harus menjalin ikatan secara waktu terhadap suatu perusahaan maupun brand tertentu. Untuk menjadi influencer sendiri anda harus memiliki sosial media yang aktif dan memiliki jumlah pengikut yang banyak. Hal ini diperlukan karena anda akan menjadi publik figure untuk bisa mempromosikan suatu brand yang bisa anda melakukan kerja sama sesuai kesepakatan diantara dua belah pihak antara anda dengan brand perusahaan.

Syarat untuk menjadi fluencer sendiri memang begitu menjadi klasifikasi yang cukup intens. seperti jumlah pengikut lebih dari 1.000, 10.000, 100.000, hingga mencapai 1juta followers. Tetapi hal itu tidak menjadi hal berat bagi anda yang tertarik di dunia konten, jika anda adalah seseorang yang hobi membuat suatu konten sudah pasti hal tersebut sejalan dengan hobi anda dan bisa menghasilkan uang bagi anda.

Situs Web Influencer

Jika anda mencari peluang untuk bisa meningkatkan penghasilan anda sebagai seorang influencer, Berikut situs web yang bisa anda gunakan dalam mencari mitra client ataupun brand yang akan anda ajak untuk bisa berkolaborasi dan meningkatkan portfolio anda sekaligus memiliki penghasilan dari hasil kerja sama dengan pihak tersebut.

1. Behance

behance adalah
source: behance

Behance bukan hanya platform untuk menyajikan portofolio, tetapi juga sering kali menjadi tempat klien mencari pekerja lepas berbakat. Bersama Behance, para freelancer kreatif di Indonesia bisa menarik perhatian klien di seluruh dunia. Penghasilan sangat bervariasi tergantung pada proyek dan negosiasi, tetapi pekerja lepas yang berbakat bisa mendapatkan proyek dengan bayaran tinggi.

2. Job Street

jobstreet adalah
source: jobstreet

JobStreet, salah satu situs pencarian kerja terbesar di Indonesia, yang juga menyediakan segmentasi untuk pekerjaan freelance. Di sini, freelancer bisa menemukan berbagai proyek lokal dengan bayaran yang kompetitif, dari berbagai industri. Gaji yang bisa didapat juga bervariasi, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 20 juta, tergantung pada proyek dan negosiasi.

3. Simply Hired

simply hired adalah
source: simplyhired

SimplyHired tidak hanya sekedar situs kerja tetapi juga menawarkan berbagai proyek freelance untuk para freelancer asing, termasuk yang berasal dari Indonesia. Platform ini memungkinkan Anda mencari pekerjaan dengan mudah menggunakan filter yang dapat disesuaikan. Tentu saja hal ini memudahkan para freelancer Indonesia untuk menemukan proyek yang relevan. Gaji di situs ini berkisar dari $5 per jam hingga lebih dari $100 per jam, tergantung pada industri dan pekerjaan.

4. Workana

workana adalah
source: workana

Workana adalah platform website freelance Indonesia yang menghubungkan freelancer dengan proyek di Amerika Latin dan seluruh dunia. Meski fokusnya bukan di Indonesia, namun banyak freelancer Indonesia yang berhasil memasuki pasar internasional melalui Workana. Situs web ini menawarkan berbagai proyek, mulai dari desain grafis hingga pengembangan web. Freelancer dapat memperoleh penghasilan mulai dari $5 hingga $150 per jam tergantung pada proyeknya.

5. Toptal

toptal adalah
source: toptal

Toptal adalah platform yang khusus ditujukan untuk pekerja lepas berkualifikasi tinggi di bidang pemrograman dan pengembangan web. Meski persaingan tinggi, namun gaji yang ditawarkan sangat tinggi dan kompetitif. Toptal memilih pekerja lepas melalui proses seleksi yang ketat untuk memastikan hanya talenta terbaik yang bergabung. Dengan berfokus pada talenta terbaik, pekerja lepas dapat memperoleh antara $50 dan $250 per jam.

Tips Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer adalah cara menarik untuk membangun kehadiran online yang kuat dan mendapatkan pengaruh di platform media sosial. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memulai perjalanan Anda sebagai influencer

1. Pilih niche atau topik yang tepat

Sesuaikan bidang minat atau niche yang ingin Anda fokuskan. Pilih topik yang Anda kenal dan Anda memiliki pengetahuan mendalam tentangnya. Misalnya fashion, kecantikan, kebugaran, travel, parenting, memasak, atau topik lainnya yang sesuai dengan minat dan passion Anda.

Baca juga: Affiliate Marketing Adalah : Tips Menjadi Afiliator Sukses

2. Buat Konten Berkualitas

Konten adalah kunci terpenting untuk membangun kehadiran online Anda. Pastikan konten yang Anda buat relevan, menarik, dan bermanfaat bagi audiens Anda. Gunakan foto dan video berkualitas tinggi dan pertahankan gaya estetika atau visual yang konsisten.

3. Konsistensi Postingan

Konsisten dengan memposting konten secara rutin. Jadwalkan postingan untuk mempertahankan kehadiran online Anda dan terus melibatkan audiens Anda. Konten yang konsisten membantu membangun kepercayaan dan loyalitas di antara pengikut Anda.

4. Berkomunikasi dengan pengikut Anda

Berinteraksi secara aktif dengan pengikut Anda. Kami akan menanggapi komentar, balasan, dan pesan dengan baik dan jujur. Memperhatikan audiens Anda dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka akan meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengikut Anda.

5. Gunakan hashtag yang tepat

Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan konten Anda. Memilih hashtag yang populer namun relevan dengan konten Anda akan membantu orang menemukan Anda jika mereka tertarik dengan topik yang Anda bagikan.

6. Berkolaborasi dengan influencer lain

Bangun hubungan dengan influencer lain di niche yang sama atau terkait. Dengan berkolaborasi dengan influencer lain, Anda dapat memperluas jangkauan dan bertemu audiens baru.

7. Gunakan beberapa platform

Selain berfokus pada satu platform, gunakan beberapa platform media sosial untuk mengembangkan kehadiran online Anda. Selain Instagram, Anda juga bisa menggunakan YouTube, TikTok, dan blog untuk menyampaikan konten Anda.

8. Bersabar dan konsisten

Menjadi seorang influencer tidak terjadi dalam semalam. Bersabarlah dan konsisten dalam upaya Anda. Membangun audiens yang besar dan terlibat membutuhkan waktu.

9. Pelajari cara menganalisis dan meningkatkan

Pantau kinerja konten Anda menggunakan data analitik yang disediakan oleh platform. Selidiki tren dan pola keterlibatan dan sesuaikan strategi Anda berdasarkan wawasan ini.

10. Jujur dan transparan

Jadilah diri sendiri dan transparan terhadap pengikut Anda. Orang-orang tertarik pada influencer yang nyata dan tulus. Ingatlah bahwa menjadi seorang influencer membutuhkan dedikasi, waktu, dan kerja keras. Fokus untuk memberikan nilai kepada pengikut Anda dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka.

Kesimpulan

Menjadi seorang influencer memang terdapat beberapa kriteria, Salah satunya harus memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak. Semakin banyak jumlah pengikut anda di media sosial maka semakin besar juga penghasilan yang bisa anda dapatkan. Hal ini karena pihak brand maupun perusahaan melihat potensi product nya untuk bisa dilihat banyak orang, karena itu banyak brand yang mengutamakan jumlah pengikut maupun dari niche yang anda tawarkan kepada pengikut anda di media sosial. Anda juga dapat mempelajari digital marketing lebih lanjut dengan Mengikuti Kursus Digital Marketing yang dapat meningkatkan kesadaran anda terkait dengan promosi pada media sosial maupun strategi campaign dan analisa trafic pasar pada media digital.

 

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?