course-net
Search
Close this search box.

Home >

5 Langkah Belajar Koding untuk Anak-Anak

Thursday, 13 June 2024 3:24 PM

5 Langkah Belajar Koding untuk Anak-Anak

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang mulai berminat di bidang IT, khususnya coding. Bagi Anda yang punya anak dengan ketertarikan di bidang IT, cobalah untuk mengenalkan coding sejak dini. Pada kesempatan kali ini, saya memberikan tips 5 langkah belajar koding untuk anak-anak sehingga dapat menguasainya dengan cepat.

Tidak sekadar untuk mempersiapkan masa depan anak, dengan Anda mengenalkan coding pada anak ternyata memberikan banyak manfaat. Yuk mari mengenal lebih dekat bagaimana belajar coding untuk anak menjadi lebih cepat dan mudah dipahami!

Cara Paling Menyenangkan Belajar Coding untuk Si Kecil

belajar coding anak anak
Source : POPMama

Anda dapat mengikuti 5 langkah belajar koding untuk anak-anak berikut ini sehingga dapat mengenalkan coding sejak dini kepada mereka.

Belajar dari Permainan

Untuk memudahkan anak belajar coding dan memperkenalkannya dengan cara yang menyenangkan cobalah untuk mengajarkan dasar-dasar coding melalui permainan yang bersifat teknis. Cara ini terbukti dapat mengesah kreativitas anak sehingga mendorongnya untuk lebih berpikir kritis tentang teknis menyelesaikan permainan tersebut. Misalnya permainan balok susun, Scrabble, rubik, sirkuit elektronik dan puzzle.

Permainan menjadi jembatan terbaik untuk mengenalkan coding kepada anak karena pada dasarnya coding dapat diterapkan di banyak hal, tidak hanya komputer dan software tetapi juga permainan. Dalam menyelesaikan permainan tersebut, ada tahap demi tahap yang harus dilalui oleh anak di mana hal ini mirip dengan teknis dalam coding.

Memanfaatkan Aplikasi Belajar Coding

Terdapat berbagai aplikasi belajar coding yang dapat dimanfaatkan oleh Anda untuk mengajarkan si kecil coding sejak dini. Bahkan tersedia berbagai aplikasi belajar coding gratis maupun berbayar, misalnya Code Monster, Kodable, Scratch Jr, Khan Academy dan lain sebagainya.

Aplikasi belajar coding untuk anak umumnya memiliki desain visual yang menyenangkan dan interaktif sehingga tidak membosankan. Beberapa aplikasi tersebut juga memiliki desain yang berfokus terhadap perubahan pada gambar saat kodenya diubah.

Aplikasi belajar coding untuk anak mengarahkan anak untuk lebih kreatif dengan menginput script atau kode manual. Biasanya dalam aplikasi belajar coding terdapat media komprehensif yang relevan untuk anak-anak supaya mereka dapat belajar kode dalam pemrograman komputer sambil bermain.

Miss menggunakan aplikasi coding anak juga berbeda dengan aplikasi untuk orang dewasa karena tahapannya biasanya lebih sederhana. Dengan menggunakan aplikasi belajar coding maka memperkenalkan coding kepada anak jauh lebih mudah.

Memberikan Latihan Secara Rutin

Belajar coding tidak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan latihan secara rutin. Dalam belajar coding, salah satu hal yang paling penting yaitu praktik terus-menerus.

Jadi setelah anak Anda paham bagaimana cara mengaplikasikan bahasa coding cobalah untuk memberikan latihan kepada mereka supaya lebih terbiasa. Jika semakin sering latihan maka anak-anak pun lebih terbiasa dalam penggunaan bahasa coding.

Tidak perlu menguasai semua bahasa pemrograman coding, upayakan anak untuk menguasai salah satu bahasa coding saja untuk pemula. Jika satu bahasa coding sudah dikuasai, cobalah untuk mengajarkan bahasa pemrograman coding lainnya sehingga pengetahuan anak semakin luas.

Proses pembelajarannya harus perlahan dan konsisten sehingga si kecil dapat melalui langkah demi langkah dengan baik supaya dapat menjadi ahli.

Ikut Kursus Coding

Salah satu dari 5 langkah belajar koding untuk anak-anak yaitu dengan mengikutsertakannya dalam kursus coding. Anak dapat dibimbing langsung oleh mentor profesional dan berpengalaman sehingga pembelajarannya lebih terarah dan sistematis.

Selain fokus dalam pembelajaran coding anak-anak juga akan mendapatkan teman belajar baru sehingga dapat berdiskusi dan bertukar informasi satu sama lain jika mendapati suatu kendala atau masalah.
Mengikutsertakan si kecil pada kursus coding ternyata memberikan banyak manfaat dan sudut pandang baru kepada mereka. Metode yang digunakan pada setiap kursus coding juga bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan passion anak.

Jika Anda serius untuk memberikan wadah pembelajaran terbaik untuk anak dalam belajar coding cobalah untuk mengikutsertakannya dalam kursus coding. Umumnya, proses kursus coding tidak berlangsung lama karena dalam waktu singkat putra-putri Anda sudah ahli.

Mengkreasikan Formula Sendiri

Cara paling efektif untuk belajar coding yaitu berlatih langsung membuat formula. Dalam pembelajaran coding anak tidak sekedar ditargetkan untuk menemukan fungsi baru tetapi juga menyelesaikan masalah ketika mendapati Error saat membuat coding.

Hal ini berkaitan erat dengan problem solving, karena jika anak semakin sering berlatih maka kreativitasnya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Meskipun si kecil baru tahap pemula, tetapi jika terus mencoba untuk mengkreasikan formula sendiri maka akan semakin tertantang untuk mengeksplor bahasa pemrograman.

Jadi setelah nantinya berhasil menemukan fungsi baru anak semakin bersemangat dalam mengkreasikan formula baru yang tentunya lebih baik.

Baca Juga: 10 Bahasa Pemrograman Belajar Coding yang Populer 5 Tahun ke Depan

Manfaat Belajar Coding untuk Anak-anak

Setelah mengetahui 5 langkah belajar coding untuk anak-anak, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat belajar coding bagi mereka. Kami telah membuktikan bahwa belajar coding sejak dini memberikan dampak positif sebagai berikut.

Mengasah Kemampuan Problem Solving

Jika si kecil belajar coding sejak dini maka dapat meningkatkan kemampuan problem solving karena mereka dapat mengembangkan keterampilan sosial, konsep matematika, hingga pemecahan masalahnya.
Dalam belajar coding, si kecil harus belajar membuat kode terus-menerus dan ditantang untuk memecahkan masalah.

Hal ini mengharuskan anak-anak untuk menguraikan masalah menjadi sub masalah sehingga lebih mudah dikelola. Alhasil mereka dapat mengidentifikasi dan mengimplementasikan solusi.

Mengasah Kemampuan Computational Thinking

Masih berkaitan dengan kemampuan problem solving, komputational thinking merupakan kemampuan memecahkan masalah yang dibantu dengan komputer.

Jadi tidak hanya kreativitas dalam imajinasi anak yang berkembang tetapi peningkatan ini didorong dengan bantuan teknologi komputer dalam menguraikan masalah yang kompleks menjadi yang lebih kecil untuk dapat memahami pola proses yang melandasinya.

Skill ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak karena generasi di era sekarang tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Melalui belajar coding, anak-anak lebih mudah dalam memperoleh pemahaman terkait pola berpikir algoritmik yang sangat membantu dalam proses pemecahan masalah. Kemampuan ini juga berdampak baik pada kinerja anak jangka panjang.

Mengasah Skill Komunikasi

Banyak orang beranggapan bahwa interaksi yang erat dengan dunia IT tidak membutuhkan relasi atau interaksi dengan orang lain. Hal ini salah kaprah, karena di bidang programming umumnya harus bekerja secara tim atau kolektif.

Dalam proses belajar coding anak-anak ternyata juga dapat mengasah skill komunikasi karena mau tidak mau mereka harus bekerja sama secara individu maupun kolektif untuk memecahkan masalah.
Jika anak memiliki keterampilan komunikasi yang baik maka memudahkan mereka dalam menavigasi lingkungan sosial dan berkolaborasi dengan yang lainnya.

Meningkatkan Kreativitas

Dengan melalui 5 langkah belajar koding untuk anak-anak juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Apalagi dalam proses pembelajarannya diimbangi dengan latihan atau eksperimen sehingga mereka akan semakin penasaran untuk mencoba hal-hal baru dalam coding.

Komputer pun akan memberikan timbal balik yang mampu mendorong anak untuk memperoleh solusi yang dapat membantu mereka menyelesaikan tantangan. Anda dapat membuktikan untuk anak dapat mendorong mereka dalam menghidupkan karakter, menggabungkan pemikiran logis dan sistematis, serta meningkatkan kreativitas.

Itulah penjelasan mengenai 5 langkah belajar koding untuk anak-anak yang dapat Anda terapkan untuk si kecil. Anda dapat mengajarkan anak sedini mungkin untuk berkecimpung di dunia teknologi karena kehidupan generasi alpha saat ini sangat kental dengan teknologi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Belajar Coding dari Nol Tanpa Basic IT

Belajar Coding Ya Di Course-Net Aja

Untuk mempermudah Anda dalam menerapkan langkah mempelajari koding untuk anak-anak, Anda dapat mendaftarkan si kecil di kelas kursus coding Course- Net. Hal ini menjadi bekal terbaik untuk anak-anak dalam mempersiapkan masa depan di bidang IT, misalnya menjadi web apps developer, data scientist dan lain-lain.

Si kecil akan dibimbing oleh coach berpengalaman yang akan menerapkan 5 langkah belajar koding untuk anak-anak dari nol sampai mahir. Metode pembelajarannya pun interaktif dan mudah dipahami sehingga menyenangkan untuk anak-anak.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Full Stack Web Developer ? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?