course-net
Search
Close this search box.

Home >

8 Cara Mengetahui HP Di Hack & Bagaimana Cara Mengatasinya Dengan Benar

Monday, 3 June 2024 4:21 PM

8 Cara Mengetahui HP Di Hack & Bagaimana Cara Menganatasinya Yang Ampuh

Menjaga HP kita tetap aman dari serangan siber adalah hal yang sangat penting. Apa lagi mengingat sekarang sudah semakin tinggi angka kejahatan siber. Supaya kita tidak mendapatkan kerugian karena bahaya tersebut, lebih baik cari tahu seputar cara mengetahui HP di hack & mengatasinya.
Artikel kali ini akan membahas seputar apa saja ciri dari perangkat HP yang terkena hack berikut dengan upaya mengatasi masalah hack tersebut.

8 Cara Mengetahui HP Di Hack & Bagaimana Cara Menganatasinya Yang Ampuh
Source: Harian Muba

Bagaimana Cara Tahu HP di Hack?

Di dalam HP kita, terdapat berbagai macam informasi dan beberapa mungkin merupakan data sensitif. Jika HP kita disadap atau di-hack, maka bisa saja menimbulkan kerugian besar untuk kita sebagai pemiliknya.

Lalu bagaimana caranya kita bisa tahu kalau perangkat HP itu sedang di-hack pihak tidak bertanggung jawab? Yuk simak cara mengetahui HP di hack & mengatasinya:

1. Cek penggunaan data internet di HP

Salah satunya adalah dengan mengecek penggunaan kuota internet. Jika kuota Anda berkurang secara drastis dalam waktu yang cepat, maka bisa saja itu kondisi di-hack. Anda perlu pahami terlebih dahulu aktivitas internet Anda sebelum bisa menyimpulkan kondisi satu ini.
Para peretas biasanya memakai sistem HP yang diretas dalam penggunaan internet. Maka dari itu, bisa saja terdapat pengurangan kuota internet

2. Periksa performa perangkat

Hal yang membuat performa smartphone menurun memang sangat beragam. Tapi salah satunya yang patut diwaspadai adalah sistem yang di-hack. Jadi, semisal HP Anda tiba-tiba melambat performanya, maka Anda patut waspada. Aplikasi hack bisa berfungsi di belakang sistem yang dapat merusak performa perangkat.

3. Cek apakah ada suara-suara tidak biasa dalam panggilan telepon

Coba untuk melakukan panggilan telepon, lalu cek apakah ada dengung atau suara tidak biasa lainnya. Jika memang ada, maka bisa saja itu gejala dari sistem HP yang diretas. Lalu bunyi seperti apa yang dimaksud? Bisa seperti buzz, noise, click atau beep. Kalau suara tersebut berulang kali muncul, maka bisa saja HP Anda tersadap.

4. Periksa email yang asing

Jika Anda menemukan email asing atau yang tidak biasa Anda jumpai, bisa saja itu indikasi retas pada HP Anda. Misalnya saja pesan yang membutuhkan data pribadi begitu saja. Lebih baik Anda hindari untuk menyetujui pesan tersebut.

Phising adalah metode favorit para hacker dalam mendapatkan data pengguna. Anda perlu ekstra waspada ketika menemukan email mencurigakan tersebut.

5. Cek aplikasi asing di HP

Kalau Anda menemukan aplikasi asing terpasang pada HP tapi Anda tidak merasa memasangnya, Anda perlu waspada. Bukan hanya indikasi aplikasi muncul di antarmuka secara tiba-tiba tapi juga aplikasi yang tiba-tiba lenyap. Kalau aktivitas seperti itu Anda temui, smartphone Anda mungkin sedang diretas.
Untuk aplikasi asing yang terpasang tiba-tiba, itulah jalan untuk peretas mendapatkan atau mengakses data Anda.

6. Pantau aktivitas mencurigakan pada smartphone anda

Indikasi yang lebih jelas dari gejala retas HP yaitu jika aplikasi berjalan sendiri tanpa kita koordinasi. Semisal ada pop up, aplikasi terbuka sendiri, maupun aktivitas sejenis lainnya, Anda harus segera mengamankan HP Anda.

7. Teliti apakah ada pengaturan yang berubah

Untuk poin satu ini, Anda perlu meluangkan waktu untuk cek satu per satu pengaturan di HP. Sebagai contoh, misal ada sistem pengaturan password yang berubah dari biasanya, maka harus waspada karena itu bisa indikasi retas. Perubahan pengaturan dibutuhkan oleh hacker supaya bisa melakukan tata kendali sistem sesuka mereka.

8. Mengecek penggunaan daya baterai HP

Cara mengetahui HP di hack & mengatasinya adalah dengan cek penggunaan baterai. Coba cek apakah baterai Anda menjadi cepat habis dibandingkan biasanya atau tidak. Jika iya, maka bisa jadi itu gejala HP Anda diretas.

Mengecek poin yang satu ini cukup mudah karena jika HP tidak dipakai intens, maka baterai biasanya akan awet. Hacker memakai program pada sistem HP Anda yang membuat penggunaan dayanya lebih banyak.

Baca Juga: 10 Cara Melindungi Data Pribadi Anda dari Serangan Hacker

Tips Mengatasi Masalah HP yang Di Hack

Peretasan atau penyadapan HP merupakan tindak kriminal yang bisa merugikan korbannya dari sisi penggunaan data sensitif. Mereka yang melakukan tindak kejahatan siber tersebut bisa dipidana jika memang terbukti. Bukan hanya harus tahu ciri-ciri perangkat yang sedang diretas saja, Anda harus tahu cara mengatasinya.

Berikut cara mengetahui HP di hack & mengatasinya yang perlu Anda ketahui:

Telepon Call Center terkait

Agar bisa langsung segera ditangani, Anda bisa coba kontak call center resmi. Anda bisa sampaikan kebutuhan Anda termasuk gejala-gejala mencurigakan yang Anda temukan dalam sistem HP.

Menggunakan kode

Anda bisa coba gunakan #002# atau kode ##002## sebagai upaya mengatasi peretasan. Lalu apa fungsi dari kode-kode tersebut. Fungsinya adalah agar bisa menghentikan penerusan data ke sistem lain. Kode lain yang bisa digunakan yaitu *#21#.

Coba untuk lakukan panggilan telepon menggunakan kode tersebut. Nantinya akan ada informasi penerusan data. Kalau memang statusnya tidak terdapat penerusan, maka Anda tidak perlu khawatir,

Non-aktifkan VPN

Cara mengetahui HP di hack & mengatasinya lainnya adalah dengan cek VPN lalu non-aktifkan. Fungsi VPN bisa melakukan enkripsi jaringan internet, hal itu bisa memungkinkan hacking untuk terjadi. Lebih baik VPN dipakai saat butuh saja, lalu non-aktifkan segera.
Seperti yang kita tahu, fungsi VPN cukup penting terutama untuk membuka website yang bermasalah seperti terblokir. Tapi tidak seperti sistem Proxy yang tetap bisa melindungi informasi, VPN cukup lemah dari segi keamanan data.

Factory reset

Upaya lain adalah factory reset untuk mengatasi peretasan. Saat reset pabrik ini dilakukan, maka keseluruhan sistem akan diatur ulang. Jadi, aplikasi atau sistem jahat yang berjalan juga akan terhapus dan smartphone Anda bisa tetap aman.

Mengecek kembali aktivitas di email yang pernah dilakukan

HP Anda bisa disadap karena aktivitas berbahaya di email. Misalnya saja buka link berbahaya dari pesan mencurigakan. Saat link terbuka, maka sistem HP bisa secara otomatis memasang aplikasi misalnya.
Anda bisa cek kembali apakah sudah pernah klik link mencurigakan sebelumnya atau tidak. Bukan hanya pada email saja tapi juga di sosial media juga harus dicek kembali. Sebagai upaya pencegahan, jangan pernah sembarang klik link.

Lebih baik lagi jika Anda tahu karakteristik link yang resmi dari penyedia layanan terkait misal dari marketplace, e-wallet, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa yakin kalau link tersebut adalah link resmi atau link yang berbahaya.

Baca Juga: 6 Hacker Indonesia Yang Ditakuti Dunia!

Pastikan untuk pahami beberapa uraian di atas karena dampak dari penyadapan, atau peretasan perangkat itu bisa sangat fatal. Anda bisa saja rugi secara finansial dalam jumlah yang tidak sedikit karena hack ini. Itulah beberapa cara mengetahui HP di hack & mengatasinya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menguasai bidang keamanan IT, Anda bisa ambil kursus Cyber Security di Course-Net. Course-Net akan membimbing Anda hingga menjadi spesialis andal dalam bidang tersebut.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Hacking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?