course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Data Sekunder Adalah: Contoh Pengumpulan Data Sekunder

Friday, 17 November 2023 3:21 PM

data sekunder adalah

Dalam suatu penelitian, data sekunder adalah sumber data yang memiliki peran penting selain data primer. Sebagai peneliti atau orang yang bekerja dengan data, jenis sumber data ini wajib dipahami karena sangat membantu dalam proses pengumpulan data nantinya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu data sekunder.

Apa itu Data Sekunder?

Data sekunder adalah data yang sumbernya berasal dari berbagai sumber informasi yang sebelumnya sudah ada, misalnya buku, jurnal, artikel, situs web, dokumen dan lain sebagainya.

Artinya, data sekunder adalah data yang didapatkan oleh peneliti tidak secara langsung dari narasumber atau objek penelitian, melainkan dari sumber lainnya baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Data sekunder merupakan data yang tidak didapatkan secara langsung melalui wawancara atau angket.

Meskipun demikian, peran data sekunder sangatlah penting karena digunakan untuk melengkapi kebutuhan data penelitian dan menyempurnakan kumpulan data primer.

Data sekunder bisa juga diperoleh dari informasi yang dikumpulkan oleh individu maupun kelompok seperti data sensus. Sumber data sekunder biasanya lebih mudah didapatkan dan diakses daripada data primer. Umumnya, bentuk data sekunder berupa diagram, tabel, grafik, dan sejenisnya.

Perbedaan Data Sekunder dan Data Primer

Perbedaan data primer dan data sekunder adalah terdapat di proses pengumpulannya. Data primer didapatkan atau dikumpulkan langsung oleh peneliti dari objek penelitiannya tanpa melalui perantara. Sedangkan data sekunder adalah data yang proses pengumpulannya dilakukan oleh pihak lain sehingga sudah ada sebelumnya.

Misalnya, sebuah lembaga penelitian mengumpulkan data demografi untuk kebutuhan riset pasar. Data tersebut digunakan oleh peneliti lainnya dalam analisis sosial maupun tujuan penelitian yang berbeda.

Adanya data sekunder dapat memperluas pemahaman dan pengetahuan seputar penelitian tanpa melakukan proses pengumpulan data dari nol. Informasi sumber data sekunder cukup melimpah, bahkan data ini merupakan fondasi yang kuat untuk mengoptimalkan analisis data penelitian.

Pada intinya, data primer dan sekunder adalah sumber-sumber data yang sangat penting dalam penelitian, data primer sebagai sumber data utama sedangkan data sekunder sebagai sumber data pendukung dan pelengkap.

Fungsi Data Sekunder

Adapun beberapa kegunaan data sekunder adalah sebagai berikut.

1. Mengoptimalkan Pemahaman Kontekstual

Dengan mengakses dan mengumpulkan sumber data yang sudah ada, maka peneliti dapat dengan mudah untuk mengumpulkan informasi sehingga dalam memahami konteks penelitian pun lebih mendalam dan optimal. Hal ini berlaku untuk data kuantitatif maupun kualitatif.

2. Pengujian Hipotesis

Peneliti juga dapat melakukan pengujian hipotesis melalui Data sekunder dengan cara menganalisis hubungan antar variabel. Dengan begitu maka peneliti dapat melakukan validasi hipotesis mereka.

3. Perbandingan Data

Data sekunder sangat melimpah dan mudah diakses sehingga peneliti bisa dengan mudah membandingkan data dari berbagai sumber. Melalui cara ini peneliti dapat melakukan identifikasi persamaan dan perbedaan pada suatu fenomena yang sedang diteliti.

4. Identifikasi Pola dan Tren

Kegunaan data sekunder adalah membantu peneliti dalam mengetahui pola tren, maupun perubahan yang terjadi pada data. 

5. Untuk Riset Lanjutan

Data sekunder sering menjadi inspirasi bagi peneliti untuk melakukan inovasi riset lanjutan. Pasalnya, peneliti dapat melihat celah kesempatan dan wawasan topik penelitian baru yang belum dieksplorasi.

6. Membantu Mengambil Keputusan

Melakukan analisis data yang bersumber pada data sekunder membantu peneliti dalam pengambilan keputusan sesuai dengan informasi yang jelas, akurat, objektif, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sumber untuk Mendapatkan Data Sekunder

Data sekunder bisa didapatkan melalui berbagai sumber di antaranya sebagai berikut.

1. Buku

Ketika melakukan penelitian buku yang berkaitan dengan topik penelitian dapat menjadi sumber data sekunder. Buku merupakan contoh data sekunder yang autentik dan mendukung penyiapan tinjauan pustaka.

2. Jurnal dan Artikel Ilmiah

Jurnal dan artikel ilmiah merupakan sumber data sekunder yang sangat penting bahkan bisa lebih penting dari buku karena terbitan baru secara berkala. Artinya sumber data sekunder dari jurnal dan artikel ilmiah memuat informasi terkini. Selain itu, jurnal dan artikel memiliki substansi yang lebih spesifik terkait penelitian.

3. Website

Tidak semua informasi yang dimuat di website bersifat kredibel kok sehingga hanya website tertentu yang teregulasi yang dapat dijadikan sebagai sumber data sekunder.

Banyak peneliti yang membagikan data asli melalui website regulasi dan dapat dipercaya. Beberapa contoh di antaranya adalah website organisasi swasta website pemerintah, website komunitas, dan lembaga-lembaga tertentu yang bekerja dalam ranah pengumpulan data.

Contoh Pengumpulan Data Sekunder

Untuk lebih memudahkan dalam memahami sumber data sekunder, berikut contoh pengumpulan data secara sekunder adalah:

1. Data Sensus

Data demografi yang meliputi jumlah penduduk jenis kelamin pekerjaan, usia, tingkat pendidikan, dan informasi lainnya yang didapatkan dari sensus penduduk merupakan salah satu contoh sumber data sekunder yang kerap dimanfaatkan oleh peneliti. Biasanya sensus penduduk dilakukan oleh lembaga pemerintah yang mana data sensus tersebut nantinya diunggah dalam website teregulasi.

2. Data Publikasi Ilmiah

Contoh data sekunder berikutnya adalah data publikasi ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, dan disertasi maupun sumber ilmiah lainnya.

3. Data Keuangan

Data keuangan sering dimanfaatkan oleh peneliti sebagai sumber data sekunder untuk mendukung hasil penelitian. Hal ini meliputi laporan keuangan suatu lembaga maupun laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan tahunan.

4. Data Administrasi Pemerintah

Data ini asalnya dari berbagai lembaga pemerintah yang meliputi data kesehatan, kependudukan, ekonomi, dan berbagai data lainnya untuk tujuan yang bersifat administratif. 

5. Data Arsip

Arsip dan koleksi merupakan data yang diarsipkan oleh lembaga tertentu seperti perpustakaan, museum, dan institusi budaya. Bagi para peneliti yang mengangkat topik sejarah, data arsip dan koleksi menjadi sumber data sekunder yang sangat mendukung. Misalnya data arkeologi, foto, dokumen historis, koleksi sejarah, dan lain-lain.

6. Data Pendidikan

Bagi para peneliti di bidang pendidikan data statistik pendidikan yang meliputi jumlah lulusan, data partisipasi siswa atau data pendidikan lainnya sangatlah penting. Data ini dikumpulkan oleh lembaga statistik atau lembaga pendidikan untuk tujuan tertentu.

7. Data Lingkungan

Beberapa organisasi nirlaba dan badan riset lingkungan mengumpulkan data mengenai lingkungan. Beberapa data yang diambil antara lain yaitu kualitas air, udara, dan dampak lingkungan di sekitar.

8. Data Ekonomi

Banyak para peneliti yang memanfaatkan sumber data sekunder khususnya data ekonomi seperti data inflasi, statistik ekonomi nasional, lapangan kerja, dan perdagangan. Data ekonomi dikumpulkan dan diterbitkan oleh lembaga riset ekonomi maupun lembaga pemerintahan tertentu.

9. Data Teknologi Informasi

Untuk mendapatkan data sekunder berupa data teknologi informasi ini semakin mudah karena banyak lembaga riset yang berupaya mengumpulkan data seputar teknologi informasi. Beberapa di antaranya adalah data e-commerce, penggunaan internet, penggunaan medsos, dan lain sebagainya.

Jadi data sekunder adalah data sangat penting dalam mendukung data primer sehingga hasil riset lebih reliable. Bagi Anda yang ingin berkarier sebagai peneliti atau data scientist di industri data, maka penting untuk belajar mengenai cara mengolah data. 

Anda bisa belajar bersama coach yang profesional dan andal di CourseNet Indonesia. Kami merupakan lembaga pendidikan teknologi informasi kredibel sehingga menjadi solusi bagi Anda yang ingin belajar teknik analisis data dengan cepat dan tepat. Ayo segera daftar kursus di CourseNet dengan menghubungi CS kami dan dapatkan penawaran promo menarik.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!