course-net
Search
Close this search box.

Ubersuggest Adalah: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Minet

March 26, 2024

ubersuggest adalah

Di era modern ini semua hal sudah beralih ke dunia digital termasuk di bidang marketing. Saat ini banyak perusahaan yang sudah beralih menggunakan strategi content marketing untuk mempromosikan produknya. Salah satu fitur atau tool yang bisa dimanfaatkan untuk strategi ini adalah Ubersuggest.

Tertarik untuk mengetahui ubersuggest secara lebih lanjut? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Ubersuggest?

Dalam strategi content marketing, keyword menjadi salah satu kunci keberhasilan yang dapat diketahui. Maka dari itu untuk melakukan strategi ini Anda membutuhkan sebuah tools yang dapat menentukan keyword yang tepat.

Ubersuggest adalah salah satu tool SEO yang dimanfaatkan dalam menghasilkan ide keyword ataupun konten baru. Alat ini termasuk tool SEO all-in-one yang dapat dimanfaatkan pula dalam melacak ranking website ataupun melakukan analisis kompetitor dan lain sebagainya.

Tool yang satu ini didirikan serta dikembangkan oleh Neil Patel maka dari itu sering disebut juga dengan Neil Patel ubersuggest. Neil Patel merupakan seorang online marketer yang berhasil membuat beragam tool yang sangat berguna di bidang bisnis. Saat ini bahkan tool ini menjadi tool paling populer di kalangan marketer maupun SEO specialist sebab kemampuannya yang bisa membantu strategi marketing yang dilakukan dengan menawarkan database keyword dan jutaan ide konten.

Fitur Utama

Tool ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur utama yang perlu Anda ketahui jika ingin menggunakannya, berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

– Keyword ideas

keyword ideas
Sumber: Ubersuggest

Ubersuggest keyword ideas dimanfaatkan untuk mengetahui kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci awal maupun kata kunci utama yang dicari. Ketika perusahaan menggunakan beragam kata kunci sesuai dengan informasi yang diberikan pada fitur ini maka bisnis tersebut berpeluang memperoleh audiens paling relevan sebanyak mungkin.

Jadi dari fitur keyword ideas ini seorang SEO specialist juga bisa memecah ide secara lebih lanjut kepada berbagai kategori lainnya supaya dapat memberikan pilihan yang lebih luas contohnya sepeti artikel terkait ataupun FAQ.

– Keyword overview

keyword overview
Sumber: Ubersuggest

Ubersuggest keyword tool selanjutnya yaitu keyword overview yang memberikan data penting terkait kata kunci yang dicari. Berbagai informasi yang akan diketahui pada bagian keyword overview diantaranya seperti Search volume, SEO difficulty, paid difficulty hingga paid PPC.

Search volume akan menampilkan jumlah kata kunci yang dicari audiens setiap bulanya. Sementara fitur SEO difficulty akan menunjukkan tingkat kesulitan untuk menentukan ranking kata kunci secara organik. Perlu diketahui bahwa semakin rendah angka yang didapat maka akan semakin mudah juga ditargetkan.

Fitur selanjutnya yaitu paid difficulty dapat memperkirakan jumlah persaingan yang ada pada pencarian berbayar untuk keyword tersebut. Sementara paid PPC menunjukkan julah biaya yang perlu dikeluarkan untuk membayar PPC kata kunci tersebut.

– Content ideas

keyword ideas
Sumber: Ubersuggest

Fitur ini biasa digunakan untuk bersaing dengan kompetitor ataupun untuk meningkatkan ranking SEO perusahaan khususnya apabila marketer masih mengalami kesulitan dalam menemukan ide konten pada setiap postingan yang ada. Jadi fitur ini akan menunjukkan tipe blog maupun unggahan media sosial yang seperti apa yang sering dilihat oleh audiens dan berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan.

– Traffic analyzer

Fitur selanjutnya yaitu traffic analyzer digunakan untuk melihat performa website pada domain score, kata kunci serta backlinks secara keseluruhan. Dengan fitur ini seorang SEO specialist bisa mengetahui jumlah kunjungan setiap bulan yang dihasilkan suatu situs melalui traffic organik.

Apabila website yang dianalisis punya kompetitor maka perusahaan dapat menggunakan fitur ini untuk menganalisis dengan tepat mengenai halaman ataupun kata kunci apa yang digunakan dalam meningkatkan jumlah traffic tersebut kemudian menjadikan data tersebut sebagai ide konten pada website milik perusahaan.

Manfaat Ubersuggest

Niche Pursuit mengungkapkan bahwa tool memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat bersaing dengan situs milik kompetitor yang dilakukan dengan cara mengetahui kata kunci yang digunakan serta mengetahui daftar backlink yang diterima. Selain itu manfaat menggunakan tool ini yaitu memperoleh laporan website apa pun serta mengetahui halaman SEO teratas kepunyaan mereka.

Tool ini juga digunakan dalam menemukan ide kata kunci yang tepat yang bisa dipakai sebagai ide konten pada website. Selain itu alat ini bisa bermanfaat bagi perusahaan untuk memperoleh laporan kesalahan yang terdapat pada website sekaligus memberikan saran untuk memperbaikinya.

Cara Menggunakan Ubersuggest

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan tool ini yang bisa membantu optimasi SEO pada website Anda.

– Melakukan riset keyword

Pencarian kata kunci merupakan fitur utama yang ditawarkan tool yang satu ini. Dalam penggunaannya Anda tak perlu khawatir karena selain gratis tool ini juga sangat mudah digunakan.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat Anda akan terbantu dalam membuat konten yang tepat serta sesuai dengan apa yang dicari oleh target audiens. Adapun langkah-langkah melakukan riset kata kunci ini yaitu pertama Anda perlu mengunjungi situs Ubersuggest lalu masukkan kata kunci yang ingin dicari pada bilah pencarian.

Selanjutnya ganti pilihan negara yang tepat dan klik cari atau search. Setelah itu gulir sampai ke bawah untuk mengetahui kata kunci ataupun content ideas yang tersedia. Selain pilihan kata kunci Anda juga akan menemukan berbagai istilah seperti search volume, CPC, paid difficulty, serta SEO difficulty yang telah dibahas sebelumnya di atas.

Pada bagian keyword ideas ini Anda bisa mengetahui daftar keyword yang disarankan khusus untuk kata kunci yang bisa Anda pakai. Anda juga dapat mengetahui kata kunci sejenis pada tab related untuk mengetahui keyword yang berhubungan dengan yang Anda cari.

– Mengecek backlink

Backlink merupakan hubungan tautan yang menghubungkan satu halaman dan halaman lainnya. Adapun cara kerja backlink yaitu apabila ada yang memasukkan hyperlink pada website Anda dari website miliknya maka Anda akan memperoleh backlink dari mereka. Jadi dapat dikatakan bahwa backlink ini termasuk salah satu faktor penting yang dalam menyukseskan strategi SEO.

Hal tersebut karena backlink dapat meningkatkan urutan di SERP yang akan berdampak bagus bagi trafik web. Caranya pertama Anda bisa membuka Ubersuggest backlink checker pada mesin pencari. Lalu masukkan alamat situs yang Anda ingin telusuri pada kolom bilah pencarian.

Kemudian pilih jenisnya, domain atau URL dan klik search. Lalu Anda akan memperoleh hasil yang komprehensif secara metrik baik itu informasi terkait domain score, link type, anchor text, backlink, referring domains hingga sorce page title URL.

Demikian beberapa penjelasan tentang Ubersuggest, apakah Anda tertarik untuk mempelajari tool ini secara lebih lanjut? Yuk pelajari tool ini dan berbagai hal terkait SEO di tempat kursus IT terbaik yaitu CourseNet.

CourseNet merupakan tempat pelatihan IT terbaik di Indonesia yang telah terbukti memenangkan 4 kali penghargaan sejak tahun 2019. Tempat kursus ini juga sudah terbukti satu-satunya yang mewakili Indonesia dan menang di ECC Award yang digelar di Atlanta. Yuk segera daftarkan kelas IT hanya di CourseNet.com.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!