course-net
Search
Close this search box.

Home >

3 Ancaman Serangan Hacker Pada Dunia Game Online

Tuesday, 4 June 2024 3:42 PM

3 Ancaman Serangan Hacker Pada Dunia Game Online

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, keamanan dalam dunia siber sangat penting untuk diperhatikan, termasuk dalam dunia game. Jika tidak ditangani, kejahatan cyber security dalam dunia gaming bisa sangat membahayakan bagi para korbannya.

Terlebih, dalam game online kerap kali melibatkan pertukaran informasi pribadi antar pemain. Dari banyaknya pemain game yang saya temui, mereka banyak menginput data diri seperti email atau nomor handphone sehingga data-data tersebut harus terlindung dari ancaman siber.

Ambil Kursus Hacker Di Course-Net Tersedia Potongan Harga

Ancaman Cyber Security pada Dunia Game Online

Roblox Games Online
Source: Roblox

Tidak dapat dipungkiri jika dewasa ini, popularitas game online sudah semakin tinggi dengan banyak pemain dari berbagai kalangan. Sayangnya, ada beberapa ancaman dan serangan yang dapat mengancam para pemain game online seperti:

1. Serangan phising

Merupakan tindakan pencurian data pribadi yaitu dengan menyamar menjadi pihak yang terkesan terpercaya seperti bank hingga perusahaan game online itu sendiri. Bahkan, ada banyak situs game palsu yang menerapkan modus kejahatan dengan tampilan yang mirip aslinya.

Gamer yang tidak mewaspadai hal-hal tersebut sudah pasti tidak hanya berpotensi mengalami infeksi virus, namun juga dapat kehilangan data-data pribadi. Data-data curian inilah yang dapat menyebabkan kerugian, baik dari segi finansial dan sebagainya.

2. Muatan malware berbahaya

Potensi cyber security dalam dunia gaming juga dapat terjadi dengan adanya infeksi malware pada software atau website game itu sendiri. Terlebih jika game yang diakses berasal dari hasil crack hingga software bajakan.

Malware juga dapat menginfeksi para gamer melalui berbagai permainan yang di-download pada situs berbahaya. Hal inilah yang wajib diwaspadai, terutama jika sering melakukan transfer media melalui USB, flashdisk, hingga harddisk.

3. Penyebaran data pribadi

Kebocoran dan penyebaran data pribadi sudah pasti sering Anda dengar di berbagai modus kejahatan online. Serangan ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berharga dari para pengguna, kemudian data-data tersebut dijual untuk kepentingan tertentu.

Data-data pemain seperti email dan kata sandi, informasi kartu kredit, dan lainnya dapat dikumpulkan melalui manipulasi formulir pada game, menyerang penyimpanan data pengguna, hingga memanfaatkan celah keamanan dari para pengembang.

Baca Juga: Perbedaan Antara Black Hat, White Hat dan Grey Hat Hacker?

Mengatasi Ancaman Kejahatan Cyber dalam Gaming

Mengatasi Ancaman Kejahatan Cyber dalam Gaming
Source: Leadership News

Ancaman cyber security dalam dunia gaming sejatinya cukup beragam dan dapat berasal dari berbagai hal, mulai dari hacker, tindakan penipuan, hingga pencurian data. Sebagai orang yang memiliki atensi besar pada keamanan jaringan, berikut beberapa hal yang disarankan:

1. Menggunakan VPN saat mengakses game

VPN menjadi salah satu cara yang ampuh dalam melindungi diri pengguna dari berbagai ancaman terkait kejahatan siber. Oleh karena itu, disarankan para gamer menggunakan VPN saat mengakses game yang dijalankan.

Dengan menggunakan VPN, pada dasarnya akan membantu Anda memalsukan lokasi akses hingga melindungi dari serangan DDoS yang tidak kalah membahayakan. VPN juga mampu melindungi privasi pemain hingga mencegah terjadinya penyadapan data.

Beberapa orang kerap memainkan game online dengan memanfaatkan WiFi publik. Hal ini tentu cukup berisiko karena WiFi umumnya lemah dalam hal keamanan data. Untuk meminimalisir hal tersebut, gunakan VPN untuk melindungi informasi pada perangkat Anda.

2. Hindari membagi data pribadi secara sembarangan

Berbagai risiko cyber security dalam dunia gaming juga dapat terjadi ketika Anda membagikan data pribadi secara asal dan sembarangan. Terlebih, beberapa game kerap meminta sejumlah informasi seperti nama, nomor telepon, hingga alamat email yang sifatnya pribadi.

Tentunya, Anda harus benar-benar waspada dengan situs-situs game palsu yang kerap meminta data-data pribadi tersebut. Jangan pernah mengklik bahkan men-download tombol-tombol spam yang berisiko mengandung malware dan dapat merusak sistem perangkat.

Saat Anda men-download dan mengakses aplikasi game online, pastikan kembali jika aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Jangan sampai Anda membagikan informasi penting seperti nomor kartu dan CVV yang berisiko memunculkan serangan siber dalam hal finansial.

3. Tidak mengakses game dari website palsu

Sangat penting juga untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang mengakses game pada website palsu. Terlebih, saat ini marak penipuan dengan menggnakan modus penggunaan web yang seolah-olah memiliki tampilan seperti website asli. Cara ini sering disebut istilah phising.

Ancaman kejahatan seperti ini sudah pasti harus dihindari karena sangat merugikan. Cek kembali alamat URL website tersebut dan selalu pastikan berasal dari sumber terpercaya. Jangan asal klik atau akses website yang mencurigakan agar tidak terjadi hal-hal merugikan.

Begitu pula jika Anda bermaksud untuk men-download aplikasi game online. Selalu pastikan Anda mengunduh aplikasi game tersebut pada sumber terpercaya seperti Play Store atau App Store yang sudah diketahui sistem keamanannya. Hindari download game dari sumber-sumber yang belum dapat dipastikan keamanan dan kredibilitasnya.

4. Melakukan manajemen kerentanan situs

Mengatasi cyber security dalam dunia gaming tidak hanya harus dilakukan oleh para pemain, namun juga pihak pengelola game online itu sendiri. Salah satunya dengan menjalankan sistem keamanan terbaru guna memastikan manajemen kerentanan situs berjalan dengan baik.

Selalu pastikan sistem keamanan situs atau aplikasi tersebut memiliki standar yang tinggi. Identifikasi kembali kelemahan situs dan aplikasi yang dimiliki dan pastikan Anda melakukan verifikasi masalah yang terjadi secara tepat apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan.

Pengelola situs game online juga harus memberikan edukasi dan informasi mengenai praktik keamanan yang tepat. Mulai dari penggunaan password yang aman, perlindungan data pribadi, dan selalu waspada terhadap kejahatan digital. Hal ini perlu dilakukan agar game online senantiasa aman dan menyenangkan tanpa khawatir dengan berbagai risiko yang ada.

5. Aplikasikan metode keamanan ganda

Keamanan data pengguna harus menjadi tanggung jawab bersama setiap pemain maupun pengelola situs game online. Dari sisi pemilik game sendiri, tidak ada salahnya menerapkan keamanan dengan sistem yang terproteksi dan terenkripsi guna menghindari serangan hacker.

Salah satunya dengan menerapkan password dan metode otentitasi dua faktor yang dapat melindungi pemain dari serangan siber yang sangat berbahaya. Melalui otentikasi ganda, setidaknya terdapat perlindungan dari ancaman kredensial dan risiko lain seperti penyusupan.

Sebagai pemilik situs game online, mendorong para pemain untuk menggunakan kata sandi yang kuat, melakukan otentikasi secara tepat, hingga menghindari pemakaian ulang password di berbagai aplikasi juga penting dilakukan guna menghindari potensi serangan siber yang dapat mengancam data pribadi dan keamanan situs game tersebut.

Baca Juga: 5 Ancaman Hacker di Sektor Pendidikan: Jenis dan Antisipasinya

Memahami cyber security termasuk dalam aktivitas gaming sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Manfaatkan saja kursus Cyber Security bersertifikasi dari Course-Net yang disertai dengan teori dan praktik menggunakan kurikulum ter-update. Untuk informasi dan pendaftaran, segera hubungi Expert Team kami pada layanan kontak yang tersedia!

Itulah beberapa hal mengenai cyber security dalam dunia gaming yang perlu dipahami oleh setiap gamer. Kejahatan digital sangat mungkin terjadi dalam setiap game yang Anda jalankan, jadi pastikan Anda selalu mewaspadai hal-hal yang mencurigakan, ya!

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Hacking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?