course-net
Search
Close this search box.

Reels IG, Fitur Baru Instagram yang Menguntungkan

Minet

March 26, 2024

apa itu ig reels

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Setiap tahunnya media sosial yang satu ini memiliki banyak fitur baru salah satunya reels IG yang diluncurkan pertama kali tahun 2021. Fitur yang satu ini digadang-gadang disebut sebagai fitur unggulan.

Hal tersebut karena video yang diunggah dengan fitur ini mempunyai banyak peluang untuk lebih viral daripada Anda posting sebagai unggahan biasa. Selain itu keunggulan lainnya, fitur ini juga mampu menyajikan berbagai konten kreatif dengan format yang singkat dan juga menarik. Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur ini dan bagaimana cara download video reels IG, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Download Reels IG Tanpa Aplikasi

Reels IG merupakan salah satu fitur Instagram yang baru dan diketahui dapat memperluas jangkauan akun ataupun meraih followers dengan lebih efektif. Reels itu sendiri merupakan sebuah video pendek yang berorientasi vertikal dan memiliki durasi maksimal sampai 90 detik. Dalam pembuatannya, video reels ini bisa diedit dengan menambah filter, efek ataupun teks dan suara sebelum Anda unggah di Instagram.

Jika sebelumnya IG sudah pernah merilis fitur yang serupa yaitu IG video tetapi pada reels ini memiliki durasi yang lebih panjang. Bagi Anda yang penasaran bagaimana langkah-langkah IG reels download yang Anda tonton, berikut ini adalah caranya.

– Membuka aplikasi IG

Cara download video IG reels yang pertama bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Caranya Anda perlu membuka dan masuk terlebih dahulu ke akun IG yang Anda miliki. Selanjutnya pilih reels yang ingin Anda unduh. 

– Klik tanda pesawat

Langkah selanjutnya untuk save reels IG ini Anda bisa klik tanda pesawat atau share yang ada di bagian sisi kanan bawah video. Ikon pesawat ini ada di antara ikon komen dan juga ikon titik tiga. Setelah itu Anda bisa memilih “add to story” yang artinya Anda akan menambahkan video reels di story IG Anda. 

Selanjutnya Anda akan masuk pada halaman yang biasa digunakan untuk membuat story. Kemudian Anda bisa mengatur ukuran gambar tersebut supaya menjadi fullscreen ataupun sesuai dengan keinginan Anda. 

– Klik save untuk menyimpan di galeri

Jika sudah maka langkah selanjutnya Anda bisa mengklik ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih simpan atau save untuk menyimpan video tersebut pada galeri HP Anda. Jika sudah tersimpan maka Anda tidak perlu memposting ke story jadi Anda bisa langsung keluar lalu memeriksa video tersebut di galeri HP Anda. 

Download IG Reels Melalui Browser 

Cara selanjutnya bisa Anda lakukan melalui browser baik menggunakan HP ataupun laptop. Cara ini bisa Anda lakukan jika video yang Anda download cukup panjang. Hal tersebut karena jika Anda savefrom IG reels menggunakan cara yang pertama biasanya Anda akan mendapatkan hasil download video yang terpotong.

Maka dari itu Anda membutuhkan IG reels downloader untuk menyimpan atau mengunduh video reels secara full. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

– Buka instagram melalui browser

Langkah yang pertama Anda bisa membuka situs IG melalui browser yang ada di hp ataupun laptop. Anda bisa mengunjungi instagram.com untuk bisa masuk ke akun IG yang Anda miliki. Setelah itu Anda bisa log in akun IG Anda dengan memasukkan username dan juga password.

– Klik reels yang diinginkan dan simpan

Jika sudah Anda bisa langsung memilih reels yang diinginkan lalu salin tautan yang ada di bilah alamat. Kemudian Anda bisa masuk ke situs reels IG downloader yang biasa Anda gunakan atau cari di mesin pencari instagram downloader untuk mengunduh video reels.

Selanjutnya tempel tautan yang disalin pada kolom yang tersedia lalu klik download. Setelah itu tandai centang di bagian I’m not a robot dan pilih save as video.

Manfaat Reels IG Bagi Content Creator

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fitur reels IG memiliki banyak sekali keuntungan maka dari itu banyak yang menyukai fitur ini tak terkecuali content creator. Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang didapat content creator dari fitur ini, yuk simak penjelasan singkat berikut.

– Audiens lebih luas

Sejak perilisannya, algoritma IG semakin ke sini semakin fokus terhadap konten video dibanding foto. Hal inilah yang membuat IG akhirnya meluncurkan fitur reels IG. Fitur yang satu ini didukung oleh musik serta pilihan trending audio lainnya.

Jadi ketika pengguna memasukkan audio yang lagi tren ke reels yang dibuat maka otomatis reels tersebut akan ikut tampil dengan konten lainnya yang sama-sama menggunakan audio tersebut juga. Hal inilah yang membuat reels lebih mudah untuk dilihat pengguna lain di seluruh dunia. Selain itu, hal ini juga yang menjadi keuntungan bagi akun yang memiliki followers sedikit.

Hal tersebut karena jika memiliki konten reels menarik serta audio yang lagi hits, meskipun memiliki followers yang sedikit namun bisa mempunyai jumlah viewer reels sampai ribuan atau jutaan.

– Meningkatkan traffic 

Reels juga bisa meningkatkan traffic sebab bisa mempunyai jangkauan yang lebih luas. Jadi audiens yang tertarik pada reels yang ditonton bisa berpotensi untuk like, comment, share hingga mengunjungi profil dari pemilik konten tersebut. Aktivitas inilah yang bisa meningkatkan engangement rate ataupun meningkatkan followers pada sebuah akun.

– Meningkatkan brand awareness

Selain meningkatkan traffic, reels juga bisa untuk meningkatkan brand awareness. Hal tersebut karena reels merupakan alat yang tepat digunakan untuk menunjukkan kreativitas ataupun keahlian dari pemilik akun.

Perlu diketahui bahwa terdapat jutaan reels yang diunggah dalam satu hari. Dengan membuat konten yang unik serta berbeda dari yang lain bisa membuat suatu akun menjadi lebih dikenal secara luas oleh publik termasuk produk yang dimiliki akun tersebut.

– Bisa diunggah ke media sosial yang lain

Seperti yang diketahui bahwa video yang ada pada reels ini berorientasi vertikal dan rasio yang digunakan yaitu 9:16 dengan dimensi sebesar 1080 pixel x 1920 pixel. Dengan ukuran tersebut pengguna dapat mengunggah video reels pada media sosial yang lain seperti FB, TikTok ataupun Youtube Shorts.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat reels IG dan cara mendownload video reels yang Anda tonton. Semua fitur yang ada pada IG ternyata bermanfaat dalam strategi digital marketing. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut strategi ini, CourseNet merupakan tempat kursus IT yang tepat yang bisa Anda pilih.

Anda bisa mengunjungi CourseNet untuk mengetahui berbagai kelas yang tersedia di sana. Upgrade skill IT Anda hanya di sini, yuk segera daftarkan kelasnya 1 kali bayar dan belajar sampai bisa. Jangan sampai ketinggalan ya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!