course-net
Search
Close this search box.

Home >

Affiliate Marketing Adalah : Tips Menjadi Afiliator Sukses

Thursday, 18 January 2024 2:05 PM

Affiliate Marketing Adalah

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah affiliate. Affiliate marketing adalah salah satu strategi yang digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan pembelian sehingga mendapat penghasilan secara relatif cepat.

Penasaran dengan apa sih, affiliate marketing itu? Simak ulasan berikut ini!

Definisi Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis online yang dimana seseorang atau afiliator akan mempromosikan suatu produk dari perusahaan lain dan mendapat komisi setelah berhasil menjual produk tersebut. Model bisnis ini menjadi salah satu strategi yang populer dan paling sering diterapkan dalam sebuah bisnis dan.

Kepopulerannya disebabkan oleh keuntungannya, yang dimana perusahaan dan afiliasi sama-sama saling menguntungkan. Perusahaan yang menambah penjualan dan mendapat lebih banyak pemasaran, sedangkan afiliator mendapatkan pendapatan tambahan tanpa harus repot memulai bisnis dari awal.

Model bisnis ini bisa sukses jika strategi pemasarannya efektif, pemilihan produk yang relevan, dan juga bagaimana afiliator membangun brand tersebut kepada konsumen. Menurut CJ Affiliat, pemasaran afiliasi adalah proses promosi dari produk maupun jasa yang memiliki tiga sisi yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen.

Strategi yang Diperlukan Oleh Afiliator

Anggap saja Anda adalah seorang blogger. Anda berencana menjalin kerja sama afiliasi dengan suatu brand untuk mempromosikan produk mereka di situs Anda. Berikut tips-tips manjur untuk Anda agar lebih mudah dalam mendatangkan klien/pelanggan.

1. Membuat Konten Berkualitas

Ada banyak alasan mengapa content marketing adalah kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan kerja sama afiliasi.

Pertama, konten yang berkualitas akan lebih mudah dalam menarik perhatian para pembaca dan menaikkan traffic website. Kedua aspek ini nantinya menentukan seberapa banyak komisi yang Anda dapatkan dari program pemasaran afiliasi.

Kedua, merchant lebih suka bekerja sama dengan pembuat konten (content creator) yang benar-benar memahami apa yang dilakukan. Tidak ada merchant yang ingin berkolaborasi dengan blogger yang menghasilkan konten berkualitas rendah.

Oleh karena itu, Anda harus memberi jaminan bahwa konten dan postingan promosi yang dibuat memiliki kualitas unggulan.

2. Menerapkan SEO

Sebagai seorang afiliator, Anda ingin agar produk yang dipromosikan bisa menjangkau berbagai kalangan dan audience. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi SEO.

Dengan kualitas SEO yang baik, peringkat blog dan postingan yang dibuat akan menuai hasil yang bagus di mesin pencari. Terlebih lagi, postingan akan muncul di pencarian yang terkait dengan target pasar Anda.

Gunakanlah keyword atau kata kunci yang punya relasi dengan produk yang akan dipromosikan. Setelah itu, terapkan prinsip SEO, optimasi konten, dan lacak kenaikan trafik.

3. Menggunakan Media Sosial

Membuat konten berkualitas di website tidaklah cukup. Anda perlu menerapkan strategi media sosial untuk bisnis, karena media ini merupakan salah satu tool pemasaran lainnya yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Untuk mendatangkan lebih banyak trafik dan memperluas cakupan audiens, bagikanlah postingan blog Anda di media sosial. Susunlah sebuah strategi dan pastikan postingan Anda bisa menjangkau sebanyak mungkin orang dan mendapatkan engagement yang memuaskan.

4. Upselling

Dengan metode upselling, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena menjual suatu produk dengan harga yang lebih mahal. Namun, menerapkan metode ini bukan berarti Anda bebas ‘menjelek-jelekkan’ kualitas produk yang lain.

Berilah penjelasan singkat kepada para pelanggan mengapa produk yang dipromosikan lebih layak dibeli dan mampu memenuhi kebutuhan atau menjadi solusi bagi permasalahan mereka.

Pelanggan yang tadinya hanya ingin sekadar melihat-lihat bisa berubah menjadi pelanggan setia. Karena merasa menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut tidaklah sia-sia, mereka akan kembali lagi dan membelinya atau mengecek produk yang lain.

Cara Kerja Afiliasi

Jika Anda ingin menjalankan model bisnis affiliate marketing, Anda harus mendaftarkan diri ke perusahaan atau web afiliasi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link afiliasi.

Dari link afiliasi tesrebut, Anda dapat mulai mempromosikan barang  atau jasa yang ada melalui berbagai platform. Platform tersebut dapat berupa situs web, media sosial, atau forum online lainnya. Setiap terjadi pembelian melalui link afiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

Komisi yang diterima biasanya berbeda tergantung dari produk atau jasa yang ditawarkan. Affiliate marketing adalah model bisnis yang relatif mudah, karena para pemula pun dapat melakukannya dan juga mendatangkan penghasilan pasif.

Baca juga : Digital Marketer Adalah : Pengertian, Prospek Karier dan Job Desknya

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam affiliate marketing, yaitu :

1. Kelebihan

  • Menjalankan model bisnis ini tidak membutuhkan biaya sama sekali. Afiliasi hanya perlu fokus pada promosi dan pemasaran.
  • Seorang afiliator dapat bebas memilih produk apa yang ingin dipromosikan sesuai dengan target audiens yang diinginkan.
  • Affiliate marketing sangat mudah untuk dimulai. Pemula pun dapat berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar jika menekuninya.
  • Ada banyak produk yang bisa Anda tawarkan.
  • Model bisnis ini sangat fleksibel yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

2. Kekurangan

  • Afiliasi bergantung pada komisi sehingga penghasilannya tidak tetap. Jika perusahaan memutuskan untuk mengubah komisi atau menghentikan program afiliasi, maka pendapatan afiliasi dapat terpengaruh.
  • Menjalankan model bisnis ini tidak bisa langsung berhasil. Strategi promosi harus dijalankan secara matang agar sukses diterima oleh audiens.
  • Persaingan pun juga banyak, sehingga tidak semua program afiliasi akan sukses. Banyak afiliasi yang bersaing dengan produk atau layanan yang sama.
  • Seorang afiliator tidak memiliki kontrol atas produk yang dijual. Jika produk tersebut memiliki masalah maka hal tersebut akan berdampak pada reputasi afiliasi.

Tips Untuk Menjadi Afiliator Sukses

Mungkin Anda tertarik mencari pekerjaan sampingan yang menguntungan. Salah satu pekerjaan itu yaitu afiliasi.

Untuk Anda yang ingin mulai menjadi afiliator, Anda tidak perlu khawatir. Proses memulainya pun cukup mudah. Namun, saat sudah menjalankan afiliasi pun tentunya akan ada rintangan.

Bagaimana caranya untuk menjadi afiliator sukses? Simak tips berikut!

1. Melakukan Riset

Riset adalah salah satu hal paling penting karena riset merupakan akar. Dengan melakukan riset, artinya Anda mengokohkan fondasi perjalanan afiliasi Anda.

Sebelum menjalankan afiliasi, tentunya Anda harus memilih produk apa yang ingin dipromosikan.

Pertama, Anda dapat melakukan riset kata kunci atau keyword. Anda dapat melihat kesuksesan keyword tersebut menggunakan tools seperti Google Keyword Planner, SEMrush, dan sebagainya.

Setelah itu, Anda dapat melakukan riset terhadap kompetitor. Sebelum membuat konten, Anda dapat melihat kompetitor menggunakan metode apa, serta konten apa yang disuguhkan. Bukan untuk ditiru, melainkan untuk dijadikan sebuah referensi dalam membuat konten yang baik dan berkualitas.

2. Membuat Konten yang Original dan Berkualitas

Konten merupakan hal yang paling penting dalam melakukan promosi. Setiap konten yang dibuat tentunya harus memiliki daya tarik dan yang paling utama yaitu original.

Jika menjiplak konten milik orang lain, hal tersebut dapat mengurangi kepercayaan audiens atau calon pembeli.

Selain original, Anda juga harus memerhatikan daya tarik konten tersebut. Jika kontennya tidak menarik, maka akan sulit untuk menjangkau audiens dan afiliasi menjadi tidak optimal.

Karena itulah, Anda harus membuat konten yang original dan berkualitas.

Baca juga : Ini Dia Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

3. Mengetahui Produk atau Layanan yang Dipromosikan

Dalam menjalankan afiliasi, tentunya Anda harus mengetahui betul produk atau layanan seperti apa yang dipromosikan. Anda tidak bisa hanya melihat dari jumlah keuntungan yang besar atau kemudahan yang ada. Anda juga harus benar-benar mengetahui produk yang dipromosikan.

Pertama, Anda harus melakukan peninjauan di awal. Ketahui spesifikasinya, kelebihan kekurangannya, serta pasarnya. Dengan begitu maka promosi yang dilakukan dapat lebih optimal.

Anda juga dapat mencoba produk tersebut. Dengan mencobanya, Anda dapat mengetahui sendiri produk tersebut dan dapat melakukan review. Mencoba produk yang dipomosikan dapat menjadi hal penting sebelum mempromosikannya kepada audiens.

4. Selalu Sabar dan Konsisten

Salah satu kunci dari kesuksesan adalah selalu sabar dan konsisten. Menjadi seorang afiliator tidak bisa langsung sukses dalam sekejap mata. Semuanya memiliki proses yang harus dijalankan dengan konsisten dan sabar.

Jika hasilnya dirasa kurang memuaskan, maka Anda dapat menjadikannya sebuah evaluasi untuk selanjutnya. Mungkin Anda dapat mengubah atau mencoba metode promosi baru. Selalu konsisten dan tidak menyerah begitu saja jika merasa hasilnya kurang sesuai.

Jaringan Afiliasi Terbaik

Sudah tak sabar lagi ingin bergabung di program afiliasi? Yuk, cek daftar layanan dan perusahaan di bawah ini. Masing-masing memiliki kelebihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memulai affiliate marketing demi mendapatkan sejumlah komisi melalui website Anda.

1. Amazon Associates

Amazon Associates memiliki program affiliate marketing yang meminta para afiliator untuk memasang iklan di situs mereka. Setiap pembelian yang dilakukan melalui link iklan tersebut menghasilkan sejumlah biaya referral yang bisa Anda klaim.

Untuk bergabung dalam program afiliasi Amazon Associates, caranya sangat mudah. Daftarkan diri Anda dengan buat akun di website Amazon, lalu tunggu sampai pendaftaran disetujui, kemudian jika berhasil, Anda bisa langsung menempatkan link di situs untuk mendapatkan uang.

Salah satu alasan mengapa Amazon layak masuk dalam daftar pertimbangan Anda adalah popularitasnya yang sudah sangat bagus. Anda akan memperoleh layanan afiliasi yang andal dan pengunjung pun bisa melihat berbagai produk yang tersedia di situs Amazon – dengan begini, kesempatan transaksi jual beli akan semakin terbuka lebar.

Terlebih lagi, banner yang diberikan bisa dikustomisasikan. Anda dapat menampilkan barang atau produk yang terkait dengan niche Anda. Misalnya, kalau blog Anda membahas informasi soal motor dan seluk-beluknya, promosi yang dilihat oleh pengunjung situs adalah bagian atau mesin motor, helm, jaket, dll.

2. Afiliasi Hostinger

Program afiliasi Hostinger memiliki banyak sekali penawaran menarik bagi anggotanya yang mampu mempromosikan layanan hostingnya ke pengguna baru.

Hostinger menjanjikan komisi sebesar 60% tanpa batas. Terlebih lagi, mudah bagi Anda untuk mempromosikan produk Hostinger karena kredibilitasnya sebagai salah satu provider web hosting Indonesia terbaik.

Salah satu keuntungan afiliasi Hostinger adalah Anda bisa melakukan upselling untuk memperbanyak profit. Hal ini dikarenakan Hostinger menyediakan berbagai paket hosting dengan harga yang berbeda-beda.

Proses pendaftarannya sangat cepat, bahkan bisa dibilang kurang dari semenit. Setelah akun berhasil diverifikasi, Anda akan mendapatkan akses ke dashboard afiliasi. Melalui dashboard ini, Anda bisa mengoptimasi, mengelola, dan melacak kampanye afiliasi yang dilakukan.

Hostinger juga akan melengkapi Anda dengan berbagai jenis banner yang bisa disesuaikan dengan tema dan tampilan website Anda. Dengan keunggulan inilah, Anda tidak perlu khawatir lagi kalau link afiliasi akan mengurangi user experience.

3. Comission Junction

CJ adalah perusahaan periklanan yang berfokus pada affiliate marketing. Perusahaan ini menghubungkan para affiliator dan merchant agar dapat bekerja sama.

Tak hanya itu, Commission Junction juga menyediakan panduan profesional agar affiliator bisa menjangkau lebih banyak audiens. Untuk mengikuti program ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Karena gratis pulalah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melebarkan sayap, yaitu bekerja sama dengan lebih dari satu brand melalui program pemasaran afiliasi. Hal ini jugalah yang diinginkan oleh perusahaan Commission Junction. Semakin Anda sering berkolaborasi, semakin terbuka juga peluang Anda untuk melakukan afiliasi di brand-brand besar yang memberikan lebih banyak uang atau komisi.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai affiliate marketing. Memang, affiliate marketing adalah salah satu metode efektif yang banyak dipakai perusahaan untuk meningkatkan penjualan secara online. Dengan adanya afiliasi maka kedua belah pihak dapat diuntungkan, baik brand maupun afiliator.

Menerapkan digital marketing yang efektif tentunya dapat memberikan keuntungan kepada sebuah perusahaan. Jika Anda tertarik ingin mendalami ilmu tersebut, Anda dapat mengikuti kursus digital marketing di Course-Net. Kunjungi website Course-Net untuk info lebih lanjut.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!