course-net
Search
Close this search box.

Home >

Target Market dalam Bisnis

Tuesday, 23 April 2024 2:33 PM

apa itu target market

Target market atau target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi fokus utama suatu perusahaan dalam pemasaran produk atau layanannya. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami dan mengidentifikasi target pasar merupakan langkah krusial bagi kesuksesan perusahaan. Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, memahami dan mengidentifikasi target pasar merupakan langkah kunci untuk kesuksesan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu target pasar, memberikan contoh-contohnya, menjelaskan konsep segmentation, mengulas target pasar dari perspektif terciptanya produk Alfa Pop, serta menyajikan strategi dalam menentukan target pasar yang efektif.

Apa Itu Target Market?

Target market adalah segmen spesifik dari pasar yang menjadi fokus utama suatu perusahaan dalam memasarkan produk atau layanannya terdiri dari individu atau kelompok dengan karakteristik, kebutuhan, atau preferensi yang serupa. 

Dengan memahami dan mengidentifikasi target pasar dengan baik perusahaan dapat mengarahkan strategi pemasaran mereka dengan lebih efektif, menyasar konsumen potensial secara tepat sasaran, dan meningkatkan kesuksesan bisnis mereka di pasar yang kompetitif.

Contoh Target Market

Target market adalah segmen konsumen tertentu yang menjadi fokus pemasaran suatu produk atau layanan seperti produk perawatan kulit premium yang ditujukan untuk wanita profesional berusia 25-40 tahun dengan pendapatan tinggi atau layanan penyewaan mobil mewah yang dikhususkan untuk pelanggan eksekutif yang membutuhkan transportasi eksklusif. 

Dengan memahami dan mengidentifikasi target market examples secara tepat, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pasar yang spesifik tersebut.

Segmen spesifik dari populasi yang menjadi fokus utama suatu perusahaan dalam pemasaran produk atau layanannya. Berikut adalah target market example:

1. Demografi

Salah satu cara umum untuk mengidentifikasi target pasar adalah berdasarkan demografi, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan. Target market contoh berdasarkan demografi:

  • Produk bayi dan anak-anak diperuntukkan bagi orang tua dengan anak-anak kecil yang membutuhkan perlengkapan bayi, mainan anak-anak, atau makanan khusus untuk balita.
  • Produk kesehatan dan kecantikan untuk Wanita diperuntukkan bagi wanita berusia 25-40 tahun yang peduli dengan penampilan dan kesehatan kulit.

2. Geografi

Segmentasi berdasarkan geografi memperhitungkan lokasi geografis konsumen. Contoh target pasar berdasarkan geografi:

  • Produk pakaian musim dingin diperuntukkan bagi konsumen di wilayah dengan iklim dingin, seperti negara-negara di belahan utara.
  • Paket liburan tropis diperuntukkan bagi wisatawan yang mencari destinasi liburan di wilayah tropis, seperti Kepulauan Karibia atau Indonesia.

3. Psikografi

Segmentasi psikografis mempertimbangkan gaya hidup, nilai, sikap, dan minat konsumen. Contoh target pasar berdasarkan psikografi:

  • Brand fashion berorientasi lingkungan diperuntukkan bagi konsumen yang peduli dengan lingkungan dan mencari produk fashion yang ramah lingkungan.
  • Komunitas pecinta petualangan diperuntukkan bagi individu yang gemar berpetualang, seperti mendaki gunung, menjelajahi alam, dan melakukan aktivitas outdoor lainnya

4. Perilaku

Segmentasi berdasarkan perilaku mempertimbangkan kebiasaan pembelian, pola belanja, dan preferensi konsumen. Contoh target pasar berdasarkan perilaku:

  • Pengguna aktif media sosial diperuntukkan bagi konsumen yang aktif di media sosial dan rentan terhadap pengaruh dari influencer atau iklan di platform tersebut.
  • Pelanggan setia program diskon diperuntukkan bagi konsumen yang aktif menggunakan kartu anggota atau program diskon dari perusahaan tertentu.

Target Market Segmentation

Target market adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan lebih terfokus berdasarkan karakteristik tertentu. Segmentasi target pasar memiliki peran penting dalam kesuksesan strategi pemasaran suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa segmentasi target pasar sangat penting: 

1. Meningkatkan Relevansi Pesan Pemasaran

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi kelompok-kelompok tertentu dalam target pasar, perusahaan dapat menyusun pesan pemasaran yang lebih relevan dan menarik bagi setiap segmen. Hal ini meningkatkan kemungkinan konsumen merespons positif terhadap pesan tersebut.

2. Optimalisasi Pengeluaran Pemasaran

Dengan segmentasi target pasar, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya pemasaran mereka dengan lebih efisien. Mereka dapat fokus pada segmen-segmen yang paling potensial dan meninggalkan segmen yang kurang menguntungkan, sehingga menghemat biaya dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

3. Pengembangan Produk yang Lebih Tepat Sasaran

Target market memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang pasar yang belum terpenuhi dalam setiap segmen. Dengan demikian, perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar dan lebih kompetitif di pasar yang dipilih.

4. Pemasaran yang Lebih Efektif

Dengan memahami karakteristik setiap segmen pasar, perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih terfokus dan relevan. Pesan pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen dalam setiap segmen memiliki potensi untuk mencapai konsumen dengan lebih efektif dan meningkatkan konversi penjualan.

5. Diferensiasi dari Pes konkuren

Segmentasi target pasar memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dengan menargetkan segmen pasar yang lebih spesifik dan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi dalam segmen tersebut. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membangun citra merek yang kuat dan memenangkan loyalitas konsumen.

Target Pasar dari Terciptanya Produk Alfa Pop

Target market dari tercipta nya produk Alfa Pop yaitu minuman soda yang baru diluncurkan mungkin menargetkan segmen pasar yang lebih muda antara usia 18-30 tahun yang tertarik dengan minuman ringan yang menyegarkan dan memiliki rasa yang unik. Produk ini bisa ditujukan kepada konsumen yang peduli dengan kesehatan mencari alternatif yang lebih sehat dibanding minuman soda tradisional.

Cara Menentukan Target Market

Untuk menentukan target pasar butuh strategi dan analisa yang tepat agar bisnis yang Anda jalani bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan target market:

1. Analisis Pasar

Lakukan riset pasar untuk memahami tren, preferensi konsumen dan kebutuhan yang belum terpenuhi.

2. Segmentasi Pasar

Pisahkan pasar menjadi segmen berdasarkan demografi, geografi, psikografi dan perilaku.

3. Penetapan Sasaran

Pilih segmen yang paling menjanjikan dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

4. Pengembangan Profil Konsumen Ideal (Buyer Persona)

Buat gambaran yang jelas tentang siapa konsumen ideal Anda, termasuk karakteristik demografis, minat, dan perilaku mereka.

5. Uji Coba dan Evaluasi

Lakukan uji coba pemasaran kecil dan terus evaluasi respons konsumen untuk menyesuaikan strategi Anda.

Merujuk pada segmen-segmen konsumen tertentu yang dituju oleh perusahaan untuk produk atau layanan mereka berdasarkan karakteristik, preferensi atau kebutuhan konsumen. 

Hal ini menggambarkan bagaimana perusahaan mengidentifikasi dan menyasar target pasar yang berbeda untuk merancang strategi pemasaran dan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kelompok konsumen tertentu.

Target pasar merupakan langkah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Dengan mengetahui siapa target pasar Anda, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran dan pengembangan produk Anda dengan lebih tepat sasaran.

Anda bisa belajar semua hal tentang digital marketing termasuk target market di Course-Net. Platform Course-Net mengajarkan kita cara mempelajari semua hal tentang digital marketing sampai kita mahir dalam mengembangkan kapasitas Anda.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!