course-net
Search
Close this search box.

Home >

6 Hacker Indonesia Yang Ditakuti Dunia!

Thursday, 11 January 2024 3:45 PM

hacker indonesia yang ditakuti dunia

Jika Anda mendengar kata hacker, pasti yang terlintas di benak Anda merupakan aksi kejahatannya dalam meretas atau mencuri data yang merugikan orang lain. Bahkan di Indonesia sendiri mulai muncul beberapa hacker Indonesia yang ditakuti dunia.

Hacker tersebut ditakuti dunia karena aksi dan kemampuannya. Bahkan mereka berhasil meretas situs-situs besar milik Indonesia hingga luar negri, dan meraup keuntungan yang fantastis.

Di tahun 2022, Indonesia sempat gempar akibat kemunculan hacker bernama Bjorka. Hacker tersebut sangat misterius dan sampai sekarang identitasnya belum juga terkuak. Melalui platform Twitter dan Telegram, Bjorka membongkar database pemerinta serta data pribadi sejumlah pejabat pemerintahan di Indonesia.

Namun, bukan hanya Bjorka. Ternyata ada sejumlah hacker Indonesia yang ditakuti dunia, yang aksinya pernah membuat orang kaget dan takut. Meskipun begitu, tidak sedikit pula orang yang menyegani mereka karena kemampuannya.

Inilah 6 Hacker Indonesia yang Ditakuti Dunia

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu hacker? Hacker adalah seseorang yang mahir menggunakan komputer dan terlibat dalam upaya untuk mengatasi komputer atau sistem informasi. 

Hacker memiliki motivasi yang beragam, mulai dari aktivitas ilegal seperti meretas dan mencuri data hingga menjadi ahli keamanan beretika yang betugas untuk melindungi sistem dari serangan siber.

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai hacker yang berbahaya dan menggemparkan rakyat Indonesia hingga dunia.

Selain Bjorka, berikut daftar 6 hacker Indonesia yang ditakuti dunia : 

1. Jim Giovedi

Jim Giovedi merupakan seorang ahli keamanan teknologi informatika dan salah satu legenda hacker di Indonesia yang telah banyak diperbincangkan. Beliau pernah masuk ke dalam daftar paling berbahaya di dunia.

Salah satu aksinya yang menggemparkan dunia yaitu ketika ia mengubah arah orbit satelit di luar angkasa milik Tiongkok pada tahun 2009. 

Jim mengaku bahwa alasan ia mengubah orbit tersebut karean ingin memeriksa kondisi sistem keamanan satelit. Tidak hanya meretas sistem, bahkan ia juga dapat mengubah arah satelit dan dapat mengontrolnya sesuai keinginan.

Karena aksi dan kemampuannya itu, kini ia menetap di luar negri dan bekerja di bidang ahli keamanan siber.

Baca juga : Langkah Belajar Hacker Dari Nol Untuk Pemula Menjadi Profesional

2. HMEI7

Di dunia hacker, nama HMEI7 sudah tidak asing lagi dan bahkan cukup disegani. Ia dijuluki sebagai master of defacer di dunia yang pernah melumpuhkan sebanyak 294.402 web.

Di antara web tersebut, ada 139.721 IP tunggal dan 154.681 deface. Selain itu, ia juga berhasil mengacak-acak situs blogging, WordPress pada beberapa tahun silam. Aksinya tersebut sempat membuat heboh dunia.

Hanya dalam waktu 2 hari saja, HMEI7 berhasil melumpuhkan lebih dari 5000 website di seluruh dunia.

mengulas bahwa dia juga berhasil melumpuhkan lebih dari 5000 website di seluruh dunia hanya dalam waktu 2 hari saja. Dari situlah ia mendapat julukan Mass Defacer dunia.

Kabarnya, sosok ini merupakan seorang Indonesia yang pernah berkuliah di salah satu universitas di Malang, Jawa Timur.

3. Xnuxer

Hacker ini sempat membuat heboh di tahun 2004. Dani Firmansyah yang dikenal sebagai Xnuxer berhasil membobol situs kpu.go.id tanpa tools khusus, hanya dengan cara XSS atau cross site scripting dan SQL injection.

Setelah berhail membobol dan masuk ke dalam server, ia membuka nama 24 partai politik peserta pemilu dan mengganti namanya dengan nama buah.

Awalnya, KPU mengklaim bahwa mereka menggunakan sistem teknologi informasi bernilai Rp152 milliar yang sangat canggih dah tidak mungkin diretas.

Hal inilah yang membuat Xnuxer tertarik untuk mengetes sistem keamanannya yang ternyata berhasil diretas. Aksinya tersebut mengakibatkan dirinya menerima hukuman penjara selana 1 tahun dan terkena denda Rp10 juta.

4. XsvsHacker

XsvsHacker merupakan hacker Indonesia yang ditakuti dunia dan seorang anggota hacktivist dunia Anonymous. Ia terkenal dengan aksi-aksinya yang membuat pemiliki website kewalahan.

Bahkan, ia pernah berhasil meretas situs NYPD atau New York Police Department, departemen kepolisian Amerika. Ia membobol pangkalan data dan berhasil mencuri sejumlah data penting. 

Ia juga pernah melakukan defacing ke lebih dari 430 ribu situs di seluruh dunia hingga meretas database game online Zynga. Bukan hanya itu, XsvsHacker juga pernah meretas situs kepresidenan Israel.

Wajar saja jika seluruh dunia gempar akan aksinya tersebut.

Baca juga : Belajar Menjadi Hacker Secara Cepat dengan Kursus Hacker Terbaik

5. Bio666x

Pada 2019 lalu, hacker asal Indonesia pernah membuat heboh Malaysia. Yogi Nugraha yang biasa disebut Bio666x berhasil mematikan jaringan internet Malaysia di usianya yang masih 19 tahun. 

Bukan hanya Malaysia, bahkan Singapura juga pernah menjadi korban aksinya. Ia membobol server dan meretas data penting milik militer Singapura.

Ternyata, ia tidak pernah belajar hacking secara formal. Yogi belajar secara otodidak dari berbagai sumber yang didapat melalui Google.

6. Putra Aji

Yang terakhir, hacker Indonesia yang ditakuti dunia ini bernama Putra Aji. Ia merupakan seorang anak jenius kelahiran 1 Februari 2004. Di usianya yang masih 15 tahun, ia yang berhasil meretas situs Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA pada tahun 2019.

Uniknya, ia tidak pernah mempelajari ilmu informatika dan hacking secara formal. Putra belajar secara otodidak dari internet dan dengan bergabung ke komunitas white hat hacker. Akibat aksinya tersebut, banyak yang mengajak Putra Aji untuk bergabung dengan proyek penetrasi situs.

Ia juga pernah mendapat kontrak proyek satu bulan sebesar Rp25 juta, dan ditawari bekerja sebagai Chief Technology Officer (CTO) di salah satu perusahaan start up. Saat ini Putra telah dipercaya untuk mengelola keamanan empat perusahaan besar untuk mencegah terjadi kebocoran data.

Saat ini Putra Aji merupakan seorang Founder dan CEO dari Sibertrenid, perusahaan yang didirikanya. Sibertrenid adalah perusahaan yang melatih kemampuan seseorang menjadi peretas. Ia mendirikan perusahaan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keamanan siber.

Penutup

Itulah daftar enam hacker Indonesia yang ditakuti dunia dan menggemparkan pada masanya. Aksi mereka sempat membuat heboh dan menimbulkan keresahan pada situs yang dibobol.

Meskipun begitu tidak hanya merugikan saja, namun aksi hacking ada juga yang menguntungkan. Situs yang diretas jadi mengetahui celah yang ada di situs mereka, sehingga dapat diperbaiki.

Jika Anda tertarik untuk menjadi hacker, yuk ikut kursus hacker di Course-Net. Dengan ikut pelatihan ini, Anda bisa mendapatkan sertifikasi untuk bisa sukses berkarir sebagai white hat hacker!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!